• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Tugas layout interior dan eksterior
 

Tugas layout interior dan eksterior

on

  • 4,211 views

 

Statistics

Views

Total Views
4,211
Views on SlideShare
4,211
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
71
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Tugas layout interior dan eksterior Tugas layout interior dan eksterior Document Transcript

    • TUGAS LAYOUTINTERIOR DAN EKSTERIOR OLEH M. Subchan Risyad Ramadani Rizal Gustama P. Siti Kholifah SMK Negeri 6 malang Tahun pelajaran 2011/2012
    • 1. Apa yang dimaksud Estetika? Estetika adalah salah satu cabang filsafat. Secara sederhana, estetika adalah ilmu yang membahas keindahan, bagaimana ia bisa terbentuk, dan bagaimana seseorang bisa merasakannya. Pembahasan lebih lanjut mengenai estetika adalah sebuah filosofi yang mempelajari nilai-nilai sensoris, yang kadang dianggap sebagai penilaian terhadap sentimen dan rasa. Estetika merupakan cabang yang sangat dekat dengan filosofi seni.2. Bagaimana terbentuknya ruang? Elemen-elemen vertikal yang mendefinisikan ruang diantaranya : a. Unsur Vertikal Linier Unsur vertikal linier dapat membentuk sisi vertikal dari suatu volume ruang. Elemen vertikal linier, berdiri tegak sehingga menghasilkan sebuah titik di atas bidang dasar. Hal tersebut membuatnya terlihat seperti di dalam ruang. b. Satu Bidang Vertikal (Bidang Vertikal Tunggal) Satu bidang vertikal akan menegaskan ruang yang ada di hadapannya. Sebuah bidang vertikal tunggal, berdiri sendiri di dalam ruang, memiliki kualitas-kualitas visual yang secara unik berbeda dibandingkan dengan sebuah kolom yang berdiri sendiri. c. Bidang Berbentuk L Suatu bidang berbentuk L menimbulkan suatu ruang yang timbul dari sudut yang keluar mengikuti arah diagonal. d. Bidang sejajar Bidang sejajar menentukan suatu volume yang diantaranya yang berorientasi menuju ujung- ujung yang tak terbatas. Berbagai elemen dalam arsitektur dapat dilihat sebagai bidang- bidang sejajar yang mendefinisikan area ruang : - Sepasang dinding interior yang sejajar di dalam bangunan - ruang jalan yang dibentuk oleh wajah dua buah bangunan yang saling berhadapan - Jejeran kolom teduh atau pergola - Sebuah promenade(area berjalan santai) yang dibatasi oleh barisan pepohonan atau tumbuhan. - Sebuah bentuk topografis alami di dalam lansekap e. Bidang berbentuk U Suatu bidang yang berbentuk U membentuk volume ruang diorientasikan searah dengan sisinya yang terbuka. Sebuah konfigurasi bidang vertikal berbentuk U mendefinisikan suatu area ruang yang memiliki fokus ke dalam maupun orientasi ke luar.3. Apa pengertian elemen-elemen dekorasi pada ruang Elemen dekorasi adalah barang atau benda yang mejadikan terbentuknya ruang. Benda yang dimaksud di sini dapat berfungsi mutlak atau hanya sekedar dekorasi. Pepis (1965), menggambarkan sebagai kumpulan benda-benda relative kecil yang ditata dengan baik yang akan membuat perubahan signifikan pada sebuah tatanan interior.
    • 4. Apa yang kalian ketahui tentang suasana dalam ruang/rumah? Kondisi/keadaan dalam ruangan yang mempengaruhi kenyamanan penghuni rumah atau orang lain yang melihat atau merasakannya.5. Dalam penataan ruang diperlikan harmoni, apa yang anda ketahui tentang harmoni? Harmoni adalah keselarasan dalam ruang. Ruang Harmoni memungkinkan hubungan harmonis yang akan direpresentasikan sebagai fenomena spasial 2D seperti lintasan. Ketika pengguna bergerak melalui ruang mereka mendengar suara sesuai dengan lokasi yang berbeda6. Apa fungsi warna dalam interior dan eksterior? - Untuk memberikan kesan estetika pada interior dan ekterior - Menjadikan rasa nyaman pada penghuni rumah - Agar penghuni rumah lebih betah tinggal dirumah7. Dalam penataan warna dibutuhkan aksesoris/titik pusat/pusat perkataan pada ruang. Apa manfaat aksentuasi? untuk mengoptimalkan unsur pembeda pada suatu ungkapan bahasa tupa agar tidak berkesan monoton8. Apa pendapatmu tentang dekorasi Secara umum pengertian dekorasi adalah hiasan. Mendekorasi artinya tindakan terhadap barang atau orang untuk memperindah. Dekorasi dapat merujuk kepada : kecakapan seorang pelukis atau juru rias ataupun desainer (terutama yang berhubungan dengan desain interior). Salah satu contoh adalah pada seni rupa Islam yang lebih dominan untuk menghias. Dekorasi ini dikenal dengan istilah arabesque. seperti memunculkan inspirasi pengolahan kaligrafi menjadi motif hias, juga pada pengolahan bentuk2 tumbuhan yang disederhanakan!9. Apa pengertian warna Warna adalah persepsi visual yang properti terkait dalam manusia ke kategori yang disebut merah, hijau, biru dan lain-lain. Warna berasal dari spektrum cahaya (distribusi cahaya kekuasaan versus panjang gelombang ) di mata berinteraksi dengan sensitivitas spektral dari reseptor cahaya10. Dalam rumah diperlukan pencahayaan, jelaskan! Pencahayaan adalah salah satu faktor terbesar dalam menentukan suasana ruangan. Pencahayaan terang positif dan optimis; sebuah Ruang gelap yang lebih intim dan romantis; warna menambah kehangatan, minat dan kegembiraan.