• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
contoh proposal kegiatan ramadhan dan Agustusan
 

contoh proposal kegiatan ramadhan dan Agustusan

on

  • 49,401 views

 

Statistics

Views

Total Views
49,401
Views on SlideShare
49,401
Embed Views
0

Actions

Likes
5
Downloads
711
Comments
2

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel

12 of 2 previous next

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    contoh proposal kegiatan ramadhan dan Agustusan contoh proposal kegiatan ramadhan dan Agustusan Document Transcript

    • KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena dengan pertolongan-Nya kami dapat menyelesaikan Konsep proposal kegiatan ini. Kami bermaksud untuk mengadakan acara bagi anak muda Karang Taruna RW020 atau yang lebih di kenal dengan Ikatan Remaja Sigma (IRS) yang bertema tentang“SEMARAK PERAYAAN HUT REPUBLIK INDONESIA DI BULAN RAMADHAN” Karena itu kami harapkan agar kiranya acara ini dapat menjadi suatu hal yangpositif dan dapat menyalurkan bakat serta minat anak-anak muda di sekitar lingkunganRW 020. Dalam pelaksanaannya, kami sangat mengharapkan peran dari Bapak dan IbuWarga RW 020 agar dapat memberi kami dukungan dalam acara ini. Kami juga mengharapkan peran serta dari Bapak/Ibu yang memiliki anak mudaagar dapat memberi dukungan dalam acara ini, terutama bagi yang berminat dalamdunia organisasi. Semoga apa yang kami lakukan dapat menjadi hal yang membawa dampak baikbagi pemuda dan pemudi di lingkungan RW 020. Ucapan terimakasih dan maaf yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepadaketua karang taruna IRS (Ikatan Remaja Sigma) jika dalam penulisan kata-kata terdapatkesalahan yang di sengaja ataupun tidak dan khususnya kami ingin meminta maaf karnatelah telat dalam penyerahan konsep proposal ini di karnakan ada beberapa halanganyang harus di utamakan terlebih dahulu. Peran aktif kami sangat mendukung setiapkeputusan yang di ambil oleh ketua karang taruna RW 020. Tim Pembuat Konsep proposal Bekasi, 7 juni 2012 (Dede dan team)
    • I. PENDAHULUAN 67 Tahun bukan waktu yang cukup singkat untuk berkembang, dapat dipahamibahwa pasca kemerdekaan sifat Nasionalisme rakyat indonesia harus dipertahankandalam rangka mencegah perpecahan sesama rakyat Indonesia yang berdiridalam Bhineka Tunggal Ika. Nasiaonalisme yang tinggi telah menjadi citra bangsaindonesia yang begitu kompleks dengan perbedaan. Tanggal 17 Agustus yang ditetapkansebagai hari kelahiran bangsa Indonesia, menjadi sebuah moment untuk memupuk rasanasionalisme generasi muda bangsa Indonesia. Memerangi segala hal yang dapatmerusak bangsa ini, khususnya genersi muda bangsa Indonesia. Narkotika, Obat-Obat Terlarang dan Minuman Keras merupakan bagian yangdapat merusak pemuda Indonesia sebagai generasi pelanjut perjuangan sehingga perludi antisipasi dengan membangun kesadaran para generasi pelanjut untuk menjauhi haltersebut. Oleh karena pada HUT Republik Indonesia yang ke-67, kami dari IkatanRemaja SIGMA (IRS) turut memperingati hari lahir bangsa Indonesia sebagai upayamembagun rasa nasionalisme masyarakat khususnya pemuda dan membagunkesadaran para remaja sebagai generasi pelanjut perjuangan untuk membangun bangsaini dengan menjauhi dan menghilangkan segala hal yang dapat merusak bangsa ini.terkhusus pada Narkoba dan Miras. Perjuangan bangsa Indonesia masih panjang untuk lebih maju. Membangunsumber daya manusia yang kompetitif, serta mengelola sumber daya alam secaraprofesional. Merupakan suatu hal yang harus dipersiapkan dalam menunjang perjalananbangsa Indonesia. Perkembangan