Isbd 12

2,472 views
2,203 views

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
2,472
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
426
Actions
Shares
0
Downloads
65
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Isbd 12

  1. 1. ISBD-12 SOSIO ANTROPOLOGI KESEHATAN MANUSIA DAN IPTEK
  2. 2. Menurut Y Hidayat  Dalam setiap kebudayaan selalu terdapat ilmu pengetahuan atau sains dan teknologi, yang digunakan sebagai acuan untuk menginterpretasikan dan memahami lingkungan beserta isinya, serta digunakan sebagai alat untuk mengeksploitasi, mengolah dan memanfaatkannya untuk pemenuhan kebutuhan-kebutuhan manusia.  Sains dan tekhnologi dapat berkembang melalui kreativitas penemuan (discovery), penciptaan (invention), melalui berbagai bentuk inovasi dan rekayasa.  Kegunaan nyata IPTEK bagi manusia sangat tergantung dari nilai, moral, norma dan hukum yang mendasarinya. IPTEK tanpa nilai sangat berbahaya dan manusia tanpa IPTEK mencermikan keterbelakangan.
  3. 3. DEFINISI  Manusia adalah makhluk yang dinilai paling dominan dan sukses di muka bumi ini dibanding dengan makhluk yang lain.  Pernyataan di atas di dasari oleh 3 pertimbangan: 1. Manusia memiliki bobot kepintaran 2. Manusia dengan kearifannya 3. Manusia dengan aktualisasi diri dan kesombongannya.
  4. 4. DEFINISI_lanjutan  Namun demikian sesungguhnya manusia hanya sebagian kecil dari sistem di biosfer  Manusia selain 3 hal diatas dibekali juga dengan: 1. EMOSIONAL 2. SPIRITUAL 3. SOSIAL 4. KINESTIK
  5. 5. DEFINISI_lanjutan  IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) adalah suatu hal yang sangat berkaitan dengan teknologi, definisi lebih lengkap tentang teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuh kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal.  IPTEK adalah keterampilan manusia menggunakan sumber daya alam untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi dalam kehidupan.  IPTEK dikembangkan dengan tujuan untuk memudahkan suatu proses ke arah yang lebih baik. - dari yang semula lambat lbh cepat - dari yang semula tradisional lbh modern - bertujuan mensejahterakan manusia  IPTEK berkembang dan bisa diciptakan karena manusia yang dikaruniai intelegentia.
  6. 6. DEFINISI_lanjutan  MAKNA IPTEK Perkembangan teknologi dapat menghasilkan kemakmuran bagi masyarakat .  Sifat ketidakpuasan manusia mendorong kemajuan teknologi digunakan untuk memudahkan kehidupan manusia.  NILAI IPTEK Iptek dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pembangunan. Perkembangan Iptek harus mampu menyesuaikan nilai yang dianut suatu masyarakat.  Dalam setiap kebudayaan selalu terdapat ilmu pengetahuan atau sains dan teknologi digunakan sebagai acuan untuk menginterpretasikan dan memahami lingkungan beserta isinya, serta digunakan sebagai alat untuk mengeksploitasi, mengolah dan memanfaatkannya untuk pemenuhan kebutuhan-kebutuhan manusia.
  7. 7. DEFINISI_lanjutan Manusia Intelegensi dan Evolusi IPTEK
  8. 8. Manusia dalam IPTEK  Manusia sebagai subjek iptek atau Manusia adalah pencipta (pelaku) IPTEK.  Dengan adanya kemajuan IPTEK manusia dapat menciptakan perlengkapan yang canggih untuk berbagai kegiatan sehingga dalam kegiatan kehidupannya tersedia berbagai kemudahan  Dengan IPTEK tumbuhlah berbagai industri yang hasilnya dapat bermanfaat dalam berbagai bidang, antara lain: • Dalam bidang pertanian, peternakan dan perikanan • Dalam bidang kedokteran dan kesehatan • Dalam bidang telekomunikasi • Dalam bidang pertahanan dan keamanan
  9. 9. IPTEK bagi Manusia  IPTEK membangkitkan minat manusia agar mau meningkatkan kecerdasan dan pemahaman tentang alam seisinya yang penuh rahasia yang tak ada habis-habisnya.  IPTEK bagi manusia adalah sebagai alat untuk berevolusi ke arah yang lebih baik
  10. 10. Tingkatan teknologi berdasarkan penerapannya dapat dibagi sebagai berikut :  Teknologi Tinggi ( Hi – tech ). Suatu jenis teknologi mutakhir yang dikembangkan dari hasil penerapan ilmu pengetahuan terbaru. Contoh : computer, laser, bioteknologi, satelit komunikasi dan sebagainya. Cirri – cirri teknologi ini adalah padat modal, didukung rasilitas riset dan pengembangannya, biaya perawatan tinggi, ketrampilan operatornya tinggi dan masyarakat penggunanya ilmiah.
  11. 11. Tingkatan teknologi berdasarkan penerapannya dapat dibagi sebagai berikut _lanjutan  Teknologi Madya. Suatu jenis teknologi yang dapat dikembangkan dan didukung masyarakat yang lebih sederhana dan dapat digunakan dengan biaya dan kegunaan yang paling menguntungkan. Ciri teknologi madya adalah tidak memerlukan modal yang terlalu besar dan tidak memerlukan pengetahuan baru, karena telah bersifat rutin. Penerapan teknologi maday ini bersifat setengah padat modal da padat karya, unsur – unsur yang mendukung industrinya biasanya dapat diperoleh di dalam negeri dan keterampilan pekerjanya tidak terlalu tinggi.
  12. 12. Tingkatan teknologi berdasarkan penerapannya dapat dibagi sebagai berikut _lanjutan  Teknologi Tepat Guna. Teknologi ini dicirikan dengan skala modal kecil, peralatan yang digunakan sederhana dan pelaksanaannya bersifat padat karya. Biasanya dilakukan di negara – negara berkembang, karena dapat membantu perekonomian pedesaan, mengurangi urbanisasi dan menciptakan tradisi teknologi dari tingkat paling sederhana.
  13. 13. Perkembangan IPTEK dalam Pembangunan dan lingkungan  Lingkungan hidup manusia: tempat manusia hidup, tumbuh, dan berkembang dalam lingkungan alam dan sosial budayanya.  Sumber alam Sumber alam digolongkan menjadi dua bagian: • Sumber alam yang dapat diperbarui (biotik) • Sumber alam yang tidak dapat diperbarui (abiotik)
  14. 14. Perkembangan IPTEK dalam Pembangunan dan lingkungan_Lanjutan Berikut tabel arah SEBAGIAN perkembangan peradaban manusia dalam berbagai aspek YANG TELAH SEDANG AKAN TERJADI Pertanian Industrial Pasca Industrial Primitif Modern Pasca Modern Penjajahan Kemerdekaan Pasca Kemerdekaan Lokal Nasional Global Budaya Daerah Budaya Nasional Budaya global
  15. 15. Dampak Penyalahgunaan IPTEK bagi kehidupan sosial dan budaya  Dampak perkembangan dan penerapan ilmu pengetahuan teknologi, serta perubahan sosial ekonomi terhadap masalah lingkungan hidup. a. dampak positif bagi lingkungan Contoh: Internet berkembang akses informasi bagus b. dampak negatif bagi lingkungan Contoh: Internet berkembang pembajakan marak, akses media negatif (blue film dsb) - Perubahan Iklim karena adanya perilaku yang tidak sesuai
  16. 16. Sumber: Kompilasi berbagai media - Buku pelatihan nasional Dosen ISBD - Internet Source

×