Masyarakat china

6,100 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
6,100
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
88
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Masyarakat china

  1. 1. MASYARAKAT CHINA
  2. 2. Republic of China
  3. 3. Identitas• Ada 56 berbeda diakui kelompok etnis di China. Namun, kelompok etnis terkemuka adalah Cina Han. Sebagian etnis melebur dgn etnis lainnya, tetapi banyak etnis Han berusaha mempertahankan tradisi berbeda budaya & bahasanya.• Istilah Zhonghua Minzu telah digunakan untuk menggambarkan gagasan nasionalisme Cina pada umumnya. Banyak identitas budaya tradisional dalam masyarakat harus dilakukan dengan membedakan nama keluarga .
  4. 4. Struktur Masy Cina• Karena periodeTiga penguasa dan Lima Kaisar, beberapa bentuk raja Cina telah menjadi penguasa utama di atas segalanya.• Periode sejarah yang berbeda memiliki nama yang berbeda untuk berbagai posisi dalam masyarakat. Tetapi pejabat pemerintah dan militer berpangkat tinggi dalam hirarki , dan sisanya penduduk biasa di bawah hukum Cina.
  5. 5. Bahasa• 4.000 tahun pertama bahasa Cina terbagi atas Cina Lama dan Tengah Cina , setelah itu mulai terpecah menjadi berbagai dialek dan bahasa sekitar 1.000 tahun yang lalu. Dalam Dinasti Ming standar bahasa Mandarin dinasionalisasi. Meskipun demikian, baru pada Republik Cina di era 1900-an baru ada hasil yang nyata dalam mempersatukan bahasa di China .
  6. 6. Spiritualitas• Agama Cina pada awalnya berorientasi untuk menyembah dewa tertinggi Shang Di dan Shang selama dinasti Xia, dengan raja dan peramal bertindak sebagai imam. Sebagian besar dari budaya Cina didasarkan pada gagasan bahwa dunia rohani ada. Tak terhitung metode ramalan telah membantu menjawab pertanyaan, bahkan menjabat sebagai alternatif untuk obat. Sering ada garis kabur antara mitos, agama dan fenomena yang tidak dapat dijelaskan. Sementara banyak dewa merupakan bagian dari tradisi, beberapa tokoh suci yang diakui paling termasuk Guan Yin , Jade Kaisar dan Buddha.
  7. 7. Sastra• Sastra China dimulai dengan pencatatan dan ramalan pada Oracle Bones . Banyaknya koleksi buku yang telah diawetkan sejak Dinasti Zhou menunjukkan betapa canggihnya kaum intelektual saat itu. Konsep tercakup dalam teks-teks klasik Cina menyajikan berbagai mata pelajaran termasuk puisi , astrologi , astronomi , kalender , rasi bintang dan banyak lainnya.
  8. 8. Musik dan Seni• Musik di Cina dikenal sejak ditemukan dokumen dan artefak yg awalnya dikembangkan Dinasti Zhou (1122 SM - 256 SM).• Kesenian berkembang di bawah pengaruh filsuf besar, guru, tokoh agama dan bahkan tokoh politik. Kesenian Cina mencakup semua aspek dari seni rupa , seni rakyat dan seni pertunjukan.
  9. 9. Seni Beladiri• Cina adalah salah satu tempat kelahiran utama dari seni bela diri Timur. Seni bela diri Kung Fu pertama kali bernama Wushu . Di China rumah beladiri yg dihormati termasuk Biara Shaolin dan Wudang Mountains .
  10. 10. Arsitektur• Arsitektur Cina dapat ditemukan dari lebih dari 2.000 tahun yang lalu, telah lama menjadi ciri khas budaya. Ada beberapa fitur tertentu yang umum untuk arsitektur Cina, terlepas dari wilayah tertentu atau digunakan. Yang paling penting adalah penekanan pada lebar, sebagai ruang luas dari Kota Terlarang dijadikan contoh. Sebaliknya, arsitektur Barat menekankan pada tinggi, meskipun ada pengecualian seperti pagoda .
  11. 11. Masakan• Banyak berbagai masakan Cina berasal dari praktek masa dinasti kaisar dimana perjamuan dihidangkan dengan 100 piring per makanan. Seiring waktu, banyak masakan menjadi bagian dari budaya sehari-hari warga.
  12. 12. ”Belajarlah hingga ke negeri China.”• Sebagian kalangan di Indonesia juga masih melihat China sebagai negara sosialis komunis yang kaku dan kurang bersahabat. Padahal, sekarang China sudah berubah dan pembangunan ekonominya maju pesat.Perubahan cara berpikir masyarakat China setelah transformasi ekonomi yang dilakukan Deng Xiao Ping tahun 1978 merupakan tahapan penting dari keberhasilan ekonomi China sekarang.
  13. 13. • Perubahan pola pikir masyarakat China yang penting di antaranya adalah ”menjadi kaya merupakan hak kaum sosialis dan kemiskinan bukan bagian dari sosialisme”.• Oleh karena itu, tahun 1980, saat China mengembangkan wilayah Shenzhen sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, dgn poster- poster untuk memotivasi masyarakat sekaligus mengubah cara berpikir mereka disebar di mana- mana yang berbunyi: Time is Money, Efficiency is Life.
