Data & basisdata

1,415 views
1,300 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,415
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
14
Actions
Shares
0
Downloads
32
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Data & basisdata

  1. 1. By Jean Andrea Terry Adjani
  2. 2. Latar Belakang Dilatarbelakangi oleh semakin bertambahnya jumlah dan arti Data bagi manusia, maka mereka berusaha untuk membuat alat yang dapat menggantikan manusia dalam hal catat mencatat atau administrasi ini. Hal ini terjawab oleh kemajuan teknologi manusia dengan diciptakannya KOMPUTER sebagai alat pengganti tersebut. Kegiatan catat mencatat inilah yang sekarang disebut orang dengan istilah DATA PROCESSING.
  3. 3. Definisi Data merupakan bahan yang akan diolah menjadi suatu bentuk, yang Iebih berguna dan lebih mempunyai arti. Sedangkan informasi adalah hasil pengolahan data atau hasil proses dari Data tersebut. Pengolahan data adalah proses perubahan dari data menjadi informasi.
  4. 4. Dari Bit Ke Informasi Sejak diciptakan pertama kali, komputer bekerja atas dasar sistem biner. Sistem biner adalah sistem bilangan yang hanya mengenal dua macam angka yang disebut dengan istilah bit (binary digit), berupa 0 dan 1. Bit-bit dapat digunakan untuk menyusun karakter apa saja. Istilah karakter dalam dunia komputer berarti:  Huruf, misalnya A dan z.  Digit, seperti 0,1, 2,3,4,5,6,7,8, 9  Selain huruf maupun digit, seperti tanda +, - serta & dan bahkan simbol-simbol seperti β.
  5. 5. Satuan Data Bit merupakan satuan data terkecil dalam sistem komputer. Yaitu berupa byte, megabyte, gigabyte, terabyte dan petabyte
  6. 6. Data Data adalah obyek yang diproses. Untuk memproses maka data harus dibawa dari storage (tempat menyimpan) ke ALU (tempat proses) Data dapat dibagi 2 golongan besar, yaitu1. Character Adalah data yang tidak akan mengalami perhitungan-perhitungan arithmetic2. Numerik Adalah data yang akan mengalami perhitungan arithmetic
  7. 7. Hierarki Data Bit (Binary Digit) Adalah pembentuk data yang paling elementer dalam storage. Ada 2 macam kombinasi bit, yaitu 0 (nol) dan 1 (satu). Character (byte) Adalah unit data terkecil dalam storage yang mempunyai address (alamat). Macam-macam character : - Angka : 0 - 9 - Huruf : A - Z - Special character : + - * / = . , dsb Character ini terbentuk dari kombinasi 8 bit. Field / Item Adalah kumpulan dari karakter-karakter yang membentuk suatu arti, Misalnya : No. Mahasiswa, Nama Mahasiswa
  8. 8.  Record / Rekaman / Tupel Adalah kumpulan dari field-field yang lengkap. Misalnya : record pegawai, akan memuat data-data (field) dari seseorang pegawai. File Adalah kumpulan dari record-record yang sejenis. Misalnya : File pegawai akan memuat semua record-record pegawai didalam perusahaan itu. Basis Data Adalah kumpulan dari bermacam-macam file yang disimpan didalam satu disk.
  9. 9. Basis Data Basis data (database) merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat keras computer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Sistem basis data (database system) adalah suatu sistem informasi yang mengintegrasikan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan membuatnya tersedia untuk beberapa aplikasi yang bermacam-macam di dalam suatu organisasi. Sistem basis data merupakan perpaduan antara basis data dan sistem manajemen basis data. Database yang kompleks dan disertai dengan teknik pendokumentasian dan prosedur manipulasinya akan membentuk Sistem Manajemen Basis Data (DataBase Management System – DBMS)
  10. 10. Kriteria Basis Data Basis data mempunyai beberapa criteria penting, yaitu:1. Berorientasi data dan bukan berorientasi program2. Dapat digunakan oleh beberapa program aplikasi tanpa perlu menguah basis datanya3. Dapat dikembangkan dengan mudah, baik volume maupun strukturnya4. Dapat memenuhi kebutuhan sistem-sistem baru secara mudah.5. Dapat digunakan dengan cara-cara yang berbeda.
  11. 11. Komponen Basis Data Komponen-komponen sistem basis data adalah1. Hardware, sebagai pendukung operasi pengolahan data seperti CPU, memori, disk, terminal dan sebagainya.2. Software sistem operasi (Windows 9x, Windows 2000/XP, Linux, UNIX)3. Software pengelola basis data (DBMS) seperti MS-Access, SQL, Oracle)4. Software program aplikasi misalnya Visual Basic, Delphi, Visual Foxpro)5. Basis data (semua data yang diperlukan, dipelihara, dikelola oleh Sistem Basis Data)6. Pemakai/pengguna basis data (user)
