0
By: Jazimatul Husna, S.I.P
NIM (1120011002)
1. Pengantar
 (kerjasama)

Pinjam antar perpustakaan (ILL) adalah
salahsatu cara untuk berbagi sumberdaya (koleksi)
di er...
lima kerjasama yang di terapkan di
perpustakan pusat
 Pusat

pengiriman dokumen artikel (Non-retunable) di
perpustakaan R...
2. Mekanisme manajemen (kerjasama)
Pinjam antar perpustakaan (ILL) BALIS


Inti dari layanan BALIS adalah hubungan

antar...
2.1 manajemen organisasi
Perpustakaan pusat









pengelolaan hubungan dengan anggota
perpustakaan;
layanan kont...
2.2 Pengelolaan layanan dan
pelanggan anggota Perpustakaan
Sejak tahun 2009 tercatat lebihdari 80 perpustakaan
umum atau p...
2.3 Subjek layanan perpustakaan;
layanan returnable dan non returnable


Subyek layanan perpustakaan adalah
perpustakaan ...






Enam perpustakaan tersebut adalah: libraries of the
University of Science and Technology Beijing, the
Medical Lib...
2.4 Pembinaan




Pengguna ILL adalah selurus civitas akademika
(mahasiswa, dosen dan karyaawan) suatu perguruan
tingi.
...
2.5 Organisasi dan struktur
manajemen


Struktur organisasi Balis ILL dijelaskan
dalam Gambar 1


dan struktur manajemen BALIS ILL
dijelaskan pada Gambar 2.
3. Proses Layanan ILL Balis




Pelanggan dapat membuat permintaan
menjadi anggota ILL dalam dua cara.
Yang pertama adal...
pengajuan








kunjungi sistem BALIS ILL dan mendaftar
secara online;
mencari katalog untuk informasi item dan l...


Proses ini ditunjukkan dalam Gambar 3.



Untuk item yang dapat dikemalikan
(rreturnable), pengguna dapat mengeck
lewa...
4. Pengembangan layanan Balis
ILL




Layanan ini telah berkembang pesat dalam
dua tahun terakhir. bulan November 2009m
...


Rincian ditunjukkan pada Tabel I.
5. masalah yang dihadapi


Sebagai layanan ILL baru, Balis telah mengalami beberapa
masalah, beberapa di antaranya adalah...
5.2 biaya logistik tinggi


Balis merupakan lembaga pertama yang menggunakan
sebuah perusahaan logistik sebagai pihak ket...
5.3 Fungsional ketidaksempurnaan dari
program


Program Balis ILL dikembangkan oleh sebuah
perusahaan software di Beijing...
5.4 Libur


Layanan Balis ILL dapat diakses selama
semester aktif tapi berhenti di musim
panas dan liburan musim dingin. ...
5.5 pemadatan layanan


Beijing memiliki banyak universitas yang
memiliki sumber bahan unggul dengan
daerah lain, namun m...
6. pengembangan strategi
6.1 Beberapa metode penyampaian


Untuk mengurangi biaya logistik yang tinggi,
metode penyampaia...
6.3 Landasan pengembangan dan
menetapkan peraturan


Dalam rangka melaksanakan layanan BALIS ILL
yang lebih efisien, prog...
7. kesimpulan


Balis ILL telah berkembang pesat dalam
dua tahun terakhir, namun juga
mengalami beberapa masalah. Namun
k...
8. Referensi :








Purbo, O.W. Jaringan Informasi Iptek: visi dunia
pendidikan tinggi. Makalah lepas (tidak
dipubl...
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Sistem informasi pinjam antar perpustakaan akademik di cina , the balis

1,310

Published on

Published in: Education
1 Comment
0 Likes
Statistics
Notes
  • layanan layanan di perpustakaan dapat di sediakan dengan perkembangan yang sqangat pesat, juga secara efektif dan efisien akan semakin berkembang dan maju pula dunia ke pustakawanan dan perpustakaan maka akan semakin menjadi cahaya yang sangat terang bagi kazanah ke ilmuan library and librarian..
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
1,310
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
6
Comments
1
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Transcript of "Sistem informasi pinjam antar perpustakaan akademik di cina , the balis"

