1
PERENCANAAN
PESAN-PESAN BISNIS
Tujuan pembelajaran:
1. Menjelaskantiga tahapan dalam proses komposisi.
2. Mengetahui tuj...
2
2. Pengorganisasian.
 Ide dituangkan dalam bentuk draf.
 Rangkai kata-kata menjadi kalimat yang mudah
dimengerti
3. Re...
3
TUJUAN KOMUNIKASI BISNIS
CARA MENGUJI TUJUAN
TujuankomunikasiBisnis :
1. Memberi Informasi yang berhubunganbisnis.
2. Me...
4
ANALISIS AUDIEN
CARA MENGEMBANGKAN PROFIL AUDIEN
Pengembangan profil audien akan mudah apabila audiennya
sudah saling me...
5
Lakukanlangkah-langkah sbb untuk mengembangkanprofil
audien :
1. Menentukan ukuran dan komposisi audien
 Audien dalam j...
6
CARA MEMUASKAN AUDIEN AKAN KEBUTUKAN
INFORMASI :
CARA MEMUASKAN KEBUTUHAN
MOTIVASIONAL AUDIENS.
Beberapa jenis pesan ber...
7
PENENTUAN IDE POKOK
Inti dari suatu pesan adalah IDE POKOK, agar ide pokok
sesuai dengan keinginan audiens, maka lakukan...
8
2. Pembatasan Cakupan.
Pada audiens yang anda sudah kenal hendaknya
menggunakan kata-kata singkat.
SELEKSI SALURAN DAN M...
9
Media yang dapat digunakan untuk komunikasi lisan dan
tulisan :
SEKIAN DAN TERIMA
KASIH
Media komunikasi lisan
 Percaka...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

perencanaan perencanaan pesan2 bisnis

4,051 views
3,852 views

Published on

komunikasi bisnis

1 Comment
1 Like
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
4,051
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
93
Comments
1
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

