Tik bab 5 KLS 9

395 views
311 views

Published on

Cath Kidson Theme

Published in: Education, Technology
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
395
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
52
Actions
Shares
0
Downloads
4
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tik bab 5 KLS 9

  1. 1. SMPN 18 SEMARANG
  2. 2. SMPN 18 SEMARANG
  3. 3. SMPN 18 SEMARANG 1. Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.
  4. 4. SMPN 18 SEMARANG 2. Kartu Jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuahjaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet,Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.
  5. 5. SMPN 18 SEMARANG 3. Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time(bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah “webcam” juga merujuk kepada jenis kamera yang digunakan untuk keperluan ini. Ada berbagai macam merek webcam, diantaranya LogiTech, SunFlowwer, dan sebagainya. Webcam biasanya berresolusi sebesar 352×288 / 640×480 piksel. Namun ada yang kualitasnya hingga 1 Megapiksel. Sekarang hampir semua kamera digital dan HP bisa dijadikan sebagai kamera web (webcam).
  6. 6. SMPN 18 SEMARANG 4. Bridge Jaringan adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Bridge jaringan beroperasi di dalam lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara mediakabel Unshielded Twisted-Pairkabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token RingEthernet. Bridge akan membuat sinyal yang ditransmisikan oleh pengirim tapi tidak melakukan konversi terhadap protokol, sehingga agar dua segmen jaringan yang dikoneksikan ke bridge tersebut harus terdapat protokol jaringan yang sama (seperti halnya TCP/IP).
  7. 7. SMPN 18 SEMARANG Perangkat keras (hardware) yang digunakan untuk mengakses internet adalah sebagai berikut : a. Perangkat penting : 1. KOMPUTER Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet.
  8. 8. SMPN 18 SEMARANG 2. MODEM Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.
  9. 9. SMPN 18 SEMARANG 3. SALURAN TELEPON Saluran telpon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan sauran telpon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Selain saluran telpon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.
  10. 10. SMPN 18 SEMARANG b. Perangkat keras pendukung : 1. HUB/SWITCH Hub merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menggabungkan beberapa komputer. Hub dibedakan menjadi dua yaitu,active hub merupakan sebuah repeater elektrik yang dilengkapi dengan 8 konektor dan passive hub merupakan sebuah repeater elektrik yang memiliki 4 konektor.
  11. 11. SMPN 18 SEMARANG 2. REPEATER Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli.
  12. 12. SMPN 18 SEMARANG 3. BRIDGE Bridge merupakan perangkat lunak yang menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang menggunakan protocol sama/sejenis. Dengan bridge sebuah paket data mampu dikirim dari satu LAN ke LAN lain. 4. ROUTER Router merupakan perangkat yang berfungsi hampir sama dengan bridge. Namun perangkat ini punya keunggulan selain untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe sama, router juga bisa untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe berbeda.
  13. 13. SMPN 18 SEMARANG 5.3.1 Berbagai Cara Sambungan Internet/Intranet a. Melalui Jaringan Salah satu cara untuk terhubung ke internet adalah dengan menghubungkan komputer kita ke jaringan komputer yang terhubung ke internet. Sebuah komputer yang dijadikan server dihubungkan ke internet, komputer lain dijaringan tersebut kemudian dihubungkan ke server tersebut. Cara ini banyak digunakan di kampus, warnet dan perusahaan. b. Menggunakan Jaringan GPRS GPRS singkatan dari General Packet Radio Service. Komunikasi data dan suara dengan menggunakan gelombang radio. Memiliki kemampuan untuk komunikasi pada saat alat komunikasi sedang bergerak.
