Are you an agent of change

2,637 views
2,449 views

Published on

Are you an agent of change?

Published in: Business
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
2,637
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
1,145
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Are you an agent of change

  1. 1. ARE YOU AN AGENT OFCHANGE ? 1
  2. 2. 2
  3. 3. UKUKamu B an anduuk BikinP Unt an Perubah 3
  4. 4. ARE YOU an AGENT OF CHANGE ?2010penulis : Afra Ramadhan Agrita Widiasari Aquino Hayunta Retha Dunggadesigner : Rifat Najmi Lindi Pramesti Nunupenerbit : Yayasan Jurnal Perempuan Transparency International bekerja sama dengan Indonesian Youth Conference 4
  5. 5. KATA PENGANTAR 6ANAK MUDA DAN PERUBAHAN 8TO KNOW, TO CARE, TO ACT 26 HOW TO MAKE CHANGE? 36 10 THINGS THAT I WANT TO CHANGE NOW 44 PROFILE 46 5
  6. 6. KATA PENGANTARKenapa sering banget kita dengar kalau anak muda itu adalah agen perubahan?Memangnya orang yang sudah tua tidak bisa jadi agenperubahan? Memang, jadi orang muda masih serba enak,posisi masih bebas, belum harus memikirkan kehidupan yangmapan, masih berkesempatan belajar banyak dan yang jelasbelum banyak ‘teracuni’ oleh pikiran-pikiran korup. Pernahdengar istilah “darah muda”? Ini maksudnya, kadang-kadanganak muda itu terlalu idealis, begitu kata orang. Padahaljustru dari idealisme itulah orang sering bikin perubahan.Dan generasi “tua” kerap kali mudah berkompromi denganidealismenya. Karena itulah kini kita lihat di negeri ini terlalubanyak orang kompromi sana, kompromi sini sehinggakorupsi tidak kunjung hilang, pelanggaran hak asasi jugakerap masih terjadi. Sehari-hari di jalan misalnya, berapabanyak orang yang teguh tidak tergoda untuk ikut melanggarlalu-lintas? Sedikit sekali jumlahnya dan itulah orang-orangidealis. 6
  7. 7. Sepanjang sejarah manusia, biasanya orangyang idealis itu adalah anakmuda atau orang tua yang masih berjiwa muda. Kata Mafalda (tokoh kartun lucu itu): Segeralah mengubah dunia sebelum dunia mengubahmu! 7
  8. 8. ANAK MUDA DANPERUBAHAN Anak m Berapa umur para pembuat perubahan? Presiden pertama Indonesia; Sukarno: di umur 20-an. Kartini menulis pemikirannya saat umur belasan tahun. Sumpah Pemuda dibuat oleh anak muda dari berbagai daerah di Tanah Air. Jaman kemerdekaan banyak sekali anak muda turun tangan, mereka masih belasan tahun tapi sumbangannya untuk kemerdekaan amat besar. Pejuang reformasi adalah anak muda setingkat mahasiswa. 8
  9. 9. muda dan perubahan h Aupa isa b kamambah en mpanjangi? tar _n__ daf___ _ i __ _____ _ __ _____ 9 __
  10. 10. Pemerintahan yang otoriter umumnya “takut”pada generasi muda, oleh karena itu pemerintahanSuharto pernah membuat kebijakan NKK atauNormalisasi Kehidupan Kampus. Kampus yang baikmenurut zaman itu adalah kampus yang tenang,tempat belajar aja, bukan tempat untuk berpolitikatau mengkritik kebijakan pemerintah. Nggakheran kalau akhirnya anak muda di zaman OrdeBaru tenggelam suaranya.Kerja mereka cuma tawuran, bikin gengmotor atau jadi preman di pengkolan jalan.Bahkan pada zaman Orde Baru, anak laki-laki tidak boleh gondrong! Negara sampaimengurusi rambut! Karena dengan melarangrambut gondrong, pemerintah bisa mengaturekspresi anak muda. Otomatis bukan hanya rambutyang dilarang, tapi juga segala sikap yang biasanya‘identik’ dengan rambut gondrong yaitu kebebasanberekspresi dan keingingan untuk tampil unik. Anakmuda akhirnya hanya bisa mengekspesikan dirinya didalam dunia hura-hura. 10
