Statistik Ekonomi

2,249 views
1,957 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
2,249
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
68
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Statistik Ekonomi

  1. 1. STATISTIK EKONOMI Matakuliah Tahun Versi : KodeJ0204/Statistik Ekonomi : Tahun 2007 : Revisi
  2. 2. BUKU ACUAN:       Aczel dan Sounderpandian. (2002). Complete Business Statistics. Edisi 5. Mc.Graw Hill Anderson, Sweeney, and Williams. 2002. Statistics for Business and Economics. 8th edition. South-Western/Thomson LearningTM Dajan,Anto. (1987). Pengantar Metode Statistik, Jilid 1 & 2. 11. LP3ES. Jakarta. L.Webster, Allen. (1998). Applied Statistics for Business and Economics, Buku 1. McGraw-Hill Internat. Suharyadi dan Purwanto S.K. (2004). Statistik Untuk Ekonomi & Keuangan Modern, Jilid 1 & 2. 1. PT Salemba Empat. Supranto,J. . (2000). Statistik Teori dan Aplikasi, Jilid 1 & 2. 6. Erlangga. Jakarta.
  3. 3. PERTANYAAN MENDASAR  Apa yang dimaksud dengan “Statistik”?  Kapan dan dimana kita bisa menggunakan “Statistik”?  Mengapa perlu “Statistik”?  Bagaimana menggunakan “Statistik”? Teknik/prosedur apa saja yang ada di dalam statistik?
  4. 4. PENGERTIAN STATISTIK  Asal kata “Statistic”: Statia = catatan administrasi pemerintahan di US Stochos = “anak panah” (bahasa Yunani), sesuatu yang mengandung ketidakpastian  Pengertian: Statistik = Data Statistik = Ukuran Sampel (dugaan dari parameter) Statistik = Ilmu yang mempelajari cara pengumpulan data, pengolahan data, analisis data serta penyajian data sehingga menjadi suatu informasi yang berguna bagi pengambilan keputusan
  5. 5. CONTOH PENGGUNAAN STATISTIKA  Akuntansi (Accounting) Perusahaan akuntan publik seringkali menggunakan prosedur pengambilan sampel (contoh) yang memenuhi kaidah-kaidah statistik ketika melakukan audit terhadap kliennya.  Keuangan (Finance) Penasehat keuangan menggunakan berbagai jenis informasi statistik, termasuk price-earnings ratio dan hasil dividen, untuk membantu dalam memberikan rekomentasi investasi.
  6. 6. CONTOH PENGGUNAAN STATISTIKA  Pemasaran (Marketing) Pengambilan sampel masyarakat sebagai calon konsumen untuk diminta pendapat tentang produk yang akan diluncurkan oleh suatu perusahaan seringkali menggunakan kaidah statistik.  Ekonomi Para ahli ekonomi menggunakan prosedur statistik dalam melakukan peramalan tentang kondisi perekonomian pada masa yang akan datang.
  7. 7. SYARAT DATA BAIK 1. 2. 3. 4. 5. Data harus obyektif, sesuai dengan keadaan sebenarnya (as it is). Data harus bisa mewakili (representative). Kesalahan baku (standard error) harus kecil. Suatu perkiraan (estimate) dikatakan baik (memiliki tingkat ketelitian tinggi) jika kesalahan bakunya kecil. Syarat (2) & (3) sering disebut sebagai syarat data yang dapat diandalkan (reliable). Harus tepat waktu (up to date). Harus relevan, yaitu data yang dikumpulkan harus ada hubungannya dengan masalah yang akan dipecahkan.
  8. 8. DATA & VARIABEL  Data adalah sekumpulan datum yang berisi fakta-fakta serta gambaran suatu fenomena yang dikumpulkan, dirangkum, dianalisis dan selanjutnya diinterpretasikan.  Variabel adalah karakteristik data yang menjadi perhatian.  Variabel Diskrit, adalah suatu variabel dengan nilai yang dapat dihitung atau terbatas.  Variabel Kontinu, adalah variabel dengan nilai tidak terbatas yang dapat diukur atau dicatat sampai tingkat kesempatan yang diperlukan.
  9. 9. DATA MENURUT SKALA PENGUKURAN a. Nominal, sifatnya hanya untuk membedakan antar kelompok. Contoh: Jenis kelamin, Jurusan dalam suatu sekolah tinggi (Manajemen, Akuntansi). b. Ordinal, selain memiliki sifat nominal, juga menunjukkan peringkat. Contoh: Tingkat pendidikan (SD, SMP, SMA), Skala perusahaan (besar, sedang).
  10. 10. DATA MENURUT SKALA PENGUKURAN c. Interval, selain memiliki sifat data ordinal, juga memiliki sifat interval antar observasi dinyatakan dalam unit pengukuran yang tetap. Contoh: Temperatur d. Rasio, selain memiliki sifat data interval, skala rasio memiliki angka 0 (nol) dan perbandingan antara dua nilai mempunyai arti. Contoh: Tinggi badan, Berat badan, Waktu