  14. 14. SMPN 18 SEMARANG c. Melalui WiFi WiFi singkatan dari Wireless Fidelity. Teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan frekwensi tinggi (berada pada spektrum 2,4 GHz). Kita dapat terhubung ke internet dengan WiFi menggunakan sebuah notebook dan PDA yang dilengkapi dengan kartu WiFi (WiFi card). d. Menggunakan Jaringan TV Kabel Jaringan TV kabel adalah jaringan dengan jalur komunikasi data yang lebar. Hal ini mengingat TV kabel harus melewatkan gambar bergerak dan suara.
  15. 15. SMPN 18 SEMARANG Beberapa persyaratan yang harus kita penuhi untuk mengakses internet lewat TV kabel : 1. Berlangganan dengan penyedia layanan TV kabel 2. Perangkat komputer standar yang sudah dilengkapi dengan sistem operasi dan browser yang mendukung untuk internet. 3. Cable Modem dengan DOCSIS system, yaitu modem yang dirancang khusus untuk jaringan TV kabel. 4. Ethernet Card. e. Menggunakan Wireless Broadband (WiBro) Teknologi ini masih dalam tahap pengembangan. WiBro dapat diakses dari jarak 1 kilometer dari titik aksesnya dengan kecepatan akses 512 kbps. Akses WiBro juga dapat dilakukan dari kendaraan yang bergerak dengan kecepatan 60 km/jam.
  16. 16. SMPN 18 SEMARANG a. Melalui Saluran Telepon Langsung (Dial Up) Cara termudah dengan menggunakan kabel telepon biasa atau dial up. Syaratnya kita harus memiliki modem, kabel jaringan telepon dan ISP. Koneksi Komputer ke Internet Menyambung komputer ke internet kita harus sudah menginstalasi internet dan telah berlangganan melalui salah satu provider boleh lewat ISP, TelkomNet Instan atau BroadBand. Prosedur instalsi tersebut masing-masing berbeda dan dapat kita lakukan pada saat kita mendaftar.
  17. 17. SMPN 18 SEMARANG Cara Keluar dari Internet. Jika kita akan keluar dari internet karena kita sudah tidak ingin membuka internet maka kita dapat keluar dari internet. Pada saat kita keluar dari internet agar pulsa telepon kita tidak menggunakan terlalu banyak pulsa, maka kita harus men-disconnect terlebih dahulu. Jika kita tidak keluar dari internet pulsa kita berjalan terus yang mengakibatkan tagihan telpon dengan biaya besar.
  18. 18. SMPN 18 SEMARANG 1. WWW WWW (World Wide Web) atau web adalah sebuah sistem yang menyediakan informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dll. WWW merupakan dokumen – dokumen internet yang tersimpan di server - server yang tersebar di seluruh dunia. Format yang digunakan adalah hypertext hypermedia dengan menggunakan Hypertext Markup Language (HTML). HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan sebuah dokumen dengan dokumen yang lain. Website berfungsi diantaranya sebagai berikut : · Media untuk sarana hiburan · Media untuk mempromosikan sesuatu · Media untuk memperluas wawasan · Media untuk berkomunikasi
  19. 19. SMPN 18 SEMARANG 2. Email Email (Electronic mail) adalah suatu sistem yang dimana memunginkan kita untuk surat menyurat secara elektronik melalui komputer yang saling terhubung secara global. Kelebihan dari sistem ini adalah memungkinkan kita untuk mengirim surat, cerita, puisi, dan juga bisa mengirim file dokumen, gambar, musik, film, dan sebagainya secara cepat. 3. News Group News Group adalah suatu aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi antar pengguna yang memiliki kepentingan yang sama dalam membahas suatu tema atau topik tertentu. Sarana yang dapat digunakan berupa multimedia (audiovisual) dengan menggunakan fasilitas konferensi video. Biasa berupa teks saja atau teks audi dengan menggunakan fasilitas chat (IRC).
  20. 20. SMPN 18 SEMARANG Fungsi news group : · Tempat mencari informasi · Tempat perkumpulan orang – orang yang satu pikiran · Tempat mengemukakan pendapat 4. Mailing list adalah suatu fasilitas internet memungkinkan kita berdiskusi mengenai suatu persoalan. Dalam mailing list kita dapat mengirimkan suatu subject email ke suatu alamat penyedia mailing list secara otomatis yang kemudian didistribusikan kepada pemakai lain dan akan ditanggapi oleh mereka. Syarat utama untuk pengguna mailing list adalah pengguna mailing list harus terdaftar sebagai anggota mailing list.