  12. 12. Pengguna Basis Data Database Administrator pengguna yang memiliki kewenangan sebagai pusat pengendali seluruh sistem basis data maupun program-program yang mengaksesnya, menentukan pola struktur basis data, memodifikasi, membagi tugas pengolahan dan memberikan otoritas tertentu, dan sebagainya. Aplication programmers yaitu programmer aplikasi yang berinteraksi dengan sistem melalui pemanggilan Data Manipulation Language (DML) yang dimasukkan ke dalam program yang tertulis. Sophisticated Users Yaitu pengguna yang berinteraksi dengan sistem tanpa harus menuliskan sendiri programnya diganti dengan melakukan permintaan (request) dalam bentuk bahasa query basis data. Seperti menggunakan MS-Access, SQL dan sebagainya. Specialized Users Yaitu pengguna yang menuliskan program aplikasi basis data khusus yang tidak sesuai dengan framework pemrosesan data tradisional. Contoh: Sistem pakar, multimedia dan sebagainya. Naive Users Yaitu pengguna yang berinteraksi dengan sistem dengan cara memanggil salah satu program aplikasi yang telah disediakan. Contoh: operator pada bagian teller, gaji, personalia, dan sebagainya.
  13. 13. Manfaat Basis Data Mengatasi kerangka (redundancy) data Menghindari terjadinya inkonsistensi data Mengatasi kesulitan dalam mengakses data Menyusun format yang standar dari sebuah data Penggunaan oleh banyak pemakai (multiple user) Melakukan perlindungan dan pengamanan data (data security) Menyusun integritas dan independensi data
  14. 14. Database Management System(DBMS) Sistem manajemen basis data (DataBase Management Systems – DBMS) berisi kumpulan data yang saling berelasi dengan set program untuk mengakses data tersebut. Jadi DBMS terdiri dari database dan set program untuk menambah data, menghapus data, mengubah, mengambil dan membaca data. DBMS merupakan software yang mengatur proses pengelolaan basis data. Pengelolaannya meliputi pembuatan database, akses terhadap database serta penyimpanan data dalam database.
  15. 15. Manfaat DBMS Untuk mengorganisasikan dan mengelola data dalam jumlah besar. Untuk membantu dalam melindungi data dari kerusakan yang disebabkan penggunaan atau pengaksesan yang tidak sah. Memudahkan dalam pengambilan kembali data (data retrieval) Untuk memudahkan dalam penggunaan atau pengaksesan data secara bersamaan dalam suatu jaringan.
  16. 16. Keunggulan DBMS Praktis Penggunaan media penyimpan yang berukuran kecil namun padat informasi. Cepat Mesin dapat mengambil atau mengubah data jauh lebih cepat daripada manusia Mengurangi kejenuhan Menghindari pekerjaan yang berulang-ulang dan monoton yang bisa membosankan Terbaru (up to date) Informasi yang tersedia mutakhir dan akurat setiap saat.
  17. 17. Data Definition Language (DDL) Mempunyai fungsi utama untuk mendefinisikan data dalam database secara logika, diantaranya yaitu  Digunakan untuk mendefinisikan karakteristik dari record (meliputi nama, tipe dan lebar dari field)  Untuk menentukan kunci field  Menyediakan cara untuk menentukan hubungan dengan data di file lain  Untuk merubah struktur dari record  Untuk menampilkan struktur dari record
  18. 18. Data Manipulation Language (DML) Digunakan untuk memanipulasi basisdata yang telah didefinisikan dengan DDL. DML menyediakan beberapa commad, diantaranya adalah USE untuk menggunakan file database tertentu APPEND untuk menambahkan atau mengisikan data ke file database EDIT untuk mengoreksi data REPLACE untuk menggantikan data suatu field LIST untuk menampilkan data DISPLAY untuk menampilkan data SORT untuk mengurutkan data FIND untuk mencari data tertentu yang telah diindeks DML merupakan suatu paket DBMS yang memperbolehkan pemakai untuk mengakses atau memanipulasi data sebagaimana yang telah diorganisasikan sebelumnya dalam model data yang tepat. Dengan DML , pengguna dapat melakukan:1. Mengambil informasi yang tersimpan dalam basisdata2. Menyisipkan informasi baru dalam basisdata3. Menghapus informasi dari tabel
  19. 19. Tipe File File induk (master file) Di dalam aplikasi, file ini merupakan file yang penting, karena berisi record-record yang sangat perlu didalam organisasi. File ini akan tetap terus ada selama hidup dari sistem. File induk dapat dikategorikan lagi menjadi: File induk acuan (reference master file) yaitu file induk yang recordnya relative statis, jarang berubah nilainya. Misalnya adalah file daftar gaji, file daftar matakuliah.` File induk dinamik (dynamic master file) yaitu file induk yang nilai dari record-recordnya sering berubah atau sering dimutakhirkan (up-dated) sebagai hasil dari suatu transaksi. Misalny: file induk data barang, yang setiap saat field unitnya harus dimutakhirkan bila terjadi transaksi. File transaksi (transaction file) File transaksi disebut juga nama input file. File digunakan untuk merekam data hasil dari transaksi yang terjadi. Contoh: file penjualan, yang berisi data hasil transaksi penjualan. File Laporan ( report file) File ini disebut juga dengan nama output file, yaitu file yang berisi informasi yang akan ditampilkan. Isi dari file biasanya diambilkan dari field di satu atau lebih master file untuk mempersiapkan pembuatan laporan. File Sejarah (history file) File sejarah disebut juga file arsip (archival file) merupakan file yang berisi data masa lalu yang sudah tidak aktif lagi, tetapi masih disimpan sebagai arsip. File pelindung (backup file) Merupakan salinan dari file-file yang masih aktif didalam basisdata pada suatu saat tertentu. File ini digunakan sebagai pelindung atau cadangan bila file basisdata yang aktif mengalami kerusakan atau hilang.

×