dan moderenisasi zaman adalah suatu hal yang tidakbisa kita hindarkan. Arus globalisasi yang semakin deras menuntut generasi mudaberlari kencang mengikuti perkembangaan zaman yang semakin pesat. Perkembanganzaman yang begitu pesat membuat generasi muda harus benar-benar pandai dalammemilih dan memilah mana yang positif dan mana yang negatif agar tidak terjadidegradasi moral, akhlak dan nilai – nilai kemanusiaan dan agama.Untuk itulah diperlukan kegiatan-kegiatan positif dalam menyalurkan aspirasi-aspirasi,hoby, bakat dan lain sebagainya, agar generasi muda mampu mengembangkan potensiyang ada dalam dirinya dan terhindar dari degradasi moral, akhlak dan nilai-nilaikemanusian dan agama. Untuk menjembatani hal itu diperlukan suatu wadah sebagai motor yang bisamendrive dan membawa generasi muda ke arah yang positif dan tetap memegang teguhnilai-nilai agama sehingga menjadikan dirinya sebagai generasi muda yang berakhlakmulia dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan menjaga moral bangsa. Kami selaku generasi muda – mudi yang tergabung dalam Ikatan Remaja Sigma(IRS) bermaksut mengadakan kegiatan untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesiayang dimana hari kemerdekaan 17 Agustus 2012 ada di dalam bulan Ramadhan, danoleh karna itu kami akan mengemas semua kegiatan agustusan dengan baik agar tidakmengganggu jalannya ibadah bulan suci Ramadhan.
    • II. DASAR PEMIKIRAN1. Pancasila sila ke-3, “Persatuan Indonesia”.2. Petunjuk dan arahan bapak Ketua RW 20 tentang pelaksanaan kegiatan dalamrangka peringatan HUT RI ke-67 dilingkungan RW 20 Jatimakmur Pondok Gede Bekasi3. Berdasar kepada program pemerintah untuk turut serta membangun sumberdayamanusia yang berakhlak mulia.4. Program kerja Tahunan IRS5. Sebagai sarana untuk memelihara kemuliaan agama Islam III. MAKSUD DAN TUJUAN Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah :1. Turut memeriahkan Hari kemerdekaan RI dan Bulan Ramadhan2. Menyalurkan hoby dan bakat generasi muda dalam bentuk kreasi seni dan inovasi3. Mempererat tali silaturrahim dan persatuan warga RW 204. Menghidupkan kembali Generasi Semangat Berorganisasi Remaja RW205. Turut menjaga dan mengembangkan potensi generasi muda yang berpegang teguhpada nilai-nilai agama agar menjadi generasi muda yang berbakti kepada agama danbangsa. IV. NAMA KEGIATAN “SEMARAK PERAYAAN HUT REPUBLIK INDONESIA DI BULAN RAMADHAN” V. KONSEP KEGIATAN 1.) Menimbang. Bahwa terbukanya peluang persinggungan emosi dikarenakan rasa fanatismeterhadap RT-nya terlalu kuat yang bisa mengakibatkan efek negatif kurang baikterhadap hubungan sesama warga di lingkungan RW 20. 2.) Menyarankan, Sebaiknya pertandingan dan perlombaan bukan lagi antar RT melainkan diikutioleh Team yang dibentuk dari para peserta yang merupakan campuran perwakilan darisemua RT yang ada di lingkungan RW 20. 3.) Sistem Team dan Anggotannya, a.) Sebuah Team dibentuk dari perwakilan masing-masing RT di lingkungan RW 20. b.) Masing-masing Team diberi nama (bebas tapi masih 1 tema). c.) Setiap RT diharapkan mengirim/mendaftar warganya untuk setiap perlombaan. d.) Anggota kemudian diacak berdasarkan usia dan jenis kelamin.