  14. 14. Mengatasi Korupsi di Cina• ”Cara lain yang ditempuh China, menempatkan para pejabat pemerintah yang sudah gaek dan berpotensi melakukan korupsi ke posisi yang ’mulia’, tetapi tidak strategis. Posisinya, kemudian digantikan oleh orang- orang muda yang energik dan inovatif,” kata Prof Xue Weng dari Tshinghua University di Beijing.
  15. 15. • Sejak reformasi ekonomi tahun 1997, China mengalami kemajuan pesat. Dari negara yang relatif miskin, China mampu menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata dua digit per tahun dan terpesat di dunia. Selain menjadi eksportir terbesar, China juga menjadi raksasa ekonomi terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat dengan total produk domestik bruto (PDB) nominal 5,7 triliun dollar AS sampai Oktober 2010.
  16. 16. • China juga memiliki cadangan devisa terbesar di dunia, yakni 2,65 triliun dollar AS atau sekitar 30 persen dari total cadangan devisa dunia. Padahal, tahun 2007, cadangan devisanya masih 1,53 triliun dollar AS.
  17. 17. • Industrialisasi di China telah berhasil mengentaskan orang miskin secara signifikan, sementara pendapatan per kapita rata-rata penduduk China saat ini 3.800 dollar AS dengan jumlah penduduk 1,3 miliar jiwa.• Sedangkan pendapatan per kapita rata-rata penduduk Indonesia saat ini 3.000 dollar AS dengan jumlah penduduk 238 juta jiwa, sementara cadangan devisa 91,8 miliar dollar AS.
  18. 18. • Saat ini pertumbuhan ekonomi China sudah mencapai 11 persen. Selama 17 tahun terakhir, China merupakan negara penerima investasi asing langsung (FDI) terbesar di dunia.• Tahun 2009, jumlah FDI di China 96 miliar dollar AS. FDI dimaksimalkan pemanfaatannya untuk menopang strategi pengembangan masing-masing wilayah provinsi/daerah khusus dengan penekanan pada produksi dan ekspor, dimulai dari pesisir pantai timur, dan secara bertahap menjangkau wilayah tengah dan barat yang secara ekonomi masih tertinggal.
  19. 19. • Kunci keberhasilan pembangunan ekonomi China paling tidak karena tiga aspek. Pertama, visi dan perencanaan pembangunan jangka panjang yang solid melalui program Rencana Pembangunan Lima Tahun yang berkesinambungan.• Kedua, strategi pengembangan pengetahuan dasar. Ketiga, kemajuan ekonomi China antara lain karena ditopang birokrasi yang kuat dan efektif yang dimotori Partai Komunis China (PKC).
  20. 20. • Selain itu, produktivitas sumber daya manusia di China sangat tinggi yang berakar pada nilai-nilai utama bangsa China yang menekankan pada ketekunan, kerajinan, hemat, inovatif, disiplin yang tinggi, serta peran warga negara asing keturunan China (huakio). Hal itu semua menjadi faktor pendukung yang sangat positif majunya pembangunan China.• ”Tiga kunci pembangunan itu bisa dimiliki dan diterapkan setiap negara tanpa membedakan sistem politik dan pemerintahannya,” kata Wang Huisheng, Chairman of State Development and Investment Corporation, lembaga yang mengelola perusahaan BUMN di China.
  21. 21. • Sejak tahun 1953-1957, China telah merumuskan strategi pembangunan lima tahunan. Di China, strategi pembangunan selalu dibahas, dievaluasi, dan diperkokoh setiap tahun dalam Kongres Nasional Partai Komunis dengan memerhatikan dinamika dan tantangan perkembangan domestik dan dunia.• Tahun 2010, merupakan akhir dari pelaksanaan Repelita ke-11 China. Repelita itu dijalankan dengan tetap bertumpu dan diarahkan pada pencapaian visi dan tujuan pembangunan tahun 2050 di mana China sudah harus menjadi negara maju.
  22. 22. • Wapres: Semangat Masyarakat Cina Luar Biasa• Wakil Presiden Boediono mengaku terkesan dengan semangat kerja masyarakat China yang sangat tinggi.
  23. 23. • Masyarakat Negeri Tirai Bambu juga memiliki produktivitas dan disiplin tinggi, hingga menjadikan Cina sebagai salah satu negara maju. Wapres menyayangkan dirinya belum melihat semangat itu pada masyarakat Indonesia, minimal di Jakarta. "Semangat mereka sangat luar biasa," kata Wapres Boediono menegaskan. Wapres mengatakan, semangat, produktivitas dan disiplin tinggi merupakan hasil pendidikan yang diterapkan sejak kecil. "Pendidikan dasar sejak kecil menentukan pembentukan sikap dasar. Pendidikan perlu dipelajari lebih baik untuk mengubah sikap dasar," katanya.

×