• Save
2 q lesson 9   hari tuhan (zefanya)
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share

2 q lesson 9 hari tuhan (zefanya)

  • 17,203 views
Uploaded on

Pelajaran Sekolah SABAT Triwulan 2 Pelajaran ke-9 2013

Pelajaran Sekolah SABAT Triwulan 2 Pelajaran ke-9 2013

More in: Spiritual
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
No Downloads

Views

Total Views
17,203
On Slideshare
1,658
From Embeds
15,545
Number of Embeds
12

Actions

Shares
Downloads
0
Comments
0
Likes
1

Embeds 15,545

http://www.gmahktanjungpinang.org 15,257
https://www.google.com 92
http://www.google.com.my 72
http://www.google.co.id 29
http://translate.googleusercontent.com 29
http://www.google.com 25
http://webcache.googleusercontent.com 18
https://www.google.co.id 14
https://www.google.com.my 5
https://www.google.co.jp 2
http://www.google.co.jp 1
http://www.google.ca 1

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Lesson 9 for June 1, 2013
  • 2. Nabi Zefanya adalah anak dari cucu RajaHizkia. Zefanya adalah keturunan darikeluarga kerajaan.Khotbahnya berkaitan denganmempromosikan reformasi keagamaandari Yosia, bersama-sama dengan nabi-nabi lain seperti Yeremia.Pekabaran Zefanya sangat jelas: Allah akanmenghakimi dan menghancurkanYerusalem karena dosa-dosa mereka. Satu-satunya cara untuk lepas dari kehancuranadalah berserah kepada Allah danmerubah perilaku mereka.Nubuatan itu digenapi pada masa Zefanya,tetapi juga berlaku untuk Akhir Zamanketika Yesus akan datang kembali "untukmembalaskan kepada setiap orangmenurut perbuatannya" (Wahyu 22:12)
  • 3. “Sudah dekat hari TUHAN yang hebat itu, sudah dekat dan datangdengan cepat sekali! Dengar, hari TUHAN pahit, pahlawan pun akanmenangis.Hari kegemasan hari itu, hari kesusahan dan kesulitan, harikemusnahan dan pemusnahan, hari kegelapan dan kesuraman, hariberawan dan kelam,” (Zefanya 1:14-15)Sebagai orang percaya, biasanya kita berpikir tentang "hari Tuhan yang hebat"sebagai hari kebahagiaan ketika kita akan bertemu Tuhan dan Allah kita. TapiZefanya memperingatkan kita bahwa hari itu akan menjadi hari kesuramandan kegelapan.Hari itu akan merusak seluruh ciptaan (Zefanya 1:2-3) dan akan menjadi harikehancuran untuk dua kelompok khusus manusia:1. Bagi umat Allah, yang diwakilioleh Yehuda dan Yerusalemdalam Zefanya 1:4-18.2. Bagi orang yang tidak percaya,yang diwakili oleh orang Filistin,Moab, Amon, Ethiopia dan Asyurdalam Zefanya 2:4-15.Tidak ada yang bisa luput dari pekerjaan,uang atau kedudukannya sendiri pada hariitu (Zefanya 1:18)
  • 4. Mengapakah hari itu menjadi hari kegelapan bagi umat Allah?“Celakalah si pemberontak dan si cemar, hai kotayang penuh penindasan! Ia tidak mau mendengarkanteguran siapa pun dan tidak mempedulikan kecaman;kepada TUHAN ia tidak percaya dan kepadaAllahnya ia tidak menghadap.” (Zefanya 3:1-2)Itu berarti bahwa menjadibagian dari umat Allahtidaklah bebas atau lepasterhadap Penghakiman Ilahi.Keselamatan berhubungandengan hubungan pribadikita dengan Yesus.Meskipun terang telah diterima orang Yehuda, merekatidak percaya kepada Allah dan menjauh dari-Nya.
