Your SlideShare is downloading. ×
Chindy, chika. informasi dalam praktik
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Chindy, chika. informasi dalam praktik

2,099
views

Published on

Published in: Education

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
2,099
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
62
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide
  • nnb
  • Transcript

    • 1. INFORMASI DALAM PRAKTIK BAB 8 Anggota : Chindy Sugandhi 021111045 Chika Damara 021111056 III B – Manajemen Universitas Pakuan
    • 2. Tujuan Pembelajaran1. Mengetahui bahwa kemampuan sebuah perusahaan untuk mengembangkan sistem informasi yang efektif dapat menjadi salah satu faktor kunci keberhasilannya.2. Mengenali proses-proses sistem pemrosesan transaksi yang akan menguraikan operasi dasar perusahaan sehari-hari .3. Mengenal proses-proses yang dijalankan oleh sistem pemrosesan transaksi bagi sebuah perusahaan distribusi.
    • 3. 4. Mengetahui bahwa sistem informasi organisasi telah dikembangkan untuk area- area bisnis dan tingkat-tingkat organisasi.5. Mengenal arsitektur sistem informasi pemasaran, sumber daya manusia, manufaktur, dan keuangan.6. Mengetahui arsitektur dari suatu sistem informasi eksekutif.7. Memahami apa itu manajemen hubungan pelanggan (customer relationship management) dan mengapa ia membutuhkan kemampuan penyimpanan komputer yang besar.
    • 4. 8. Mengetahui perbedaan antara data warehouse (gudang data) dengan basis data.9. Memahami arsitektur dari suatu sistem data warehouse.10.Mengetahui bagaimana data disimpan dalam suatu penyimpanan data berupa data warehouse.11. Mengetahui bagaimana seorang pengguna melakukan navigasi dalam penyimpanan data.12.Mengetahui apa yang dimaksud dengan pemrosesan analitis online (on-line analytical processing – OLAP)13.Mengetahui dua cara dasar melakukan data mining (pengembangan data).
    • 5. Pada tahun 1961, D. Ronald Daniel dan McKinsey &Company, salah satu perusahaan konsultan terbesar diAmerika, memperkenalkan istilah Critical SuccessFactor (CSF) atau faktor penting penentukeberhasilan.Ia mengungkapkan bahwa terdapat beberapa aktivitaspenting yang akan menentukan keberhasilan ataukegagalan bagi semua jenis organisasi. Aktivitas-aktivitas penting tersebut adalah CSF, dan faktor-faktorini dapat berbeda-beda dari satu jenis organisasi ke jenisorganisasi lain.
    • 6. SISTEM PEMROSESAN TRANSAKSIIstilah sistem pemrosesan transaksi digunakanuntuk menjelaskan sistem informasi yangmengumpulkan data yang menguraikan aktivitasperusahaan, mengubah data menjadi informasi, danmenyediakan informasi tersebut bagi parapengguna yang terdapat di dalam maupun luarperusahaan.ini merupakan aplikasi bisnis pertama yangdipasang pada komputer ketika mereka pertama kalidiperkenalkan pada tahun 1950-an. Istilah sistempemrosesan data elektronik (electronic dataprocessing – EDP) dan sistem informasi akuntansijuga telah dipergunakan, namun saat ini kurangpopuler.
    • 7. data informasi lingkungan Manajemen Peranti lunak Pemrosesan data Basis data Sumber Sumberdaya fisik Mengubah daya fisik input output lingkungan
    • 8. Tinjauan SistemTujuan dari sistem ini sendiri yaitu untuk menunjukanaliran yang terjadi selama kegiatan perusahaan baikdari pemesanan, pembayaran, maupun yangberhubungan dengan piutang dan sistem perkreditanyang dilakukan perusahaan.Unsur-unsur lingkungan dari sistem distribusimeliputi pelanggan, pemasok, ruang persediaanbahan baku, dan manajemen. terdapat beberapaistilah diantaranya yaitu :Pesanan penjualan (sales order) yaitu, pesanan yang diterima perusahaan dari pelanggannya.Pesanan pembelian (purchase order) yaitu, pesanan yang ditempatkan oleh perusahaan kepada pemasoknya.
