Pengenalan pemrograman aplikasi visual desktop

2,565 views
2,273 views

Published on

Dasar Pemrograman

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
2,565
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
95
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pengenalan pemrograman aplikasi visual desktop

  1. 1. www.dekawildan.web.id
  2. 2. Pengenalan IDE Visual Basic Pengertian IDE Visual Basic Visual Basic adalah salah suatu development tools untuk membangun aplikasi dalam lingkungan Windows. IDE (Integrated Development Environment) Visual Basic merupakan Lingkungan Pengembangan Terpadu bagi programmer dalam mengembangkan aplikasinya. Dengan menggunakan IDE, programmer dapat membuat user interface, melakukan koding, melakukan testing dan debuging serta mengkompilasi program menjadi executable. Penguasaan yang baik akan IDE akan sangat membantu programmer dalam mengefektifkan tugas-tugasnya sehingga dapat bekerja dengan efisien. Nama Basic sendiri singkatan dari (Beginner’s All purpose Symbolic Instruction Code) yang dikembangkan pada tahun 1950-an.
  3. 3. Menjalankan IDE Visual Basic Salah satu cara untuk menjalankan IDE Visual Basic yaitu dengan mengklik menu Start – All Programs – Microsoft Visual Studio 6.0 – Microsoft Visual Basic 6.0
  4. 4. Menu Project Visual Basic Menu Project Visual Basic
  5. 5. Menu Project Visual Basic Penjelasan Menu Project Pada Visual Basic : 1.Menu New Pada menu New terdapat beberapa pilihan untuk membuat project baru diantaranya adalah : a) Standard EXE Digunakan untuk membuat project aplikasi dengan menu standar, biasanya digunakan untuk membuat aplikasi sederhana bukan aplikasi client server atau pemrograman jaringan, namun bisa ditambahkan objekobjek untuk pembuatan aplikasi yang lebih besar. b) ActiveX EXE Digunakan untuk membuat project kelas modul dalam bentuk aplikasi Eksekusi (EXE) c) ActiveX DLL Digunakan untuk membuat project Library Module paket aplikasi.
  6. 6. Menu Project Visual Basic d) ActiveX Control Digunakan untuk membuat plugin/player objek dari aplikasi e) VB Application Wizard Digunakan untuk membuat project aplikasi melalui wizard f) VB Wizard Manager Digunakan untuk membuat project aplikasi melalui wizard dengan menyimpan projectnya terlebih dahulu. f) ActiveX Document DLL g) ActiveX Document EXE h) Addin i) Data Project Digunakan untuk membuat data project environment j) DHTML Application Digunakan untuk membuat library aplikasi ke halaman web html k) IIS Application l) VB Pro Edition
  7. 7. Menu Project Visual Basic Menu Existing Didalam menu Existing digunakan untuk memasukkan project yang sudah terbuat dan tersimpan dikomputer ke dalam aplikasi IDE Visual Basic. 3. Menu Recent Pada tab menu recent project akan ditampilkan daftar project yang pernah dibuat. 2.
  8. 8. Menu Aplikasi Visual Basic
  9. 9. Menu Aplikasi Visual Basic Keterangan menu Visual Basic : Menu Bar, digunakan untuk memilih tugas-tugas tertentu seperti menyimpan project, membuka project, dll Main Toolbar, digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu dengan cepat. Jendela Project, jendela ini berisi gambaran dari semua modul yang terdapat dalam aplikasi. Programmer dapat menggunakan icon Toggle Folders untuk menampilkan modul-modul dalam jendela tersebut secara di group atau berurut berdasarkan nama. Programmer dapat menggunakan Ctrl+R untuk menampilkan jendela project, ataupun menggunakan icon Project Explorer. Jendela Form Designer, jendela ini merupakan tempat programmer untuk merancang user interface dari aplikasi. Jadi jendela ini menyerupai kanvas bagi seorang pelukis.