    • Contoh : Pada perlombaan Bola Voli campuran (Pria & Wanita), maka akan dibentuk 8 team yangmasing-masing diberi nama : 1.) Team MamaMia 5.) Team MamaIdol 2.) Team papaMia 6.) Team PapaIdol 3.) Team KakakMia 7.) Team KakakIdol 4.) Team AdikMia 8.) Team AdikIdolPeserta yg terdaftar terdiri dari Bapak-Bapak, Ibu-ibu, Remaja putra dan Remajaputri, Agar didapat suatu pemerataan, maka peserta dibagi per-usia dan jeniskelamin. Pembagian dilakukan secara acak atas kelompok kategori tersebut.Maka terakhir akan didapat suatu team yg terdiri dari Bapak-Bapak, Ibu-ibu, RemajaPutra dan Remaja Putri. VI. KEGIATAN a.) Agustusan Pertandingan dan Perlombaan :1. Karnaval Anak-Anak.2. Perlombaan rakyat3. Bola Voli Kaget,4. Futsal Anak & Remaja5. Pinpong Ganda Campuran6. Baksos7. Malam Puncak b.) Ramadhan1. Karnaval Islami2. Tarhib Ramadhan3. Buka puasa4. Mabit/Itikaf5. Perlombaan Islami6. Halal bi HalalAgustusan. Aturan Main : a.) Karnaval Anak-anak,1.) Para peserta yang terdiri dari anak-anak yang berusia antara 4 s/d 12 tahun,2.) Para peserta dapat menggunakan busana Adat Indonesia, busana suatu profesi,maupun busana yang memiliki keunikan tersendiri.3.) Saat karnaval peserta akan jalan mengelilingi lingkungan RW 20.4.) Juara dipilih berdasarkan penampilan busana terbaik atau terunik.5.) Urutan juara adalah juara 1, 2 dan 3.
    • b.) Perlombaan Rakyat1.) Para peserta yang terdiri dari anak-anak yang berusia antara 4 s/d 12 tahun,2.) Para peserta boleh mengikuti setiap perlombaan yang telah di tentukan oleh panitia.Persaratan dan ketentuan berlaku di setiap perlombaan.3.) System pertandingan, sekali bertanding langsung final.4.) Juara didapat dari pemenang pertandingan final5.) Urutan juara adalah juara 1, 2 dan 3 c.) Bola Voli Kaget,1.) Keterangan,Tidak seperti pertandingan bola Voli biasa, kali ini net/jaring akan digantikan dengankain tertutup, maka jangan heran bila ada peserta kaget karena muncul bola voli secaratiba².2.) Peserta terdiri dari Bapak², Ibu², remaja putri dan remaja putra yang telah dibentuksebuah team sesuai kesepakatan diatas. Jumlah team yang bertanding sebanyak 4team.3.) Untuk tata cara dan peraturan sama seperti pertandingan Bola Voli biasa.4.) System pertandingan, sekali bertanding langsung final.5.) Juara didapat dari pemenang pertandingan final.Urutan juara adalah juara 1, 2 dan 3.6.) Waktu pertandingan sebelum atau sesudah bulan ramadhan tergantung kesepakatanpanitia d.) Futsal1.) Peserta terdiri dari anak-anak dan remaja putra yang berusia antara 8 s/d 20 tahun.2.) Peserta dikelompokan dalam sebuah team sesuai kesepakatan diatas. Jumlah teamyang bertanding sebanyak 8 team.3.) Untuk tata cara dan peraturan sama seperti pertandingan Futsal biasa.4.) System pertandingan, sekali bertanding langsung final.5.) Juara didapat dari pemenang pertandingan final.6.) Urutan juara adalah juara 1, 2 dan 3.7.) Waktu pertandingan sebelum atau sesudah bulan ramadhan tergantung kesepakatanpanitia e.) Pingpong Ganda Campuran1.) Peserta terdiri dari bapak-bapak dan Ibu-ibu.2.) Peserta dikelompokan menjadi ganda campuran yaitu bapak dan ibu. Dan dibentuksebuah team sesuai kesepakatan diatas.3.) Jumlah team yang bertanding sebanyak 4 (sepasang ganda campuran) team ataulebih.4.) Untuk tata cara dan peraturan sama seperti pertandingan Pingpong biasa.5.) System pertandingan, sekali bertanding langsung final.6.) Juara didapat dari pemenang pertandingan final.7.) Urutan juara adalah juara 1, 2 dan 3.8.) Waktu pertandingan sebelum atau sesudah bulan ramadhan tergantung kesepakatanpaniti.