  21. 21. SMPN 18 SEMARANG 5. Chatting Chatting adala suatu fasilitas internat yang memungkinkan pengguna dapat berbicara secara langsung dengan pengguna yang lainnya dengan menggunakan keyboard. Syarat yang digunakan untuk menggunakan chatting adalah lawan pembicaraan harus ada dalam keadaan online dalam chatting internet. 6. FTP FTP (File Transfer Protocol) adalah suatu program aplikasi internet yang digunakan untuk memindahkan atau mentransfer file dari suatu komputer ke komputer lainnya yang terhubung dengan jaringan internet.
  22. 22. SMPN 18 SEMARANG Jenis FTP diantaranya : a. FTP yang diakses ke server Pada jenis ini file diambil dari server yang dimana kita terdaftar disana. Misalnya ketika kita berlangganan ke ISP, kita memiliki home directory, yang dimana ketika kita akan membuka home directory diperlukan username dan password untuk konesi ke ISP b. Anonymous FTP Untuk jenis FTP ini, kita dapat mengambil file dari tempat umum. Maksud dari tempat umum diatas adalah suatu server yang menyediakan file – file yang dapat diambil oleh kita. Contoh file seperti games, video, dll.
  23. 23. SMPN 18 SEMARANG 7. Telnet Telnet adalah salah satu layanan login yang mengarah pada program yang menyediakan fungsi yang memungkinkan kita untuk mengakses atau login ke sebuah terminal host (remote host) dalam daerah jaringan internet. Telnet juga bisa digunakan untuk menghapus, mengedit, atau menambah data pada komputer satu melalui komputer lainnya yang jaraknya jaugh. (namun hanya jika kedua komputer telah terhubung dalam jaringan internet). Maka oleh karena itu, telnet dapat digunakan untuk melakukan kerja dengan jarak yang jauh.
  24. 24. SMPN 18 SEMARANG 8. Gopher Gopher merupakan suatu sistem yang dapat digunakan oleh kita untuk mencari informasi dari komputer lain. Namun ada perbedaan antara gopher dan web yaitu bentuk tampilan. Gopher hanya menyediakan informasi dalam bentuk teks saja, tidak hal nya seperti web yang bisa menyediakan gambar. Oleh karena itu, gopher saat ini mulai ditinggalkan oleh penggunanya.
  25. 25. SMPN 18 SEMARANG I 1. Berikut ini yang termasuk perangkat keras untuk mengakses internet kecuali…. a ROUTER c LCD b Kartu jaringan d Bridge jaringan 2. Berikut ini yang termasuk fungsi news grup adalah… a Mencari informasi c Mengerjakan tugas b Mengumpulkan tugas d Mencari berita 3. Apa singkatan dari FTP? a Friends to proud c Filed Transfer Protocol b File Transfer Protocol d File Transfer Primer 4. Apa singkatan dari HTML? a Hypertext Markup Language c Higher Mr. Louis b Hightext More Lose d Horoscope to MaLl 5. Apa kepanjangan dari modem? a More denim c MOdulator DEModulator b Mobil demian d Monster delima
  26. 26. SMPN 18 SEMARANG II 1. 2. 3. 4. 5. Apa yang di maksud dengan router? Apa yang di maksud dengan talnet? Apa yang di maksud dengn mailing list? Apa yang di maksud dengan FTP? Apa singkatan dari WWW?
  27. 27. SMPN 18 SEMARANG I 1. C 2. A 3. B 4. A 5. C
  28. 28. SMPN 18 SEMARANG II 1. Sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing 2. Telnet adalah salah satu layanan login yang mengarah pada program yang menyediakan fungsi yang memungkinkan kita untuk mengakses atau login ke sebuah terminal host (remote host) dalam daerah jaringan internet 3. Adalah suatu fasilitas internet memungkinkan kita berdiskusi mengenai suatu persoalan. 4. FTP (File Transfer Protocol) adalah suatu program aplikasi internet yang digunakan untuk memindahkan atau mentransfer file dari suatu komputer ke komputer lainnya yang terhubung dengan jaringan internet. 5. World Wide Web

×