Uploaded on

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
No Downloads

Views

Total Views
1,499
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1

Actions

Shares
Downloads
104
Comments
0
Likes
3

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. GLOBAL WARMING Oleh : Cindy Melinda Sofyani SMAN 8 Pekanbaru kelas X.6 Pembimbing: Drs. Oan Hasanuddin, S.Ag, RO, AKP, MA, M. Koster
  • 2. Apa itu Global Warming? Global warming (pemanasan global)adalah suatu proses meningkatnya suhu bumi. Suhu rata-rata permukaan Bumi telahmeningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selamaseratus tahun terakhir. Dan berkesimpulan sebagianbesar peningkatan suhu rata-rata global abad ke-20disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gasrumah kaca akibat aktivitas manusia melalui efekrumah kaca.
  • 3. Apa Penyebab Global Warming?1. Efek Rumah Kaca Semua sumber energi yang ada di bumi ini berasal dari energi Matahariyang sebagian besar berupa radiasi gelombang pendek. Ketika energi tersebutsampai di Bumi, ia akan berubah menjadi panas yang bisa menghangatkanbumi. Namun tidak semua panas di bumi akan diserap, sebagian lagi akandipantulkan kembali ke luar angkasa. sebagian dari panas yang dipantulkan initetap terperangkap di dalam atmosfer bumi karena menumpuknya gas rumahkaca (Karbon Dioksida, Metana, Sulfur Dioksida dan uap air). Hal ini terjadikarena gas-gas tersebut mampu menyerap dan memantulkan energi panasdalam bentuk radiasi gelombang yang dipancarkan bumi. Akibatnya energipanas tadi akan terus tersimpan di permukaan bumi. Proses ini terus terjadi dariwaktu ke waktu, dan akibatnya suhu rata-rata permukaan bumi pun terusmeningkat.
  • 4. 2. Efek Umpan Balik Contoh terjadinya efek umpan balik ini adalah pada proses penguapan air.Meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi serta lautan akan menyebabkanmeningkatnya penguapan air ke atmosfer. uap air sendiri termasuk gas rumah kacayang memicu terjadinya Global Warming. Ini mengakibatkan pemanasan terusberlangsung dan menambah uap air di atmosfer hingga kesetimbangan konsentrasiuap air tercapai.3. Peningkatan penggunaan pupuk kimia pada lahan pertanian. Pada pertengahan abad ke-20, penggunaan pupuk kimia (yang sebelumnyapenggunaan pupuk kandang) sangat meningkat. Tingginya tingkat penggunaan pupukyang kaya nitrogen memiliki efek pada penyimpanan panas dari lahan pertanian(oksida nitrogen memiliki kapasitas 300 kali lebih panas- per unit volume dari karbondioksida) dan kelebihan limpasan pupuk menciptakan zona-mati di laut. Selain efekini, tingkat nitrat yang tinggi dalam air tanah karena pemupukan yang berlebihanberdampak terhadap kesehatan manusia yang cukup memprihatinkan
  • 5. 4.Variasi Matahari Terdapat hipotesa yang menyatakan bahwa variasi dari Matahari, dengankemungkinan diperkuat oleh umpan balik dari awan, dapat memberi kontribusi dalampemanasan saat ini. Perbedaan antara mekanisme ini dengan pemanasan akibat efekrumah kaca adalah meningkatnya aktivitas Matahari akan memanaskan stratosfersebaliknya efek rumah kaca akan mendinginkan stratosfer. Pendinginan stratosferbagian bawah paling tidak telah diamati sejak tahun 1960, yang tidak akan terjadi bilaaktivitas Matahari menjadi kontributor utama pemanasan saat ini. (Penipisan lapisanozon juga dapat memberikan efek pendinginan tersebut tetapi penipisan tersebutterjadi mulai akhir tahun 1970-an.) Fenomena variasi Matahari dikombinasikandengan aktivitas gunung berapi mungkin telah memberikan efek pemanasan darimasa pra-industri hingga tahun 1950,serta efek pendinginan sejak tahun 1950.5.Deforestasi Penggunaan hutan untuk bahan bakar (baik kayu dan arang) merupakansalah satu penyebab deforestasi. Di seluruh dunia pemakaian produk kayu dan kertassemakin meningkat, kebutuhan akan lahan ternak semakin meningkat untuk pemasokdaging dan susu, dan penggunaan lahan hutan tropis untuk komoditas sepertiperkebunan kelapa sawit menjadi penyebab utama terhadap deforestasi dunia.Penebangan hutan akan mengakibatkan pelepasan karbon dalam jumlah besar keatmosfir.