  • 5. “Carilah TUHAN, hai semua orang yang rendah hati dinegeri, yang melakukan hukum-Nya; carilahkeadilan, carilah kerendahan hati; mungkin kamu akanterlindung pada hari kemurkaan TUHAN.” (Zefanya 2:3)Kemungkinan keselamatan dari orang yang rendah hati yaitu mereka yangsetia dinyatakan melalui kata mungkin. Kelepasan tergantung semata-mata hanya dalam rahmat Ilahi dan rahmat adalah sesuatu yang tidakdapat diperoleh begitu saja. Dalam menghadapi kiamat yang akan datang,ada pengharapan di masa depan dari Allah, yang murah hati.
  • 6. Zefanya membuat itu jelas bahwa penghakiman Allah tidak hanyahukuman tetapi juga perbaikan. Allah menawarkan janjiperlindungan bagi mereka yang mencari dia (Zef 2:3). Hari Tuhanbukan hanya sekadar akhir dari dunia. Ini adalah permulaan daripenetapan pemerintahan Allah, yang akan kekal selamanya.
  • 7. “TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagaipahlawan yang memberi kemenangan. Iabergirang karena engkau dengansukacita, Ia membaharui engkau dalamkasih-Nya, Ia bersorak-sorak karenaengkau dengan sorak-sorai,” (Zefanya 3:17)Pernahkah Andamembayangkanbagaimana Allahdengan sukacitabernyanyi karenaAnda telahmenerimakeselamatan-Nya?Raja Agung, Prajurit Ilahi, akan melindungi danmempertahankan umat-Nya. Dia akan menjaminmereka dengan semua keuntungan darikemenangan-Nya, seseorang, yang menang bagi kitadi salib. Dia akan memuliakan yang rendah hati danmengubah celaan, penderitaan dan pengasingankepada sebuah pengalaman kehormatan, berkat,dan kehadiran-Nya.
  • 8. “Saya berbicara kepada umat Allah yang saat ini berpegang teguhpada kepercayaan mereka, yang tidak akan menyimpang dariiman yang pernah disampaikan kepada orang-orang kudus, yangberdiri di tengah kegelapan moral pada hari kecurangan ini.Firman Tuhan kepada Anda adalah: "Aku akan bersorak-sorakkarena Yerusalem, dan bergirang karena umat-Ku." Tidakdapatkah kita melihat disini kasih Allah sebagai seorang bapa yangdinyatakan kepada mereka yang berpegang teguh pada iman didalam kebenaran? Hubungan yang akrab ada antara Tuhan danumat-Nya. Bukan hanya kita sebagai objek pekerjaan rahmatNya,kasihNya yang mengampuni; kita lebih dari ini. Tuhan bersukacitaatas umat-Nya. Dia senang diantara mereka. Dia adalah jaminanmereka. Dia akan memperindah semua orang yang dengansepenuh hati melayani-Nya dengan roh yang kudus. Diamengenakan kepada mereka pakaian kebenaran. Dia mengasihiorang-orang yang melakukan kehendak-Nya, yang menyatakangambar-Nya. Semua yang benar dan setia adalah serupa dengangambaran Anak-Nya. Dalam mulut mereka tidak ditemukan tipudaya, karena mereka berdiri tanpa cela di hadapan takhta Allah.”E.G.W.(TestimoniestoMinistersandGospelWorkers,cp.15,pg.414)
  • 9. “Lihatlah! Di atas gunung-gunungberjalan orang yang membawa berita,yang mengabarkan berita damaisejahtera. Rayakanlah hari rayamu,hai Yehuda, bayarlah nazarmu! Sebabtidak akan datang lagi orang dursilamenyerang engkau; ia telah dilenyapkansama sekali!” (Nahum 1:15)“TUHAN itu baik; Ia adalah tempatpengungsian pada waktu kesusahan;Ia mengenal orang-orang yangberlindung kepada-Nya” (Nahum 1:7)“Apakah maksudmu menentang TUHAN?Ia akan menghabisi sama sekali;kesengsaraan tidak akan timbul dua kali!”(Nahum 1:9)Meskipun keadilanTuhan kelihatannyalambat, namuntidak ada yang bisamenghentikannya.