  10. 10. Menu Aplikasi Visual Basic Jendela Toolbox, jendela ini berisi komponen-komponen yang dapat di gunakan untuk mengembangkan user interface. Jendela Code, merupakan tempat bagi programmer untuk menulis koding. Programmer dapat menampilkan jendela ini dengan menggunakan kombinasi Shift-F7. Jendela Properties, merupakan daftar properti-properti object yang sedang terpilih. Sebagai contohnya programmer dapat mengubah warna tulisan (foreground) dan warna latarbelakang (background). Programmer dapat menggunakan F4 untuk menampilkan jendela properti. Jendela Color Palette, adalah fasilitas cepat untuk mengubah warna suatu object. Jendela Form Layout, akan menunjukan bagaimana form bersangkutan ditampilkan ketika runtime.
  11. 11. Menu Objek Visual Basic
  12. 12. Menu Objek Visual Basic Keterangan Objek ToolBox : Pointer bukan merupakan suatu kontrol; gunakan icon ini ketika anda ingin memilih kontrol yang sudah berada pada form. PictureBox adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan image dengan format: BMP, DIB (bitmap), ICO (icon), CUR (cursor), WMF (metafile), EMF (enhanced metafile), GIF, dan JPEG. Label adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan teks yang tidak dapat diperbaiki oleh pemakai. TextBox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh pemakai, dapat berupa satu baris tunggal, atau banyak baris. Frame adalah kontrol yang digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya. CommandButton merupakan kontrol hampir ditemukan pada setiap form, dan digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu ketika pemakai melakukan klik padanya. CheckBox digunakan untuk pilihan yang isinya bernilai yes/no, true/false.
  13. 13. Menu Objek Visual Basic  OptionButton sering digunakan lebih dari satu sebagai pilihan terhadap beberapa option yang hanya dapat dipilih satu.  ListBox mengandung sejumlah item, dan user dapat memilih lebih dari satu (bergantung pada property MultiSelect).  ComboBox merupakan konbinasi dari TextBox dan suatu ListBox dimana pemasukkan data dapat dilakukan dengan pengetikkan maupun pemilihan.  HScrollBar dan VScrollBar digunakan untuk membentuk scrollbar berdiri sendiri.  Timer digunakan untuk proses background yang diaktifkan berdasarkan interval waktu tertentu. Merupakan kontrol non-visual.  DriveListBox, DirListBox, dan FileListBox sering digunakan untuk membentuk dialog box yang berkaitan dengan file.  Shape dan Line digunakan untuk menampilkan bentuk seperti garis, persegi, bulatan, oval.
  14. 14. Menu Objek Visual Basic Image berfungsi menyerupai image box, tetapi tidak dapat digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya. Sesuatu yang perlu diketahui bahwa kontrol image menggunakan resource yang lebih kecil dibandingkan dengan PictureBox Data digunakan untuk data binding OLE dapat digunakan sebagai tempat bagi program eksternal seperti Microsoft Excel, Word, dll.
  15. 15. Tipe File Dalam Visual Basic Project Tampilan kerja aplikasi dari visual basic yang berisi objek, properti, dan metode. Format file project dalam visual basic adalah (*.vbp).  Form Objek entitas yang dipakai untuk tempat bekerja aplikasi yang digunakan untuk mendesain atau merancang program visual dan digunakan untuk meletakkan komponen-komponen pada visual basic. Format file Form dalam visual basic adalah (*.frm).  Module Komponen yang digunakan untuk tempat pembuatan dan penyimpanan fungsi-fungsi, prosedur-prosedur dan sub variabel yang sifatnya global. Format file Module pada visual basic adalah (*.bas).  Class Module Komponen yang digunakan untuk tempat pembuatan dan penyimpanan fungsi dan prosedur yang dibedakan berdasarkan kelas tertentu. Format file untuk Class Module pada visual basic adalah (*.cls).
  16. 16. Tipe File Dalam Visual Basic User Control Komponen yang digunakan untuk membuat desain objek kontrol untuk suatu form. Format file User control pada visual basic adalah (*.ctl).  Property Page Format file Property Pages pada visual basic adalah (*.pag).
  17. 17. Tipe File Dalam Visual Basic Bentuk Icon dari tiap-tiap file objek/kontrol pada visual basic : 1.Project 2.Form 3.Module
  18. 18. Tipe File Dalam Visual Basic Class Module User Control Property Pages

×