  1. 1. By: Jazimatul Husna, S.I.P NIM (1120011002)
  2. 2. 1. Pengantar  (kerjasama) Pinjam antar perpustakaan (ILL) adalah salahsatu cara untuk berbagi sumberdaya (koleksi) di era Teknologi Informasi.  Di Cina banyak organisasi (perpustakaan) yang menerapkan ILL baik secara Organisasi maupun secara Geografis (tempat)  Salahsatunya adalah Beijing Academic Library and Information System (BALIS) http://balis.ruc.edu.cn/index.html, http://202.112.118.46/ywcdwz/index.html, http://59.64.144.53:8080/union/index.jsp) yang di dukung oleh komite perpustakaan perguruan tinggi Beijing
  3. 3. lima kerjasama yang di terapkan di perpustakan pusat  Pusat pengiriman dokumen artikel (Non-retunable) di perpustakaan Renmin University of China  Pusat peminjaman buku (retunable) di Perpustakaan Beijing University of Post and Telecommunications.  Pusat kordinasi Sumberdaya di perpustakaan Beijing Normal University.  Pusat pelatihan di perpustakaan Capital Normal University.  Pusat layanan Informasi Kolaboratif di Perpustakaan University of Science and Technology Beijing. Ada dua sifat pokok BALIS yakni non-retunables dan retunables
  4. 4. 2. Mekanisme manajemen (kerjasama) Pinjam antar perpustakaan (ILL) BALIS  Inti dari layanan BALIS adalah hubungan antar pemberi pinjaman dan peminjam  Balis di jalankan dengan menggunakaan program gerbang terpusat (portal) dan layanan terdistribusi  Program(portal) dipasang di perpustakaan pusat, dan dapat di akses oleh pengguna perpustakaan dan pelanggan website, yang semuanya di kendallikan dari program BALIS
  5. 5. 2.1 manajemen organisasi Perpustakaan pusat        pengelolaan hubungan dengan anggota perpustakaan; layanan konten dan perencanaan pembangunan; mengkoordinasikan layanan untuk perpustakaan anggota; dukungan teknis dan pemeliharaan program; layanan statistik dan subsidi keuangan; negosiasi dengan perusahaan logistik (ekspedisi pengiriman) (hanya cocok untuk pusat pinjaman antar), dan mengembangkan dokumen instruksi untuk manajemen dan layanan.
  6. 6. 2.2 Pengelolaan layanan dan pelanggan anggota Perpustakaan Sejak tahun 2009 tercatat lebihdari 80 perpustakaan umum atau perpustakaan perguruan tinggi di Beijing telah bergabung dan mengajukan diri sebagai anggota. Tanggung jawab mereka adalah:       manajemen pelanggan milik universitas mereka; identitas pelanggan terdaftar; menyediakan jaminan yang diperlukan untuk hilang atau pengembalian non-item; log-on program dan memproses permintaan cepat; melaporkan hasil/progres ke perpustakaan pusat bulanan, dan advokasi dan konsultasi.
  7. 7. 2.3 Subjek layanan perpustakaan; layanan returnable dan non returnable  Subyek layanan perpustakaan adalah perpustakaan khusus yang bertugas untuk memenuhi kebutuhan permintaan dari sistem ILL lainnya, bahkan jika perpustakaaan tidak dapat memenuhi kebutuhan koleksi,maka ada enam perpustakaan yang sanggup untuk memenuhi kebutuhannya..
