High Availability MySqlHigh Availability MySql
MySQL AB: Creators of MySQL DB
Merupakan aplikasi RDBMS Opnsource
Dioptimalkan untuk kecepatan, kehandalan dan
beban tinggi – dengan fitur lebih banyak.
...
Bagaimana Optimalisai Mysql?
• Tuning
• Replication
• Clustering
• Menghindari kegagalan
• redundansi dan failover
• Skalabilitas
Mengapa ?
Aplikasi-aplikasi database dituntut untuk mampu...
Tuning Mysql ?
Untuk mengoptimalisasi server dengan trafic tinggi, paling
tidak ada 3 titik yang harus diperhatikan. Apach...
max_connections
max_connections adalah maksimum sambungan yang dapat
dilakukan dalam waktu sekaligus, kalau website anda s...
Tuning Mysql
query_cache_size
Apabila MySQL anda sibuk dan selalu mengulang-ulang
query yang sama, maka settting query_cac...
Tuning Mysql
key_buffer_size
Data base menggunakan key index. Karena itu apabila index
ini tersimpan dalam satu memori sec...
Tuning Mysql
table_cache
Apabila MySQL anda banyak menggunakan table query,
maka besar memori ini juga perlu anda perhatik...
Tuning Mysql
sort_buffer
Jika MySQL anda memiliki query atau operasi
myisamchk atau sort ? Maka option ini sangat penting
...
Tuning Mysql
read_rnd_buffer_size
read_rnd_buffer_size digunakan setelah kita melakukan
sorting. Yaitu untuk memproses row...
Tuning Mysql
thread_cache
Apabila server kita sibuk dengan banyaknya
query dan memerlukan respon yang sangat
cepat, maka t...
Tuning Mysql
tmp_table_size
tmp_table_size akan memberikan kesempatan kepada
MySQL untuk menyimpan table ke dalam harddisk...
Menghitung Memory
Bagaimana cara menghitung memory yang diperlukan
oleh MySQL dengan mudah ? Kita dapat menggunakan
rumus ...
MySql Cluster
Kemampuan clustering memungkinkan sebuah database
tetap hidup dalam waktu yang lama. MySQL berani
menjanjika...
MySql Cluster
Dengan MySQL Cluster dapat membagi pekerjaan
database ke beberapa server, sehingga dalam
menyelesaikan peker...
SYARAT YANG DIPERLUKAN :
* 3 PC Hardware : (1 pc) Management Server (2 pc)
* User root dan password untuk instalasi dan
ko...
DESAIN SISTEM
* MySQL-A ~ MANAGEMENT SERVER (NDB MGM)
* MySQL-B ~ NODE 1 ~ DATABASE SERVER
* MySQL-C ~ NODE 2 ~ DATABASE S...
Replication
Dengan menggunakan replication memungkinkan
didapatkan backup yang sempurna dari suatu
database MySQL yang bes...
Metoda alternatif replikasi MySQL menjamin
backup sempurna tanpa harus menghentikan
server tiap hari.
Untuk menjamin repli...
Master with
Slave
Master
Slave
Master with Many Slaves
Slave SlaveSlave Slave Slave
Master
High Profile User

NASA

Yahoo: Finance, News in Asia & Europe, Sports...

Slashdot.org, Freshmeat.net & Linux.com

No...
Free VS Pay
To be continue ….............
Source : http://infokomtek.com/berita-it/tuning-mysql-dengan-
etcmycnf-file
MySQL dikembangkan sekitar tahun 1994 oleh sebuah
perusahaan pengembang software dan konsultan database
bernama MYSQL AB y...
Replication

MySQL supports many sites that need high reliability

This is done by replicating the system to many machin...
Replication Technology

The single Master keeps binary log of SQL commands that
update data

Slaves connect to the maste...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Fit 23 mysql

1,203 views
1,138 views

Published on

Published in: Technology
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,203
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
83
Actions
Shares
0
Downloads
36
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Fit 23 mysql

