Your SlideShare is downloading. ×
0
Perubahan teritorial
Perubahan teritorial
Perubahan teritorial
Perubahan teritorial
Perubahan teritorial
Perubahan teritorial
Perubahan teritorial
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Perubahan teritorial

2,687

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
2,687
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
36
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. PERUBAHAN WILAYAH LAUT TERITORIAL INDONESIA Oleh : Musdalifah (4512103097)
  • 2. Pada zaman penjajahan Belanda, wilayah perairan laut Indonesia dihitung 3 mil, atau 5,5 km dari garis laut saat sedang surut. Hal ini berlaku secara internasional. Dan merugikan negara kepulauan seperti Indonesia. Sejak 13 desember 1957, pemerintah Indonesia mencetuskan gagasan Wawasan Nusantara dalam bentuk Deklarasi Djuanda. Isinya adalah Indonesia merupakan satu kesatuan wilayah dan perairan laut merupakan unsur pemersatu dengan batas wilayah teritorial laut 12 mil. Upaya ini berhasil disahkan pada konvensi hukum laut PBB pada tahun 1982. SEJARAH PERKEMBANGAN LUAS PERAIRAN INDONESIA
  • 3. Sejak tahun 1960 berubahlah luas wilayah dari ± 2 juta Km2 menjadi ± 5 juta Km2, dengan 65% wilayahnya terdiri atas laut atau perairan. Perairan laut Indonesia berdasarkan konvensi hukum laut internasional di Jamaika tahun 1982 dibagi menjadi 3 bagian yaitu sebagai berikut: 1. Batas laut territorial yaitu 12 mil dari titik terluar sebuah pulau ke laut lepas. Berdasarkan batas tersebut, negara Indonesia memiliki kedaulatan atas perairan, dasar laut, tanah dibawahnya dan ruang diatasnya serta kekayaan alam di dalamnya. 2. Batas landas kontinen yaitu garis batas yang merupakan kelanjutan dari daratan suatu benua yang terendam hingga kedalamana 200 m di bawah permukaan air laut. 3. Zona ekonomi eksklusif (ZEE) ditarik dari titik terluar pantai sebuah pulau sejauh 200 mil. Dengan bertambahnya luas perairan Indonesia, maka kekayaan alam yang terkandung di dalamnya bertambah pula. Oleh karena itu, Indonesia bertanggung jawab untuk melestarikan dan melindungi sumber daya alam dari kerusakan.
  • 4. Usaha Pelestarian Laut di Indonesia Laut memberikan manfaat yang besar bagi kesejahteraan negara Indonesia. Selain sebagai sarana penghubung antarpulau, laut juga merupakan penghasil sumber daya hayati dan sumber daya nonhayati. Tentunya tidak hanya pemerintah saja yang berkewajiban menjaga kelestarian laut, tetapi kalian sebagai warga negara Indonesia juga berkewajiban menjaganya. Adapun contoh usaha-usaha dalam upaya pelestarian laut di Indonesia adalah sebagai berikut:
  • 5. Menjaga air laut tetap bersih dengan cara melarang pembuangan sampah dan limbah di laut. Adanya perlindungan terhadap hewan tertentu yang hidup di laut agar tidak menjadi punah. Pelarangan menggunakan jaring yang kecil saat menangkap ikan sebab dengan menggunakan alat tersebut ikan yang masih kecil akan ikut terjaring. Adanya larangan mengambil karang laut dalam jumlah besar. Dan membuang sampah pada tempatnya.
  • 6. TERIMA KASIH

×