Sertifikasi 3
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
781
On Slideshare
732
From Embeds
49
Number of Embeds
2

Actions

Shares
Downloads
3
Comments
0
Likes
0

Embeds 49

http://prosusonline.blogspot.com 46
http://www.prosusonline.blogspot.com 3

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1.  Surat Al-a’alq ayat 1-5:   Artinya :”Bacalah dengan (menyebut) nama tuhanmu yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan tuhanmu lah yang paling pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam.Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahui.
  • 2. Surat Al-Mujadalah ayat 11: Artinya :”Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan.”(QS.Al-Mujadalah:11)
  • 3. Artinya: Apabila anak Adam (manusia) mati maka terputuslah amalnya kecuali 3 hal; bersedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang selalu mendoakan kedua orang tuanya. (HR. Muslim)
  • 4. Hadist Nabi: Artinya : “mencari ilmu adalah diwajibkan bagi setiap muslim laki- laki dan wanita dari mulai lahir sampai ke liang lahat.” 7. Hadist Nabi : Artinya :”Carilah ilmu walupun ke negri cina.” 8. Hadist Nabi : Artinya :”Didiklah anak-anak kalian, karena sesungguhnya mereka itu dijadikan untuk menghadapi masa yang berlainan dengan masa kalian ini.”
  • 5. 9. Hadist Nabi : Artinya :”Tidaklah henti-hentinya seseorang tiu dapat dianggap orang berilmu selama ia masih terus belajar ilmu. Apabila ia menyangka bahwa sesungguhnya ia sudah serbatahu, maka sungguh ia seorang yang jahil.” 10. Hadist Nabi : Artinya :”Barang siapa yang menginginkan dunia, hendaklah ia berilmu, Barang siapa yang menginginkan akhirat hendaklah ia berilmu, Barang siapa yang menginginkan kedua-duanya sekaligus, ia pun harus berilmu.”
  • 6. 11. Hadist Nabi: Artinya :”manusia itu ada dua macam:”orang alim(berilmu) dan orang yang belajar ilmu, dan tidaklah ada kebaikan selain dari dua golongan itu” 12. Hadist Nabi: Artinya :”sesungguhnya para malaikat itu merendahkan sayapnya kepada penuntut ilmu karena senangnya atas apa yang dilakukan para penuntut ilmu.”
  • 7. 13. Hadist Nabi: Artinya :”Pelajarilah ilmu karena sesungguhnya belajar semata-mata bagi Alloh itu merupakan kebaikan, dan mempelajari ilmu merupakan tasbih, dan membahasnya merupakan jihad, dan mencarinya merupakan ibadah, dan mengajarkannya merupakan sedekah sedangkan menggunakannya bagi orang yang membutuhkannya merupakan Qurbah(pedekatan diri kepada alloh). 14. Hadist Nabi: Artinya :’pelajarilah apa-apa yang kalian kehendaki Alloh tidak akan memberikan upah ganjaran kepada kalian sampai kalian mengamalkannya terlebih dahulu.
  • 8.  Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang dilakukan oleh setiap orang sejak mereka lahir sampai mereka mati  pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran yang dilakukan sepanjang hayat seseorang  Setiap orang memerlukan pendidikan dalam kehidupan sehari-hari, dan tentunya setiap orang menginginkan/mengidam-idamkan jenjang pendidikan yang tinggi untuk meningkatkan kualitas hidupnya
  • 9.  Keterbatasan Ekonomi  Keterbatasan sarana prasarana  Ketidakpedulian orang yang mampu kepada orang yang tidak mampu  Pemerintah kurang memberi perhatian pada hak warganya untuk memperoleh pendidikan yang layak
  • 10. Awalnya masalah Nasib guru Gedung yang rusak dan tidak memadai Biaya sekolah yang mahal (jadi persoalan utama dunia pendidikan Indonesia)
  • 11.  membuat masyarakat di bawah garis kemiskinan tidak mampu membiayai pendidikan anaknya  Banyak anak putus sekolah karena orang tuanya tidak mampu membiayai sekolah mereka  program wajib belajar yang telah ditetapkan dipastikan tidak akan terealisasi.  tujuan pendidikan seperti yang tercantum dalam UUD 45 tidak akan tercapai. Pendidikan dikatakan berhasil bila mampu membentuk generasi muda yang cerdas, berkarakter, bermoral dan berkepribadian.
  • 12. Saat ini alokasi anggaran pendirikan nasional baru direalisasi sekitar 14 persen dari nilai total APBN. prosentasi anggaran pendidikan tersebut masih jauh tertinggal dari anggaran pendidikan di luar negeri yang mencapai sebesar 40 persen Salah satu cara yang harus dilakukan oleh pemerintah tidak ada jalan lain hanya dengan meningkatkan anggaran belanja bagi pendidikan dalam APBN/APBD (berdasarkan UUD 45 dan UU No.20/2003) sebesar 20 persen.
  • 13.  Pendidikan yang baik, berkualitas dan murah menjadi salah satu dambaan masyarakat Indonesia di tengah dunia pendidikan kita yang tengah dalam krisis kepercayaan.  Mutu pendidikan akan lebih berhasil jika ditunjang fasilitas-fasilitas yang memadai dan peralatan yang lengkap untuk memudahkan dalam proses belajar mengajar - biaya sangat berpengaruh terhadap mutu pendidikan - kebijakan yang dapat mendorong majunya dunia pendidikan seharusnya tetap diprioritaskan oleh pemerintah
  • 14.  Suatu pendidikan dipandang bermutu diukur dari kedudukannya untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kebudayaan nasional  Peningkatan mutu pendidikan sebetulnya hanya akan berhasil jika ditekankan adanya kemandirian dan kreativitas anak didik di sekolah -perlu dirancang suatu sistem pendidikan yang mampu menciptakan suasana dan proses pembelajaran yang menyenangkan, merangsang dan menantang peserta didik untuk mengembangkan diri secara optimal sesuai dengan bakat dan kemampuannya.
  • 15. Pemerintah berniat untuk melaksanakan sistem pendidikan yang murah, mudah dan berkualitas. Niat ini harus ditandai dengan berbagai kebijakan legal formal dalam bentuk perda, perwal atau peraturan lain yang bersifat mengikat untuk dilaksanakan oleh semua pihak
  • 16. Tentu saja niat saja tidaklah cukup apabila tidak dibarengi dengan alokasi dan/anggaran untuk melaksanakannya. Dalam dalam konteks efisiensi, upaya mendorong pendidikan yang murah, harus pula dilihat seberapa besar dana yang dialokasikan terutama Bantuan Operasional Sekolah yang bersumber dari dana pusat (BOS) maupun APBD
  • 17. Pendidikan berkualitas memang tidak murah, tidak harus murah tetapi HENDAKNYA dapat dijangkau oleh semua kalangan