GAMBARAN PAKET
RENCANA KESELAMATAN
Wahyu 14:6-7
Dan aku melihat seorang malaikat lain terbang
di tengah-tengah langit dan padanya ada Injil
yang kekal untuk ...
Yesaya 28:9-10
[ITL – Indonesia Terjemahan Lama]
Maka siapa gerangan diajarkannya
pengetahuan? dan siapa diartikannya bara...
1. Sebuah Korban Ganti
Abraham Diuji Mengorbankan Ishak
Kejadian 22:2
Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau
kasihi, yakni Is...
Daud Mengambil Istri Uria
2 Samuel 11:26-27
Ketika didengar isteri Uria, bahwa Uria, suaminya, sudah mati, maka
merataplah...
Penggenapan Perjanjian Baru:

Yohanes 19:17
Sambil memikul salib-Nya Ia pergi ke luar ke tempat yang bernama Tempat
Tengko...
2. Penurutan
Mencari Mempelai Untuk Ishak
Kejadian 24:10,14
Kemudian hamba itu mengambil sepuluh ekor dari unta
tuannya dan pergi denga...
Daud dan Nabal
1 Samuel 25:3
Nama orang itu Nabal dan nama isterinya Abigail.
Perempuan itu bijak dan cantik, tetapi laki-...
Ulangan 6:5
Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap
hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan
segenap kekuatanmu.
Imama...
Penggenapan Perjanjian Baru:
Matius 22:36-40
"Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?" Jawab Yesus
kepadanya...
3. Jubah Kebenaran
Yusuf dan Jubah Indahnya
Kejadian 37:23,24
Baru saja Yusuf sampai kepada saudarasaudaranya, merekapun menanggalkan jubah Y...
Yesaya 61:10
Aku bersukaria di dalam TUHAN, jiwaku bersorak-sorai di
dalam Allahku, sebab Ia mengenakan pakaian keselamata...
4. Baptisan
1 Korintus 10:1-2
Aku mau, supaya kamu mengetahui, saudarasaudara, bahwa nenek moyang kita semua berada di
bawah perlindun...
Efesus 5:26 [ITL]
supaya Ia menguduskan sidang itu setelah disucikan-Nya
dengan baptisan air oleh firman Allah,
Yohanes 15...
5. Seorang Pengantara Bagi Kita
Musa dan Harun Menghadap Firaun
Keluaran 4:10,13,14
Lalu kata Musa kepada TUHAN: "Ah, Tuhan, aku ini tidak
pandai bicara, ...
Ibrani 1:5,6
Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu
pernah Ia katakan: "Anak-Ku Engkau! Engkau telah
Kuper...
6. Pengudusan
Ester Dipersiapkan Jadi Ratu
Ester 2:4
Dan gadis yang terbaik pada pemandangan raja, baiklah dia menjadi ratu
ganti Wasti....
Yehezkiel 20:12
Hari-hari Sabat-Ku juga Kuberikan kepada mereka menjadi peringatan di
antara Aku dan mereka, supaya mereka...
7. Penginjilan
Ribka si Calon Mempelai
Kejadian 24:17,18
Kemudian berlarilah hamba itu mendapatkannya serta berkata:
"Tolong beri aku min...
Penggenapan Perjanjian Baru
Matius 25:34-40
Dan Raja itu akan berkata kepada mereka yang di sebelah kanan-Nya:
Mari, hai k...
8. Keselamatan Yang Gratis
Saudara Yusuf Membeli Makanan
ke Mesir
Kejadian 42:25,28
Sesudah itu Yusuf memerintahkan, bahwa tempat
gandum mereka akan ...
Roma 10:3
Sebab, oleh karena mereka tidak mengenal
kebenaran Allah dan oleh karena mereka
berusaha untuk mendirikan kebena...
9. Turut Bekerjasama
Keluaran 30:15
Orang kaya janganlah mempersembahkan lebih dan
orang miskin janganlah mempersembahkan ...
1 Petrus 1:10
Keselamatan itulah yang diselidiki dan diteliti
oleh nabi-nabi, yang telah bernubuat tentang
kasih karunia y...
Ibrani 2:2-4
2:2 Sebab kalau firman yang dikatakan dengan
perantaraan malaikat-malaikat tetap berlaku, dan setiap
pelangga...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Gambaran paket rencana keselamatan

849 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
849
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
37
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide
  • [Yohanes 1:29, salibdipikulkankeYesus.]
