DRAMA

49,780
-1

Published on

Published in: Education, Technology
2 Comments
6 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
49,780
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5
Actions
Shares
0
Downloads
493
Comments
2
Likes
6
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

DRAMA

  1. 1. Aditya Kusuma W. (03) Debita (11) Febrian Ardhi Y.P (18)Ganjar Haryono A. (19)Renza Maulana A. (33)Yulian Ady P.H (43) Yusama (44)
  2. 2. SKL Macam - Macam DramaPengertian Drama Contoh DramaUnsur - unsur Hal – hal yang diperhatikan dalam memerankan tokohDrama dramaProses Pembuatan Teknik dalam DramaDramaSoal Kunci Jawaban
  3. 3.  Menentukan masalah yang diungkapkan dan amanat dalam drama. Melengkapi dialog teks drama dengan pribahasa
  4. 4. Drama berasal dari bahasa Yunani draomei yang sama artinyadengan to act (bahasa Inggris) yang berarti bergerak atau berbuat.Menurut kamus besar bahasa Indonesia drama adalah cerita ataukisah terutama yang melibatkan konflik atau emosi yang khusus,di sususn untuk pertunjukan teater. (Mahir Berbahasa Indonesia) Drama menurut bahasa Belanda adalah tonnel, yang kemudianoleh PKG Mangkunegaran VII Dibuat istilah Sandiwara dimanasandi berarti rahasia dan wara adalah pelajaran. (www.kemassamawimultiproduction.blogspot.com)
  5. 5. Unsur- unsur umum dalam drama a. Naskah b. Artis c. Sutradara d. Penonton e. Tempat pertunjukan / panggung.
  6. 6. Unsur – unsur Drama secara khusus meliputi : Plot Plot merupakan jalinan cerita dari awal hingga akhir dan merupakan jalinan konflik antara dua tokoh yang bertentangan. Plot meliputi : 1. Exposition atau pelukisan awal cerita 2. Komplikasi atau pertikaian awal 3. Klimaks atau titik puncak cerita 4. Penyelesaian 5. Keputusan atau catastrhope  Setting / Latar Seperti halnya Novel dan Cerpen , dalam drama juga terdapat Setting yang mengacu pada ketiga hal yaitu tempat, waktu, dan suasana.
  7. 7.  Tokoh dan Penokohan Tokoh merupakan daftar tokoh yang berperan dalam drama. Biasanya yang terlebih dahulu di jelaskan adalah nama,umur, jenis kelamin, dan tipe fisik. Sedangkan penokohan adalah watak atau sifat yang di perankan oleh tokoh. Macam penokohan adalah : 1. Antagonis yaitu tokoh yang bersifat buruk / jahat. 2. Protagonis yaitu tokoh yang bersifat baik. 3. Tritagonis yaitu tokoh yang bersifat penengah. Penggambaran watak tokoh meliputi :  Analitik yaitu mengetahui watak tokoh langsung di ceritakan oleh penulis naskah drama  Dramatik yaitu mengetahui watak tokoh melalui dialog antar tokoh  Dialog Melalui dialog pengarang menggambarkan watak tokoh dalam lakon yang dilakoninya. Karena dalam drama waktunya sangat terbatas, dialog yang efektif tetapi penuh imajinasi itulah dialog drama yang paling ideal.
  8. 8.  Tema Tema adalah gagasan pokok yang terkandung dalam drama . Tema merupakan inti cerita yang diangkat dalam drama tersebut. Tema bersifat lugas, obyektif dan khusus. Amanat atau Pesan Pengarang Amanat biasanya di sampaikan oleh pembuat cerita secara tersirat maupun secara tersurat. Amanat dalam naskah drama lebih mudah dipahami penikmat drama bila drama tersebut dipentaskan. Amanat biasanya bersifat kias,subyektif, dan umum. Petunjuk Teknis Petunjuk teknis atau teks samping sangat diperlukan dalam sebuah naskah drama. Hal ini dikarenakan petunjuk teknis memberikan petunjuk tentang tokoh, waktu, suasana pentas .suara musik, dan dialog.
