HUTAN
Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi
dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan
lainnya. Kawasan-kawasan semacam...
Macam-macam Hutan
Macam-macam Jenis Hutan Di Indonesia
Brikut di bawah ini adalah pembagian macam-
macam / jenis-jenis hut...
Lanjutan >>>
2. Hutan Rawa
Hutan rawa adalah hutan yang berada di daerah
berawa dengan tumbuhan nipah tumbuh di hutan rawa...
Lanjutan >>>
6. Hutan Hujan Tropis
Hutan hujan tropis adalah hutan lebat / hutan rimba
belantara yang tumbuh di sekitar ga...
Lanjutan>>>
8. Hutan Lindung
Hutan lindung adalah hutan yang difungsikan
sebagai penjaga ketaraturan air dalam tanah (fung...
10.Hutan rimba
Hutan rimba adalah hutan yang alami
sedangkan hutan budidaya adalah hutan
yang sengaja dikelola manusia yan...
PENYEBAB KERUSAKAN
HUTAN
1.Kebakaran Hutan
Penyebab kebakaran hutan sampai saat ini masih menjadi
topik perdebatan, apakah...
Lanjutan >>>
2. Penebangan hutan secara sembarangan
Menebang hutan sembarangan akan menyebabkan
hutan menjadi gundul. Dita...
AKIBAT KERUSAKAN HUTAN
1.Efek Rumah Kaca (Green house effect).
Hutan merupakan paru-paru bumi yang mempunyai
fungsi mengab...
Lanjutan >>>
2.Kerusakan Lapisan Ozon
Lapisan Ozon (O3) yang menyelimuti bumi
berfungsi menahan radiasi sinar ultraviolet ...
Lanjutan >>>
3.Kepunahan Species
Hutan di Indonesia dikenal dengan keanekaragaman
hayati di dalamnya. Dengan rusaknya huta...
Lanjutan >>>
4.Banjir.
Dalam peristiwa banjir yang sering melanda Indonesia
akhir-akhir ini, disebutkan bahwa salah satu a...
Cara Mengatasi Kerusakan Hutan
A. Tebang pilih
Tebang pilih dilakukan dengan memilih tanaman yang
akanditebang. Dipilih ya...
Lanjutan >>>C. Mencegah penebangan liar
Penebangan liar sering dikenal dengan istilah illegal
logging.Saat Ini kasus peneb...
Cara Mencegah Kerusakan Hutan
Penyelenggaraan perlindungan hutan dan
konservasi alam bertujuan menjaga
hutan,kawasan hutan...
Lanjutan >>>
Berikut beberapa kegiatan perlindungan hutan
yang bisa diterapkan langsung di lapangan:
A. Perlindungan Hutan...
Lanjutan >>>
C. Pengamanan Hutan Secara Represif
Pengamanan hutan secara represif adalah kegiatan
penindakan dalam rangka ...
Kerusakan hutan.ppt
Kerusakan hutan.ppt
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Kerusakan hutan.ppt

4,177 views
4,079 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
4,177
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
135
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kerusakan hutan.ppt

  1. 1. HUTAN Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Kawasan-kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida (carbon dioxide sink), habitat hewan, modulator arus hidrologika, serta pelestari tanah, dan merupakan salah satu aspek biosfer Bumi yang paling penting. Hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia. Kita dapat menemukan hutan baik di daerah tropis maupun daerah beriklim dingin, di dataran rendah maupun di pegunungan, di pulau kecil maupun di benua besar.
  2. 2. Macam-macam Hutan Macam-macam Jenis Hutan Di Indonesia Brikut di bawah ini adalah pembagian macam- macam / jenis-jenis hutan yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia disertai arti definisi dan pengertian : 1. - Hutan Bakau Hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di daerah pantai berlumpur. Contoh : pantai timur kalimantan, pantai selatan cilacap, dll. - Hutan Sabana Hutan sabana adalah hutan padang rumput yang luas dengan jumlah pohon yang sangat sedikit dengan curah hujan yang rendah. Contoh : Nusa tenggara.
  3. 3. Lanjutan >>> 2. Hutan Rawa Hutan rawa adalah hutan yang berada di daerah berawa dengan tumbuhan nipah tumbuh di hutan rawa. Contoh : Papua selatan, Kalimantan, dsb. 3. Hutan Wisata Hutan wisata adalah hutan yang dijadikan suaka alam yang ditujukan untuk melindungi tumbuh-tumbuhan serta hewan / binatang langka agar tidak musnah / punah di masa depan. 4. Hutan Cadangan Hutan cadangan merupakan hutan yang dijadikan sebagai lahan pertanian dan pemukiman penduduk. Di pulau jawa terdapat sekitar 20 juta hektar hutan cadangan.