  1. 1. High Availability MySqlHigh Availability MySql MySQL AB: Creators of MySQL DB
  2. 2. Merupakan aplikasi RDBMS Opnsource Dioptimalkan untuk kecepatan, kehandalan dan beban tinggi – dengan fitur lebih banyak. Sangat baik, didukung dan didokumentasikan - mudah untuk menginstal, mengkonfigurasi dan mengelola Banyak digunakan di seluruh dunia Rendah biaya kepemilikan - Dual-berlisensi di bawah lisensi GPL dan Komersial Apa dan mengapa Mysql?
  3. 3. Bagaimana Optimalisai Mysql? • Tuning • Replication • Clustering
  4. 4. • Menghindari kegagalan • redundansi dan failover • Skalabilitas Mengapa ? Aplikasi-aplikasi database dituntut untuk mampu melayani banyak akses data. Karena memang database server telah di rancang untuk dapat melayani beragam jenis akses data. Saat ini aplikasi databse semakin berkembang, baik dalam hal kegunaan, ukuran, maupun kompleksitas.
  5. 5. Tuning Mysql ? Untuk mengoptimalisasi server dengan trafic tinggi, paling tidak ada 3 titik yang harus diperhatikan. Apache, MySQL, Aplikasi itu sendiri. Sebenarnya ada banyak titik lagi yang harus di optimalisasi, tapi dengan tuning 3 hal diats sudah cukup signifikan membuat laju komputer server bekerja di trafic tinggi. Optimalisasi MySQL biasanya hanya terpusat di file /etc/mysql/my.cnf. Yang cukup penting adalah setting variable max_connections, key_buffer dan table_cache.
  6. 6. max_connections max_connections adalah maksimum sambungan yang dapat dilakukan dalam waktu sekaligus, kalau website anda sangat sibuk, semakin besar tentunya akan semakin bagus, akan tetapi sudah pasti bahwa karena resource server akan semakin banyak dipakai maka CPU atau memory anda akan semakin termakan oleh proses mysql. Karena itu, nilai max_connections dapat anda sinkronkan dengan besar memory anda dan akses maksimum Apache anda, di MaxClient. Tidak ada artinya anda perbesar akan tetapi MaxClient di Apache anda sangat kecil Tuning Mysql
  7. 7. Tuning Mysql query_cache_size Apabila MySQL anda sibuk dan selalu mengulang-ulang query yang sama, maka settting query_cache_size anda perlu anda perhatikan. query_cache_size akan menyimpan query yang berulang, sehingga akan mempercepat kerja MySQL anda untuk query yang sama. Karena query yang sebelumnya disimpan dalam memory cache.
  8. 8. Tuning Mysql key_buffer_size Data base menggunakan key index. Karena itu apabila index ini tersimpan dalam satu memori secara utuh, maka sudah tentu proses MySQL anda akan semakin cepat mendapatkan hasil dari query yang diinginkan. Secara ideal semua index akan bagus tersimpan dalam memory ini, akan tetapi anda perlu juga melihat kemampuan kapasitas memory anda.
  9. 9. Tuning Mysql table_cache Apabila MySQL anda banyak menggunakan table query, maka besar memori ini juga perlu anda perhatikan. Karena akan mempercepat proses query yang berhubungan dengan table. Default memory ini adalah 64Kb.
  10. 10. Tuning Mysql sort_buffer Jika MySQL anda memiliki query atau operasi myisamchk atau sort ? Maka option ini sangat penting untuk diperhatikan. Dengan memasang buffer yang besar tentunya anda akan melakukan sorting secara besar juga. Nah sudah pasti sorting anda akan semakin cepat selesai.
  11. 11. Tuning Mysql read_rnd_buffer_size read_rnd_buffer_size digunakan setelah kita melakukan sorting. Yaitu untuk memproses row dari query sorting yang telah kita lakukan. Apabila query anda sering memakai ORDER BY, maka option ini perlu anda perhatikan. Anda dapat menghitung besar buffer ini dengan logika 1 MB adalah 1KB, jadi apabila memory server anda adalah 1GB, maka anda dapat mengesetnya sebesar 1MB.
  12. 12. Tuning Mysql thread_cache Apabila server kita sibuk dengan banyaknya query dan memerlukan respon yang sangat cepat, maka thread_cache adalah option yang perlu kita perhatikan. Tetapi semakin besar nilai ini, akan semakin tinggi load CPU.
