Tugas kelompok jaringan komputer

1,887 views
1,759 views

Published on

Tugas

Published in: Technology
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,887
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
72
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tugas kelompok jaringan komputer

  1. 1. Oleh: Binar Kurnia Sari Khoirun Nisa
  2. 2. MENU PEMBAHASAN MACAM-MACAM TOPOLOGI BUS STAR CINCIN POHON MESH LINIER MACAM-MACAM JARINGAN BERKABEL NIRKABEL
  3. 3. Topologi Bus Topologi Bus memiliki nama lain daisy chain atau ethernet bus topologies.  Topologi ini media transmisinya menggunakan kabel tunggal atau kabel pusat tempat yang menghubungkan client dan server. 
  4. 4. Kelebihan 1. 2. 3. 4. 5. Lebih hemat kabel dan hemat biaya, karena media transmisinya hanya memakai kabel tunggal serta terpusat sehingga tidak memerlukan kabel yang banyak. Mempunyai layout kabel yang sederhana, dalam pemasangan topologi bus skema dan rancangan kabel yang dipakai juga sangat sederhana sehingga pemasangannya lebih mudah. Mudah dikembangkan, karena dalam pengembangan jaringan komputer baik client maupun server bisa dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu komputer lain. Kecepatan pengiriman tinggi. Jumlah terminal dapat ditambah atau dikurangi tanpa mengganggu kerja komputer yang sedang berjalan.
  5. 5. Kekurangan 1. 2. 3. 4. 5. Kapasitas terbatas. Kesulitan perawatan jika dalam jumlah besar. Jarak terbatas, sering terjadi tabrakan pada lalu lintas padat. Jika kabel putus atau terminator/konektor rusak/lepas maka jaringan akan lumpuh. Sering terjadi “banjir data” dan collision (tabrakan data) sehingga dapat menurunkan performa jaringan
  6. 6. Gambar Desain dan Kabelnya: Menggunakan kabel: kabel coaxial dan berpelindung atau menggunakan shield, ada juga yang menggunakan kabel twisted pair. Ujung-ujung backbone harus ditutup dengan terminator. MENU
  7. 7. Topologi Bintang (Topologi Star)  Topologi yang dapat dikenali dengan sebuah sentral berupa hub yang menghubungkan semua komputer satu sehingga bentuk jaringannya menyerupai bentuk bintang (star).
  8. 8. Kelebihan Paling fleksibel dibandingkan dengan topologi yang lain 2. Pemasangan workstation yang baru sangat mudah, dan tidak mengganggu kerja dari komputer yang lain 3. Kontrol terpusat, sehingga memudahkan pengecekan kesalahan jaringan. 4. Dapat menggunakan beberapa tipe kabel di dalam jaringan yang sama dengan hub yang dapat mengakomodasi tipe kabel yang berbeda. 1.
  9. 9. Kekurangan 1. 2. 3. 4. Memiliki satu titik kesalahan, terletak pada hub. Jika hub pusat mengalami kegagalan, maka seluruh jaringan akan gagal untuk beroperasi. Membutuhkan lebih banyak kabel karena semua kabel jaringan harus ditarik ke satu central point, jadi lebih banyak membutuhkan lebih banyak kabel daripada topologi jaringan yang lain. Jumlah terminal terbatas, tergantung dari port yang ada pada hub. Lalulintas data yang padat dapat menyebabkan jaringan bekerja lebih lambat
  10. 10. Gambar Desain dan Kabelnya: Kabel yang digunakan: coaxial, UTP dan STP MENU
  11. 11. Topologi Cincin (Topologi Ring) Topologi jaringan yang bentuknya rangkaian yang masing-masing tersambung ke dua titik yang lainnya, sehingga bisa membentuk jalur lingkaran yang menyerupai cincin.