  4. 4. Lanjutan >>> 6. Hutan Hujan Tropis Hutan hujan tropis adalah hutan lebat / hutan rimba belantara yang tumbuh di sekitar garis khatulistiwa / ukuator yang memiliki curah turun hujan yang sangat tinggi. Contoh : hutan kalimantan, hutan sumatera, dsb. 7. Hutan Musim Hutan musim adalah hutan dengan curah hujan tinggi namun punya periode musim kemarau yang panjang yang menggugurkan daun di kala kemarau menyelimuti hutan.
  5. 5. Lanjutan>>> 8. Hutan Lindung Hutan lindung adalah hutan yang difungsikan sebagai penjaga ketaraturan air dalam tanah (fungsi hidrolisis), menjaga tanah agar tidak terjadi erosi serta untuk mengatur iklim (fungsi klimatologis) sebagai penanggulang pencematan udara seperti C02 (karbon dioksida) dan C0 (karbon monoksida). 9 Hutan Produksi / Hutan Industri Hutan produksi yaitu adalah hutan yang dapat dikelola untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomi. Hutan produksi dapat dikategorikan menjadi dua golongan yakni hutan rimba dan hutan budidaya
  6. 6. 10.Hutan rimba Hutan rimba adalah hutan yang alami sedangkan hutan budidaya adalah hutan yang sengaja dikelola manusia yang biasanya terdiri dari satu jenis tanaman saja. Hutan rimba yang diusahakan manusia harus menebang pohon denga sistem tebang pilih dengan memilih pohon yang cukup umur dan ukuran saja agar yang masih kecil tidak ikut rusak. Lanjutan>>>
  7. 7. PENYEBAB KERUSAKAN HUTAN 1.Kebakaran Hutan Penyebab kebakaran hutan sampai saat ini masih menjadi topik perdebatan, apakah karena alami atau karena kegiatan manusia. Namun berdasarkan beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab utama kebakaran hutan adalah faktor manusia yang berawal dari kegiatan atau permasalahan sebagai berikut: a. Sistem perladangan tradisional dari penduduk setempat yang berpindah-pindah. b. Pembukaan hutan oleh para pemegang Hak Pengusahaan Hutan (HPH) ntuk insdustri kayu maupun perkebunan kelapa sawit. c. Penyebab struktural, yaitu kombinasi antara kemiskinan, kebijakan pembangunan dan tata
  8. 8. Lanjutan >>> 2. Penebangan hutan secara sembarangan Menebang hutan sembarangan akan menyebabkan hutan menjadi gundul. Ditambah lagi akhir-akhir ini penebangan hutan liar semakin marak terjadi, 3. Mentalitas Manusia. Manusia sering memposisikan dirinya sebagai pihak yang memiliki otonomi untuk menyusun blue print dalam perencanaan dan pengelolaan hutan, baik untuk kepentingan generasi sekarang maupun untuk anak cucunya. Hal ini kemungkinan disebabkan karena manusia sering menganggap dirinya sebagai ciptaan yang lebih sempurna dari yang lainnya. Pemikiran antrhroposentris seperti ini menjadikan manusia sebagai pusat.
  9. 9. AKIBAT KERUSAKAN HUTAN 1.Efek Rumah Kaca (Green house effect). Hutan merupakan paru-paru bumi yang mempunyai fungsi mengabsorsi gas Co2. Berkurangnya hutan dan meningkatnya pemakaian energi fosil (minyak, batubara dll) akan menyebabkan kenaikan gas Co2 di atmosfer yang menyelebungi bumi. Gas ini makin lama akan semakin banyak, yang akhirnya membentuk satu lapisan yang mempunyai sifat seperti kaca yang mampu meneruskan pancaran sinar matahari yang berupa energi cahaya ke permukaan bumi, tetapi tidak dapat dilewati oleh pancaran energi panas dari permukaan bumi. Akibatnya energi panas akan dipantulkan kembali kepermukaan bumi oleh lapisan Co2 tersebut, sehingga terjad pemanasan di permukaan bumi.