    • 9. Subsistem-subsistem Utama dari Sistem DistribusiTerdapat beberapa subsistem yang terlibatdalam sistem distribusi diantaranya yaitu :1. Subsistem yang berhubungan dengan pemenuhan pesanan pelanggan2. Pemesanan penggantian persediaan dari pemasok3. Pemeliharaan buku besar perusahaan
    • 10. Sistem yang Memenuhi Pesanan PelangganTerdapat 4 sistem utama yang terlibat dalampemenuhan pesanan pelanggan, diantaranya :1. Sistem entri pesanan (order entry system) yaitu, memasukan pesanan pelanggan kedalam sistem.2. Sistem persediaan (inventory system) yaitu, memelihara catatan persediaan.3. Sistem penagihan (billing system) yaitu, membuat faktur pelanggan.4. Sistem piutang dagang (account receivable system) yaitu, menagih uang dari para pelanggan.
    • 11. Sistem yang Memesan Persedian penggantiTerdapat 3 sistem utama yang terlibat dalamsistem pemesanan persediaan pangganti,yaitu :1. Sistem pembelian (purchasing system) yaitu, menerbitkan pesanan pembelian kepada pemasok untuk persediaan yang dibutuhkan.2. Sistem penerimaan (receiving system) yaitu, menerima persediaan.3. Sistem utang dagang (account payable system) yaitu, melakukan pembayaran.
    • 12. Sistem yang Menjalankan Proses Buku BesarSistem buku besar (general ledger system) adalahsistem akuntansi yang menggabungkan data darisistem-sistem akuntansi yang lain dengan tujuan untukmenyajikan gambaran keuangan operasi perusahaansecara gabungan.Terdapat subsistem yang terkait, yaitu : Sistem memperbarui buku besar (update general ledger system) yaitu, akan membukukan catatan- catatan yang menguraikan berbagai tindakan dan transaksi kedalam buku besar. Sistem pembuatan laporan manajemen (prepare management report system) yaitu, menggunakan isi buku besar untuk membuat neraca dan laporan laba rugi serta laporan lainnya.
    • 13. Menempatkan Sistem Pemrosesan Transaksi dalam PerspektifSistem pemrosesan transaksi berperansebagai fondasi dari semua aplikasi yang lainyang mengambil bentuk basis data, yangmendokumentasikan semua hal penting yangdilakukan oleh perusahaan dalammenjalankan operasinya dan berinteraksidengan lingkungan
    • 14. SISTEM INFORMASI ORGANISASITerdapat sistem-sistem informasi untuk 4 areabisnis utama perusahaan yaitu :1. Sistem informasi pemasaran2. Sistem informasi SDM3. Sistem informasi manufaktur4. Sistem informasi keuanganSelain itu, terdapat satu sistem informasi untuktingkat eksekutif organisasi.
    • 15. Sistem Informasi PemasaranSistem informasi pemasaran (marketing informationsystem-MKIS) merupakan kombinasi antarasubsistem input dan output yang terhubung olehsebuah basis data.Subsistem output memberikan informasi mengenaiunsur-unsur penting didalam bauran pemasaran.Bauran pemasaran (marketing mix):Subsistem produkSubsistem lokasiSubsistem promosiSubsistem hargaSubsistem bauran terintegrasi
    • 16. Subsistem input merupakan sistem pemrosesantransaksi yang mengumpulkan data darisumber-sumber internal dan lingkungan lalumemasukannya ke dalam basis data.Subsistem riset pemasaran, mengumpulkan data internal dan lingkungan dengan melakukan studi-studi khusus.Subsistem intelegensi pemasaran, mengumpulkan data lingkungan yang berfungsi untuk menjaga manajemen tetap terinformasi mengenai aktivitas para pesaing dan para pelanggan perusahaan dan unsur- unsur lain yang dapat mempengaruhi operasi pemasaran.
