• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Presentation
 

Presentation

on

  • 833 views

 

Statistics

Views

Total Views
833
Views on SlideShare
735
Embed Views
98

Actions

Likes
0
Downloads
12
Comments
0

2 Embeds 98

http://gunturadhityaprak.blogspot.com 97
http://gunturadhityaprak.blogspot.jp 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Presentation Presentation Presentation Transcript

    • MAKALAH TEKNIK KOMUNIKASIPENANGGULANGAN PENCEMARAN AIR DI KOTA SEMARANG Laporan ini Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Teknik Komunikasi (TKP 050) Disusun oleh : Guntur Adhitya Prakasa 21040111060037 PROGRAM STUDI DIII PERENCANAAN WILAYAH & KOTA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG 2012
    • Pencemaran air adalah tercampurnya airdengan suatu zat tertentu sehinggakualitas air turun sampai ke tingkattertentu yang menyebabkan air tidakberfungsi lagi sesuai dari keadaannormal, bukan dari kemurniannya. Ciri-ciriair yang mengalami pencemaran sangatbervariasi tergantung dari jenis air danpolutannya atau komponen yangmengakibatkan polusi.
    • Banyak kawasan industri yang memilikitingkat pencemaran air limbah yang tinggi.Hal ini ini bisa disebabkan oleh tingkatpembuangan air limbah tersebut tidakdisesuaikan dengan standart yang ada.Seharusnya pembuangan limbah kelingkungan dilakukan dengan cara sterilisasiatau mendaur ulang air limbah sehinggakandungan logam yang ada tidak merugikanmasyarakat maupun lingkungan sekitar.
    • Limbah pemukiman (rumah tangga) yang menjadisalah satu penyebab pencemaran air diakibatkan olehaktivitas manusia itu sendiri. Dan pada akhirnyapencemaran air ini juga memberikan dampak danakibat merugikan bagi manusia itu pula. Salah satupenyebab pencemaran air adalah aktivitas manusiayang kemudian menciptakan limbah (sampah)pemukiman atau limbah rumah tangga.
    • Penanganan dari kesadaran manusia itu sendiridengan membuang limbah di tempatnya danmengubah gaya hidup tentang pembuangansampah dan menguraikan sampah-sampahorganik. Sehingga sampah yang sebagai limbahdapat di manfaatkan sebagai pupuk. Penggunaandetergen secara besar-besaran pada usaharumah tangga laundry pun menghasilkan banyaklimbah yang terbuang dilingkungan sekitar. Haltersebut bisa diatasi dengan pendauranulang, akan tetapi banyaknya usaha tersebutyang belum mengetahui prosesnyamengakibatkan banyak limbah yang dihasilkan
    • Limbah pemukiman mengandung limbah domestikberupa sampah organik dan sampah anorganik sertadeterjen. Sampah organik adalah sampah yangdapat diuraikan atau dibusukkan oleh bakteriseperti sisa sayuran, buah-buahan, dan daun-daunan. Sedangkan sampah anorganik sepertikertas, plastik, gelas atau kaca, kain, kayu-kayuan, logam, karet, dan kulit. Sampah anorganikini tidak dapat diuraikan oleh bakteri (nonbiodegrable).Selain sampah organik dananorganik, deterjen merupakan limbah pemukimanyang paling potensial mencemari air. Padahal saatini hampir setiap rumah tangga menggunakandeterjen.
    •  Berkurangnya jumlah oksigen terlarut di dalam air karena sebagian besar oksigen digunakan oleh bakteri untuk melakukan proses pembusukan sampah. Sampah anorganik ke sungai, dapat berakibat menghalangi cahaya matahari sehingga menghambat proses fotosintesis dari tumbuhan air dan alga, yang menghasilkan oksigen. Deterjen sangat sukar diuraikan oleh bakteri sehingga akan tetap aktif untuk jangka waktu yang lama di dalam air, mencemari air dan meracuni berbagai organisme air. Penggunaan deterjen secara besar-besaran juga meningkatkan senyawa fosfat pada air sungai atau danau yang merangsang pertumbuhan ganggang dan eceng gondok (Eichhornia crassipes). Pertumbuhan ganggang dan eceng gondok yang tidak terkendali menyebabkan permukaan air danau atau sungai tertutup sehingga menghalangi masuknya cahaya matahari dan mengakibatkan terhambatnya proses fotosintesis. Tumbuhan air (eceng gondok dan ganggang) yang mati membawa akibat proses pembusukan tumbuhan ini akan menghabiskan persediaan oksigen. Material pembusukan tumbuhan air akan mengendapkan dan menyebabkan pendangkalan.
    • Selain diakibatkan oleh limbahpemukiman (rumah tangga) sumberatau penyebab pencemaran air jugadisebabkan oleh limbahpertanian, limbah industri, dan dibeberapa tempat tertentu diakibatkanoleh limbah pertambangan.MenanganiLimbah Pemukiman, perlu kesadarandari semua lapisan masyarakat untukberlaku bijak dengan limbah rumahtangga yang dihasilkannya.
    • Pemerintah Kota Semarang sudahmembuat rencana sedemikian rupa yangdiprediksikan mampu menanggulangipencemaran air di masa yang akandatang. Meskipun masih dalam tahapproses pembangunan, namun dampakpositif dari pembangunan tersebut sudahdapat dirasakan oleh masyarakat sekitar.