Hewan punah

6,456 views
6,193 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
6,456
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
14
Actions
Shares
0
Downloads
67
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Hewan punah

  1. 1. MENGENALKAN BERBAGAI JENIS HEWAN LANGKA DI INDONESIA DAN LANGKAH-LANGKAHKONSERVASI SERTA MANFAATNYA DALAM KEHIDUPAN MANUSIA By : Cindy Fatikha Intan Sari 7c / 08
  2. 2. Kita pernah mendengar yang namanya “ hewan langka “ bukan ?,taukah kamu apa itu hewan langka ? . Hewan langka adalah hewan yangpopulasinya tinggal sedikit sehingga terancam punah . Tanpa basi-basi ,mari kita ulas tentang mereka …Berikut adalah 10 hewan yang terancam punah : 1. Musang Congkok , (latin : Prionodon Linsang) Dengan berat mencapai 5 kg dan mempunyai panjang sekitar71 cm hewan ini cukup gesit untuk memanjat pepohonan. Di temukandi wilayah pegunungan Aceh dan Sumatera Barat. Mamalia kecil danbeberapa jenis serangga adalah makanan kesukaannya.
  3. 3.  2. Singapuar , (latin : Tarsius Bancanus) Dijuluki sebagai primata terkecil di dunia. Mempunyai berattubuh antara 80 – 140 gram dan panjang cuma 12 – 15 cm cukuplayak bila disebut primata terkecil. Walaupun mempunyai sepasangmata yang besar yang ukurannya melebihi volume otaknya tapihanya dapat digunakan pada malam hari saja. Mirip dengan burunghantu. Kepulauan Riau, kepulauan kalimantan dan sumatera bagianselatan juga tenggara adalah habitat aslinya.
  4. 4.  3. Ikan Belida , (latin : Notopetrus Chitala) Dengan panjang tubuh mencapai 87, 5 cm dan berat tubuhdapat mencapai 1 kg, cukup besar untuk ukuran ikan air tawar.Bentuk tubuhnya seperti pisau dan makanan kesukaannya adalahikan-ikan kecil juga udang. Perairan air tawar di wilayah Jawa danKalimantan merupakan habitat aslinya.
  5. 5.  4. Burung Elang Jawa , ( latin : Spizaetus Bartelsi) Mempunyai bentuk yang gagah, sayang populasinya hanyatinggal 250 ekor saja. Tersebar hampir merata di sekitar hutan dipulau jawa seperti di gunung slamet, gunung salak, gununganjasmoro, gunung kawi, taman nasional baluran, taman nasionalalas purwo taman nasional gunung halimun, taman nasional gedepangrango dan taman nasional muara betiri.
  6. 6.  5. Gosong Maluku , ( latin : Eulipoa Wallacei) sejenis burung gosong berukuran kecil, dengan panjangsekitar 31cm, dan merupakan satu-satunya spesies di dalam genustunggal Eulipoa.Di punggungnya terdapat motif berbentuk palang dan penutup sayapyang berwarna merah gelap berujung abu-abu.
  7. 7.  6. Kuskus Beruang , ( latin : Ailurops ursinus) salah satu dari dua jenis kuskus endemik di Sulawesi.Binatang ini termasuk dalam golongan binatang berkantung(marsupialia), dimana betinanya membawa bayi di dalam kantongyang terdapat di bagian perut. Panjang badan dan kepala kuse adalah56 cm, panjang ekornya 54 cm dan beratnya dapat mencapai 8 kg.Kuse memiliki ekor yang prehensil, yaitu ekor yang dapat memegangdan biasa digunakan untuk membantu berpegangan pada waktumemanjat pohon yang tinggi.
  8. 8.  7. Merak Biru atau Merak India , ( latin : Pavo cristatus ) salah satu burung dari tiga spesies burung merak. MerakBiru mempunyai bulu berwarna biru gelap mengilap. Burung jantandewasa berukuran besar, panjangnya dapat mencapai 230cm, denganpenutup ekor yang sangat panjang berwarna hijau metalik. Di ataskepalanya terdapat jambul tegak biru membentuk kipas. Burungbetina berukuran lebih kecil dari burung jantan. Bulu-bulunya tidakmengilap, berwarna coklat kehijauan dengan garis-garis hitam dantanpa dihiasi bulu penutup ekor. Burung muda seperti betina.
