Kelompok 3   jaringan hewan SMA
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Kelompok 3 jaringan hewan SMA

on

  • 5,377 views

 

Statistics

Views

Total Views
5,377
Views on SlideShare
5,363
Embed Views
14

Actions

Likes
1
Downloads
204
Comments
0

2 Embeds 14

http://www.mysmansakobi.co.cc 8
http://confuse-sman1kobi.blogspot.com 6

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Kelompok 3   jaringan hewan SMA Kelompok 3 jaringan hewan SMA Presentation Transcript

  • Jaringan hewankelompok III
    Anggota:
    DIAN SUKMA LULIYANTI
    EKO PRASETYO
    MIRATUN FU’AH
    SYAHRURAMADHOAN
    SRI NALA
    SALMAN YASIR
  • PENDAHULUAN
    Tubuh hewan terdiri atas jaringan-jaringan atau sekelompok sel yang mempunyaistruktur dan fungsi yang sama. Jaringan dengan struktur yang khusus memungkinkanmereka mempunyai fungsi yang spesifik. Sebagai contoh, otot-otot jantung yangbercabang menghubungkan sel-jantung yang lainnya. Percabangan tersebut membantukontraksi sel-sel dalam satu koordinasi (Campbell et al. 1999). Ilmu yang mempelajarijaringan disebut histologi. Jaringan didalam tubuh hewan mempunyai sifat yang khususdalam melakukan fungsinya, seperti peka dan pengendali (jaringan saraf), gerakan(jaringan otot), penunjang dan pengisi tubuh (jaringan ikat), absorbsi dan sekresi(jaringan epitel), bersifat cair (darah) dan lainnya. Masing-masing jaringan dasardibedakan lagi menjadi beberapa tipe khusus sesuai dengan fungsinya. Padasaatperkembangan embrio, lapisan kecambah (germ layers) berdiferensiasi (dengan prosesyang disebut histogenesis) menjadi empat macam jaringan utama, yaitu jaringan epitel,jaringan pengikat, jaringan otot, dan jaringan saraf.
  • Jaringan Dasar Hewan
    Jaringan Epithelium
    Jaringan Ikat
    Jaringan Otot
    Jaringan Saraf
  • Jaringan Epithelium
    Jaringan epitel terdiri atas satu atau banyak lapis sel, yang menutupi permukaan dalam dan luar suatu organ. Secara embriologi, jaringan ini berasal dari lapisan ektoderm, mesoderm atau endoderm. Di bagian tubuh luar, epitel ini membentuk lapisan pelindung, sedangkan pada bagian dalam tubuh, jaringan epitel terdapat disepanjang sisi organ.
  • Jaringan epitel dibedakan berdasarkan bentuk dan jumlah lapisan sel penyusunnya, yaitu
    Jaringan Ephitelium Satu Lapis
    Epithel ini terdiri atas sel-sel berbentuk pipih, kubus, dan silindris (batang).
    Jaringan Ephitelium Berlapis Banyak
    Epithelium berlapis banyak (stratified epithelium) dibentuk oleh beberapa lapis sel yang berbentuk pipih, kuboid, atau silindris. Epithelium ini dapat ditemukan pada kulit, kelenjar keringat, dan uretra.
  • Jaringan Ikat
    Jaringan ikat berfungsi untuk menunjang tubuh, dibentuk oleh sel-sel dalam jumlah sedikit. Jaringan ikat terdiri atas populasi sel yang tersebar di dalam matrik ekstraseluler.
  • Jaringan Otot
    Secara embriologi, jaringan otot berasal dari lapisan mesoderm. Jaringan ini terdiri atas sel-sel yang memanjang atau berbentuk serabut yang dapat berkontraksi karena adanya molekul miofibril.
  • Jaringan Saraf
    Jaringan saraf berperan dalam penerimaan rangsang dan penyampaian rangsang. Secara embriologi, jaringan ini berasal dari lapisan ektoderm. Jaringan ini terdapat pada sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang) dan pada sistim saraf tepi. Ada dua macam sel, yaitu sel saraf (neuron) dan sel pendukung (sel glia).
  • Sel Eukariot dibedakan atas sel hewan dan sel tumbuhan. Perbedaan yang mendasar antara kedua jenis sel tersebut adalah adanya beberapa bagian sel yang hanya dimiliki sel hewan (Sentrosom dan Lisosom) dan yang hanya dimiliki oleh sel tumbuhan (Plastida dan Dinding Sel).
  • Sel hewan adalah nama umum untuk sel eukariotik yang menyusun jaringan hewan. Sel hewan berbeda dari sel eukariotik lain, seperti sel tumbuhan, karena mereka tidak memiliki dinding sel, dan kloroplas, dan biasanya mereka memiliki vakuola yang lebih kecil, bahkan tidak ada. Karena tidak memiliki dinding sel yang keras, sel hewan bervariasi bentuknya. Sel manusia adalah salah satu jenis sel hewan.
  • Organelselhewan
    Lisosom
    Mitokondria
    Aparatus Golgi
    Retikulum Endoplasma (RE)
    Vakuola
    Mikrotubulus
    Mikrofilamen
    Badan Mikro
    Sentriol
  • Fungsi Organel sel hewan
    Lisosom, Organel yang berperan dalam pencernaan sel. Organel ini mengandung enzim lisozim yang akan melisis bagain sel yang telah mati, rusak atau sudah tua.
    Mitokondria, Organel yang berperan dalam respirasi sel. Respirasi sel bertujuan untuk mengahasilkan energi yang akan digunakan dalam aktivitas sel.
    Aparatus Golgi, Oraganel yang berperan dalam sekresi produk, baik protein, polisakarida maupun lemak.
  • Retikulum Endoplasma (RE), organel yang berperan dalam sintesis produk. Ada dua jenis RE, yaitu RE kasar (RE yang di bagian permukaannya terdapat butiran ribosom) dan RE halus (RE yang tidak memiliki ribosom). RE kasar berfungsi untuk mensintesis protein, sedangkan RE halus berfungsi  dalam sintesis lemak dan sterol.
    Vakuola, organel yang berfungsi  dalam penyimpanan cadangan makanan, minyak atsiri dan sisa metabolisme sel.
    Mikrotubulus, organel yang memiliki struktur tabung. contohnya flagela (untuk pergerakan sel), silia (alat pelekatan sel) dan spindel (untuk pembelahan sel).
  • 7. Mikrofilamen, oragnel yang memiliki struktur filamen (benang). berfungsi dalam pergerakan sitoplasma dan kontraksi otot.
    Badan Mikro, ada dua macam badan mikro, yaitu Peroksisom (mengandung enzim katalase) dan Glioksisom (mengandung enzim katalase dan oksidase)
    Sentriol, organel yang berperan dalam pembelahan sel. Sentriol berfungsi menarik kromosom ke arah kutub yang berlawanan.
  • Sentriol
  • PERBEDAAN SEL HEWAN DAN TUMBUHAN