• Save
Ppt
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share
Uploaded on

tugas bhs. indonesia - MAJAS

tugas bhs. indonesia - MAJAS

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
No Downloads

Views

Total Views
2,739
On Slideshare
2,739
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
0
Comments
0
Likes
4

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Majas Disusun oleh:   Irwan PranataMoch. Wawan Tridianto Nur Asiyah Nurul Chotimah Teguh Pujianto S1 Keperawatan STIKES MUHLA (VII-B)
  • 2. PengertianMenurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, gayabahasa atau majas adalah pemanfaatan kekayaanbahasa, pemakaian ragam tertentu untuk memperolehefek-efek tertentu, keseluruhan ciri bahasasekelompok penulis sastra dan cara khas dalammenyampaikan pikiran dan perasaan, baik secaralisan maupun tertulis. S1 Keperawatan STIKES MUHLA (VII-B)
  • 3. Macam-macam majasMajas Perbandingan Personifikasi Majas yang melukiskan suatu benda dengan memberikan sifat-sifat manusia kepada benda-benda mati sehingga seolah-olah mempunyai sifat seperti manusia/benda hidup. S1 Keperawatan STIKES MUHLA (VII-B)
  • 4. Depersonifikasi Majas yang menampilkan manusia sebagai binatang, benda-benda alam, atau benda lainnya.Metafora Majas ini semacam analogi yang membandingkan dua hal secara langsung.Simile Perbandingan dua hal yang sengaja dianggap sama. Perbandingan itu secara eksplisit dijelaskan oleh pemakaian kata seperti, sebagai, ibarat, umpama, bak, laksana.Alegori Majas perbandingan yang memperlihatkan suatu perbandingan utuh. Perbandingan itu membentuk kesatuan yang menyeluruh. S1 Keperawatan STIKES MUHLA (VII-B)
  • 5. Majas PertentanganHiperbola Majas yang memperlihatkan sesuatu yang berlebih- lebihan jumlahnya, ukurannya, atau sifatnya.Litotes Majas yang melukiskan keadaan dengan kata-kata yang berlawanan artinya dengan kenyataan yang sebenarnya guna merendahkan diri.Antitesis Majas pertentangan yang melukiskan sesuatu dengan menggunakan kata yang berlawanan arti. S1 Keperawatan STIKES MUHLA (VII-B)
  • 6. Paradoks Majas pertentangan yang melukiskan sesuatu solah-olah bertentangan, padahal maksud sesungguhnya tidak.Okupasi Majas pertentangan yang melukiskan sesuatu dengan bantahan. Namun bantahan tersebut kemudian diberi penjelasan/diakhiri dengan kesimpulan.Kontradiksi Internimis Majas yang memperlihatkan sesuatu yang bertentangan dengan apa yang sudah dikatakan sebelumnya. S1 Keperawatan STIKES MUHLA (VII-B)
  • 7. Majas PertautanMetonimia Gaya bahasa yang menggunakan nama barang/merk dagang sebagai pengganti barang itu sendiri.SinekdokeDapat dibedakan atas: Pars Pro Toto : Majas sinekdoke yang melukiskan sebagian tetapi yang dimaksud seluruhnya. Totem Pro Parte : Majas sinekdoke yang melukiskan keseluruhan tetapi yang dimaksud sebagian. Eufinisme (ungkapan pelembut) Pengungkapan kata- kata yang dipandang tabu atau dirasa kasar dengan kata- kata lain yang lebih pantas atau dianggap halus. S1 Keperawatan STIKES MUHLA (VII-B)
  • 8. Alusi Gaya bahasa yang  menunjuk secara tidak langsung ke suatu peristiwa atau tokoh yang telah umum dikenal/diketahui orang.Elipsis Gaya bahasa yang di dalamnya terdapat penanggalan atau penghilangan salah satu atau beberapa unsur penting dari suatu konstruksi sintaksis.Autonomasia Majas perbandingan dengan menyebutkan nama lain terhadap seseorang berdasarkan ciri atau sifat menonjol yang dimilikinnya. S1 Keperawatan STIKES MUHLA (VII-B)
  • 9. Majas PerulanganRepetisi Merupakan majas yang melukiskan sesuatu dengan mengulang kata  atau beberapa kata berkali- kali, yang biasanya digunakan dalam pidato.Pararelisme Majas seperti repetisi tetapi dipakai dalam puisi. Pararelisme dibagi menjadi:AnaforaJika  kata yang diulang terletak di awal baris. S1 Keperawatan STIKES MUHLA (VII-B)
  • 10. Kiasmus Gaya bahasa yang berisikan perulangan dan sekaligus merupakan inversi atau pembalikan susunan antara dua kata dalam satu kalimat.Aliterasi Sejenis majas yang memanfaatkan purwakanti atau pemakaian kata-kata yang permulaannya sama bunyinya.Antanaklasis Majas yang mengandung ulangan kata yang sama dengan makna yang berbeda. S1 Keperawatan STIKES MUHLA (VII-B)
  • 11. Majas SindiranIroni Majas yang menyatakan makna yang bertentangan dengan maksud untuk menyindir.Sinisme Majas  sindiran yang agak kasar dibandingkan dengan majas ironi.Sarkasme Majas sindiran yang paling kasar dibandingkan majas ironi dan sinisme. S1 Keperawatan STIKES MUHLA (VII-B)
  • 12. TERIMA KASIH S1 Keperawatan STIKES MUHLA (VII-B)