    • f.) BakSos (Bakti Sosial)1.) Bentuk Kegiatan Bakti Sosial ini berupa pembagian sembako, pakaian layak pakai,dan uang tunai, kepada masyarakat tidak mampu di wilayah SIGMA dan sekitarnya. Danterdapat selingan Tausiyah Agama Islam yang disampaikan oleh ustad.2.) Tema Baksos “Satu Cinta Berbagi Kepada Sesama”3.) Adapun tujuan pelaksanaan Bakti Sosial adalah sebagai berikut. a.) Menumbuhkan rasa kepedulian sosial kepada sesama manusia. b.) Meringankan beban perekonomian masyarakat tidak mampu. c.) Meningkatkan dan mempererat tali persaudaran.4.) Sasaran kegiatan baksos ini adalah warga Sigma dan sekitarnya yang tidak mampu.5.) Waktu pelaksanaan tergantung kesepakatan panitia. g.) Malam Puncak, Merupakan malam puncak peringatan HUT RI ke 67, yang berisikan hiburanband, tarian, dance, puisi, drama, film dokumenter, dan kreatifitas dari masing-masingperwakilan RT dan juga pembagian hadiah untuk juara pada masing-masingperlombahan.dan Untuk menarik kehadiran warga pada acara puncak ini maka seperti acara tahun-tahun lalu akan diadakan hadiah doorprize dan hadiah untuk penampilan terbaik.Ramadhan. aturan kegiatan a.) Karnaval Islami1.) Para peserta yang terdiri dari anak-anak yang berusia antara 4 s/d 12 tahun,2.) Para peserta dapat menggunakan busana muslim3.) Saat karnaval peserta akan jalan mengelilingi lingkungan RW 20.4.) Juara dipilih berdasarkan penampilan busana terbaik atau terunik.5.) Urutan juara adalah juara 1, 2 dan 3.6.) Waktu pelaksanaan tergantung kesepakatan panitia b.) Tarhib Ramadhan Seperti tahun-tahun sebelumnya tarhib dilakukan biasanya sekitar satu pekansebelum bulan Ramadhan tiba, bertujuan untuk sosialisasi dan memotivasi pemuda danpemudi agar bersemangat menyambut dan memasuki bulan yang agung dan penuhberkah. Kegiatan tarhib ini di khususkan untuk para pemuda dan pemudi muslim disigma dan sekitarnya. c.) Perlombaan Islami1.) Para peserta yang terdiri dari anak-anak yang berusia antara 4 s/d 12 tahun,2.) Para peserta boleh mengikuti setiap perlombaan yang telah di tentukan oleh panitia.Persaratan dan ketentuan berlaku di setiap perlombaan.3.) System pertandingan, sekali bertanding langsung final.4.) Juara didapat dari pemenang pertandingan final5.) Urutan juara adalah juara 1, 2 dan 3.6.) Waktu pelaksanaan tergantung kesepakatan panitia
    • d.) Buka puasa Bersama1.) Bentuk kegiatan buka puasa bersama dalam bentuk pembagian tajil atau makanandan minuman ringan sedangkan di hari-hari khusus ada makanan-makanan beratberupa nasi dan lauk pauknya.2.) Selingan sebelum berbuka adalah tilawah Qur’an dan tausyiah dari ustad.3.) Tujuan dari buka puasa bersama adalah mencoba Menghidupkan bulan Ramadhandengan amal–amal shalih,Menghidupkan sifat kedermawanan di bulan Ramadhandan Mempererat tali Ukhuwwah Islamiyyah di antara kaum muslimin.4.) Waktu dan tempat pelaksanaan tergantung kesepakatan panitia. e.) Mabit/Itikaf1.) Peserta terdiri dari remaja berusia 15 s/d 25 tahun.2.) Maksud dan tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah: a.) Sebagai syiar Islam b.) Sarana Pendekatan diri kepada Allah SWT Mempertahankan dan meningkatkan keimanan, ketakwaan serta membentuk akhlak generasi islam c.) Mempererat ukhuwah islamiah antar Remaja. d.) Meningkatkan kecintaan terhadap ibadah dan masjid. e.) Menumbuhkan rasa kebersaman antar siswa3.) Waktu dan Tempat pelaksanaan tergantung kesepakatan panitia. VII. WAKTU DAN TEMPAT Semarak perayaan HUT Repulik Indonesia ke-67 di ada pada hari-hari yangtelat di sepakati oleh panitia dan begitu pun dengan tempat pelaksanaannya VIII. PENUTUP Demikian kerangka acuan ini kami buat sebagai landasan dalam berbuat. Semogaapa yang kita lakukan senangtiasa bernilai ibadah di sisi Allah SWT. Segala perhatiannyakami ucapkan Terimakasih banyak, semoga dengan terlaksananya setiap kegiatannantinya dapat membawa perubahan yang berarti bagi Generasi penerus Bangsa.
    • I R S ( Ikatan Remaja Sigma ) “TEMA”“SEMARAK PERAYAAN HUT REPUBLIK INDONESIA DI BULAN RAMADHAN”