  13. 13. Tuning Mysql tmp_table_size tmp_table_size akan memberikan kesempatan kepada MySQL untuk menyimpan table ke dalam harddisk yang dianggap sebagai memory. Sudah tentu tmp_table_size akan memperlambat kecepatan MySQL. Apabila anda mempunyai memory yang minim dan kecepatan MySQL tidak begitu diperhitungkan, barangkali ini adalah option yang anda kehendaki.
  14. 14. Menghitung Memory Bagaimana cara menghitung memory yang diperlukan oleh MySQL dengan mudah ? Kita dapat menggunakan rumus sederhana berikut ini. Memory=key_buffer+ (sort_buffer_size+read_buffer_size)*max_con nections
  15. 15. MySql Cluster Kemampuan clustering memungkinkan sebuah database tetap hidup dalam waktu yang lama. MySQL berani menjanjikan angka 99.999 persen ketersediaan databasenya. Sederhananya, dalam satu tahun kira-kira hanya lima menit waktu database itu tidak hidup. MySQL Cluster menggunakan mesin penyimpanan cluster NDB yang mampu menjalankan beberapa MySQL Server di dalam sebuah cluster.
  16. 16. MySql Cluster Dengan MySQL Cluster dapat membagi pekerjaan database ke beberapa server, sehingga dalam menyelesaikan pekerjaannya, server menjadi lebih ringan. Secara otomatis beberapa server tersebut akan melakukan sincronisasi secara realtime melalui Server Database Manajemen. Mysql cluster dapat bekerja dengan hardware/perangkat keras yang sangat murah, dan tidak membutuhkan perangkat keras dan lunak dengan spesifikasi khusus
  17. 17. SYARAT YANG DIPERLUKAN : * 3 PC Hardware : (1 pc) Management Server (2 pc) * User root dan password untuk instalasi dan konfigurasi. * Source mysql * Source mysql-proxy * Konektivitas jaringan (TCP/IP). * Tabel di buat harus ber-ENGINE=NDBCLUSTER MySql Cluster
  18. 18. DESAIN SISTEM * MySQL-A ~ MANAGEMENT SERVER (NDB MGM) * MySQL-B ~ NODE 1 ~ DATABASE SERVER * MySQL-C ~ NODE 2 ~ DATABASE SERVER MySql Cluster
  19. 19. Replication Dengan menggunakan replication memungkinkan didapatkan backup yang sempurna dari suatu database MySQL yang besar dan aktif tanpa melakukan penghentian dari server yang bersangkutan. Tanpa replikasi, backup akan memperlambat sistem dan ada kemungkinan data yang tidak konsisten, karena bisa saja satu tabel berubah sementara tabel lain yang berhubungan tidak berubah dan sedang di- backup.
  20. 20. Metoda alternatif replikasi MySQL menjamin backup sempurna tanpa harus menghentikan server tiap hari. Untuk menjamin replikasi berjalan lancar, hanya diperlukan penambahan beberapa baris di file konfigurasi (yaitu my.cnf) pada server master dan server slave. Jika server masih baru, hanya diperlukan peng- copy-an database pada server master ke server slave. Kemudian mengaktifkan slave untuk mulai melakukan replikasi. Replication
  21. 21. Master with Slave Master Slave
  22. 22. Master with Many Slaves Slave SlaveSlave Slave Slave Master
  23. 23. High Profile User  NASA  Yahoo: Finance, News in Asia & Europe, Sports...  Slashdot.org, Freshmeat.net & Linux.com  Nortel (InSight) / Ericsson / Alcatel / Telia / Nokia  Motorola  Compaq
  24. 24. Free VS Pay
  25. 25. To be continue …............. Source : http://infokomtek.com/berita-it/tuning-mysql-dengan- etcmycnf-file
  26. 26. MySQL dikembangkan sekitar tahun 1994 oleh sebuah perusahaan pengembang software dan konsultan database bernama MYSQL AB yang berada di Swedia. Waktu itu perusahaan tersebut masih bernama TcX DataKonsult AB, dan tujuan awal dikembangkannya MySQL adalah untuk mengembangkan aplikasi berbasis web pada client Pendahuluan
  27. 27. Replication  MySQL supports many sites that need high reliability  This is done by replicating the system to many machines  Examples of users are  Yahoo Finance (And other parts of Yahoo)  Mobile.de (sells used cars in Germany, Over 270 Million page views per month with 49 MySQL slaves)  slashdot.org
  28. 28. Replication Technology  The single Master keeps binary log of SQL commands that update data  Slaves connect to the master or another slave to read, and rerun the updates  In MySQL 4.0 the slaves use two threads  One to read the all queries  One to actually do the updates  This makes sure that every slave has all data even if the master goes down while the slave is working on a slow query

×