Pelajaran Sekolah Sabat ke 2 Triwulan 2 2014

43,283
-1

Published on

Pelajaran Sekolah Sabat ke 2 Triwulan 2 2014 YESUS dan Hukum Musa

Published in: Spiritual
2 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Sama-sama saudara Ebin! Dibanding dengan pengorbanan YESUS kepada kita semua, apa yang kita lakukan tidak ada apa-apanya, tetapi marilah kita selalu memberikan yang terbaik kepada TUHAN oleh karena Ia yang telah mengasihi dan berkorban terlebih dahulu kepada kita! Salam buat umat TUHAN di tempat saudara dari Jemat TUHAN di Tanjungpinang, Kepulauan Riau.
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Selamat Petang Saudaraku,
    Terima kasih sekali lagi kerana sentiasa berusaha melakukan yang terbaik untuk pelayanan Tuhan.
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
43,283
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
12
Actions
Shares
0
Downloads
116
Comments
2
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pelajaran Sekolah Sabat ke 2 Triwulan 2 2014

  1. 1. Galatia 4:4 “Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat.” YESUS disunat pada hari ke-8 • "Pada hari kedelapan anak itu disunat" (Imamat 12:03) • “Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya.” (Lukas 2:21) Maria ditahirkan pada hari ke-40 • “Bila sudah genap hari-hari pentahirannya, maka untuk anak laki-laki atau anak perempuan haruslah dibawanya seekor domba berumur setahun sebagai korban bakaran dan seekor anak burung merpati atau burung tekukur sebagai korban penghapus dosa ke pintu Kemah Pertemuan,....dan imam itu harus mengadakan pendamaian bagi perempuan itu, maka tahirlah ia."” (Imamat 12:6-8) • “Dan ketika genap waktu pentahiran, menurut hukum Taurat Musa, mereka membawa Dia ke Yerusalem untuk menyerahkan-Nya kepada Tuhan,” (Lukas 2:22)
  2. 2. Paskah Pembebasan dari Mesir Pada usia 12 (Lukas 2:41-43), pada awal pelayanan-Nya (Yohanes 2:13-22), tengah (Yoh 5) dan akhir (Mat 26:17-20) Pentakosta Hari Raya Panen Dia memenuhi janji turunnya Roh Kudus (Kisah 2:1-4) Terompet Tahun baru Tidak disebutkan PenebusanDosa Hari Penghakiman Tidak disebutkan Kemah Tinggal di padang gurun Yohanes 7 Pentahbisan Penahbisan Kaabah oleh orang-orang Makabe Yohanes 10:22-39 Purim Pembebasan Israel pada zaman Esther Tidak disebutkan
  3. 3. “Sesudah tiga hari mereka menemukan Dia dalam Bait Allah; Ia sedang duduk di tengah-tengah alim ulama, sambil mendengarkan mereka dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka. ” (Lukas 2:46)
  4. 4. Matius 17:24-27 Ketika Yesus dan murid-murid-Nya tiba di Kapernaum datanglah pemungut bea Bait Allah kepada Petrus dan berkata: "Apakah gurumu tidak membayar bea dua dirham itu?"Jawabnya: "Memang membayar." ....Tetapi supaya jangan kita menjadi batu sandungan bagi mereka, pergilah memancing ke danau. Dan ikan pertama yang kaupancing, tangkaplah dan bukalah mulutnya, maka engkau akan menemukan mata uang empat dirham di dalamnya. Ambillah itu dan bayarkanlah kepada mereka, bagi-Ku dan bagimu juga." Pembayaran pajak ini untuk mendukung Bait Suci (Keluaran 30:12-16) tidak diperlukan seperti itu persepuluhan, tetapi memberikannya dianggap sebagai kewajiban agama. Haruskah Yesus sebagai Anak Allah, membayar pajak kepada Bapa-Nya?
  5. 5. Matius 5:17 "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Yesus menuduh orang-orang Farisi membatalkan hukum Musa oleh tradisi, untuk menemukan "jalan keluar" karena tidak menghormati orang tua (Markus 7:9-13) Selain itu, orang-orang Farisi menuduh Yesus bertentangan dengan hukum Musa, karena tidak menerima perceraian, kecuali karena perzinahan (Matius 19:3-9) Jika Yesus sendiri memberikan kepada Musa hukum, bagaimana mungkin hukum itu bisa bertentangan? Yesus meletakkan segala sesuatu dalam perspektif yang tepat.
  6. 6. Yohanes 8:4,5 Mereka menempatkan perempuan itu di tengah-tengah lalu berkata kepada Yesus: "Rabi, perempuan ini tertangkap basah ketika ia sedang berbuat zinah. 8:5 Musa dalam hukum Taurat memerintahkan kita untuk melempari perempuan-perempuan yang demikian. Apakah pendapat-Mu tentang hal itu?"
  7. 7. Apakah Yesus bertentangan dengan Hukum Musa dengan tidak mengutuk perempuan yang berzinah? Sebenarnya, ia mendukung hukum tersebut dengan berkata, "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu." (Yohanes 8:7, Ulangan 17:7) Selain itu, sebagai pengampunan, Yesus menggunakan “cara" yang sah untuk menghindari tuduhan tersebut. Setidaknya, dua saksi setidaknya dibutuhkan (Ulangan 17:6) untuk menjatuhkan hukuman mati. Namun, ketika semua saksi merasa malu dan pergi, maka perempuan itu tidak bisa dihukum.
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×