Your SlideShare is downloading. ×
  • Like
@Luviana n96
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Now you can save presentations on your phone or tablet

Available for both IPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply
Published

powerpoint TIK

powerpoint TIK

Published in Technology
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
605
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5

Actions

Shares
Downloads
26
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Internet : Internet singkatan dari (Interconnected Network), yaitu suatu jaringan komputer yang saling terhubung satu dengan yang lain untuk keperluan komunimasi dan informasi atau jaringan komputer di seluruh dunia yang berisikan informasi dan sebagai media komunikasi data yang berupa suara, gambar, video, dan teks. Intranet: Intranet adalah jaringan komputer yang saling tersambung digunakan oleh suatu sistem organisasi dengan luas tertentu. Contoh jaringan komputer PT Telkom seluruh Indonesia.
  • 2. Internet dimulai pada tahun 1969 ketika DepartemeNPertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research ProjectsAgency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentangbagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehinggamembentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan namaARPANET. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luarAmerika Serikat. Komputer University Collegen di London merupakankomputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggotajaringan Arpanet. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakannewsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1982 dibentukTransmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protokol (IP). Tahun1988 Jarko Oikarine menemukan dan memperkenalkan Internet RelayChat (IRC). Tahun 1990 Tim Berners Lee menemukan program editor danbrowser yang disebut World Widw Web (WWW). Tahun 1992 muncullah istilah surfing the internet, dan untuk pertamakalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet.
  • 3. 1. Media Komunikasi Surat-menyurat menggunakan E-mail, Internet Relay Chat dan Chatting menggunakan Yahoo Mesengger.2. Media Informasi memberikan layanan informasi melalui World Wide Web.3. Media Promosi untuk sarana iklan produk barang dan jasa.4. Media Penelitian dapat memperoleh sumber referensi dan bahan penelitian.5. Media pertukaran data Download dan Upload6. Media Hiburan hiburan seperti musik dan film.
  • 4. 1. Internet sebagai media komunikasi: karena dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia.2. Media pertukaran data: email, newsgroup, FTP dan www.3. Media untuk mencari informasi4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga tahu apa saja yang terjadi.5. Bidang pendidikan, kebudayaan dan lain-lain.6. kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan.
  • 5. 1. Ancaman virus.2. Ketergantungan jaringan.3. Mempengaruhi kultur budaya.4. Tindak Kejahatan.
  • 6. Download: Website: pengambilan file dari kumpulan dari halaman-halaman sebuah komputer web yang saling server di internet ke terikat komputer clientHome page : halaman Login : pemasukanweb pertama yang user ID dan passwordterdapat pada sebuah untuk mengakseswebsite halaman web tertentuOnline : koneksi Upload : penempatankomputer ke internet file dari sebuahdalam keadaan komputer kita ketersambung sebuah komputer server di internet
  • 7.  ISP : penyedia browser : program yang jasa layanan digunakan untuk koneksi ke internet mengakses internetHTML : kode-kode yang Off-line : koneksidigunakan untuk membuat komputer ke internetsebuah halaman web dalam keadaan terputus. Client adalah komputerURL : sistem pemberian yang memberi layanannama alamat website kepada komputer lain.
  • 8. Merupakan layanan internet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Mengirim e-mail sama persis dengan mengirimkan surat Surat biasa. Kita dapat berkirim surat ke Elektronik orang lain dalam bentuk file dokumen, (E-mail) gambar dan juga pesan singkat dengan biaya yang murah karena tidak menghitung bobot surat yang kita kirim. Adalah layanan internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam suatuMailing List kelompok (grup) melalui e-mail. Millis sangat cocok (Millis) untuk koordinasi atau pemeliharaan komunitas- komunitas sesuai dengan minat dan kompetensinya.
  • 9. Digunakan untuk berkomunikasi satu dengan Newsgroup yang lain yang mempunyai kepentingan dan ketertarikan bersama dalam topik tertentu Yang digunakan untuk mengakseskomputer lain yang letaknya lebih jauh. Telnet Digunakan untuk mengecek koneksi pada PING (Pocket computer satu ke computer lain yang terkoneksi Internet Gopher) dengan internet dengan cara mengirimkan sejumlah data Digunakan untuk mencari informasi yang ada diinternet dalam bentuk teks Gopher
  • 10. Adalah sarana sosial yang menghubungkanorang-orang dengan teman dan rekan merekalainnya yang bekerja, belajar dan hidup di Facebooksekitar mereka Adalah sebuah situs web yang dimiliki dan Twitter dioperasikan oleh Twitter Inc, yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Digunakan untuk mengirimkan atau File Transfer Protocolmengambil file dari komputer lain atau (FTP)sebaliknya.Layanan Multimedia Merupakan suatu bentuk dokumen di internet (WWW) yang di simpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia
  • 11. 1. Produktivitas kerja: membantu pengguna untuk menemukan informasi secara cepat.2. Efisiensi waktu: perusahaan dapat memberikan informasi yang lebih lengkap kepada para anggota/karyawan sekaligus3. Komunikasi: memberikan fasilitas yang memungkinkan komunikasi efektif di dalam sebuah organisasi4. Efektivitas biaya: dapatmelihat atau membaca data melalui web browser tidak perlu membaca data fisik.5. Sistem publikasi web: memungkinkan data-data organisasi/perusahaan diakses secara mudah.
  • 12. 1. Informasi yang salah dapat juga beredar melalui intranetsehingga mengurangi efekitvitasnya2. Intranet juga kemungkinan untuk mengirimkan hal-hal yang kurang sesuai (kasar / kurang sopan)3. Diperlukan pelatihan untuk mendidik anggota/karyawan untuk menggunakan intranet4. Keamanan data merupakan pemikiran utama, karena pengguna bisa saja mengirimkan pesan yang sensitif5. Diperlukan tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan intranet di sebuah organisasi perusahaan.