  9. 9.  Interpretasi Kehidupan Drama sebagai interpretasi kehidupan berusaha memotret kehidupan secara nyata. Potret kehidupan ini akan menjadi cermin bagi penikmat untuk menyaksikan gejolak konflik batinya sendiri. (Mahir Berbahasa Indonesia) (Bahasa Negriku) (Kumpulan Rumus Bahasa Indonesia)(www.kemassamawimultiproduction.blogspot.com)
  10. 10. Untuk mementaskan sebuah drama, dilaksanakan empat tahapsebagai berikut : Menciptakan, pada tahap ini pengarang mengkhayalkan kisah manusia yang akan di pentaskan sehingga lahirlah sebuah ide atau masalah. Menuliskan, ide yang tercetus itu dituangkan dalam bentuk karangan drama, sehingga membentuk sebuah kisah atau naskah drama. Memainkan, naskah yang telah tersusun, oleh para aktor atau aktris dimainkan agar menjadi hidup. Menyaksikan, para audiens atau penonton menyaksikan lakon yang di penyaskan. (Kumpulan Rumus)
  11. 11. a. Menentukan tokoh dan watak maupun karakternya (protagonis,anatgonis, tritagonis)b. Mencermati pergerakan pemainc. Mencermati mimik dan pantomikd. Mencermati konflik yang muncule. Mencermati latar (waktu, tempat, suasana)f. Mencermati amanat yang tersiratg. Mencermati tata suarah. Mencermati perpaduan dialog, pergerakan pemain, latar, tata rias,tata busana, dan tata suara.
  12. 12. 1. Teknik Gerak Macam teknik gerak : a. Mimik, merupakan gerak perubahan muka. Contohnya alis, mata,hidung, telinga, kening, dan mulut. b. Gesture, merupakan gerak tangan, perubahan posisi tubuh, isyarat. Gesture sangat efektif untuk mengungkapkan emosi, ide, dan situasi. c. Movement, merupan pertukaran tempat kedudukan dalam pentas, untuk menciptakan motivasi dan menata blocking. d. Business, merupakan kesibukan khusus. Contoh : merokok, menyapu, menjahit, dan sebagainya.
  13. 13. 2. Teknik Vokal Macam teknik latihan vokal dalam drama : A. Latihan Pernafasan Latihan pernafasan berguna untuk : 1. Menjaga stamina. 2. Menyuarakan dialog-dialog panjang. 3. Mewarnai karakter tertentu. B. Latihan Pengucapan ( artikulasi) C. Latihan variasi D. Latiha bersuara keras dan jelas E. Latihan Gerak
  14. 14. Drama MenurutMasanyaDrama MenurutIsinya
  15. 15. Drama menurut masanya di bedakan menjadi dua yaitu : 1. Drama Baru / Drama Modern Drama baru adalah drama yang memiliki tujuan untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat yang umumnya bertema kehidupan manusia sehari-hari. 2. Drama lama / Drama Klasik drama lama adalah drama khayalan yang umumnya menceritakan tentang kesaktian kehidupan istana atau kerajaan, kehidupan dewa-dewi, kejadian luar biasa, dan lain sebagainya. (www.Bin-redaksi.blogspot.com)
  16. 16. Drama menurut isinya ada : o Drama lelucon Drama yang berisi kisah lucu dan menyenangkan dan dapat membuat penonton tertawa. o Drama Anak-anak Drama yang mengisahkan tentang cerita anak-anak. Contohnya drama tenyang binatang. o Pantomim Drama yang berisi gerakan – gerakan tanpa menggunakan dialog. o Drama cinta Drama yang berisi tentang kisah – kisah cinta. (www.Bin-redaksi.blogspot.com)