    • 17. Sistem Informasi Sumber Daya ManusiaSistem informasi sumber daya manusia (HumanResources Information Subsystem- HRIS),memberikan informasi kepada seluruh manajerperusahaan yang berkaitan dengan sumber dayamanusia perusahaan. Sama seperti MKIS (sisteminformasi pemasaran) data yang didapat berupadata input yang akan diolah oleh bagian HRD ataubagian SDM yang akan menghasilkan keputusanoutput untuk menunjang pengambilan keputusan.Aspek yang ditangani diantaranya yaitu,perencanaan, rekrutmen, pengelolaan tenaga kerja,kompensasi karyawan, tunjangan karyawan, danlaporan SDM yang dibutuhkan lingkungan maupuninstansi pemerintah.
    • 18. Sistem Informasi ManufakturSistem informasi manufaktur(manufacturing information system),memberikan informasi kepada seluruhmanajer perusahaan yang berkaitandengan operasi manufaktur perusahaan.Sama seperti HRIS dan MKIS subsistemrekayasa industri terdiri atas aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh para teknisiindustri (industrial enginering- IE) mengenaiproduk, persediaan, mutu dan biaya.
    • 19. Sistem Informasi KeuanganSistem informasi keuangan (financialinformation system), memberikan informasikepada seluruh manajer perusahaan yangberkaitan dengan aktivitas keuanganperusahaan. Selain sistem yang digunakanhampir sama namun yang ditekankan adalahpada aktivitas output yang penting meliputiperamalan tren perekonomian masa depan,mengelola aliran dana yang melaluiperusahaan, dan mengendalikan keuanganperusahaan.
    • 20. Sistem Informasi EksekutifSistem informasi eksekutif (executiveinformation system-EIS) adalah suatu sistemyang memberikan informasi kepada paramanajer di tingkat yang lebih tinggi ataskinerja perusahaan secara keseluruhan.Digunakan pula istilah sistem pendukungeksekutif (executive support system-ESS)
    • 21. MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGANManajemen hubungan pelanggan(customer relationship management –CRM), adalah manajemen hubungan antaraperusahaan dengan pelanggan sehinggabaik perusahaan maupun pelanggannyaakan menerima nilai maksimum darihubungan ini.
    • 22. Strategi ini menyadari bahwa membinahubungan jangka panjang dengan pelangganadalah suatu strategi yang bagus, karenamempertahankan pelanggan yang sudah adabiasanya akan lebih murah daripadamendapatkan pelanggan baru.Oleh karena itu, perusahaan melakukanupaya-upaya untuk memahami parapelanggannya sehingga kebutuhan merekaakan dapat dipenuhi dan mereka akan tetapsetia kepada perusahaan.
    • 23. DATA WAREHOUSINGIstilah data warehouse (gudang data) telahdiberikan untuk menjelaskan penyimpanan datayang memiliki karakteristik sebagai berikut :• Kapasitas penyimpanan yang sangat besar• Data diakumulasikan dengan menambahkan catatan-catatan baru• Data dapat di ambil dengan mudah• Data sepenuhnya digunakan untuk pengambilan keputusan, dan tidak digunakan dalam operasi perusahaan sehari-hari
    • 24. Jika mengikuti pendekatan ini, akandigunakan istilah data mart (toko data)untuk menguraikan subjek. Data martadalah suatu basis data yang berisi datayang hanya menguraikan satu segmentdari operasi perusahaan. Sebagai contoh,perusahaan dapat memiliki data martpemesanan, data mart SDM, dll.Pembuatan dan penggunaan sebuah datawarehouse atau data mart disebut datawarehousing.
    • 25. Sistem Data WarehousingData warehouse adalah bagian utama daridata warehousing yang memasukan data kedalam gudang, mengubah isinya menjadiinformasi, dan menyediakan informasi tersebutkepada para pengguna.
    • 26. Model sistem data warehousing SistemSumber Area Penyimpanan Penyampai Peng data pengumpulan data an guna warehouse informasi Manajemen dan kendali Penyimpanan Metadata warehouse
    • 27. Bagaimana Data di Simpan dalam Tempat Penyimpanan Data WarehouseDalam tempat penyimpanan data warehouse,terdapat 2 jenis tabel yang disimpan dalamtabel-tabel terpisah. Tabel data akan di gabunguntuk menghasilkan suatu paket informasi.