  • Ada hukuman lain. TapisalahsatuhukumannyaialahkematiananakDaud. [Yohanes 3:16]
  • Pencuri di kayusalib
  • Masihbanyakaspeklainnya
  • Gambaran paket rencana keselamatan

    1. 1. GAMBARAN PAKET RENCANA KESELAMATAN
    2. 2. Wahyu 14:6-7 Dan aku melihat seorang malaikat lain terbang di tengah-tengah langit dan padanya ada Injil yang kekal untuk diberitakannya kepada mereka yang diam di atas bumi dan kepada semua bangsa dan suku dan bahasa dan kaum, dan ia berseru dengan suara nyaring: "Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia, karena telah tiba saat penghakiman-Nya, dan sembahlah Dia yang telah menjadikan langit dan bumi dan laut dan semua mata air."
    3. 3. Yesaya 28:9-10 [ITL – Indonesia Terjemahan Lama] Maka siapa gerangan diajarkannya pengetahuan? dan siapa diartikannya barang yang kedengaran itu? anak-anak yang baharu lepas susukah? anak-anak yang baharu diceraikan dari pada susu emaknya? Karena adalah hukum bertambah hukum dan hukum bertambah hukum, syarat bertambah syarat dan syarat bertambah syarat, di sini sedikit, di sana sedikit.
    4. 4. 1. Sebuah Korban Ganti
    5. 5. Abraham Diuji Mengorbankan Ishak Kejadian 22:2 Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu." Kejadian 22:6 Lalu Abraham mengambil kayu untuk korban bakaran itu dan memikulkannya ke atas bahu Ishak, anaknya, sedang di tangannya dibawanya api dan pisau. Demikianlah keduanya berjalan bersamasama. Lalu berkatalah Ishak kepada Abraham, ayahnya: "Bapa." Sahut Abraham: "Ya, anakku." Bertanyalah ia: "Di sini sudah ada api dan kayu, tetapi di manakah anak domba untuk korban bakaran itu?" Sahut Abraham: "Allah yang akan menyediakan anak domba untuk korban bakaran bagi-Nya, anakku." Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.
    6. 6. Daud Mengambil Istri Uria 2 Samuel 11:26-27 Ketika didengar isteri Uria, bahwa Uria, suaminya, sudah mati, maka merataplah ia karena kematian suaminya itu. Setelah lewat waktu berkabung, maka Daud menyuruh membawa perempuan itu ke rumahnya. Perempuan itu menjadi isterinya dan melahirkan seorang anak laki-laki baginya. Tetapi hal yang telah dilakukan Daud itu adalah jahat di mata TUHAN. 2 Samuel 12:10,14 Oleh sebab itu, pedang tidak akan menyingkir dari keturunanmu sampai selamanya, karena engkau telah menghina Aku dan mengambil isteri Uria, orang Het itu, untuk menjadi isterimu. Walaupun demikian, karena engkau dengan perbuatan ini telah sangat menista TUHAN, pastilah anak yang lahir bagimu itu akan mati."
    7. 7. Penggenapan Perjanjian Baru: Yohanes 19:17 Sambil memikul salib-Nya Ia pergi ke luar ke tempat yang bernama Tempat Tengkorak, dalam bahasa Ibrani: Golgota. Yohanes 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. 2 Korintus 5:21 Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah. Barabas dibebaskan- Yohanes 18:39-40 Tetapi pada kamu ada kebiasaan, bahwa pada Paskah aku membebaskan seorang bagimu. Maukah kamu, supaya aku membebaskan raja orang Yahudi bagimu?" Mereka berteriak pula: "Jangan Dia, melainkan Barabas!" Barabas adalah seorang penyamun.
    8. 8. 2. Penurutan
    9. 9. Mencari Mempelai Untuk Ishak Kejadian 24:10,14 Kemudian hamba itu mengambil sepuluh ekor dari unta tuannya dan pergi dengan membawa berbagai-bagai barang berharga kepunyaan tuannya; demikianlah ia berangkat menuju Aram-Mesopotamia ke kota Nahor. Kiranya terjadilah begini: anak gadis, kepada siapa aku berkata: Tolong miringkan buyungmu itu, supaya aku minum, dan yang menjawab: Minumlah, dan untauntamu juga akan kuberi minum--dialah kiranya yang Kautentukan bagi hamba-Mu, Ishak; maka dengan begitu akan kuketahui, bahwa Engkau telah menunjukkan kasih setia-Mu kepada tuanku itu."
    10. 10. Daud dan Nabal 1 Samuel 25:3 Nama orang itu Nabal dan nama isterinya Abigail. Perempuan itu bijak dan cantik, tetapi laki-laki itu kasar dan jahat kelakuannya. Ia seorang keturunan Kaleb. 1 Samuel 25:5-6 maka Daud menyuruh sepuluh orang dan kepada orangorang itu Daud berkata: "Pergilah ke Karmel dan temuilah Nabal. Tanyakanlah keselamatannya atas namaku dan sampaikanlah salam ini kepadanya: Selamat! Selamatlah engkau, selamatlah keluargamu, selamatlah segala yang ada padamu.
