Your SlideShare is downloading. ×
  • Like
Tugas pti
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Now you can save presentations on your phone or tablet

Available for both IPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply
Published

Ini adalah tugas PTI Tentang jejaring social

Ini adalah tugas PTI Tentang jejaring social

Published in Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
43
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
0
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. KELOMPOKANGGOTA :1. BURHANUDDIN RABBANI (12523149)2. THITO CHANDRA KELANA (12523126)3. FAKHRUS SYAKIRIN R.(12523146)4. SWARIHARTANTYO(12523155)5. RICKY EKA OKTA PUTRA(12523168)6. FIRNANDA AKMAL S.(12523151)7. ARIF WAHYUDI (12523133)8. AHMAD ERSAM JABAL (12523160)
  • 2. JEJARING SOSIAL
  • 3. DEFINISI JEJARING SOSIAL Jejaring sosial adalah suatu struktursosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
  • 4. SEJARAH JEJARING SOSIALSitus jejaring sosial diawali oleh Classmates.compada tahun 1995 yang berfokus pada hubunganantar mantan teman sekolah dan SixDegrees.compada tahun 1997 yang membuat ikatan tidaklangsung. Dua model berbeda dari jejaring sosialyang lahir sekitar pada tahun 1999 adalahberbasiskan kepercayaan yang dikembangkan olehEpinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskanpertemanan seperti yang dikembangkan oleh UskupJonathan yang kemudian dipakai pada beberapasitus UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasimeliputi tidak hanya memperlihatkan siapaberteman dengan siapa, tetapi memberikanpengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan.
  • 5. Usenet – Jejaring Sosial Pertama Di Dunia Usenet adalah sebuah jejaring server yang terletak secara terdesentralisasi di seluruh dunia. Dengan membagi informasi di sebuah server dengan server lain di jejaring tersebut, informasi tersebut akan terkirim dengan sendirinya ke server di seluruh jaringan. Jadi, pesan atau informasi yang disampaikan akan tersimpan di sebuah server pengirim, dan terkirim ke seluruh server penerima di penjuru dunia. Ini berarti tidak ada pusat server untuk Usenet. Tidak ada orang atau grup yang khusus mengontrol Usenet. Ini adalah sebuah sistem terbuka. Hal ini tentu berbeda jika kita bandingkan dengan cara kerja jejaring sosial yang ada saat ini. Seluruh data akan tersentralisasi ke sebuah pusat server atau yang sering disebut data center/pusat data, untuk kemudian dapat diakses oleh seluruh komputer di seluruh dunia.
  • 6. Walaupun Usenet sering diberitakan “meninggal”, karena bahkan mungkin Anda pun tidak pernah tahu keberadaannya, akan tetapi sebenarnya justru tiap tahun perkembangannya semakin signifikan. Berdasarkan data dari Wikipedia, berikut adalah grafik kunjungan per hari pengguna Usenet dari tahun 1996 hingga 2011 saat ini: Walaupun tidak sefenomenal Facebook, akan tetapi tampaknya Usenet tidak lekang oleh masa. Mungkin saja, jika suatu saat kejayaan Facebook mulai meredup, Usenet akan menampakkan taringnya.
  • 7. KEUNTUNGAN SOSIAL NETWORK (JEJARING SOSIAL)
  • 8.  Memudahkan seseorang dalam mencari informasi. Memperluas jaringan pertemanan. Mempererat tali silaturrahmi. Memudahkan seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain di seluruh dunia. Memudahkan seseorang dalam berbisnis. Sarana untuk berekspresi.
  • 9. KERUGIAN SOCIAL NETWORK (JEJARING SOSIAL)
  • 10.  Membuat orang jarang bertatap muka dengan orang lain. Membuat seseorang menjadi malas. Adanya kejahatan di dunia maya (cybercrime). Membuat seseorang lebih suka menyendiri. Membuat kita mengabaikan kesehatan. Memperbanyak pengeluaran uang. Membuat tidak konsentrasi terhadap segala sesuatu
  • 11. JEJARING SOSIAL :(PRODUK LOKAL)
  • 12. http://www.salingsapa.com Salingsapa.com dibuat oleh Muhammad Yahya Harlan yang merupakan salah satu siswa Kelas 7A (1 SMP) Sekolah Alam Bandung. Salingsapa.com dibuat dan diresmikan pertama kali pada tanggal 1 muharram 1431 atau 18 desember 2009. Situs jejaring sosial indonesia ini menggunakan server lokal (berbasis di Jakarta) sehingga lebih mudah dan cepat dalam mengaksesnya serta pengawasan konten oleh adminnya, yaituYahya beserta ayahnya. SalingSapa.com adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web bernuansa Islami. SalingSapa dibuat dengan mengadopsi pola tampilan Facebook dengan alasan untuk memudahkan pengguna baru untuk menggunakannya.