  11. 11. 11
  12. 12. Karena sudah biasa melihat anak muda berhura-hura, generasi tua lantas menganggap kalau anak muda itu nggak mampu diajak kerja. Makanya banyak keputusan penting diambil tanpa mengikutsertakan anak muda. 12
  13. 13. Lihat saja kebijakan Ujian Nasional misalnya, walaupun sudah banyakanak muda yang menolak kebijakan ini, namun suara mereka tidak kunjung didengar. Pembuatan kurikulum juga tidak melibatkan anak muda, padahal merekalah yang setiap harinya menghabiskan waktu berjam-jam untuk belajar. Bahkan kadang jam pelajaran sekolah ditambah hanya supaya anak muda tidak terlibat tawuran. Yang terlibat tawuran hanya sedikit, namun yang harus menanggung akibatnya semuanya! Tentu cerita di atas adalah tantangan buat kita. Selain hal- hal yang nggak menguntungkan anak muda seperti di atas, ternyata banyak sekali kesempatan yang kini tersedia. Kebebasan berbicara, berkumpul dan berekspresi saat ini sudah dijamin oleh undang-undang, karena itu kamu bisa kok mengubah situasi di atas. Paling nggak, kini nggak bakal ada yang ngelarang kamu untuk bikin organisasi sosial yang bertujuan untuk mengubah sesuatu. 13
  14. 14. APA ITUPERUBAHAN ? 14
  15. 15. Ken apa S ih K ita Ha rus B eru bah 15
  16. 16. Mungkin kamu pernah punyaWaktu itu kamu memiliki model rambut yang terbilang culun. Kamu sebenarnya nggak suka dengan potongan itu, tapikarena alasan tertentu, model ini harus dipertahankan. Suatu hari, kamu tergerak untuk ganti model rambut dan pergilah kamu ke salon terhandal. 16
  17. 17. pengalaman seperti berikut: Voila! Model rambut kamu sudah berubah dan ini berpengaruh pada keseluruhan penampilan kamu. Perasaan kamu pun jauh lebih baik dari sebelumnya dan lebih keren dari kemarin tentunya! 17
  18. 18. Atau mungkin punyaTadinya, kamu adalah remaja paling males buang sampah se- Indonesia. Setiap titik lokasi adalah tong sampah buat kamu dan tidak terbersit rasa bersalah sedikit pun. Suatu hari, disaat musim hujan, rumah kamu mendadak kena banjir. Kamu dan warga sekitar kelimpungan menghadapi musibah musi-man. Usut punya usut, ternyata selokan di lingkungan sekitar kamu dipadati sampah dan sungai dekat rumahmu dihiasi dengan tumpukan sampah. 18
  19. 19. pengalaman seperti ini: Dan rasa bersalah itu pun muncul, menggerakkan hatimu, dan membuat kamu berjanji untuk bikin perubahan. Sejak itu, kamu tertib buang sampah pada tempatnya, bahkan mence- ramahi temanmu untuk tidak buang sampah sembarangan. Kamu pun jadi sadar lingkungan dan ingin mengubah keadaan lingkungan kamu yang dipenuhi sampah terlantar. 19
  20. 20. Yup... ada dua persamaan dari pengalaman tersebut.Dua-duanya sama-sama bikin perubahan, hanya sajamotivasinya berbeda. Tapi kamu udah bisa ngebay-angin kan efek dari perubahan yang dilakukan?Perubahan dilakukan saat kita merasa ada yangperlu diubah (ya iyalah...!), saat kita merasa ada yangtidak sesuai dengan harapan kita, saat kita tidaksuka, atau saat kita ingin membuat keadaan menjadiberbeda dari sebelumnya. ch no an 1 un the ge or |c tut be act c hā ion omi r in o nj| ne of ng d stan w o c pe o if rie r re ne t fere e of nc fre hin nt ma e sh g t ing for he s king ly a ub dif noth sti- fer en er a t e x- 20