    • 28. TABEL DIMENSI : merupakan pengidentifikasidan deskriptif data yang akan disimpan. Daritabel tersebut, pengguna akan memperolehanalisis menurut nomor pelanggan, menurutwilayah pelanggan,dan lain-lain. Pelanggan Nomor pelanggan Nama pelanggan Nomor telepon pelanggan Alamat e-mail pelanggan Wilayah pelanggan
    • 29. TABEL FAKTA : berisi ukuran-ukuran kuantitatifsebuah entitas, objek, atau aktivitas. Fakta Penjualan Pelanggan Unit penjualan aktual Unit penjualan anggaran Jumlah penjualan aktual Jumlah penualan anggaran Jumlah potongan penjualan
    • 30. PAKET INFORMASI : merupakanpenggabungan dua tabel (tabel dimensi dantabel fakta) yang akan digunakan untukmenganalisis suatu aktivitas tertentu.
    • 31. PENYAMPAIAN INFORMASIUnsur terahir dalam sistem data warehousingadalah sistem penyampaian informasi, yangmendapatkan data dari tempat penyimpanandata, mengubahnya menjadi informasi, danmenjadikan informasi tersebut tersedia untukpara pengguna.
    • 32. Proses yang dapat dilakukan untukmendapatkan informasi dari data warehouseyaitu dengan beberapa cara, diantaranya :Drill down, yaitu proses navigasi ke bawahmelalui tingkatan-tingkatan rincian.Roll up, yaitu proses navigasi ke atas yangmemungkinkan pengguna memulai dengantampilan terinci dan kemudian meringkasnyamenjadi tingkat ringkasan yang lebih tinggi.Drill across, yaitu dengan cepat bergerakantar hierarki.Drill through, yaitu berangkat dari tingkatringkasan ketingkat terendah data yang terinci.
    • 33. OLAPSegala jenis peranti lunak khusus yang telahdikembangkan untuk data warehouse yangdapat digunakan untuk menarik data daritempat penyimpanan data dan mengubahnyamenjadi informasi disebut OLAP (on-lineanalytical processing) yang memungkinkanpengguna dapat berkomunikasi dengan datawarehouse melalui GUI atau antarmuka webdan dengan cepat memperoleh informasidalam berbagai jenis format termasuk grafik.
    • 34. Terdapat dua pendekatan untuk OLAP,yaitu ROLAP dan MOLAP.•ROLAP (relational on-line analytical processing) merupakan suatu sistem manajemen basis data relasional standar.•MOLAP (multidimensional on-line analytical processing) merupakan suatu sistem manajemen basis data khusus multidimensional.
    • 35. Perbedaan antara ROLAP dan MOLAPROLAP Memiliki data terperinci Dilakukan analisis terlebih dahulu untuk mendapatkan ringkasan Analisisnya hanya terbatas pada sejumlah dimensiMOLAP Telah dilakukan proses peringkasan terlebih dahulu dan dibagi menjadi berbagai dimensi Stasiun kerja pengguna MOLAP memasukan basis data multidimensional yang telah di download.
    • 36. DATA MININGData mining adalah proses menemukanhubungan dalam data yang tidak diketahuioleh pengguna. Data mining mebantupengguna dengan menemukan hubungandan menyajikannya dengan cara yangdapat dipahami sehingga hubungantersebut dapat menjadi dasar pengambilankeputusan.
    • 37. Terdapat dua cara dasar dalammelakukan data mining, yaitu :1.Verifikasi hipotesis (hypothesis verification) dan,2.Penemuan pengetahuan (knowledge discovery).
    • 38. Menempatkan Data Warehousing dalam PerspektifKebutuhan akan data warehousing selalu adasejak dulu, namun teknologi informasi yangdibutuhkan untuk mendukungnya baru tersediadan terjangkau belakangan ini. Ketika teknologimampu mengejar permintaan, beberapapencapaian yang dramatis pun berhasildilakukan, seperti cara baru penyimpanan datadalam paket-paket informasi, yang kemungkinandilakukannya analisis data dengan cara yangpraktis tak terbatas, dan OLAP, yangmemungkinkan diambilnya data dengan cepat.