  11. 11. JENIS DATA MENURUT SIFATNYA a. Kualitatif  Berupa label/nama-nama yang digunakan untuk mengidentifikasikan atribut suatu elemen  Skala pengukuran: Nominal atau Ordinal  Data bisa berupa numeric atau nonnumeric  Misalnya prestasi siswa sangat meningkat, biaya sekolah sangat mahal, penyaluran BOS sangat lancar, dsb.
  12. 12. JENIS DATA MENURUT SIFATNYA b. Kuantitatif  Mengindikasikan seberapa banyak (how many/diskret atau how much/kontinu)  Data selalu numeric  Skala pengukuran: Interval dan Rasio  Misalnya rata-rata nilai matematika siswa 80, biaya SPP perbulan Rp 100.000,-, 99% siswa dinyatakan tamat dan lulus, dan sebagainya.
  13. 13. JENIS DATA MENURUT SUMBERNYA a. Data Internal yaitu data yang menggambarkan keadaan/kegiatan di dalam suatu organisasi. Di dalam suatu sekolah, misalnya data guru, data keuangan, data siswa, data prestasi siswa, dan sebagainya. b. Data Eksternal yaitu data yang menggambarkan keadaan/kegiatan di luar suatu organisasi. Bagi suatu sekolah, misalnya tingkat daya beli masyarakat, perkembangan biaya sekolah, permintaan (demand), dan sebagainya.
  14. 14. JENIS DATA MENURUT WAKTU PENGUMPULANNYA a. Cross-sectional Data yaitu data yang dikumpulkan pada waktu tertentu yang sama atau hampir sama Contoh: Jumlah mahasiswa UBINUS TA 2005/2006, Jumlah perusahaan go public tahun 2006 b. Time Series Data yaitu data yang dikumpulkan selama kurun waktu/periode tertentu Contoh: Pergerakan nilai tukar rupiah dalam 1 bulan, Produksi Padi Indonesia tahun 1997-2006
  15. 15. JENIS DATA MENURUT CARA MEMPEROLEHNYA a. Data Primer yaitu data yang dikumpulkan dan diolah sendiri oleh suatu organisasi atau perseorangan langsung dari objeknya. Misalnya, BPS melakukan sensus penduduk tahun 2000 untuk memperoleh data penduduk. b. Data Sekunder yaitu data yang diperoleh dalam bentuk yang sudah jadi, sudah dikumpulkan dan diolah oleh pihak lain, biasanya sudah dalam bentuk publikasi. Misalnya, suatu perusahaan memperoleh data penduduk dari BPS, data perbankan dari BI, dll.
  16. 16. IKHTISAR PEMBAGIAN DATA Data Menurut sifat Kualitatif Menurut sumber Kuantitatif Internal Menurut Cara memperoleh Primer Eksternal Sekunder Menurut waktu pengumpulannya Time series Cross section
  17. 17. Mulai METODOLOGI PEMECAHAN MASALAH SECARA STATISTIK Identifikasi masalah atau peluang Kumpulan fakta intern dan ekstern yang relevan dengan permasalahannya Apakah fakta yang tersedia cukup ? Kumpulkan data orisinil yang baru dengan menggunakan wawancara, kuesioner melalui pos, dan lain-lain Tidak Ya Klasifikasi dan ikhtisarkan data dengan menggunakan tabel, grafik, dan ukuran deskriptif numerik Sajikan dan komunikasikan informasi yang telah diikhtisarkan dalam bentuk tabel, grafik, dan ukuran-ukuran deskriptif Apakah informasinya dari sampel Ya 1) 2) Gunakan informasi sampel untuk: Mengevaluasi nilai parameter Menguji asumsi-asumsi tentang parameter Tidak Gunakan informasi sensus untuk mengevaluasi alternatif rangkaian tindakan dan mengambil keputusan Interpretasikan hasilnya, tarik kesimpulan, dan ambil keputusan Selesai
  18. 18. EXERCISE  Below you are given financial information about a sample of companies for July 11, 2001. Company A B C D E F G H I a. b. c. d. e. f. Price ($) per share 18 10 13 84 14 28 37 22 28 Price/Earnings Ratio 12.6 18.2 39.5 18.6 48.2 23.6 18.6 23.3 17.5 Annual Dividend ($) per share 0.36 0.12 0 1.20 0 0.08 0.05 0.30 1.00 Sector services basic materials technology financial healthcare technology healthcare consumernoncyclical consumer-cyclical How many elements are in the data set? How many variables are in the data set? Which variables are qualitative? Which variables are quantitative? Are the data cross-sectional or time series? For each of the variables above, give the measurement scale used
  19. 19. SEKIAN & SEE YOU NEXT SESSION

×