  21. 21. Perubahan adalah sesuatu yang tidak bisa kitahindari. Apalagi sebagai bagian dari makhluk hidup,kita memang dituntut untuk terus berubah untukmenciptakan berbagai perubahan. Mungkin inimenjadi alasan kenapa kita dibilang makhluk hidup,karena kita berubah, tidak statis atau gitu-gitu aja.Kalau kita nggak berubah dan tetap bertahan padasatu keadaan jadi Makhluk mati namanya.heheheWah... nggak kebayang deh! Mungkin kita sekarangmasih di zaman purba tanpa handphone, kendaraanbermotor, pulpen, dan sebagainya. Bahkan mungkinkalau dulu nenek moyang kita nggak mau berubah,kita mungkin nggak ada alias punah! Pernah dengerteori evolusinya Charles Darwin kan? Ya... semacamitulah kira-kira gambaran kenapa kita tidak bisalepas dari yang namanya perubahan. 21
  22. 22. 5 Hal yang akan terjadi kalau kita nggak berubah: 1.Kita akan terus men- jalankan hal-hal yang nggak kita sukai. 2. Lingkungan di sekitar kita nggak akan maju ke depan (Ya masa ke belakang?)3. Puluhan baris tweet kita yang berisi keluhan akan menguap dengan percuma4. Kita nggak akan bertahan di negara atau dunia ini lebih lama lagi (bayangkan pemanasan global)5. Dan ya, betul! Kita akan tetap culun dan nggak akan pernah terlihat ‘cool’ ! 22
  23. 23. 5 Keajaiban yang terjadi kalau kita mau berubah:1. Apa yang kita lakukan adalah apa yang kita mau dan sukai.2. Media massa jadi lebih menarik untuk diikuti3. Hidup jadi lebih berkualitas karena lingkun- gan sekitar kamu membaik4. Niscaya nama kamu ada di walk of fame generasi 100 tahun lagi5. Kita merasa jauh lebih baik (Klise, tapi keny- ataan, ya kan?) 23
  24. 24. Tidak ada yang rumit dari jawaban pertanyaan yang ter-tera di judul bagian ini. Mumpung masih muda, kamumasih punya banyak waktu untuk mikirin dan bikin pe-rubahan. Nggak usah nunggu sampai jadi dewasa atautua, keburu basi nanti! 1 2 3 4 5 62010 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 34 25 26 27 28 29 30Kalau kamu mau 20 tahun dari sekarang keadaannya tetap seperti ini, duduk manis dan cuekin aja isi buku ini Tapi... 24
  25. 25. Perubahan juga bukan sesuatu yang sulit atau ribet. Bisa mulai dari hal kecil, mulai dari diri kamu, lingkungan terdekat kamu, atau lebih gampang lagi, dari twitter kamu. Nggak ada alasan buat kita untuk nggak bikin perubahan.2020 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 34 25 26 27 28 29 30 Kalau kamu mau 20 tahun lagi lebih baik dari saat ini, baca terus buku ini dan suarakan perubahan sekarang juga! 25
  26. 26. TO KNOW, TOCARE, TO ACT 26
  27. 27. 27
  28. 28. s to ge. ge han staut c ple bo Simng a bri Apa sih yang bikin Indonesia sulit naik kelas ke tingkat yang lebih sejahtera? 1 Nggak susah kalau kita bilang korupsi sebagai satu penyebab utamanya. Apa yang bikin korupsi itu muncul? Ada yang bilang karena kemiskinan, ada yang bilang sesederhana karena manusia nggak bisa kontrol keserakahannya sendiri. Dilihat dari kemudahan berbisnis (semakin tinggi penegakanperaturan pemerintah di suatu negara, maka semakin mudah seseorang dapat1membuka bisnis dan membantu ekonomi berputar), tingkat ekonomi Indone-sia ada di peringkat no 122 dari 183 negara yang disurvey oleh World Bank.Index kesejahteraan yang dibuat PBB yaitu Human Development Index, jugangga terlalu menggembirakan karena tingkat kenaikan Indonesia kecil sekali(hanya sekitar 1.26% per tahunnya). 28