    11. 11. Ulangan 6:5 Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu. Imamat 19:18 Janganlah engkau menuntut balas, dan janganlah menaruh dendam terhadap orangorang sebangsamu, melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri; Akulah TUHAN.
    12. 12. Penggenapan Perjanjian Baru: Matius 22:36-40 "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?" Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.“ Roma 13:9 Karena firman: jangan berzinah, jangan membunuh, jangan mencuri, jangan mengingini dan firman lain manapun juga, sudah tersimpul dalam firman ini, yaitu: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri! Yakobus 2:17 Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.
    13. 13. 3. Jubah Kebenaran
    14. 14. Yusuf dan Jubah Indahnya Kejadian 37:23,24 Baru saja Yusuf sampai kepada saudarasaudaranya, merekapun menanggalkan jubah Yusuf, jubah maha indah yang dipakainya itu. Dan mereka membawa dia dan melemparkan dia ke dalam sumur. Sumur itu kosong, tidak berair. Kejadian 37:31 Kemudian mereka mengambil jubah Yusuf, dan menyembelih seekor kambing, lalu mencelupkan jubah itu ke dalam darahnya.
    15. 15. Yesaya 61:10 Aku bersukaria di dalam TUHAN, jiwaku bersorak-sorai di dalam Allahku, sebab Ia mengenakan pakaian keselamatan kepadaku dan menyelubungi aku dengan jubah kebenaran, seperti pengantin laki-laki yang mengenakan perhiasan kepala dan seperti pengantin perempuan yang memakai perhiasannya. Wahyu 7:13,14 Dan seorang dari antara tua-tua itu berkata kepadaku: "Siapakah mereka yang memakai jubah putih itu dan dari manakah mereka datang?" Maka kataku kepadanya: "Tuanku, tuan mengetahuinya." Lalu ia berkata kepadaku: "Mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari kesusahan yang besar; dan mereka telah mencuci jubah mereka dan membuatnya putih di dalam darah Anak Domba.
    16. 16. 4. Baptisan
    17. 17. 1 Korintus 10:1-2 Aku mau, supaya kamu mengetahui, saudarasaudara, bahwa nenek moyang kita semua berada di bawah perlindungan awan dan bahwa mereka semua telah melintasi laut. Untuk menjadi pengikut Musa mereka semua telah dibaptis dalam awan dan dalam laut. Yohanes 3:5 Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.
    18. 18. Efesus 5:26 [ITL] supaya Ia menguduskan sidang itu setelah disucikan-Nya dengan baptisan air oleh firman Allah, Yohanes 15:3 Kamu ini memang suci oleh karena perkataan yang sudah Kukatakan kepadamu. Yakobus 1:22 Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.
    19. 19. 5. Seorang Pengantara Bagi Kita
    20. 20. Musa dan Harun Menghadap Firaun Keluaran 4:10,13,14 Lalu kata Musa kepada TUHAN: "Ah, Tuhan, aku ini tidak pandai bicara, dahulupun tidak dan sejak Engkau berfirman kepada hamba-Mupun tidak, sebab aku berat mulut dan berat lidah." Tetapi Musa berkata: "Ah, Tuhan, utuslah kiranya siapa saja yang patut Kauutus." Maka bangkitlah murka TUHAN terhadap Musa dan Ia berfirman: "Bukankah di situ Harun, orang Lewi itu, kakakmu? Aku tahu, bahwa ia pandai bicara; lagipula ia telah berangkat menjumpai engkau, dan apabila ia melihat engkau, ia akan bersukacita dalam hatinya.
    21. 21. Ibrani 1:5,6 Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan: "Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?" dan "Aku akan menjadi Bapa-Nya, dan Ia akan menjadi Anak-Ku?" Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia, Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia." 1 Yohanes 2:1 Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.