  17. 17. Cermati kutipan drama berikutPanggung menggambarkan sebuah kamar reot. Di dldmnya terdapat sebuahdipan dan dua buah kursi yang sudah rusak pula. Suasana kemiskinanlahyang tampil di situ.Istri : (mengharap) Banyakkah hasil yang kau terima hari ini?Suami : Bah, kosong sama sekali, seperempat rupiah pun tak dapat, dan kau bagaimana ?Istri : Ada seorang wanita muda memberi makan kepada kita.Suami : Terima kasih moga-moga Tuhan memberkahinya. Apa yang diberikanya.Istri : Sepotong roti.Suami : Kalau begitu, masih adakah simpanan untuk esok pagi?Istri : Masih, tetapi hanya untuknya.Suami : Tak ada yang lain ? Ah,, maksudku selain dari roti itu.Istri : Ada. Sepotong nasihat, supaya jangan membawa anak itu keluar karena udara terlalu lembab.1. Masalah yang diungkapkan dalam kutipan naskah drama tersebutadalah...(2009/2010)
  18. 18. A. Harapan seorang pengemis terhadap masa depanya. B. Penghasilan sepasang pengemis yang tidak memadai. C. Pekerjaan yang dilakukan setiap hari oleh manusia. D. Pertanyaan seorang suami kepada istri dan anaknya. E. Suami Istri Saling Menasehati Dan Menyanyangi.2. Dari penggalan drama diatas dimanakah letak latar dalam peragaan tersebut.... (UN 2009/2010) A. Ladang B. Gubuk C. Kamar D. Sawah E. Jalan3. “Ken Arok dan Ken Dedes” adalah sebuah judul sebuah drama. Ciri dari sebuah drama adalah semua hal berikut kecuali..... (Kump- ulan Soal IPA) A. Sebuah drama mengandung dialog B. Sebuah drama akan lengkap kalau di pentaskan C. Sebuah drama mengangkat suatu peristiwa hidup D. Sebuah drama merupakan hiburan E. Sebuah drama mengandung beberapa bab
  19. 19. 4. Kata Drama yaitu draomei yang berarti bergerak merupakan bahasa ..... (Rumus IPA) A. Inggris D. Yunani B. Belanda E. Jerman C. Indonesia5. Pesan yang di sampaikan oleh penulis / pencipta drama kepada penonton disebut.......(Rumus IPA) A. Penokohan D. Amanat B. Sudut Pandang E. Latar/Setting C. Alur6. Untuk dapat memerankan satu emosi dalam drama, hal yang tidak perlu diperhatikan adalah........ (LKS XI) A. Ekspresi Wajah D. Setting B. Ketrampilan Kaki E. Interpretasi C. Suara dan Ucapan
  20. 20. 7. Di bawah ini yang bukan fungsi dialog adalah...... (LKS XI) A. Mengemukakan persoalaan B.Menjelaskan tentang Tokoh C. Penggerak plot agar maju D. Membuka Fakta E. Sarana kedua sebuah cerita dalam skenario8. Hal-hal yang tidak perlu diperhatikan dalam pembacaan dialog drama adalah...... (LKS XI) A. Lafal D. Tempo B. Kelembutan E. Intonasi C. Tekanan9. Cara membaca naskah drama adalah...... (LKS XI) A. Dalam Hati B. Dengan sesukanya C. Dengan suara keras D. Dalam ruangan sendirian E. Dengan lafal, intonasi, dan nada yang tepat
  21. 21. 10. Berikut ini yang termasuk persiapan pementsan drama, kecuali... (LKS XI) A. Latihan vokal D. Memahami cerita B. Menghafal teks E. Memahami watak tokoh C. Blocking dan ekspresi11. hal – hal dibawah ini yang tidak berkaitan dengan drama adalah... (LKS XI) A. Pelatihan aspek teknik, spritual, dan emosi B. Bibliografi, biografi, dan katastrop C. Tema, amanat, sutradara, dan dekorasi D. Aksentuasi, intonasi, pelafalan, gerak-gerik tubuh, dan mimik E. Bloking, timing, clossing, dan drama
  22. 22. Soal untuk no 12 dan 13..... Gito : Ini pasti ulah si Rika. Ia balas dendam kepada kita. (sambil membersihkan kelas) Nadia : Rasanya hal itu tidak mungkin. Rika bukan tipe anak pendendam. Setahuku selama ini ia baik. Gito : mungkin juga. Buktinya sekarang kelas kita kotor. Mungkin sepulang sekolah kemarin ia sengaja membuang sampah – sampah ini.12. Isi dialog dalam drama di atas adalah... (LKS XI) A. Memperdebatkan kelas yang kotor B. Prasangka buruk tehadap Rika C. Rika termasuk anak pendendam D. Kekecewaan Gito kepada Rika E. Rika suka berulah di kelas13. Dimana latar belakang cerita di atas... (LKS XI) A. Di sekolah D. Di kelas B. Di rumah Nadia E. Di rumah Gito C. Di jalan