  29. 29. Tapi mungkin kamu seringbertanya-tanya, terus kenapa kalau ada korupsi? Apa sih bahayanya korupsi? Korupsi itu ngaruh lho ke hidup kita sehari-hari, dengan cara yang nggak langsung tapi akibatnya bisa kita rasakanlangsung dan jelas merugikan masa depan kita. Satu contoh dampaknya bisa dilihat di kasus berikut. Pernah dengar atau baca bahaya bensin / bahan bakal bertimbal? Ekspose berlebihan terhadap timbal bisa menyebabkan penurunan IQ signifikan terhadap manusia. Ngeri kan? 29
  30. 30. Di Indonesia, timbal(tetraethyl lead) tetap dipakaisebagai salah satu bahan bakuproduksi bahan bakar sampai2006. Padahal seharusnyasejak 2002 bensin kita sudahbebas timbal. Ada jeda 4 tahunyang menyebabkan kita terusmenerus terekspos timbaldalam keseharian kita. Kenapabisa? Ini terjadi karena pejabatyang berkepentingan disuapoleh perusahaan pemasoktimbal itu. Nggak percaya?Baca laporan dakwaan KPKInggris terhadap Innospec,perusahaan pembuattimbal yang nyogok pejabatPertamina1.---------------------------------------------------------------------------------Timbal itu membahayakan anak-anak kecil, ya kita juga,karena sekali lagi, kita yang terekspose timbal bisa mengalamipenurunan IQ secara signifikan. Tahu sendiri di Jabotabek polusiakibat asap knalpot seperi apa.. Artinya sejak lama, karenakeserakahan segelintir orang dan demi kepentingan segelintirkelompok, kita semua yang harus menanggung. Kita mengalamipembodohan massal. IQ anak-anak bangsa ini telah dirampokdengan begitu ironisnya! Bahaya sekali kan?1 http://www.sfo.gov.uk/press-room/latest-press-releases/press-releases-2010/innospec-judgment.aspx 30
  31. 31. Sekarang, setelah udah tahu,gimana rasanya jadi warganegara yang terkena imbas mis-management negara ini? Jelasnggak suka. Jelas mau melakukansesuatu untuk merubah ini! Mulaidari lingkungan sekitar, denganskill yang seadanya ini. Nggakusah khawatir bakal sendirian,banyak orang-orang di luar sanayang juga sama gerahnya dan maumelakukan perubahan. 31
  32. 32. Apa saja sih yang menjadi sasaran perubahan? Kalau kamu pusing mikirin nasib bangsa ini dan kebelet ingin membenahi semuanya tentu kamu malah frustasi jadinya. Untuk melakukan perubahan tentu tidak harus berdampak besar dan luas (kalau bisa sih bagus, tapi jangan memaksakan diri). Perubahan terjadinya bertahap dan dimulai dari kemenangan- kemenangan kecil. Inilah sasaran-sasaran perubahan yang bisa kamu tangani:32
  33. 33. 1.Self alias diri sendiri: Melakukan perubahan pada diri sendiri. Ini bukannya yang paling gampang, kadang-kadang tidak kalah sulitnya dibanding mengubah lingkungan kita, apalagi kalau kebiasaan yang mau kita udah sudah terlanjur mendarah daging. Perubahan diri sendiri ini penting supaya kita jadi pribadi yang lebih baik. Tapi jangan juga percaya omongan orang yang sering mengatakan “nggak usah deh mimpi mengubah dunia, yang penting ubahlah dirimu sendiri saja”. Nggak harus gitujuga, kita bisa kok mengubah diri kita berbarengandengan mengubah lingkungan kita. Kadang-kadangomongan seperti itu cuma dilontarkan karena ingin meredam kekritisan kita saja. 33
