Your SlideShare is downloading. ×
Surabaya menuju open source
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Surabaya menuju open source

821
views

Published on

Published in: Technology, News & Politics

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
821
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
13
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. SURABAYA MENUJU OPEN SOURCEDINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PEMERINTAH KOTA SURABAYA
  • 2. DASAR HUKUM Undang – Undang No 19 Tahun 2002 Tentang HAKI. SE Menteri PAN No. SE/01/M.PAN/3/2009 tanggal 30 Maret 2009 tentang Pemanfaatan Perangkat Lunak Legal dan Open Source Software. SE Walikota Surabaya No. 000/3072/436.6.8/2009 tanggal 1 Juli 2009 tentang Pemanfaatan Perangkat Lunak Legal dan Open Source Software. SK Walikota Surabaya No. 188.45/348/436.1.2/2009 tgl 23 Okt 2009 tentang Tim Surabaya Open Source Development Center (OSDEC).
  • 3. TUJUAN UTAMA SURABAYA MENUJU OPEN SOURCE Mengurangi ketergantungan pada salah satu OS. Karena dengan adanya program Open Sources dapat mendorong semangat untuk “mengembangkan” program OS bagi tenaga-tenaga TI, untuk bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Adanya budaya “memberi”, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.
  • 4. TUJUAN UTAMA SURABAYA MENDUKUNG OPEN SOURCES Penurunan biaya penggunaan perangkat lunak berupa lisensi propiteary dan biaya dukungan lain yang mengikutinya. Pemanfaatan dan konversi dari pembiayaan lisensi untuk kegiatan-kegiatan produktif dan sustainable di masyarakat . Memiliki platform yang mampu mengintegrasikan berbagai macam sistem yang tersebar di berbagai SKPD dan unit lain. Mendorong pertumbuhan sektor usaha kecil khususnya di bidang IT Memberikan kesempatan pada masyarakat untuk berperan aktif dengan melakukan pembinaan dan program-program pendidikan serta program produktif lainnya.
  • 5. SURABAYA MENUJU OPEN SOURCEPENANDATANGANAN DEKLARASI OLEH WALIKOTA SURABAYA DAN KOMUNITAS OPEN SOURCES TAHUN 2009
  • 6. SURABAYA MENUJU OPEN SOURCE DEKLARASI BERSAMA SURABAYA GOES OPEN SOURCES
  • 7. FAKTOR YANG MENDUKUNG SURABAYA MENUJU OPEN SOURCES1. Faktor Ekonomi Diharapkan adanya efisiensi anggaran, yang mana pembelian OS yang berlisensi yang mahal dapat dikurangi, sehingga berdampak pada penghematan anggaran. Diharapkan muncul UMKM pada bidang TI dimana pelakunya adalah para generasi muda Diharapkan perkembangan open sources ini berkelanjutan secara terus menerus.
  • 8. FAKTOR YANG MENDUKUNG SURABAYA MENUJU OPEN SOURCES2. Faktor Teknologi Adanya standarisasi platform dan pertukaran data, yang artinya dengan adanya standarisasi platform berbasis open sources yang dibuat khususnya untuk internal di dinas Pemkot Surabaya, diharapkan proses integrasi dan pertukaran data antar SKPD bisa berjalan lancar. Proses standarisasi ini perlu mengingat masih ada perbedaan platform pada tiap SKPD.
  • 9. FAKTOR YANG MENDUKUNG SURABAYA MENUJU OPEN SOURCES3. Faktor Edukasi Artinya Pemerintah Kota Surabaya secara edukasi mempunyai inisiatif untuk memberikan contoh kepada masyarakat untuk program pemerintah menuju Open Sources dimana secara di internal pemerintahan sudah dijalankan.
  • 10. SASARAN Internal  Menata kebijakan IT untuk meningkatkan kinerja khususnya interaksi antar SKPD  Pemeliharaan yang terkendali secara biaya dan teknis Eksternal  Tumbuhnya UKM berbasis IT  Jawaban terhadap kebutuhan teknologi Pemkot
  • 11. LANGKAH DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA Menyusun Rencana Strategis dan Operasional Implementasi Free & Open Source Software (FOSS) di Pemerintah Kota Surabaya Deklarasi Surabaya Goes Open Source Pengenalan dan ujicoba konsep Migrasi bertahap
  • 12. LANGKAH DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKATahun 2009Menyusun Rencana Strategis dan Operasional Implementasi Free & Open Source Software (FOSS) di Pemerintah Kota SurabayaMelakukan SosialisasiMembangun OS Soerya 9.8 (Jembatan Merah)Melakukan Install (Migrasi)
  • 13. LANGKAH DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKATahun 2010 Melakukan Workshop ( pelatihan) - Staf Kecamatan dan Kelurahan - Guru SD, SMP dan SMU - Pelajar SMU - Karang Taruna se Kota Surabaya Mengembangkan OS Soerya 10.04 Kalimas Kelanjutan meneruskan migrasi OS antar SKPD
  • 14. LANGKAH DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKATahun 2011 Melakukan Workshop (pelatihan) untuk mahasiswa (diikuti 11 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Surabaya) Mengembangkan OS Soerya 10.08 Lontong Balap Pembangunan Lokal Repository Soerya Pembuatan Standarisasi Platfom dan Dokumen Pemberdayaan Komunitas dengan kompetisi pembangunan aplikasi berbasis open source software Pengembangan aplikasi e-surat berbasis linux Kelanjutan Melakukan Install (Migrasi) Hardware SKPD Pengembangan Soerya yang bisa diintegrasikan dengan sistem lain
  • 15. Tampilan Web Repository Soerya soerya.surabaya.go.id