Contoh Teks Prosedur Kompleks

4,850 views
4,638 views

Published on

Materi BI Kelas X - Contoh Teks Prosedur Kompleks

Published in: Education
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
4,850
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
21
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Contoh Teks Prosedur Kompleks

  1. 1. PROSEDUR KOMPLEKS CLARA RIA D (12) DIYAN MUTIKASARI (14) PIPIT INDAYANI (23) RATIH KUMALA D (27)
  2. 2. Cara Membuat Biogas Dari Kotoran Sapi • Biogas dari kotoran sapi diperoleh dari dekomposisi anaerobic dengan bantuan mikroorganisme. Pembuatan biogas dari kotoran sapi harus dalam keadaan anaerobic, untuk menghasilkan gas yang sebagian besar adalah berupa gas metan dan karbon dioksida, gas inilah yang disebut biogas.
  3. 3. • Proses fermentasi untuk pembentukan biogas maksimal pada suhu 30-55° C, dimana pada suhu tersebut mikroorganisme mampu merombak bahan-bahan organik secara optimal.
  4. 4. Peralatan Pembuatan Biogas Kotoran Sapi : • Bak Penampungan Sementara • Digester • Plastik Penampung Gas • Kompor Gas • Bak Penampung Kompos
  5. 5. Tahapan Pembuatan Biogas Kotoran Sapi Pertama, Anda harus mencampurkan kotoran sapi dengan air hingga terbentuk lumpur dengan perbandingan 1:1 pada bak penampungan sementara. Pada saat pengadukan, sampah dibuang dari bak penampungan. Pengadukan dilakukan hingga terbentuk lumpur dari kotoran sapi. Kedua, lumpur dari bak penampungan sementara kemudian dialirkan ke digester. Pada pengisian pertama digester harus di isi sampai penuh.
  6. 6. Ketiga, Anda lalu menambahkan starter sebanyak 1 liter dan isi rumen segar dari Rumah Potong Hewan (RPH) sebanyak 5 karung untuk kapasitas digester 3,5 – 5,0 m2. Setelah digester penuh, kran gas ditutup supaya terjadi proses fermentasi. Keempat, gas metan sudah mulai dihasilkan pada hari ke-10, sedangkan pada hari ke-1 sampai ke-8 gas yang terbentuk adalah CO2. Kelima, pada hari ke-14 gas yang terbentuk dapat digunakan untuk menyalakan api pada kompor gas. Mulai hari ke-14 ini kita sudah bisa menghasilkan energi biogas. Biogas ini tidak berbau seperti bau kotoran sapi.
  7. 7. Keenam, digester terus diisi lumpur kotoran sapi secara kontinu sehingga dihasilkan biogas yang optimal. Ketujuh, kompos yang keluar dari digester di tampung di bak penampungan kompos. Kompos cair dikemas ke dalam deregent sedangkan jika kalian menginginkan kompos dikemas dalam karung, maka kompos tersebut harus dikeringkan.
  8. 8. SUMBER • http://3.bp.blogspot.com • http://griyasampah.blogspot.com

×