  34. 34. 2.Surroundingalias lingkungan terdekat: misalnya pada lingkup keluarga, rukun tetangga, sekolah atau teman-teman kita. Kerusakan bangsa ini sering kita temui di lingkungan sekitar kita, misalnya warga yang buang sampah sembarangan, kebiasaan teman- teman sekolah untuk nyontek atau mem-bully (menggencet) adik kelas dan lain-lain. Kumpulkanlah teman-teman yang sama-sama rindu akan perubahan dan mulailah bersuara! 34
  35. 35. 3.Environtment alias lingkup sosial kita: ini bisa berarti lingkup bernegara, sistem pendidikan, sistem lalu lintas dan banyak lagi. Misalnya kita tidak setuju akan satu peraturan atau undang-undang, sekarang kita bisa kok berusaha mengubahnya. Undang-undang bisa kita usahakan untuk diubah misalnya lewat Mahkamah Konstitusi (MK), kamu bisa mendaftarkan diri ke MK untuk menyatakan keberatan atas suatu undang-undang misalnya. Ingat contoh koin keadilan untuk Prita atau dukungan terhadap KPK? Suara orang-orang biasa ternyata mampu membuat perubahan. 35
  36. 36. HOW TO MAKE CHANGE Caranya, misalnya dengan belajar disiplin membuat laporan pengeluaran harian, dan bandingkan dengan pendapatan bulanan (uang jajan, gaji, honor kerja part time). Dari situ bisa kelihatan apakah sudah bisa mengontrol keinginan dengan keperluan utama. Ingat, korupsi itu muncul karena manusia nggak kontrol keserakahannya.Jadi, kita belajar nggak serakah denganmembaca laporan keuangan pribadi. Kalaukita udah bisa bedain mana yang ingin, manayang perlu, kita belajar untuk nggak serakahdengan melakukan pilihan yang perlu. Tahuuntuk memilih mana yang perlu adalah yangmembedakan kita dengan mereka yang masihsuka terjebak dengan hutang. Dengan terbebasdari hutang, (dan kontrol keinginan) kita bisabantu menekan terjadinya korupsi. Bayangkan,kalau kamu melakukan ini, dan ditiru olehsaudara, teman-teman, dan mereka juga ditiruoleh teman-teman lain yang ada di lingkaransosial mereka, massal sekali efeknya. 36
  37. 37. Indonesia bisa ter- bebas di korupsi? PASTI! Karena kondisi itu kan kita yang ciptakan sendiri, kalau tunggu-tunggu terus orang lain yang ngerjain ya nggak jalan. Bisa jadi bulan depan Indonesia udah bebas korupsi kalau kita semua melakukan perubahan. Bisa jadi baru bebas korupsi 20 tahun lagi kalau kita diam aja. Stand up and make a change! Ayo kita belajar berani jujur terhadap diri sendiri, terhadap orang lain juga.37
  38. 38. To Know:Tahukah kita bahwa ada 65 juta atau 30% dari total pen-duduk Indonesia adalah anak muda? Dan tahukan kamuada berapa banyak isu di Indonesia namun anak mudayang perduli dengan problem di Negara kita ini tidaksampai separuhnya?Mengapa begitu? Padahal dalam sejarah Indonesia, kaummuda lah yang menjadi motor penggerak perubahan danmampu merebut kemerdekaan Indonesia. Jangan-janganpepatah : “Mempertahankan kemerdekaan jauh lebih sulitdaripada merebut kemerdekaan itu sendiri.” itu memangbenar adanya! Masa sih, anak muda sekarang tidak peduli Indonesia? 38