  • 13. http://light.mindtalk.com MindTalk.Com jejaring sosial yang terbilang baru,Dari September 2011 sampai sekarang telah memiliki 180 ribu pengguna dari 190 negara. Awal kemunculannya, mindtalk.com hanya menggunakan versi beta, dan cuma bisa diakses menggunakan personal computer (PC). Situs yang mengandalkan teknologi cloud, dipadukan dengan pemakaian server dari provider server dalam negeri, mindtalk.com ingin melebarkan sayapnya ke versi mobile.
  • 14. Kongkoow.com  Kongkoow.com situs jejaringan sosial asli buatan anak negri sendiri yang memiliki fasilitas lebih dari lengkap karena didalamnya terdapat blog , widget , music , video , games , email ,share ,movie ,maps ,market ,wap portal .
  • 15. Jejaring Sosial : (terkenal di Dunia)
  • 16. 1.Siapa yang tak kenal jejaring sosial Facebook? Dan Siapajuga yang belum punya akun Facebook?Facebook adalah layanan jejaring sosial yang diluncurkanpada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan dioperasikanoleh Facebook, Inc. Facebook merupakan situs jejaringsosial yang dibuat dan didirikan oleh Mark Zuckernbergbersama teman sekamarnya yang sesama mahasiswa ilmukomputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan ChrisHughes. Facebook memiliki pengguna terbanyak didunia, Indonesia sendiri menduduki peringkat ketiga yangmemiliki pengguna facebook terbanyak didunia. Facebookmemiliki pengguna yang begitu banyak dikarenakanfacebook begitu user friendly, dan memiliki fitur-fitur yangbanyak.
  • 17. 2. Twitter merupakan layanan jejaring sosial yang tak kalah bagusnya dengan facebook. Tapi twitter sangat-sangat berbeda dengan facebook. Twitter adalah sebuah web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc. Twitter merupakan situs jejaring sosial yang dibuat dan didirikan oleh Jack Dorsey bersama dengan Evan Williams, dan Biz Stone. Twitter menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Pengguna dapat melihat kicauan penullis lain yang dikenal dengan pengikut (follower). Kebalikan dari pengikut adalah mengikuti (following) adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar kicauan yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.
  • 18. 3.Ternyata Yahoo! memiliki dua situs jejaring sosial yakni Meme dansatu lagi Koprol. Tidak seperti Meme, entah kenapa saya cukupbangga dengan Koprol ? Apa pasal ? Karena ternyata Koprolmerupakan salah satu jejaring sosial made in Indonesia. Koproltergolong unik karena jika anda check-in (log-in) denganponsel, ponsel anda dapat berfungsi sebagai GPS tanpa adanyaaplikasi GPS di ponsel tersebut. Setelah anda log-in anda dapatmelihat user lain yang sedang ada di lokasi yang sama (kota yangsama).Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, sistem kerja Koprolmerupakan gabungan dari sistem lifestream Twitter, sistemkomentar Plurk, dan sistem lokasi seperti Brightkite. Keunggulaninilah yang membuat Yahoo! tertarik mengakuisisi Koprol padatanggal 25 Mei 2010 dengan nilai yang tidak disebutkan.
  • 19. 4.Tumblr, sekarang menjadi salah satu jejaring yang banyak diminatikalangan muda. Salah satu micro-blog atau jejaring sosial yanganda dapat coba. Tumblr dibuat oleh David Karp pada tahun 2007dan sampai sekarang sudah memiliki user kurang lebih sebanyak 3juta orang. Berdasarkan posting David Karp di Tumblr Staff blogpada 15 Maret 2010, rata-rata 2.000.000 posting dibuat dan15.000 pengguna baru setiap harinya. www.tumblr.com
  • 20. 2.Friendster, yang ide penamaannya berasal dari namaNapster, adalah sebuah situs web jaringan sosial di mana seorangpengguna akan membuat identitas maya dan kemudian mengisidata dirinya untuk kemudian mendapatkan account di Friendster.Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kitadan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kitasendiri.Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dansekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal2005, Friendster juga telah memulai fitur blog. Bahasanya jugasudah multi-language. Dan kini sudah ada versi untuk mobile-nya.
  • 21. 12.Plurk, pasti sudah banyak yang dengar dan pakai jejaring sosial satu ini.Plurk dirilis pada tanggal 12 Mei 2008. Plurk sendiri sangat populer diTaiwan, Filiphina dan Indonesia. Plurk sendiri merupakan akronim dariPeace, Love, Unity, Respect dan Karma. Plurk memiliki keunikantersendiri dibanding dengan jejaring sosial lainnya, yakni plurk akanmemberikan reward kepada plurker (sebutan bagi user plurk) yangdikenal dengan nama karma. Karma akan diberikan berdasarkanjumlah response terhadap plurk yang di posting seseorang, keaktifandalam pertemanan dan jumlah perekrutan anggota baru.