  • 6. Apa Dampak dari Global Warming?1. Kenaikan Permukaan Air laut Di seluruh dunia Para ilmuwan memprediksi kenaikan permukaan air laut di seluruh duniakarena mencairnya dua lapisan es raksasa di Antartika dan Greenland, terutama dipantai timur AS. Namun, banyak negara di seluruh dunia akan mengalami dampaknaiknya permukaan air laut, yang bisa memaksa jutaan orang untuk mencaripemukiman baru. Maladewa adalah salah satu negara yang perlu mencari rumah baruakibat naiknya permukaan laut2. Korban akibat topan badai yang semakin meningkat. Tingkat keparahan badai seperti angin topan dan badai semakin meningkat,dan penelitian yang dipublikasikan dalam Nature mengatakan:"Para ilmuwan menunjukkan bukti yang kuat bahwa pemanasan global secarasignifikan akan meningkatkan intensitas badai yang paling ekstrim di seluruh dunia.Kecepatan angin maksimum dari siklon tropis terkuat meningkat secara signifikansejak tahun 1981.Hal tersebut diperkirakan didorong oleh suhu air laut yang semakinmeningkat, tidak mungkin mengalami penurunan dalam waktu dekat. "
  • 7. 3. Gagal panen besar-besaran. Menurut penelitian terbaru, sekitar 3 miliar orang di seluruh dunia harusmemilih untuk pindah ke wilayah beriklim sedang karena kemungkinan adanyaancaman kelaparan akibat perubahan iklim dalam 100 tahun.4. Kepunahan sejumlah besar spesies. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Nature, peningkatan suhudapat menyebabkan kepunahan lebih dari satu juta spesies. Dan karena kita tidak bisahidup sendirian tanpa ragam populasi spesies di Bumi, ini akan membawa dampakburuk bagi manusia.5. Hilangnya terumbu karang. Sebuah laporan tentang terumbu karang dari WWF mengatakan bahwadalam skenario terburuk, populasi karang akan runtuh pada tahun 2100 karena suhudan keasaman laut meningkat. Pemutihan karang akibat kenaikan suhu laut yangterus-menerus sangat berbahaya bagi ekosistem laut, dan banyak spesies lainnya dilautan bergantung pada terumbu karang untuk kelangsungan hidup mereka.
  • 8. 6. Iklim Tidak Stabil Ilmuwan memperkirakan, selama proses global warming berlangsung bagianutara bumi akan memanas lebih cepat dibandingkan daerah lain. Hal ini menyebabkanbanyak gunung es mencair dan daratan di daerah tersebut akan mengecil. Es yangterapung di perairan utara tersebut pun akan berkurang. Akibatnya, daerah yangdulunya mengalami hujan salju ringan, mungkin beberapa waktu yang akan datangtidak akan mengalaminya lagi akibat global warming7.Perubahan cuaca dan lautan Dapat mengakibatkan munculnya penyakit-penyakit yang berhubungandengan panas (heat stroke) dan kematian. Temperatur yang panas juga dapatmenyebabkan gagal panen sehingga akan muncul kelaparan dan malnutrisi.Perubahan cuaca yang ekstrem dan peningkatan permukaan air laut akibatmencairnya es di kutub utara dapat menyebabkan penyakit-penyakit yangberhubungan dengan bencana alam (banjir, badai dan kebakaran) dan kematian akibattrauma. Timbulnya bencana alam biasanya disertai dengan perpindahan penduduk ketempat-tempat pengungsian dimana sering muncul penyakit,seperti: diare, malnutrisi, defisiensi mikronutrien, trauma psikologis, penyakit kulit,dan lain-lain.
  • 9. Cara Pengendalian1. melakukan gerakan menanam pohon kembali.2. bepergian yang ramah lingkungan.3. mematikan alat elektronik saat tidak digunakan (contoh: TV dan lampu), dan tidak membiarkannya dalam keadaan stand by.4. Hindari fastfood5. Daur ulang aluminium, plastik, dan kertas.6. Makan dan masaklah dari bahan yang masih segar.7. Beli dalam kemasan besar agar tidak boros penggunaan plastik.8. Bawa tas yang bisa dipakai ulang9. Gunakan gelas yang bisa dicuci10. Turunkan suhu AC Anda11. Gunakan pemanas air tenaga surya12. Matikan lampu tidak terpakai dan jangan tinggalkan air menetes13. Gunakan lampu hemat energi14. Maksimalkan pencahayaan dari alam15. Jika pengisian ulang baterai Anda sudah penuh, Segera Cabut!16. Kurangi waktu dalam membuka lemari es Anda.
  • 10. 17. Jangan membeli bunga potong, karena akan meninggalkan jejak karbon yang banyak.18. Gunakan deterjen dan pembersih ramah lingkungan19. Gunakan ulang perabotan rumah Anda20. Kurangi penggunaan aerosol.21. Gunakan kertas lebih sedikit.
  • 11. Sumber Referensi:• http://massurono.com/sains/pengertian-global- warming-dampak-dan-cara-mencegah-global- warming/• http://id.wikipedia.org/wiki/Pemanasan_global• http://www.tipsmu-tipsku.com/2012/02/penyebab- dan-dampak-global-warming.html• http://greenation4us.wordpress.com/2009/01/14/50 -tips-untuk-mencegah-global-warming/