    22. 22. 6. Pengudusan
    23. 23. Ester Dipersiapkan Jadi Ratu Ester 2:4 Dan gadis yang terbaik pada pemandangan raja, baiklah dia menjadi ratu ganti Wasti." Hal itu dipandang baik oleh raja, dan dilakukanlah demikian. 2:7 Mordekhai itu pengasuh Hadasa, yakni Ester, anak saudara ayahnya, sebab anak itu tidak beribu bapa lagi; gadis itu elok perawakannya dan cantik parasnya. Ketika ibu bapanya mati, ia diangkat sebagai anak oleh Mordekhai. 2:9 Maka gadis itu sangat baik pada pemandangannya dan menimbulkan kasih sayangnya, sehingga Hegai segera memberikan wangi-wangian dan pelabur kepadanya, dan juga tujuh orang dayang-dayang yang terpilih dari isi istana raja, kemudian memindahkan dia dengan dayang-dayangnya ke bagian yang terbaik di dalam balai perempuan. 2:12 Tiap-tiap kali seorang gadis mendapat giliran untuk masuk menghadap raja Ahasyweros, dan sebelumnya ia dirawat menurut peraturan bagi para perempuan selama dua belas bulan, sebab seluruh waktu itu digunakan untuk pemakaian wangi-wangian: enam bulan untuk memakai minyak mur dan enam bulan lagi untuk memakai minyak kasai serta lain-lain wangi-wangian perempuan.
    24. 24. Yehezkiel 20:12 Hari-hari Sabat-Ku juga Kuberikan kepada mereka menjadi peringatan di antara Aku dan mereka, supaya mereka mengetahui bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan mereka. 2 Korintus 7:1 Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah. 1 Tesalonika 5:23 Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita. Wahyu 19:7 Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.
    25. 25. 7. Penginjilan
    26. 26. Ribka si Calon Mempelai Kejadian 24:17,18 Kemudian berlarilah hamba itu mendapatkannya serta berkata: "Tolong beri aku minum air sedikit dari buyungmu itu." Jawabnya: "Minumlah, tuan," maka segeralah diturunkannya buyungnya itu ke tangannya, serta diberinya dia minum. Yesaya 58:7,8 Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk, supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri!
    27. 27. Penggenapan Perjanjian Baru Matius 25:34-40 Dan Raja itu akan berkata kepada mereka yang di sebelah kanan-Nya: Mari, hai kamu yang diberkati oleh Bapa-Ku, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan. Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawat Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku. Maka orang-orang benar itu akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar dan kami memberi Engkau makan, atau haus dan kami memberi Engkau minum? Bilamanakah kami melihat Engkau sebagai orang asing, dan kami memberi Engkau tumpangan, atau telanjang dan kami memberi Engkau pakaian? Bilamanakah kami melihat Engkau sakit atau dalam penjara dan kami mengunjungi Engkau? Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.
    28. 28. 8. Keselamatan Yang Gratis
    29. 29. Saudara Yusuf Membeli Makanan ke Mesir Kejadian 42:25,28 Sesudah itu Yusuf memerintahkan, bahwa tempat gandum mereka akan diisi dengan gandum dan bahwa uang mereka masing-masing akan dikembalikan ke dalam karungnya, serta bekal mereka di jalan akan diberikan kepada mereka. Demikianlah dilakukan orang kepada mereka itu. Katanya kepada saudara-saudaranya: "Uangku dikembalikan; lihat, ada dalam karungku!" Lalu hati mereka menjadi tawar dan mereka berpandangpandangan dengan gemetar serta berkata: "Apakah juga yang diperbuat Allah terhadap kita!“
    30. 30. Roma 10:3 Sebab, oleh karena mereka tidak mengenal kebenaran Allah dan oleh karena mereka berusaha untuk mendirikan kebenaran mereka sendiri, maka mereka tidak takluk kepada kebenaran Allah.
    31. 31. 9. Turut Bekerjasama Keluaran 30:15 Orang kaya janganlah mempersembahkan lebih dan orang miskin janganlah mempersembahkan kurang dari setengah syikal itu pada waktu dipersembahkan persembahan khusus itu kepada TUHAN untuk mengadakan pendamaian bagi nyawa kamu sekalian. Filipi 2:12 Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir,
    32. 32. 1 Petrus 1:10 Keselamatan itulah yang diselidiki dan diteliti oleh nabi-nabi, yang telah bernubuat tentang kasih karunia yang diuntukkan bagimu.
    33. 33. Ibrani 2:2-4 2:2 Sebab kalau firman yang dikatakan dengan perantaraan malaikat-malaikat tetap berlaku, dan setiap pelanggaran dan ketidaktaatan mendapat balasan yang setimpal, 2:3 bagaimanakah kita akan luput, jikalau kita menyianyiakan keselamatan yang sebesar itu, yang mula-mula diberitakan oleh Tuhan dan oleh mereka yang telah mendengarnya, kepada kita dengan cara yang dapat dipercayai, sedangkan 2:4 Allah meneguhkan kesaksian mereka oleh tandatanda dan mujizat-mujizat dan oleh berbagai-bagai penyataan kekuasaan dan karena Roh Kudus, yang dibagibagikan-Nya menurut kehendak-Nya.

    ×