perencanaan perencanaan pesan2 bisnis

  1. 1. 1 PERENCANAAN PESAN-PESAN BISNIS Tujuan pembelajaran: 1. Menjelaskantiga tahapan dalam proses komposisi. 2. Mengetahui tujuan penulisan pesan-pesan bisnis. 3. Menjelaskanpentingnya analisis audiens. 4. Menjelaskanbagaimana memenuhi kebutuhan informasi audiens. 5. Melakukanseleksi saluran dan media komunikasi. A. PEMAHAMAN PROSES KOMPOSISI Tiga fase / tahap proses komposisi : 1. Perencanaan.  Rencanakanmaksud/tujuan komunikasi,  audiens yg akan menerima pesan,  ide pokok pesan-pesan yang akan disampaikan,  saluran /media yang akan digunakan, intonasi  apabila komunikasi langsung,  menyiasati situasi agar tujuan tercapai.
  2. 2. 2 2. Pengorganisasian.  Ide dituangkan dalam bentuk draf.  Rangkai kata-kata menjadi kalimat yang mudah dimengerti 3. Revisi. Lakukanperbaikan apabila diperlukan. B. PENENTUAN TUJUAN Sebelum memutuskan untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis perlu diperhatikan hal-hal sbb : 1. Keputusan untuk meneruskan pesan. Tanyakan pada diri sendiri apakah pesan yang akan disampaikan benar-benar diperlukan ? 2. Keputusan untuk menanggapi audiens. Apa motif mereka memperhatikan pesan yang akan disampaikan. 3. Keputusan untuk memusatkan isi pesan. Pusatkan isi pesan dan masukan informasi yang penting dan releva. 4. Keputusan untuk menetapkan media yang akan digunakan. Gunakan media yang efektif, lisan atau tulisan.
  3. 3. 3 TUJUAN KOMUNIKASI BISNIS CARA MENGUJI TUJUAN TujuankomunikasiBisnis : 1. Memberi Informasi yang berhubunganbisnis. 2. Melalukanpersuasi 3. Kolaborasi (kerja sama) Cara menguji tujuan : 1. Apakahtujuan tersebut realistik ?  Apakahsesuai dgn kemampuan keuangan  Manajerial  Sumber daya  Teknik operasional 2. Apakahwaktunya tepat ? 3. Apakahorang yang menyampaikanpesan sudah tepat. (jabatandan kredibilitas) 4. Apakahtujuan selaras dengan tujuan organisasi perusahaan?
  4. 4. 4 ANALISIS AUDIEN CARA MENGEMBANGKAN PROFIL AUDIEN Pengembangan profil audien akan mudah apabila audiennya sudah saling mengenal, namun sebalikna akansulit apabila audiennya belum dikenal sama sekali. DALAM ANALISIS AUDIEN PERHATIKAN HAL-HAL SBB : 1. Siapa mereka ? 2. Bagaimana pemahaman/pengetahuan mereka ? 3. Latar belakan? 4. U s i a 5. Pendidikan 6. Jenis kelamin 7. Bagaimanaminat mereka 8. Apa yang ingin mereka ketahui. 9. dll
  5. 5. 5 Lakukanlangkah-langkah sbb untuk mengembangkanprofil audien : 1. Menentukan ukuran dan komposisi audien  Audien dalam jumlah kecil/sedikit, materi dapat dikemas dalam suatu laporan sederhana kemudian dipersentasikan, atau dibagikan kepada audien.  Audian dalam jumlah banyak, materi dikemas dalam suatu makalahatau laporan dengan gaya pengorganisasian dan format lebih formal. 2. Siapa audiensnya. Agar komunikasi dapat berjalanlancer, carilah orang yang memegang posisi kunci dalam kelompoktsb. 3. Reaksi audien. Apakah mereka orang-orang yang tidak suka berdebat, tidak kritis, sebaiknya sajikan langsung pada isi pesan kemudian kesimpulan dan saran-saran. 4. Tingkat pemahaman audiens. 5. Hubungan komunikator dengan audien. Apabila komunikator belum dikenal, yakinkan pada audiens bahwa komunikator punya kopensi pada materi yang akan disampaikan.
  6. 6. 6 CARA MEMUASKAN AUDIEN AKAN KEBUTUKAN INFORMASI : CARA MEMUASKAN KEBUTUHAN MOTIVASIONAL AUDIENS. Beberapa jenis pesan bertujuan memotivasi audien, kendala yang dihadapi : Audiens tidak mau merubah sesuatu yang ada dengan hal yang baru. Cara yang dilakukanadalah : 1. Memberikanargumentasi yang bersifat rasional. 2. Menggunakan pendekatan emosi audien. (contoh menjual atau membeli produk yg dapat megangkat status sosial mereka). Cara memuaskan kebututuhaninformasi audiens: 1. Cari apa yang diinginkanaudiens 2. Antisipasipertanyaanyang tidak diungkapkan 3. Berikan semua informasi yang diperlukan 4. Pastika bahwa informasi akurat 5. Tekankanide-ide yang palingmenarik bagi audien
  7. 7. 7 PENENTUAN IDE POKOK Inti dari suatu pesan adalah IDE POKOK, agar ide pokok sesuai dengan keinginan audiens, maka lakukanlangkah- langkah sbb : 1. Tehnik curah pendapat (Brainstorming) mencari berbagai kemungkinan, menguji berbagai alternative. Terdapat lima teknik curah pendapat yaitu : a. Storrytellers Tour b. Random list (menulis segala sesuatu yang ada dalam pikiran. c. Conclusion, Finding, Recommendations worksheet (CFR) gunakan lembar kerja untuk menjelaskan hubungan antara temuan (finding) kesimpulan (conclutions) dan rekomendasi (recommendations) d. Journalistic Approach, memberikanbutir yang baik sebagai langkah awal menentukan ide pokok untuk jawaban pertanyaan SIAPA ? APA? KAPAN? DIMANA? Dan BAGAIMANA? e. Question and Answer chain Tanyakan pada diri sendiri, APA PERTANYAAN POKOK AUDIENS, APA KEINGINAN AUDIENS, APA PERTANYAAN TAMBAHAN YANG MUNGKIN MUNCUL.
  8. 8. 8 2. Pembatasan Cakupan. Pada audiens yang anda sudah kenal hendaknya menggunakan kata-kata singkat. SELEKSI SALURAN DAN MEDIA Sampaikanpesan-pesan bisnis sesuai dengan situasi yang ada, pilihlah saluran dan media yang tepat. Saluran komunikasi terdiri dari : 1. Komunikasi Lisan 2. Komunikasi Tulisan Contoh Komunikasi Lisan dan Tulisan : Komunikasi lisan Komunikasi tertulis apabila menginginkan unpan balik segera dari audiena Apabila tidak memerlukan unpan balik segera Pesan sederhana dan mudah diterima Pesan rinci, kompleks dan memerlukanperencanaan yang hati-hati Tidak memerlukancatan permanen Memerlukancatatan permanen Dapat mengumpulkan audiens lebih mudah dan ekonomis Ingin mencapai audiens yang luas. Menginginkan interaksi dalam memecahkanmasalah Meminimisasi distorsi penyampaian pesan.
  9. 9. 9 Media yang dapat digunakan untuk komunikasi lisan dan tulisan : SEKIAN DAN TERIMA KASIH Media komunikasi lisan  Percakapan langsung, pidato,pertemuan- pertemuan.  Telepondan surat suara  VOIP (voice over internet protocols)  Audiotapedan videotape.  Telekonfferensi dan konferensi video. Media KomunikasiTertulis :  Surat surat, memo, laporan,proposal.  Email  Surat regular dan khusus.  Facsimile. CANTIK KOSMETIK DAN ES PISANG IJO HAJI DAENG NUHU, HARI INI TIDAK IKLAN YANG PENTING ACTION YAH !!!!!!!!

×