  9. 9.  8. Paradise birdwing , ( latin : Ornithoptera Paradisea) Kupu kupu langka dan indah ini hidup di Irian Jaya.Keindahannya membuatnya diburu oleh kolektor, 1 ekor kupu kupuini bisa dihargai 4 juta rupiah. Seperti kebanyakan kupu-kupu,Paradise birdwing jantan memiliki warna yang jauh lebih indah daribetinanya yang hanya berwarna coklat. Panjang kupu kupu ini darisayap ke sayap adalah 14 – 19 cm.
  10. 10.  9. Orchid Mantis , ( latin : Hymenopus Coronatus) Bentuknya yang sangat indah, kombinasi warna pink danputih menyerupai bunga anggrek, belalang sembah Anggrek initernyata asli dari Sumatra . Belalang jantan panjangnya hanyalah3cm, setengah dari belalang betina yaitu 6cm. Sayangnya belalangini sulit ditemukan karena ukurannya yang kecil dankeberadaannya yang sudah mulai jarang, selain itu kolektor jugagemar mengkoleksinya karena bentuknya yang sangat indah.
  11. 11.  10.Proboscis Monkey , ( latin : Nasalis Larvatus) Salah satu lagi fauna Indonesia / Malaysia yang kini jugamulai jarang. Di Indonesia, monyet ini lebih dikenal sebagai Bekantan, dapat ditemui di Kalimantan. Hidungnya yang panjang adalahsalah satu keunikan monyet ini, namun ternyata hanya bekantanjantan lah yang memiliki hidung panjang. Saat ini, hanya tersisa1000 ekor bekantan, menurun jauh dari 6700 di 1977. Hewan inidilindungi di Taman Nasional Tanjung Puting.
  12. 12. Selanjutnya kita ulas tentang “ langkah – langkahpelesetarian ( konservasi )untuk hewan langka “ , apa sih gunanyapelestarian hewan langka itu ? Ya , pelestarian hewan langka digunakan agar hewan langka tidak terancam punah .Pelestarian hewan secara garis besar dapat dilakukan dengan duacara, yaitu :1. Pelestarian In Situ adalah pelestarian yang dilakukan pada tempatasli hewan tersebut berada. Contoh pelestarian in situ adalah suakamargasatwa, hutan lindung, dan taman nasional. Suaka margasatwamerupakan kawasan yang melindungi hewan. Adapun tamannasional merupakan kawasan yang melindungi hewan dantumbuhan2. Pelestarian ex situ adalah pelestarian yang dilakukan di luartempat tinggal aslinya. Hal itu dilakukan karena hewan dantumbuhan kehilangan tempat tinggal aslinya. Selain itu, pelestarianex situ dilakukan sebagai upaya rehabilitasi, penangkaran, danpembiakan hewan maupun tumbuhan langka. Contoh pelestarian exsitu antara lain kebun botani, seperti Taman Safari, kebun binatang,dan penangkaran.
  13. 13. Selain pelestarian in situ dan ex situ, kitapun dapat menjagakelestarian dengan usaha-usaha sebagai berikut :1. Tidak berburu hewan sembarangan2. Melindungi hewan hewan langka3. Hewan langka dibudi dayakan4. Mencari alternatif pemanfaatan hewan-hewan langka dengan menciptakan pengganti berbahan sintetis Sedangkan Usaha yang dilakukan pemerintah untukmenjaga kelestarian hewan dan tumbuhan langka diantanya adalah :1. Suaka marga satwa yaitu tempat melindungi hewan tertentuterutama hewan langka.2. Cagar alam Sebagai tempat perlindungan dan pelestarian hewan,tumbuhan, tanah dan air3. Hutan lindung Sebgai tempat melindungi air / daerah resapanair karena di hutan dengan tumbuhan yang menutupinya jika terjadihujan maka air akan tertahan dan diserap tanah .
  14. 14. 4. Inseminasi buatan Inseminasi buatan adalahperkembangbiakan pada hewan dengan menyuntikkan spermadari hewan jantan pada hewan betina( biasa dilakukan pada hewanmamalia)5. Kultur Jaringan adalah perkembangbiakan tumbuhan dengancara memperbanyak sel tumbuh( jaringan ) menjadi tumbuhanbaru.Manfaat hewan bagi kehidupan manusia : 1. Sumber belajar guna menambah ilmu pengetahuan berharga tentang kehidupan. 2. Dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan yang berasal dari hewan dan tumbuhan. 3. Menjaga keseimbangan lingkungan dan alam sekitar 4. Dijadikan bahan konumsi, bahan pangan bahkan sumber pendapatan. 5. Memberikan rasa indah terhadap alam ini.

×