Copy of pengelolaan hutan pendidikan smasa jaya
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Copy of pengelolaan hutan pendidikan smasa jaya

on

  • 1,060 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,060
Views on SlideShare
1,060
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
4
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Copy of pengelolaan hutan pendidikan smasa jaya Copy of pengelolaan hutan pendidikan smasa jaya Presentation Transcript

  •  Keberadaan hutan menjadi salah satu kunci pokok dalam pelestarian lingkungan untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam yang lebih besar di kemudian hari dan melestarikan ketersediaan air tanah untuk mencukupi kebutuhan makhluk hidup saat ini dan kebutuhan genesari-generasi mendatang. Kerusakan hutan merupakan sesuatu yang sangat berdampak buruk bagi kehidupan manusia maupun makhluk hidup lainnya sehingga semua pihak perlu menjaga dengan sebaik-baiknya agar hutan tetap terjaga kondisinya. Kerusakan hutan yang meliputi : kebakaran hutan, penebangan liar dan lainnya merupakan salah satu bentuk gangguan yang makin sering terjadi. Program Hutan Pendidikan diantaranya bertujuan mendidik generasi penerus, yang dalam ini adalah siswa usia sekolah untuk peduli dengan upaya pelestarian lingkungan hidup dengan menanami hutan dan merawatnya.
  •  Apa saja jenis kerusakan hutan yang terjadi di KPH Saradan ? Solusi apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan melestarikan kembali hutan di KPH Saradan dengan melibatkan siswa sebagai subyeknya?
  • A. Tujuan Bagi Penulis Memberi motivasi pada penulis sebagai siswa SMA N 1 Mejayan untuk berupaya semaksimal mungkin melestarikan hutan KPH Saradan. Hal ini dikarenakan wilayah hutan tersebut sangat dekat dengan tempat tinggal penulis. Sehingga, penulis memiliki tanggung jawab yang besar untuk melestarikan hutan demi generasi kini dan generasi mendatang. Selain itu, penulis juga memberi dorongan dan motivasi untuk teman-teman siswa lain agar berupaya semaksimal mungkin melestarikan hutan ini.B. Tujuan Bagi Pembaca Agar para pembaca memahami apa saja jenis kerusakan hutan yang terjadi di wilayah hutan KPH Saradan serta bagaimana cara melestarikan hutan tersebut. Diharapkan nantinya akan timbul kesadaran yang tinggi untuk bersikap dan bertanggung jawab terhadap upaya pelestarian hutan demi generasi kini dan mendatang.
  • Next
  • Penanggulangan kerusakan hutan Saradan dewasa inimemang sangat diperlukan. Upaya-upaya positif harus lebihditingkatkan dalam menyelamatkan kondisi hutan Saradan yangsemakin terpuruk. Salah satu usaha sekolah dalammenanggulangi kerusakan alam yakni dengan adanya ”HutanPendidikan”. SMA N 1 Mejayan sebagai sekolah yang peduli akanlingkungan hidup terus giat dalam mensukseskan ”HutanPendidikan”. Kerjasama antara SMA N 1 Mejayan, LMDH Sumber Tanidengan Perhutani Kabupaten Madiun berjalan dengan baik.Dengan adanya ”Hutan Pendidikan” peran serta siswa dalammenyelamatkan lingkungan semakin terwujud. Maksud daridiadakannya ”Hutan Pendidikan” adalah agar siswa-siswa SMAN 1 Mejayan termasuk penulis dapat belajar untuk peduli danmelestarikan alam, serta membentuk prilaku/sifat manusiauntuk tidak hanya bisa merusak dam memanfaatkan SDA hutandengan seenaknya.
  • Kerusakan hutan Saradan meliputi banyaknya pembalakanliar,terjadinya kebakaran hutan dan matinya bibit-bibit tumbuhansetelah tanam. Kerusakan-kerusakan yang terjadi di hutan Saradantidak lain halnya karena kurang pedulinya masyarakat akankelangsungan hidup di masa mendatang. Merka hanya berfikiranpendek dan mementingkan dirinya sendiri. Hal inilah yang membuatsemakin menurunnya kondisi hutan Saradan. Salah satu alternatif untuk mengurangi kerusakan lingkunganhutan Saradan dan melestarikan keanekaragaman hayati yakni denganadanya Hutan Pendidikan. Kerjasama SMA N 1 Mejayan, LMDHSumber Tani dan Perhutani KPH Saradan Kabupaten Madiun dalamupaya menyelamatkan hutan Saradan yang menurun kondisinya saatini mulai berjalan. Dengan adanya Hutan Pendidikan peran serta siswadalam menyelamatkan lingkungan semakin terwujud. Tujuan daridiadakannya Hutan Pendidikan adalah agar siswa-siswa SMA N 1Mejayan termasuk penulis dapat belajar untuk peduli dan melestarikanalam, serta membentuk prilaku/sifat manusia untuk tidak hanyamerusak lingkungan hutan dan memanfaatkan SDA hutan denganseenaknya.
  •  Lebih ditingkatkan pengawasan hutan Saradan oleh petugas yang berkewajiban agar kegiatan pembalakan liar tidak berkelanjutan sampai akhirnya merusak ekosistem hutan. Memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar hutan Saradan agar tumbuh kesadaran akan pentingnya hutan bagi kehidupan. Perlu koordinasi yang baik dari pihak Perhutani KPH Saradan, LMDH Sumber Tani dan SMA N 1 Mejayan dalam mensukseskan program Hutan Pendidikan, agar kerusakan hutan Saradan dapat teratasi dengan baik.
  • 1. Perwakilan dari Kabupaten Madiun untuk mengikuti Kemah Hijau di Kota Batu tahun 2009 dalam rangka Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Provinsi Jawa Timur.2. Juara 1 Lomba Pembiasaan Berbahasa Inggris se- SMA/SMK/MA Kabupaten Madiun tahun 2009.3. Juara 2 Lomba Graffiti se-SMA/SMK/MA Kabupaten Madiun tahun 2010 dalam rangka Memperingati Hari Pendidikan Nasional.4. Peserta Lomba Pemantauan Kualitas Air tingkat Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan oleh JJPKA tahun 2009.5. Ketua Tim Adiwiyata Inti SMA N 1 Mejayan tahun 2010.