• Like
Karya seni kriya manca negara
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

Karya seni kriya manca negara

  • 151 views
Published

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
151
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
2
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Karya Seni Kriya Manca Negara
  • 2. Lihat saja karya Hristo Yonkov (lahir 1947) dari Bulgaria. Karyanya yang berbahan keramik (stoneware) jauh dari bentuk teko, tapi mirip suatu gedung bertingkat dengan banyak jendela. Sekilas karyanya mengingatkan saya pada bangunan bersejarah Colloseum di Roma, Italia. Lalu karya Lorena D’Arc Menezes Oliveira (lahir 1964) dari Brazil. Karya ini terbuat dari bahan porselin. Mulut teapot dibuat banyak, sehingga menyerupai anemone laut. Juga karya Rudolf Jakubik (lahir 1984) dari Republik Czech, seniman termuda di pameran ini, berjudul Women, terbuat dari keramik (stoneware). Karya ini berbentuk patung perempuan gemuk membawa pedang, seolah menunjukan perempuan pejuang. Indonesia diwakili 4 orang seniman keramik diantaranya Ahadiyat Joedawinata (lahir 1943-Bandung), PoniminM.Hum (Malang), Antin Sambodo (lahir 1969-Jakarta), dan saya
  • 3. sendiri Kurniawaty Gautama (lahir 1973-Jakarta).Kami menampilkan cirri khas ke- Indonesiaan. Coba tengok karya Antin Sambodo, berjudul Lovely Village, yang memberi kesan pepohonan dan rumah-rumah pedesaan. Karya –karya Antin, lulusan Arsitekur Universitas Trisakti, yang pernah berguru pada keramikus Liem Keng Sien, memang selalu terinspirasi dari kesuburan negri Indonesia. Ciri tradisional yang kental ditampilkan oleh karya Ponimin M Hum, seniman nyentrik dan pengajar di Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Malang, yang sering mendapatkan proyek kesenian dan pembicara baik Nasional maupun Internasional. Karya-karya Ponimin, sangat detil dan terlihat kepiawaiannya membentuk patung (sculptural object), dan Ia selalu berusaha memperkenalkan budaya Indonesia ke mancanegara, seperti yang terlihat pada salah satu karyanya berjudul Kendi Kamandalu. Kesan yang sangat kontemporer terlihat dari karya Ahadyat Joedawinata (peraih gelar doktor dan pengajar di Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB), berjudul Abstract Teapot. Karyanya sangat abstrak dan tidak tampak seperti teko, walaupun tetap menampilkan prinsip-prinsip teko, yaitu ada semacam lubang air dibagian atas, dan pegangan (handle), yang memang menjadi ciri khas suatu teko.
  • 4. Mengamati setiap karya yang ditampilkan, tampak sekali setiap seniman piawai dalam olah karya (craftsmanship) dan sangat mengenal materi tanah liat ini. Memang dalam karya-karya yang cenderung ke pottery, lebih mengutamakan olah karya daripada konsep. Apakah dalam berkarya mereka tidak berdasarkan konsep? Nampaknya tidak demikian. Jelas sekali mereka mengerti konsep design dan tema karya masingmasing. Hanya dalam kesempatan ini, mereka membuat karya yang jauh dari isu-isu sosial. Karya-karya seniman lokal China, masih sangat kuat pengaruh tradisionalnya. Walaupun terlihat modern dan kontemporer, tapi nampaknya masih jauh dari ke’liar’an bentuk. Bentuk utuh teko masih sangat kuat melekat pada karya-karya mereka.