Your SlideShare is downloading. ×
Sistem informasi
Sistem informasi
Sistem informasi
Sistem informasi
Sistem informasi
Sistem informasi
Sistem informasi
Sistem informasi
Sistem informasi
Sistem informasi
Sistem informasi
Sistem informasi
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Sistem informasi

264

Published on

sistem informasi

sistem informasi

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
264
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
4
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Nama Kelompok 1. Habibi Rahman 11.01.016 2. Syarifuddin 11.01.072 3. Andika Pratama P 11.01.085
  • 2.  Balanced Score Card Adalah Sebuah Metode untuk Mengukur kinerja suatu permasalahan atau institusi  Penerapannya , metode ini menjabarkan visi-misi menjadi strategi yang dapat digunakanuntuk menentukan kebutuhan fungsional sistem informasi  Hasil akhir dari implementasi ini adalah data kebutuhan fungsionalitas tersebut, beserta nilai yang diharapkan.
  • 3. Saat ini,kompetisi dan dan persaingan yang terjadi antar lembaga pendidikan untuk menjadi yang terbaik sangatlah ketat. Pada beberapa lembaga pendidikan, sistem yang digunakan untuk mendukung kinerja operasional masih dilakukan secara manual. Padahal pada kenyataannya, bidang-bidang yang ada saling terkait dalam melakukan kinerja operasional. Misalnya bidang logistik yang bertugas menyediakan sarana dan prasarana yang menunjang perkuliahan harus berintegrasi dengan bagian keuangan yang menyediakan biayanya. Walaupun telah ada berbagai macam pendekatan dan tools, namun industri IT masih mengalami kesulitan dalam mengatasi permasalan RE.
  • 4. A. Reguirement adalah 1. Suatu kondisi atau kemampuan dibutuhkan seorang user untuk penyelesain. 2. Kondisi atau kemampuan yang harus dimiliki atau dibangun oleh suatu sistem. B. Reguirement terdiri dari kebutuhan fungsional,kebutuhan non-fungsional,dan batasan/constaraint. C. Constraint adalah kondisi yang dinegosiasikan yang mempengaruhi sebuah proyek,misalnya tingkat skill dari tim pengembang . D. Reguirement Engineering adalah cabang dari rekasa perangkat lunak yang fokus pada tujuan,fungsi atau kegunaan, dan batasan pada sistem perangkat lunak. Aktipitas pada RE adalah : 1. 2. 3. Reguirements documentation Reguirements verification and validation. Reguirements management.
  • 5. Perspektif Customer dan Stakeholder Perspektif Keuangan Balanced Scorecard Perspektif Customer dan Stakeholder Perspektif Kapasitas Pegawai dan Organisasi
  • 6. Strategi Target Divisi Mahasiswa lulus tepat waktu >= 8O % Fakultas Lulusan yang Bekerja dalam waktu 6 bulan >= 8O % Fakultas Lulusan yang mendapatkan IPK 3 dalam skala 4 >=8O% Fakultas Publikasi paper minimal 1 paper tiap semester >=5O% Fakultas, Research Center Pengabdian masyarkat 1 kali setiap tahun >= 5O% Fakultas Research Center Implementasi Balanced Scorecard untuk analisis kebutuhan fungsional Strategic Aligment Pada IT TELKOM didapatkan 45 Strategi yang didapatkan dari visi, 3 misi, serta 7 kebijakan dan strategi umum IT telkom. Berikut penjabaran lebih jelasnya
  • 7. Perspektif Strategic Areas Strategi Mahasiswa lulus tepat waktu Pelanggan Pembangunan Lulusan yang citra di masyarakat bekerja dalam infokom & umum waktu 6 bulan Implementasi Balanced Scorecard untuk analisis kebutuhan fungsional Strategic Areas Pada Strategi inilah yang akan menjadi Lulusan yang mendapatkan IPK 3 dalam skala 4 panduan dalam Publikasi paper minimal 1 paper tiap semester gsional sistem melakukan analisis kebutuhan fun informasi. Strategi areas inilah yang paling dipakai.
  • 8. Stake Holder Langkah-langkah stratigic areas yang diterapkan IT TELKOM  IT TELKOM menjadi  Menentukan apa saja nilai stakeholder yang fungsionalitas.  Sistem Informasi yang dibangun untuk menunjang dan mendukung kinerja profesional Stake Holder. yang diharapkan dari strategi-strategi tersebut.  Mendeskripsikan fungsionalitas berdasarkan setiap strategi yang ada.  Mendeskripsikan fungsionalitas pelengkap berdasarkan nilai yang diharapkan.
  • 9.  Hasil yang di dapat setelah mengimplementasikan langkah-langkah kerja pada bab sebelumnya adalah hasil analisis kebutuhan, fungsional sistem informasi IT telkom, user yang menggunakan fungsionalitas tersebut,beserta nilai yang diharapkan dari adanya fungsionalitas yang dapat di lihat pada tabel berikut:
  • 10. Strategi Areas Nilai Diharapkan Fungsional Database logistik Peningkatan unsur pengamanan Inventarisasi barang Efisiensi pengelolaan logistik, (meminimalkan barang hilang), proses perbaikan dan Permintaan perbaikan sarana User: logistik,Mhs, Dosen Pengadaan barang lebih cepat. Permintaan pergadaan sarana baru Lelang tender online Tender untuk kontraktor yang profesional Jadwal maintenance secara berkala Inventarisasi berkala *Monitoring sarana kuliah Analisis di IT Telkom
  • 11.  Kesimpulan dapat digunakan untuk menentukan kebutuhan fungsional dan juga mampu memetakan fungsionalitas ke divisi serta bergantung dari 2 hal yaitu penjabaran strategi yang mengacu pada strategic areas.
  • 12.  Saran 1. Melaksanakan metode ini dengan membaca bismillah dan bersama top manejemen /perusahaan. 2. Mencoba metode ini sangat efisien dan sangat menentukan funsional sistem perusahaan. 3. Mencoba menggabungkan balance scorecard dengan metode lain untuk menganalisa kebutuhan. Tugas SISTEM INFORMASI STMIK BALIKPAPAN

×