  39. 39. To Care:Ingat saat warga Indonesia digemparkan oleh aksi terorismeyang menewaskan banyak warga asli Indonesia dan wargaNegara asing? Muncullah Indonesia Bersatu yang dengansemangat membaranya mampu menyatukan bangsa Indo-nesia untuk berkata : KAMI TIDAK TAKUT! Itu adalah contohgerakan yang akhirnya membawa Indonesia pada peruba-han dan penggeraknya mayoritas adalah anak muda!Lalu kenapa sih kita musti perduli dan susah payahmempersatukan anak muda lainnya untuk membuat peru-bahan?Karena hanya dengan kepedulian lah kita dapat menularkansemangat kita, dengan merangkul masyarakat lainnya lahkita dapat merubah sesuatu, dan satu hal yang paling pent-ing mengapa kita harus melakukan perubahan: Karena perubahan tidak bisa menunggu! 39
  40. 40. How to be a changemaker? 1. Ikuti workshop atau pelatihan tentang isu-isu sosial yang menarik dan ajak teman-temanmu untuk ikut. Tambah ilmu dan tularkan semangat‘changemaker’ mu kepada teman -teman terdekat. 2. Bikin komunitas. 3. Bikin program yang menarik dan menjaringbanyak orang untuk masuk, misalnya buat jurnal, buat komik dengan topik isu-isu di Indonesia, atau bikin karya-karya unik untuk menarik perhatian masyakat luar. 40
  41. 41. 4. Perkenalkan programmu dengan cara yang menarik, contohnya bikin event-event serudan melibatkan banyak anak muda untuk berpartisipasi. 5. Buat virus perubahan yang bisa menularkan semangatmu ke anak muda lainnya.Tularkan virus ini sejauh mungkin dan semakin banyak yang terjangkit virus kepedulian, maka kamu serta mereka yang terjangkit akan lebih bersemangat untuk merubah Indonesia menjadi lebih baik! Buatlah virugmu s sekarang ju a !! 41
  42. 42. Kita harus terus melawan korupsi untuk perbaikan masa depan bangsa ini.Cara lain juga banyak. Kita menolak memberi suap dan menerima suap. Kita selalu jujur dengan laporan keuangan dan kerja-kerja kita di organisasi juga di rumah. Kita sebarin pesan bahwa Indonesia punya generasi anakmuda yang anti korupsi, jujur dan profesional dalam bekerja. 42
  43. 43. Kita perjuangkan hak kita untuk terus bersatu bersuaradengan luas supaya didengar para Koruptor bahwa kita ng-gak takut sama mereka. Dunia ngga akan berubah kalau kitasendiri nggak usaha melakukan sesuatu.Kita buat perubahan, kita saling bantu supaya perubahanpositif itu terjadi. [RD]http://www.sfo.gov.uk/press-room/latest-press-releases/press-releases-2010/innospec-judgment.aspxhttp://en.wikipedia.org/wiki/Tetra-ethyl_lead#BanningKalau kamu tertarik untuk melakukan sesuatu untuk merubah Jakarta menjadi lebih baik, follow @TIIndonesia di twitter dan tweet:Gue bikin perubahan dengan (write your change action). I’m part of Anti-Corruption Youth Movement@TIIndonesia. 43
  44. 44. 10 THINGS THAT I WANT TO CHANGE NOW1.2.3.4.5. 44
  45. 45. TNAW I TAHT SGNIHT 01 WON EGNAHC OT678910 45
  46. 46. PROFILEIndonesian Youth Conference (IYC) adalah sebuahkegiatan yang direncanakan dan diselenggarakan oleh pemuda, yang bertujuan untukmengumpulkan pemuda Indonesia untuk berbagi masalah dan ide, meningkatkan kepedulianmereka terhadap isu-isu terkini serta meyakinkanmasyarakat bahwa suara pemuda harus didengar dan ditanggapi dengan serius.IYC terdiri dari dua kegiatan yang saling berkesinambungan: 46
