Your SlideShare is downloading. ×
0
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Bab 2
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Bab 2

1,132

Published on

tugas

tugas

Published in: Technology
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
1,132
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
25
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Fajar Minarko Wibowo (021109022) Nur Rahmat (021109024) Ilham A.L (021109034) Kenny ( 021108049 )
  • 2. Mengetahui Modal Sistem umum Perusahaan Menyadari bahwa keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui sumber daya virtual sekaligus sumber daya Fisik Mengetahui dimensi – dimensi keunggulan kompetitif Memahami konsep-konsep rantai nilai PORTER dan sistem nilai Menegetahui jenis-jenis dasar sumber daya informasi yang tersedia bagi perusahaan
  • 3. Aliran sumber daya fisik ( pegawai, bahan baku, mesin dan uang) Aliran sumber daya virtual ( data, informasi dan keputusan) Mekanisme umpan balik memungkinkan aliran sumber daya virtual menghubungkan sistem fisik dengan mekanisme pengendalian. Mekanisme pengendalian tersebut terdiri atas standar, manajemen dan pengolahan informasi
  • 4. model sistem umum sebuah perusahaan membuat kita dapat dengan lebih mudah melihat arti penting lingkungan bagi kesuksesan sebuah perusahaan unsur –unsur lingkungan ini adalah organisasi dan individu yang berada di luar perusahaan dan memiliki pengaruh langsung maupun tidak atas perusahaan. kedelapan unsur ini terdapat didalam suatu sistem yang lebih besar yang disebut masyarakat (society)
  • 5. 8 unsur perusahaan di dalam lingkungannya
  • 6. Jalur yang memfasilitasi aliran sumber daya fisik dari pemasok kepada perusahaan dan selanjutnya kepada pelanggan di sebut sebagai rantai pasokan (supply chain ). Aliran sumberdaya melalui rantai pasokan harus dikelola untuk memastikan bahwa aliran tersebut terjadi dengan cara yang tepat waktu dan efisien; proses ini disebut sebagai manajemen rantai pasokan(SUPPLY CHAIN MANAGEMENT)
  • 7. Meramalkan pemintaan pelanggan Membuat jadwal produksi Menyiapkan jaringan transportasi Memesan persedian pengganti dari para pemasok Menerima persedian dari pemasok Melakukan produksi
  • 8. Di dalam bidang sistem informasi,keunggulan kompetitif (competitif advantage) mengacuh pada penggunaan informasi untuk mendapatkan pengungkitan (leverage) di dalam pasar. Mereka dapat mencapai keunggulan ini dengan memberikan produk dan jasa pada harga yang lebih rendah , memberikan kualitas yang lebih tinggi dan memenuhi kebutuhan khusus dari sekmen pasar tertentu.
  • 9. Pendukung utama keunggulan kompetitif adalah Michael Porter, yang mengembangkan konsep-konsep seperti rantai nilai (value chains) Rantai nilai adalah aktivitas-aktivitas utama dan pendukung yang memberikan kontribusi kepada margin. Margin adalah nilai dari produk dan jasa perusahaan setelah di kurangi harga pokoknya , seperti yang di terima oleh pelanggan prusahaan. Meningkatkan margin adalah tujuan dari rantai nilai .
  • 10. AKTIVITAS NILAI TERDIRI ATAS DUA JENIS UTAMA DAN PENDUKUNG Aktivitas nilai utama (primary value activities) di tunjukan pada lapisan bagian bawah dan meliputi logistik input yang mendapatkan bahan baku dan persediaan dari pemasok Aktivitas nilai pendukung (support value activities0 terlihat dari lapisan bagian atas dan mencakup instratuktur perusahaan – bentuk organisasi secara umum akan mempengaruhi seluruh aktivitas utama .
  • 11. MARGIN
  • 12. Mengaitkan rantai nilai perusahaan ke rantai nilai organisasi lain. Contoh; IOS (Interorganizational System). Mengaitkan rantai nilai kepada rantai nilai pemasoknya. Contoh; JIT (Just-In-Time) Mengaitkan rantai nilai dengan rantai nilai para anggota jalur distribusinya, sehingga menciptakan suatu sistem nilai (Value System)
  • 13. 1. ketika pembeli produk perusahaan adalah organisasi rantai nilai akan dikaitkan dengan rantai nilai perusahaan & para anggota distribusinya. 2. ketika pembeli adalah individual maka akan mendapatkan informasi dari situs WEB dan melakukan pembelian
  • 14. Suatu informasi dapat mencapai keunggulan kompetitif pada tiga tingkatan: Keunggulan strategis ( strategic Advantage) Keunggulan Taktis ( Tactical Advantage) Keunggulan Operasional (Operational Advantage)
  • 15. Keunggulan Strategis ( strategic Advantage) memiliki keunggulan dalam memiliki dampak fundamental dalam membentuk operasi perusahan Keunggulan Taktis (Tactical advantage) diperoleh ketika perusahaan mengimplementasikan strategi dengan cara yang lebih baik dari para pesaingnya. Perusahaan mengembangkan suatu sistem informasi taktis yang tidak hanya akan meningkatkan kepuasan pelanggan, namun juga provabilitas. Keunggulan operasional (operational advantage) keunggulan yang berhubungan dengan transaksi dan proses sehari-hari