  10. 10. Lanjutan >>> 2.Kerusakan Lapisan Ozon Lapisan Ozon (O3) yang menyelimuti bumi berfungsi menahan radiasi sinar ultraviolet yang berbahaya bagi kehidupan di bumi. Di tengah- tengah kerusakan hutan, meningkatnya zat-zat kimia di bumi akan dapat menimbulkan rusaknya lapisan ozon. Kerusakan itu akan menimbulkan lubang-lubang pada lapisan ozon yang makin lama dapat semakin bertambah besar. Melalui lubang-lubang itu sinar ultraviolet akan menembus sampai ke bumi, sehingga dapat menyebabkan kanker kulit dan kerusakan pada tanaman-tanaman di bumi.
  11. 11. Lanjutan >>> 3.Kepunahan Species Hutan di Indonesia dikenal dengan keanekaragaman hayati di dalamnya. Dengan rusaknya hutan sudah pasti keanekaragaman ini tidak lagi dapat dipertahankan bahkan akan mengalami kepunahan. Dalam peringatan Hari Keragaman Hayati Sedunia dua tahun yang lalu Departemen Kehutanan mengumumkan bahwa setiap harinya Indonesia kehilangan satu species (punah) dan kehilangan hampir 70% habitat alami pada sepuluh tahun terakhir ini.
  12. 12. Lanjutan >>> 4.Banjir. Dalam peristiwa banjir yang sering melanda Indonesia akhir-akhir ini, disebutkan bahwa salah satu akar penyebabnya adalah karena rusaknya hutan yang berfungsi sebagai daerah resapan dan tangkapan air (catchment area). Hutan yang berfungsi untuk mengendalikan banjir di waktu musim hujan dan menjamin ketersediaan air di waktu musim kemarau, akibat kerusakan hutan makin hari makin berkurang luasnya.
  13. 13. Cara Mengatasi Kerusakan Hutan A. Tebang pilih Tebang pilih dilakukan dengan memilih tanaman yang akanditebang. Dipilih yang sudah tua. Penebangannya juga harus diberi jarak. Tidak satu lokasi ditebang semua. B. Tebang tanam Tebang tanam artinya setelah dilakukan penebangan pohon dihutan selalu diiringi dengan penanaman pohon baru.Dengan demikian kelestarian hutan tetap terjaga.
  14. 14. Lanjutan >>>C. Mencegah penebangan liar Penebangan liar sering dikenal dengan istilah illegal logging.Saat Ini kasus penebangan liar semakin parah.Hutan-hutan di negara kita semakin menyempit.Untuk itu pengawasan harus dilakukan secara ketat. D. Melakukan penghijauan Penghijauan atau reboisasi merupakan upaya penanaman kembali hutan yang sudah gundul. Luas lahan kritis diperkirakan meningkat rata-rata 400.000 ha/tahun jika tidak ada upaya rehabilitasi lahan dan konservasi tanah yang memadai.
  15. 15. Cara Mencegah Kerusakan Hutan Penyelenggaraan perlindungan hutan dan konservasi alam bertujuan menjaga hutan,kawasan hutan dan lingkungannya,agar fungsi lindung,fungsi konservasi,dan fungsi produksi,tercapai secara optimal dan lestari.Ada 3 (tiga) bentuk perlindungan terhadap hutan menurut Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1985 tentang Perlindungan Hutan yaitu: (1) perlindungan tanah hutan, (2) perlindungan hasil hutan,dan (3) perlindungan hasil hutan,terutama yang terkait dengan pemanfaatan hutan dan pemungutan hasil hutan
  16. 16. Lanjutan >>> Berikut beberapa kegiatan perlindungan hutan yang bisa diterapkan langsung di lapangan: A. Perlindungan Hutan Secara Preemtif Upaya preemtif adalah kegiatan dalam upaya penciptaan kondisi yang kondusif dengan tujuan menumbuhkan peran aktif masyarakat dalam pengamanan kawasan hutan. B. Perlindungan Hutan Secara Preventif Kegiatan Preventif adalah segala kegiatan yang dilaksanakan untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan kawasan dan hasil hutan.
  17. 17. Lanjutan >>> C. Pengamanan Hutan Secara Represif Pengamanan hutan secara represif adalah kegiatan penindakan dalam rangka penegakan hukum di mana situasi dan kondisi gangguan keamanan kawasan hutan telah terjadi dan cenderung terus berlangsung atau meningkat sehingga perlu segera dilakukan penindakan terhadap pelakunya. D. Pengendalian Penggembalaan Liar Pengendalian penggembalaan di hutan ditekankan pada pencegahannya dengan memberikan jalan keluar.Seperti contoh,Ada larangan masuknya ternak ke dalam hutan hanya sewaktu tanaman masih muda,dan apabila tajuk pohon sudah tidak dapat dicapai ternak maka penggembalaan ke dalam hutan diperbolehkan lagi.

×