Pelajaran Sekolah SABAT ke-8 Triwulan ke-2 2014

52,733 views
59,399 views

Published on

Pelajaran Sekolah SABAT ke-8 Triwulan ke-2 2014

Published in: Spiritual
2 Comments
4 Likes
Statistics
Notes
  • Shalom SABAT juga saudaraku pak Ebin! Ya, sama-sama, kami sekeluarga sehat semua, bagaimana dengan kabar bapak dan keluarga di sana? Ya, kita sama-sama berusaha untuk melakukan yang terbaik yang dapat kita lakukan untuk kemuliaan TUHAN!
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Shaloom Sahabatku dalam Yesus,
    Terima kasih dengan bahan PPt sekolah sabat.
    Bagaimana keadaan saudara disana? Saya harap kalian sentiasa
    gembira disamping keluarga, walaupun sibuk dengan tugasan seharian.
    Tuhan memberkati Playanan setra kemurahan saudara..
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
No Downloads
Views
Total views
52,733
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
44,297
Actions
Shares
0
Downloads
86
Comments
2
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pelajaran Sekolah SABAT ke-8 Triwulan ke-2 2014

  1. 1. Semua hukum, baik 10 perintah sebagai bagian dari HukumTaurat (Imamat 19:18) Yesus mengharapkan orang- orang yang berbagi kehidupan kekal bersama-Nya menjaga hukum Allah dalam kehidupan ini. Bukankah kita akan ingin melakukan kehendak Allah di bumi baru? Hukum yang manakah yang dapat menyelamatkan Orang Muda yang kaya itu?
  2. 2. Matius 22:40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi." Apakah kedua perintah ini dan bagaimana mereka berhubungan dengan hukum dan Kitab para nabi (Matius 22:35-40)? “Kitab para Nabi" [Yosua hingga Maleakhi] didasarkan dan menjelaskan hukum. “Seluruh Hukum Taurat" [5 Kitab Musa, Kejadian sampai Ulangan], didasarkan pada 10 perintah. Hukum Allah, 10 Perintah Allah (Keluaran 20:3-17), didasarkan pada dua hukum: Kasih kepada Allah (perintah ke-1 sampai ke-4) dan kasihi sesama manusia (Perintah ke-5 sampai ke-10)
  3. 3. HUKUM KASIH Ulangan 6:5 Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu. Yohanes 14:15 "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Imamat 19:18 Janganlah engkau menuntut balas, dan janganlah menaruh dendam terhadap orang-orang sebangsamu, melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri; Akulah TUHAN.
  4. 4.  Dia menghormati orang tuanya (Lukas 2:51)  Ia menolak untuk menyembah setan (Lukas 4:8)  Dia memelihara hari Sabat (Lukas 4:16)  Dia tidak pernah berbuat dosa (Ibrani 4:15)  Dia patuh sepanjang hidup-Nya (Filipi 2:5- 11) Bagaimana Yesus mematuhi perintah-perintah Allah? Filipi 2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Jika kita tinggal dalam kasih Yesus, kita harus taat seperti Dia taat kepada Bapa-Nya.
  5. 5. E.G.W. (Every day with God, May 13)
  6. 6. Yesus telah mengajarkan banyak kali, berdasarkan ajaran Perjanjian Lama, kita harus mengasihi sahabat dan musuh. Dengan cara apakah, kemudian, untuk saling mengasihi sebagai PERINTAH BARU? Yang membuatnya baru adalah : Kita harus mengasihi sama seperti Yesus mengasihi kita?
  7. 7. 1 Korintus 9:21 Bagi orang-orang yang tidak hidup di bawah hukum Taurat aku menjadi seperti orang yang tidak hidup di bawah hukum Taurat, sekalipun aku tidak hidup di luar hukum Allah, karena aku hidup di bawah hukum Kristus, supaya aku dapat memenangkan mereka yang tidak hidup di bawah hukum Taurat. Dalam upayanya untuk menyelamatkan semua orang, Paulus memulai hubungan dengan bangsa-bangsa lain pada awalnya tanpa menggunakan hukum Allah, tapi mencari cara melalui topik terkait yang bisa mengajarkan kasih Allah. Dalam suratnya kepada jemaat di Korintus, ia ingin membuat jelas bahwa, meskipun ia tidak menonjolkan hukum ketika ia berkhotbah, namun ia berusaha membuat hukum Allah dihormati dan ditaati oleh bangsa lain. Ketaatan ini, menurut Paulus, didasarkan pada ketaatan kepada hukum Kristus (Yohanes 13:34)
  8. 8. Hukum Kristus didorong oleh kasih. Seandainya bukan karena kematian penebusan-Nya, tidak ada alasan untuk tetap mematuhi hukum Allah. Namun, karena Kristus membuat hidup kekal menjadi mungkin, ada alasan kuat untuk tetap setia dan melanjutkan ketaatan terhadap hukum Allah. Orang Kristen harus menggunakan Hukum Kristus sebagai kendaraan untuk mengangkut orang berdosa yang bertobat kembali ke ruang lingkup hukum kasih Allah.
  9. 9. Yohanes 5:22 Bapa tidak menghakimi siapa pun, melainkan telah menyerahkan penghakiman itu seluruhnya kepada Anak, Memelihara Hukum tidak terbatas pada mematuhi dengan tujuan untuk menyenangkan hati ALLAH, tetapi memanggil kita untuk berbagi kasih Allah dengan mereka yang membutuhkan. Sebagai suatu aturan penghakiman, Hukum mengukur tingkat cinta bahwa seseorang telah berbagi kasih dengan Allah dan manusia. Ketika Kristus memimpin Penghakiman Terakhir, Ia menggunakan Hukum kasih Allah, yang tidak berubah-ubah, seperti aturan yang akan melepaskan kita dari penghukuman (Yakobus 2:12)

×