  47. 47. ForumKami akan mengundang 33 pemuda berusia 15 sampai 21tahun dari seluruh Indonesia untuk mewakili provinsimereka masing-masing di acara ini. Pemuda-pemudatersebut diharapkan terlibat secara aktif di komunitas danjaringan masing-masing, bertekad membuat perubahanmenuju Indonesia yang lebih baik, dan mau memulaisuatu gerakan atau proyek di komunitas mereka. IYC akanmengorganisir beberapa sesi seminar dan lokakarya untukmemupuk kemampuan kewirausahaan mereka yang akanmemaksimalkan potensi mereka dalam menjadi agenperubahan.Proses penerimaan aplikasi untuk menyeleksi duta-dutamuda ini telah berakhir. Nama-nama perwakilan provinsiyang terpilih rencananya akan dirilis pada akhir Maret 2010. FestivalKami akan menyelenggarakan lebih banyak seminar danlokakarya yang dapat dikunjungi oleh siapapun denganmembeli tiket masuk. Sesi seminar dan lokakarya di festivalsifatnya lebih umum, meliputi berbagai isu. Kami akanmengundang para ahli, profesional, pejabat pemerintah,dan pemuda-pemuda berprestasi untuk berbicaramengenai undang-undang dan kepemerintahan, politik,budaya, industri kreatif, teknologi informasi, lingkungan,pendidikan, kesehatan, aktivisme, kewirausahaan sosial,serta jurnalisme dan media. 47
  48. 48. Change awalnya merupakan free magazine yang diterbitkanoleh Yayasan Jurnal Perempuan sejak Februari 2008. Dengantujuan awal untuk menyebarluaskan pandangan Anak mudatentang berbagai isu sosial seperti demokrasi, kesetaraangender, Hak Asasi Manusia, dll. Seiring dengan perjalanannya,Change tidak hanya berhenti di publikasi majalah, tetapi jugamengadakan roadshow ke sekolah dan Kampus, pelatihanjurnalistik, workshop puisi, lomba mading hingga menjalinkerja sama dengan media sekolah dan kampus di Jakarta.Change menjadi tempat bagi anak muda untuk berekspresi,berpendapat, sekaligus pengembangan kapasitas untuk merekayang sadar akan pentingnya perubahan. Change juga memilikikomunitas bernama Agent of Change yang beranggotakananak-anak dari berbagai sekolah (formal dan informal) dankampus dengan kegiatan pertemuan rutin untuk saling bertukarilmu dan pendapat. Saat ini Majalah Change telah beredar dilebih dari 50 SMA, 12 Kampus, tempat nongkrong, dan pusatkebudayaan di Jabodetabek. Dengan susunan redaksi dankontributor yang didominasi oleh anak muda, Change adalahmedia dari, untuk, dan oleh anak muda. Jika kamu ingin menjadibagian dari perubahan, mulai dengan bergabung bersamaChange.”Don’t ask for change, Be the Change!” Alamat redaksi: Kantor Yayasan Jurnal Perempuan Jl. Tebet Barat Dalam 9A, No.B1, Tebet, Jakarta selatan, DKI Jakarta, Indonesia 12810, Telp: 021-83702005 / Faks: 021- 8300211 E-mail: redaksi@majalahchange.com / Facebook (Fanpage & Group): Change Magazine / Twitter: @ChangeMagz 48
  49. 49. (TI) adalah jaringan organisasi non-pemerintah globalyang selalu mempromosikan transparansi dan akuntabilitas dalam setiap program kerjanya. Ada lebih dari 90 chapter nasional di berbagai bagian dunia, semua dengan misi serupa, yaitu membuat lingkungan bersih praktek korupsi. Selain mempromosikan Pakta Integritas dalam sektorpengadaan barang dan jasa di berbagai instansi pemerintah, pula merilis riset Indeks Persepsi Korupsi secara berkala, mulai 2010 TI Indonesia meluaskan jaringan kerja untukadvokasi bahaya korupsi kepada anak-anak muda di Jakarta. Read more on www.transparency.org or www.ti.or.id Join our movement! Follow @TIIndonesia di twitter dan tweet: I’m making a change. I (write your change action). I’m part of Anti-Corruption Youth Movement! @TIIndonesia. 49
  50. 50. 50

×