Your SlideShare is downloading. ×
0
Kerja keras
Kerja keras
Kerja keras
Kerja keras
Kerja keras
Kerja keras
Kerja keras
Kerja keras
Kerja keras
Kerja keras
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Kerja keras

6,707

Published on

DOWLOAD GRATIS

DOWLOAD GRATIS

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
6,707
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
138
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. By MOHAMMAD IMRAN
  • 2. PENGERTIAN KERJA KERASKERJA KERAS, yaitu bekerja dengan sungguh-sungguh(semangat) untuk mencapai tujuan atau prestasi kemudian, disertaidengan berserah diri (tawakkal) kepada Allah SWT baik untukkepentingan dunia atau di akhirat Kerja keras juga dapat diartikan Suatu tindakan atauperbuatan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan seriusSampai tercapai suatu tujuan.Bekerja adalah kewajiban bagi setiap orang untuk memperolehkeberhasilan. Tanpa bekerja, manusia tidak akan pernahmemperoleh apa yang diharapkan.Firman allah didalam surat Al-Taubah ayat :105 َ° ْ‫ْوُ °َ °َ ْوُ َنْ °َ °َ ْوُ َنْ ْوُ ْوُ °َ َنْ ْوُ َنْ ُنِ ْوُ َن‬ ‫و ق لو لا ع م ل ولاو ف س ي ر ىو هللاو ع م°َ ل ك مو و ر س و ل هو ولا ل م ؤ م ن و ن‬ َ° َ° َ° َ° ْ‫°َ ْوُ ُنِ َنْ °َ ْوُ َن‬“Dan katakanlah: bekerjalah kamu, maka Allah dan rasul-Nyaserta orang-orang yang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu “
  • 3. CONTOHNYA KERJA KERAS Rasulullah SAW, mencontohkan kepada kita, Praktik kerja keras Semenjak beliau masih kanak- kanak sampai akhir hayatnya. Ketika masih kanak-kanak Beliau dipercaya Menggembala Kambing. Setelah usia remaja mulai Berdagang dan dipercaya membawa barang dagangan janda kaya raya yang bernama Khadijah, yang akhirnya menjadi istri Rasulullah SAW. Sekarang…. Bisakah kita Berperilaku Terpuji Seperti itu semua??? Insya Alloh dengan Belajar, Ikhtiar dan Berusaha serta Berdo’a … Kita Pasti Bisa….
  • 4. BENTUK PERILAKU KERJA KERAS1. Melakukan setiap pekerjaan dengan sungguh-sungguh, sepenuh hati dan dengan niat ibadah karena Allah SWT.2. Tidak mudah patah semangat dalam melakukan setiap pekerjaan, seberat dan sesulit apa pun pekerjaan yang dihadapinya.3. Melakukan pekerjaan tidak tergesa-gesa, sebab pekerjaan yang dilakukan dengan tergesa-gesa tidak akan mendatangkan hasil yang baik.4. Tidak meremehkan setiap pekerjaan yang hanya akan mendatangkan sikap malas dan jenuh dalam bekerja, melainkan sebaliknya semua pekerjaan dipandang serius sehingga harus dilakukan dengan sungguh-sungguh.5. Mencintai pekerjaan yang sedang dilakukannya sehingga bekerja dengan sepenuh hati.
  • 5. MANFAAT kerja keras1. Memiliki keimanan yang kuat dalam hati, sehingga tidak mudah tergoda oleh bisikan dan rayuan setan, ketika menjalankan suatu pekerjaan.2. Memiliki kesabaran yang kuat sehingga tidak tergesa-gesa. Tergesa- gesa merupakan perbuatan setan yang harus dihindari. Selain itu, setiap pekerjaan memerlukan ketekunan dan ketelitian, agar mendapatkan hasil yang baik.3. Memiliki keyakinan dalam hati bahwa bekerja yang baik sesuai ajaran Islam termasuk ibadah, yang kelak akan mendapat pahala dari Allah SWT.4. Senantiasa berusaha sebisa mungkin agar pekerjaan tidak akan menyimpang dari ajaran islam, sehingga selain mendapatkan hasil yang bagus juga tidak melanggar aturan agama.5. PINTU KEBERHASILAN MENANTI KITA.
  • 6.  Menurut anda Pentigkah Kerja Keras itu? .............1. Manusia sadar akan kebutuhan hidupnya yang harus dipenuhi, agar hidup menjadi bahagia, baik di dunia maupun di akhirat.2. Manusia dituntut untuk bersikap kreatif dan rajin bekerja, sebab tanpa bekerja seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.3. Manusia menyadari bahwa tidak ada rezeki dan kebahagiaan yang datangnya dari langit, melainkan harus diraih dengan kerja keras, banting tulang, dan peras keringat.4. Manusia semakin kuat keimanannya, karena disamping kerja kerasnya juga kepasrahannya kepada kehendak terbaik Allah SWT.
  • 7.  CARA MEMBIASAKAN DIRI UNTUK BERSIKAP PERILAKU KERJA KERAS1. Biasakan bergaul dengan orang-orang yang mempunyai perilaku kerja keras. Sebaliknya, hindari pergaulan dengan mereka yang memiliki perilaku pemalas dan penghayal berat.2. Selalu ingat dan berpegang teguh pada aturan tata cara bekerja yang baik menurut ajaran Islam, agar dalam melakukan suatu pekerjaan tidak menyimpang atau melanggar ketentuan agama.3. Selalu menjaga diri dari sikap perilaku tercela, baik ketika bekerja maupun di luar waktu bekerja, sehingga akhlak seorang beriman akan tetap terjaga dari perbuatan keji dan mungkar.4. Selalu bersedia mengingatkan orang lain yang sedang lupa atau salah melanggar aturan bekerja, seraya melakukannya dengan cara- cara yang santun dan terhormat.5. Panjatkan doa kepada Allah SWT agar diberi kekuatan dapat bersikap perilaku kerja keras dalam menjalani kehidupan. Sebab tidak ada kebahagiaan yang datang dari langit tanpa ada usaha dan kerja keras.6. Mulailah membiasakan diri bersikap perilaku kerja keras dari sekarang, agar kelak setelah dewasa menjadi orang yang sukses.
  • 8. ‫والسل مربو عليكمربو ورحمةربو اربو وبركاة‬ Ayok anak-anak yang mau bertanya........... Yang bertanya saya kasik permin dan bisa pulang duluan....................
  • 9. ‫والسل مربو عليكمربو ورحمةربو اربو وبركاة‬ Ayok anak-anak yang mau bertanya........... Yang bertanya saya kasik permin dan bisa pulang duluan....................

×