manfaat sabut kelapa sebagai media tanam

10,110 views

Published on

manfaat sabut kelapa sebagai media tanaman anggrek

Published in: Education
1 Comment
1 Like
Statistics
Notes
  • Thaks ya mbak bermanfaat banget :) dan teruskan ya mbak
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
No Downloads
Views
Total views
10,110
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
97
Comments
1
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

manfaat sabut kelapa sebagai media tanam

  1. 1. SEMINARSEMINAROOlehleh ::Debora Sumarti TambunanDebora Sumarti Tambunan41111410024111141002Pendidikan Biologi APendidikan Biologi AManfaat Sabuk Kelapa Sebagai Media PenanamanAnggrek
  2. 2. Tanaman KelapaKelapa (Cocus nucifera) merupakan buah dantanaman palem yang termasuk ke dalam familyPalmaceae.Buah Kelapa mempunyai diameter 15 - 20 cmbahkan lebih, berwarna hijau, coklat atau kuning.Bagian luar berupa exocarpium yang sangat kuat,berserat kasar yang disebut sabut. Sabut berfungsiuntuk melindungi bagian endocarpium yang keras(disebut tempurung atau batok) .
  3. 3. Sabut KelapaSabut KelapaSabut kelapa merupakan hasil samping, danmerupakan bagian yang terbesar dari buahkelapa, yaitu sekitar 35 persen dari bobotbuah kelapa.Serat sabut kelapa, atau dalam perdagangandunia dikenal sebagai Coco Fiber, Coir fiber,coir yarn, coir mats, dan rugs, merupakanproduk hasil pengolahan sabut kelapa.
  4. 4. Manfaat serat sabut kelapa bahan pembuat sapu, keset, tali alat-alat rumah tangga bahan baku industri karpet jok dan dashboard kendaraan kasur bantal lapisan kursi mobil Spring Bed media penanaman Anggrek.
  5. 5. Kandungan Sabut Kelapa (coco peat)1. Trichoderma moldssejenis enzim dari jamur yang dapat mengurangi penyakitdalam tanah,menjaga tanah tetap gembur, subur, danmemudahkan akar baru tumbuh dengan cepat dan lebat.2. Memiliki pori-pori yang memudahkan terjadinyapertukaran udara, dan masuknya sinar matahari.3. Unsur-unsur hara dari alam yang sangat dibutuhkantanaman, berupa kalsium (Ca), magnesium (Mg), natrium(Na), nitrogen (N), fospor (P), dan kalium (K).
  6. 6. Jenis Anggrek Yang Di TanamDengan Sabut KelapaAnggrek bulan termasuk dalam tanaman anggrekmonopodial yang menyukai sedikit cahaya mataharisebagai penunjang hidupnya.Ciri-ciri Anggrek Bulan :1. Daunnya berwarna hijau, memanjang2. Akar-akarnya berwarna putih dan berbentuk bulatmemanjang serta terasa berdaging3. Bunganya memiliki sedikit keharuman dan waktu mekaryang lama serta dapat tumbuh hingga diameter 10 cmlebih.
  7. 7. Sabut Kelapa SebagaiMedia Tanam AnggrekPemanfaatan sabut kelapa yang sangat menarikadalah sebagai coco chip yaitu sabut kelapa yangdiolah menjadi kotak-kotak untukmedia tanam anggrek.Coco chip dapat menahan kandungan air dan unsurkimia pupuk serta menetralkan kadar asam.
  8. 8. Gambar Anggrek
  9. 9. 1. Sediakan Sabut kelapa tua (Bulan Sabit). Sabut diurai, diambilseratnya. Dipotong 2 - 3 cm. Rendam dalam larutan Tawas (uk: 20liter air / 1 sendok makan tawas).2. Setelah 1 hari, air keruh (coklat kemerahan) dibuang dan digantidengan air bersih yang baru (tidak diberi tawas).3. Lakukan point ke 2 sampai air menjadi bening. ( sekitar 3 hari).4. Jemur sampai kering bila ingin di kemasi atau segera dipakaiuntuk media anggrek dalam kondisi lembab.Cara Mengolah SabutKelapa
  10. 10. Sabut kelapa akan cepat lapuk bila kitamenggunakan sabut yang masih muda. Prosespelapukan sabut sering terjadi di dasar pot.Segera ganti media bila proses pelapukan diikutidengan munculnya jamur. Jika tidak diitemukanjamur, media yang berkurang karena pelapukanbisa ditambah dengan yang baru. Prosespelapukan memakan waktu sekitar 4 - 6 bulan.

×