  23. 23. Soal no 14... Adi : Benar dalam liburan ini sekolah kita akan berdarmawisata, Pak? Kepala sekolah : Benar, mengapa? Adi : Untuk memastikan, Pak. Darmawisata kemana, Pak? Kepala sekolah : Belum ditentukan. Mungkin ke kebun raya bogor. Mungkin ke pantai pangandaran. Adi : Mudah-mudahan ke kebun raya bogor. Saya belum pernah ke sana. Kepala sekolah : Itu nanti hasil rapat yang menentukan.14. Watak kepala sekolah berdasarkan penggalan drama di atas adalah.. (LKS XI) A. Pemberani D. Pemarah B. Penakut E. Sombong C. Bijaksana
  24. 24. 15. Tanda kurung (...) dalam drama merupakan .... A. Ucapan langsung D. Bagian penting drama B. Penjelasan untuk lakon E. Dialog yang diucapkan C. Latar
  25. 25. II.1. Unsur terpenting dalam pementasan drama adalah.......2. Gerak perubahan muka seperti alis, mata, hidung, dan telinga disebut.....3. Percakapan dua orang atau lebih dalam drama disebut....4. Gesture dalam drama disebut......5. Pemberian watak tokoh dalam drama dapat dilakukan secara.... dan....6. Latar tempat dalam drama ditampilkan melalui....7. Pertukaran tempat dalam drama disebut.....8. Tritagonis merupakan watak tokoh dalam drama yang bersifat.....9. Drama berasal dari bahasa Yunani yaitu....10. Ucapan yang diungkapkan dalam hati tokoh dalam drama disebut....
  26. 26. III.1. Apakah yang dimaksud debgan drama ?2. Sebutkan macam – macam latihan vokal dalam drama !3. Apa saja yang perlu di perhatikan saat memerankan tokoh drama ?4. Apa saja macam teknik dalam gerak dan berikan contohnya ?5. Sebutkan unsur – unsur umum dalam drama !
  27. 27. I.1. B 6. B 11. B2. C 7. E 12. B3. E 8. B 13. D4. D 9. E 14. C5. D 10. A 15. BII.1. Pemain atau artis2. Mimik3. Dialog4. Gerak tangan atau peribahan posisi tubuh5. Analitik dan Dramatik
  28. 28. 6. Tata panggung 7. Movement 8. Penengah antara antagonis dan protagonis 9. Draomei 10. MonologIII. 1. Menurut kamus besar bahasa Indonesia drama adalah cerita atau kisah terutama yang melibatkan konflik atau emosi yang khusus, di sususn untuk pertunjukan teater. 2. Macam teknik latihan vokal dalam drama : A. Latihan Pernafasan B. Latihan Pengucapan C. Latihan variasi D. Latiha bersuara keras dan jelas E. Latihan Gerak
  29. 29. 3. Hal-hal yang diperhatikan dalam memerankan tokoh drama : a. Menentukan tokoh dan watak maupun karakternya (protagonis, anatgonis, tritagonis) b. Mencermati pergerakan pemain c. Mencermati mimik dan pantomik d. Mencermati konflik yang muncul e. Mencermati latar (waktu, tempat, suasana) f. Mencermati amanat yang tersirat g. Mencermati tata suara h. Mencermati perpaduan dialog, pergerakan pemain, latar, tata rias, tata busana, dan tata suara.4. Macam teknik gerak : a. Mimik, merupakan gerak perubahan muka. Contohnya alis, mata,hidung, telinga, kening, dan mulut. b. Gesture, merupakan gerak tangan, perubahan posisi tubuh, isyarat. Gesture sangat efektif untuk mengungkapkan emosi, ide, dan situasi. c. Movement, merupan pertukaran tempat kedudukan dalam pentas, untuk menciptakan motivasi dan menata blocking. d. Business, merupakan kesibukan khusus. Contoh : merokok, menyapu, menjahit, dan sebagainya.
  30. 30. 5. Unsur- unsur umum dalam drama a. Naskah b. Artis c. Sutradara d. Penonton e. Tempat pertunjukan / panggung.
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×