Spanning tree protocol

299 views
223 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
299
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
6
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Spanning tree protocol

  1. 1. Spanning Tree Protocol Cici Paramita Wulandari 425 10 033 3A Teknik Komputer Dan Jaringan
  2. 2. Apa Itu Spanning Tree Protokol Spanning Tree Protocol adalah protocol jaringan yang menjamin topologi jaringan bebas perulangan untuk penghubung Ethernet LAN.
  3. 3. Fungsi STPmenyediakan redundansi jalan denganmendefinisikan sebuah tree yangmembentang di semua switch dalamjaringan yang diperpanjang.”
  4. 4. Keuntungan Spanning Tree Protocol “Keuntungan Menggunakan STP (Spanning Tree Protocol) yaitu perangkat dapat mengelola dirinya sendiri untuk mengumpulkan informasi. Seperti alamat media access control (MAC), switch dan port prioritas, port identifier, path cost, root switch identifier, root port identifier, designated port identifiers, dan path cost from the port to the root switch. Informasi ini dikirim keperangkat STP lain di dalam jaringan dengan menggunakan Bridge Protocol Data Units (BPDU).”
  5. 5. Cara Kerja Spanning Tree Protocol STP menggunakan 3 kriteria untuk meletakkan port pada status forwarding : STP memilih root switch. STP menempatkan semua port aktif pada root switch dalamstatus Forwarding. Semua switch non-root menentukan salah satu port-nya sebagai port yang memiliki ongkos (cost)paling kecil untuk mencapai root switch. Port tersebut yang kemudian disebut sebagai root port (RP)switch tersebut akan ditempatkan pada status forwardingoleh STP. Dalam satu segment Ethernet yang sama mungkin saja ter-attach lebih dari satu switch. Diantaraswitch-switch tersebut, switch dengan cost paling sedikit untuk mencapai root switch disebut designatedbridge, port milik designated bridge yang terhubung dengan segment tadi dinamakan designatedport (DP). Designated port juga berada dalam statusforwarding.
  6. 6. Tugas Utama Spanning Tree Protocol“Tugas utama STP adalah menghentikan terjadinya loop-loopnetwork pada network layer 2 (bridge atau switch). STP secaraterus menerus memonitor network untuk menemukan semualink, memastikan bahwa tidak ada loop yang terjadi dengan caramematikan semua link yang redundant. STP menggunakanalgoritma yang disebut spanning-tree algorithm (STA) untukmenciptakan sebuah topologi database, kemudian mencari danmenghancurkan link-link redundant. Dengan menjalankanSTP, frame frame hanya akan diteruskan pada link-link utamayang dipilih oleh STP.”
  7. 7. contoh sederhana LAN dengan link yang redundant
  8. 8. Gambar berikut adalah LAN dengan linkredundant yang sudah memanfaatkan STP
  9. 9. STP Bridge ID dan Hello BPDU STP bridge ID (BID) adalah angka 8-byte yang unik untuk setiap switch. Bridge ID terdiri dari2-byte priority dan 6- byte berikutnya adalah system ID, dimana system ID berdasarkan pada MAC address bawaan tiap switch. Karena menggunakan MAC address bawaan ini dapat dipastikan tiap switch akan memiliki Bridge ID yang unik. STP mendefinisikan pesan yang disebut bridge protocol data units (BPDU), yang digunakan oleh switch untuk bertukar informasi satu sama lain. Pesan paling utama adalah Hello BPDU, berisi Bridge ID dari switch pengirim.
  10. 10. Pemilihan Root Switch Switch-switch akan memilih root switch berdasarkan Bridge ID dalam BPDU. Root switchadalah switch dengan Bridge ID paling rendah. Kita ketahui bahwa 2-byte pertama dari switch digunakan untuk priority, karena itu switch dengan priority paling rendah akan terpilih menjadi root switch.
  11. 11. Saat Terjadi Perubahan dalam network Berikut adalah proses yang terjadi saat topology STP berjaln normal tanpa ada perubahan: Root switch membuat dan mengirimkan Hello BPDU dengan cost 0 keluar melalui semua port/interfacenya yang aktif. Switch non-root menerima Hello dari root port miliknya. Setelah mengubah isi dari Hello menjadi Bridge ID dari switch pengirim, switch mem- forward Hello ke designated port. Langkah 1 dan 2 berulang terus sampai terjadi perubahan pada topology STP.
  12. 12. Terimakasih

×