  12. 12. Kelebihan Lebih hemat kabel. Tidak akan mengalami tabrakan pengiriman data (collision), karena di satu waktu hanya satu node yang bisa mengirimkan data/ data mengalir dalam satu arah.  Setiap komputer memiliki hak akses yang sama terhadap token sehingga tidak ada komputer yang memonopoli jaringan.  Waktu untuk mengakses data lebih optimal.  
  13. 13. Kekurangan 1. 2. 3. 4. 5. Peka kesalahan, tiap node pada jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang dilewatkan dalam jaringan, sehingga jika di suatu node ditemukan gangguan maka semua jaringan akan mengalami gangguan. Jika terjadi kerusakan di jaringan topologi ring Sulit untuk diatasi. Jika Ingin menambah komputer atau mengurangi komputer dapat mengacaukan jaringan. Sulit untuk melakukan konfigurasi ulang. Pengembangan jaringan lebih kaku.
  14. 14. Gambar Desain dan Kabelnya Menggunakan kabel: twisted pair MENU
  15. 15. Topologi Pohon (Topologi Tree) Topologi Pohon (Topologi Tree) disebut juga topologi star-bus atau star-bus hybrid merupakan gabungan beberapa topologi star yang digabungkan dengan topologi bus yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa LAN dengan LAN lain via hub.
  16. 16. Kelebihan 1. 2. 3. 4. 5. 6. Walaupun disebut sebagai jaringan bus, namun tidak selalu harus menggunakan kabel coaxial, yaitu bisa menggunakan serat optic, wireless atau jenis kabel lain. Banyak digunakan untuk WAN. Mengatasi kekurangan topologi bus yang disebabkan persoalan broadcast traffic dan kekurangan topologi star yang disebabkan oleh keterbatasan kapasitas port hub. Memungkinkan untuk memiliki jaringan point to point Membagi seluruh jaringan menjadi bagian yang lebih mudah diatur. Topologi ini mampu menjangkau jarak yang lebih jauh dengan mengaktifkan fungsi Repeater yang dimiliki oleh HUB.
  17. 17. Kekurangan 1. 2. 3. 4. Karena bercabang maka diperlukan cara untuk menunjukkan kemana data dikirim, atau kepada siapa transmisi data ditujukan. Perlu suatu mekanisme untuk mengatur transmisi dari terminal-terminal dalam jaringan. Kabel yang digunakan menjadi lebih banyak sehingga diperlukan perencanaan yang matang dalam pengaturannya, termasuk di dalamnya adalah tata letak ruangan. HUB menjadi elemen kritis.
  18. 18. Gambar Desain dan Kabelnya Menggunakan kabel: sama dengan topologi bus dan star MENU
  19. 19. Topologi Mesh Topologi mesh adalah suatu topologi yang termasuk dalam kategori point to point, karena desain topologi yang menghubungkan semua komputer dalam jaringan memungkinkan data dapat langsung dikirim ke komputer tujuan tanpa harus melibatkan komputer lain.
  20. 20. Kelebihan Pengiriman data lebih terjamin karena langsung dikirimkan ke komputer tujuan serta lebih cepat karena memiliki link komunikasi khusus dengan komputer yang dituju saja.  Apabila terjadi gangguan pada koneksi komputer A dengan komputer B karena rusaknya kabel koneksi (links) antara A dan B, maka gangguan tersebut tidak akan mempengaruhi koneksi komputer A dengan komputer lainnya. (Sifat Robust)  Memudahkan proses identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi antar komputer. 
  21. 21. Kekurangan Pengimplementasiannya rumit dan membutuhkan biaya yang relatif mahal 2. Sangat boros kabel karena setiap computer harus terkoneksi secara langsung dengan komputer lainnya. 3. Jika jumlah computer semakin banyak maka instalasi kabel jaringan akan semakin rumit juga. 4. Banyaknya kabel yang digunakan mengisyaratkan perlunya space yang memungkinkan di dalam ruangan tempat komputer- computer tersebut berada. 1.