  • 16. Perusahaan multinasional (Multinational Corporation-MNC) adalah perusahaan yang beroperasi lintas produk, pasar, negara dan budaya. Contoh : Cina, USA dll Biasanya perusahaan tersebut mengontrakan sebagian operasi mereka ke luar negeri.
  • 17. MNC adalah sebuah sistem terbuka yang berusaha untuk meminimalkan ketidakpastian yang terdapat didalam lingkungannya. Dalam konteks ini ketidak pastian adalah perbedaan antara jumlah informasi yang dibutuhkan untuk melakukan suatu pekerjaan dan jumlah informasi yang telah dimilki oleh organisasi
  • 18. Koordinasi adalah kunci untuk mencapai keunggulan kompetitif didalam pasar global. Keuntungan koordinasi meliputi : Fleksibilitas dalam merespons pesaing diberbagai negara dan pasar. Kemampuan untuk menyamai kebutuhan pasar diseluruh dunia Mengurangi biaya operasi secara keseluruhan Peningkatan efiseinsi dan efektivitas dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. dll
  • 19. Istilah Sistem Informasi Global (Global Information System- GIS) diberikan untuk suatu sistem informasi yang terdiri atas beberapa jaringan yang melintasi batas negara. Berikut adalah beberapa kendala yang harus diatasi oleh pengembang GIS ; Kendala – kendala Politis Rintangan Budaya dan Komunikasi Masalah – Masalah Teknologi Kurangnya dukungan dari anak manejemen perusahaan
  • 20. Kendala Politis pembatasan yang umum adalah akses yang terbatas ke komunikasi berkecepatan tinggi. Karena infrastuktur telepon biasanya dimiliki dan dioperasikan oleh pemerintah bukan swsta. Rintangan Budaya dan Komunikasi pembatasan pembelian dan impor peranti keras Pembatasan pemrosesan data Pembatasan komunikasi data
  • 21. Masalah-masalah Teknologi Sirkuit telekomunikasi sering kali hanya dapat mengirimkan data dengan kecepatan yang rendah, dan kualitas transmisinya juga buruk Kurangnya dukungan dari manajemen anak perusahaan Manajemen kantor anak perusahaan sering kali ikut menjadi masalah. Beberapa merasa yakin bahwa mereka dapat menjalankan anak perusaannya tanpa harus mendapat bantuan.
  • 22. Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) adalah proses pengorganisasian informasi sebuah perusahaan sehingga informasi tersebut dapat dikumpulkan, disimpan, diproses dan digunakan oleh para pengambil keputusan. Sumber daya informasi sebuah perusaahan terdiri atas : peranti keras komputer, peranti linak komputer, spesialis informasi, pengguna, fasilitas, basis data dan informasi.
  • 23. informasi yang disampaikan dalam bentuk yang tepat akan memiliki relevansi, akurasi, ketepatan waktu dan lengkap. Semua aktivitas ini mengakuisisi data, memproses data menjadi informasi, menggunakan dan mengkomunikasikan informasi dengan cara yang paling efektif, dan menghapus informasi pada waktu yang tepat.
  • 24. RELEVANSI . AKURASI. KETEPATAN WAKTU. KELENGKAPAN.
  • 25. Sistem Warisan (Legacy System) ; sistem informasi awal serta peranti lunak dan keras tidak sesuai atau hanya sesuai secara parsial dengan teknologi informasi terkini. sistem warisan merupakan suatu hal yang penting karena memberikan data historis yang penting yang menjadi dasar dari proyeksi tren.
  • 26. MANAJEMEN GAMBAR FORMAT-FORMAT UMUM -JPG -GIF -TIFF -BMP -WMF
  • 27. Perusahaan menempatkan tanggung jawab pengelolaan SDI ditangan sebuah unit khusus yang terdiri atas para profesional informasi. Unit ini, yang disebut sebagai layanan informasi (Information Service-IS).
  • 28. CEO (Chief Executive Officer) adalah istilah pertama dalam kosa kata bisnis untuk seseorang yang memiliki pengaruh besar dalam mengarahkan perusahaan. Kemudian muncul istilah CIO & CTO yang dimainkan oleh manajer puncak layanan informasi. CIO & CTO adalah manajer dengan tingkat tertinggi di layanan informasi.
  • 29. meluangkan waktu dalam bisnis dan pelatihan bisnis. Secara aktif mencari kemitraan dengan unit bisnis dan manajerial. fokus pada perbaikan proses bisnis Menjelaskan biaya IS dalam istilah bisnis membangun kredibilitas dgn memberikan jasa IS yang dapat diandalkan terbuka untuk ide yang berasal dari luar bidang IS
  • 30. Pada tingkat minimum, komite eksekutif terdiri atas presiden dan wakil presiden bidang-bidang bisnis perusahaan. Komite ini akan mementukan rencana bisnis strategi organisasi. kemudian komite eksekutif akan memonitor pelaksanaannya dan mengambil tindakan yang sesuai. Komite juga dapat mengambil inisiatif pengambilan keputusan yang ditunjukan untuk memastikan bahwa seluruh sasaran tercapai.
  • 31. SPIR mengidentifikasi tujuan yang akan dicapai sistem informasi di masa depan dan sumber daya informasi yang akan dibutuhkan. Kunci dari SPIR adalah mengembangkan rencana strategi bagi perusahaan dan bagi sumber daya informasi pada waktu yang bersamaan
  • 32. SPIR STRATEGI BISNIS SUMBER DAYA INFORMASI DAN STRATEGI IS PENGARUH DAYA SDI PENGARUH PADA STRATEGI BISNIS

×