Your SlideShare is downloading. ×
Pengenalan Mikrotik
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Pengenalan Mikrotik

517

Published on

Mikrotik …

Mikrotik

Published in: Technology
1 Comment
2 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
517
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
1
Likes
2
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1.  Mikrotik adalah sistem operasi independen berbasiskan Linux khusus untuk komputer yang difungsikan sebagai Router,  Administrasinya atau pengoperasiannya bisa dilakukan melalui Windows application (WinBox).
  • 2. Ada 2 jenis mikrotik, yaitu : 1. Mikrotik Router OS Adalah versi mikrotik dalam bentuk lunak yang dapat di install pada computer rumahan. 2. Built in Hardware Mikrotik Adalah mikrotik dalam bentuk hardware yang di dalamnya sudah terinstall mikrotik router OS.
  • 3. Beberapa contoh fitur mikrotik :  Address List  Bridge  DHCP  NTP  M3P  Firewall and NAT  Hotspot  ISDN  Monitoring / Accounting  WinBox
  • 4.  CPU and motherboard min P1, AMD, cyrix asal yang bukan multiprosesor.  RAM - minimum 32 MB, maximum 1 GB tetapi 64 MB lebih sangat dianjurkan.  HDD minimal 128MB parallel ATA atau Compact Flash, tidak dianjurkan menggunakan UFD, SCSI, apa lagi S- ATA.  NIC 10/100 atau 100/1000.
  • 5. Langkah-langkahnya sebagai berikut :  Masukkan CD Mikrotik ke dalam CDROM.  Masuk ke menu BIOS dan atur pada first boot nya, pilih CDROM.  Setelah di setting maka computer akan booting pertama kali pada CDROM dan akan muncul gambar seperti di bawah ini :
  • 6.  Pilih paket yang akan di install, gunakan tombol „a‟ untuk memilih semua paket , tekan „m‟ untuk paket minimal, tekan „r‟ untuk menginstall remote router. Atau tekan „q‟ untuk membatalkan.
  • 7.  Tekan tombol “I” untuk melanjutkan instalasi Saat ditanya apakah akan menyimpan informasi lama, silakan dijawab tidak atau tekan tombol “N”.
  • 8. Setelah itu akan muncul peringatan, tekan tombol “Y” untuk menyetejui dan “N” untuk tidak menyetujui.
  • 9.  jika muncul seperti gambar dibawah ini maka proses instalasi telah selesai. Keluarkan CD mikrotik anda, setelah itu tekan enter untuk merestart komputer anda secara otomatis.
  • 10.  Setelah komputer restart, tekan tombol “ Y “ untuk menyetujui dan “ N “ untuk tidak menyetujui.
  • 11. Setelah itu akan muncul tampilan login. Mikrotik login = admin Password=(kosong saja),selanjutnya tekan enter
  • 12. Lalu akan masuk ke tampilan awal mikrotik yang telah berhasil di install.
  • 13.  Log in ke mikrotik  Setting IP address, gateway dan name server. #Setting ip address : ip address add address=192.168.1.2/24 interface=ether1 ip address add address=200.200.200.1/24 interface=ether2 ketik ip address print lalu enter, untuk melihat hasil konfigurasi .
  • 14. # Setting Gateway ip route add gateway=192.168.1.1 ketik ip router print lalu enter, untuk melihat hasil konfigurasi
  • 15. # Setting name server  ip dns set primary-dns=203.130.196.155  secondary-dns=203.130.196.161 ketik ip dns print lalu enter, untuk melihat hasil konfigurasi
  • 16.  Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman . Perintah yang digunakan yaitu : ip firewall nat add chain=srcnat action=masquerade out- interface=ether1
  • 17.  Mikrotik memiliki Operating System Kalo tidak salah di sebut RouterOs Mikrotik yang dibangun dengan core Linux opensource pula, yang menyebabkan router ini lebih murah dibanding dengan router lainnya  Dari segi pengoprasiannya Mikrotik tergolong friendly dengan software winbox yang dimilikinya.  RouterOS Mikrotik juga sudah bisa mendeteksi berbagai macam ethernet card dari berbagai vendor yang ada.
  • 18.  Mikrotik router OS tidak mendukung − Interior gateway routing protokol ( IGRP ) − Enchanced interior gateway routing protokol (EIGRP )  Mikrotik mengeluarkan sertifikasi, namun sertifikasi tidak seperti cisco yang sudah diakui secara international.  Kurang bagus untuk menangani jaringan sekala yang besar karena dukungan hardwarenya yang kurang hebat seperti punya Cisco

×