  22. 22. Gambar Desain dan Kabelnya Menggunakan kabel: bisa kabel coaxial, twisted pair,bahkan serat optik
  23. 23. Topologi Linier  Jaringan komputer dengan topologi linier biasa disebut dengan topologi linier bus, layout ini termasuk layout umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap titik koneksi (komputer) yang dihubungkan dengan konektor yang disebut dengan T Connector dan pada ujungnya harus diakhiri dengan sebuah terminator.
  24. 24. Kelebihan Hemat kabel 2. Layout kabel sederhana 3. Mudah dikembangkan 4. Tidak butuh pusat control 5. Penambahan maupun pengurangan terminal dapat dilakukan tanpa mengganggu operasi yang berjalan. 1.
  25. 25. Kekurangan Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil 2. Kepadatan lalu lintas tinggi 3. Keamanan data kurang terjamin 4. Kecepatan akan menurun bila jumlah pemakai bertambah 5. Diperlukan repeater untuk jarak jauh. 1.
  26. 26. Gambar Desain dan Kabelnya Kabel yang digunakan: Kabel Coaxial Thinnet (RG 58), Connector BNC MENU
  27. 27. Jaringan Berkabel Jaringan yang terhubung dengan menggunakan kabel jaringan, penggunaan kabel jaringan berfungsi sebagai media transfer data antar komputer dalam bentuk sinyal listrik.
  28. 28. Perangkat Jaringan yang Diperlukan NIC (Network Interface Card) 2. Hub atau Concentrator 3. Konektor UTP (RJ-45) : 4. Kabel Jaringan 5. Bridge 6. Router 1.
  29. 29. Kelebihan Investasi pada sisi pelanggan lebih murah. Kecepatan transmisi data lebih tinggi dibanding Wi-FI (10-100Mbps). 3. Aplikasi yang dimanfaatkan bisa lebih banyak dikarenakan bandwidthnya yang tinggi (gameonline, file sharing, video streaming, dll). 4. Tidak rentan terhadap penyadapan data dibanding teknologi wireless. 5. Dengan Kabel, kecepatan yang dikutip dalam Mbps (ke bawah atau ke atas). 1. 2.
  30. 30. Kekurangan 1. 2. 3. 4. 5. 6. Attenuasi meningkat pada frekuensi tinggi. Pada frekuensi tinggi, keseimbangan menurun sehingga tidak dapat mengkompensasi timbulnya acoecrosstalka dan sinyal acoenoisea Harganya cukup mahal Jangkauan yang terbatas Proses instalasi yang rumit Kurang fleksible jika ada ekspansi
  31. 31. Gambar MENU
  32. 32. Jaringan Nirkabel (Wireless) Sekumpulan komputer yang saling terhubung antara satu dengan lainnya sehingga terbentuk sebuah jaringan komputer dengan menggunakan media udara/gelombang sebagai jalur lintas datanya.
  33. 33. Perangkat jaringan Nirkabel (Wireless)  Perangkat penerima (receiver):  Wireless adapter  USB Wireless adapter  PCI Wireless adapter  Perangkat pemancar (transmitter):  Access Point Indoor  Access Point Outdoor  Antena (Antena Omni Directional, Antena Grid, Antena Sectoral, Antena Bidirectional, Antena Hexadirectional, Antena Parabola Disk)
  34. 34. Kelebihan 1. Mobilitas  Bisa digunakan kapan saja.  Kemampuan akses data pada jaringan wireless itu real time, selama masih di area hotspot. 2. Kecepatan Instalasi  Proses pemasangan cepat.  Tidak perlu menggunakan kabel. 3. Fleksibilitas Tempat  Bisa menjangkau tempat yang tidak mungkin dijangkau kabel. 4. 5. Pengurangan anggaran biaya Jangkauan luas
  35. 35. Kekurangan Transmit data 1-2 Mbps, sedangkan jika menggunakan kabel akan lebih cepat. 2. Alatnya cukup mahal. 3. Propagansi Radio ( Interferensi Gelombang ) yaitu perpaduan dua gelombang yang mengacaukan jaringan wireless. 4. Kapasitas jaringan terbatas. 5. Keamanan data kurang terjam 1.
  36. 36. Gambar MENU
  37. 37. SEKIAN TERIMA KASIH

×