  8. 8.    Enam perpustakaan tersebut adalah: libraries of the University of Science and Technology Beijing, the Medical Library of Peking University, Beijing Jiaotong University, Beijing Normal University, Beijing University of Post and Telecommunications and Renmin University of China Perpustakaan khusus tersbut di beri wewenang untuk mengakses ILL dari ILL CALIS, sistem ILL NSTL dan sistem ILL Perpustakaan Nasional dll Untuk menjadi perpustakaan anggota, Sebuah perpustakaan anggota biasa harus mengajukan permohonan dan lulus penilaian untuk menjadi perpustakaan layanan subjek. Penilaian biasanya mencakup evaluasi kepemilikan katalog koleksi dari Departemen Pendidikan, koleksi, proyek berbagi sumber daya dan kualitas pasokan dokumennya.
  9. 9. 2.4 Pembinaan   Pengguna ILL adalah selurus civitas akademika (mahasiswa, dosen dan karyaawan) suatu perguruan tingi. Peminjaman di baliis semuanya geratis, termsuk ongkos kirim, namun perlu dicatat, denda di kenakan apabila bahan pustaka rusak atau hilang, untuk bahan pustaka non-returnable, dikenakan jasa pengiriman yang berfariasi, tergantung jumlah halaman, bahasa dan jenis dokumen, namun sampe saat ini jasa tersebut masih gratis.
  10. 10. 2.5 Organisasi dan struktur manajemen  Struktur organisasi Balis ILL dijelaskan dalam Gambar 1
  11. 11.  dan struktur manajemen BALIS ILL dijelaskan pada Gambar 2.
  12. 12. 3. Proses Layanan ILL Balis   Pelanggan dapat membuat permintaan menjadi anggota ILL dalam dua cara. Yang pertama adalah dengan pergi ke perpustakaan langsung dan mengisi formulir. Yang kedua adalah dengan membuat permintaan secara online. Ada dua program sistem untuk ILL Balis : untuk returnables dan untuk nonreturnables.
  13. 13. pengajuan        kunjungi sistem BALIS ILL dan mendaftar secara online; mencari katalog untuk informasi item dan lokasi; mengajukan permintaan; meminta pengolahan; telah item disampaikan; menerima item, dan kembali item materi (langkah ini tidak diperlukan untuk non-returnables).
  14. 14.  Proses ini ditunjukkan dalam Gambar 3.  Untuk item yang dapat dikemalikan (rreturnable), pengguna dapat mengeck lewat ID atau lewat e-mail
  15. 15. 4. Pengembangan layanan Balis ILL   Layanan ini telah berkembang pesat dalam dua tahun terakhir. bulan November 2009m tercatat dilayanan returnable sudah ada 68 anggota dan 57 di pusat non-returnables. permintaan menjadi anggota telah meningkat secara dramatis. Jumlah buku yang disampaikan bulanan telah meningkat dari 74-202. Artikel disampaikan telah meningkat 226-742 per bulan.
  16. 16.  Rincian ditunjukkan pada Tabel I.
  17. 17. 5. masalah yang dihadapi  Sebagai layanan ILL baru, Balis telah mengalami beberapa masalah, beberapa di antaranya adalah masalah manajemen dan beberapa hubungannya dengan fungsi program, uraiaan sebgai berikut. 5.1 lemahnya peraturan bersama   Balis ILLtidak berdiri sendiri, balis tersiri dari banyak anggota, sehingga sulit bagi ILL balis untuk membuat peraturan bersama. karena setiap perpustakaan anggota memiliki peraturan sendiri (Wang, 2009b). Meskipun Balis ILL dapat memperluas lingkup ILL, mereka tidak bisa memaksa anggota perpustakaan untuk mematuhi.
  18. 18. 5.2 biaya logistik tinggi  Balis merupakan lembaga pertama yang menggunakan sebuah perusahaan logistik sebagai pihak ketiga untuk layanan ILL, membantu untuk meningkatkan efisiensi dan menghemat waktu. dan itu adalah aspek yang paling relevan untuk pelanggan. Namun dengan volume meningkat, biaya logistik tinggi menjadi masalah, meskipun memiliki cukup dukungan keuangan. Biaya logistik merupakan bagian terbesar dari biaya berjalan untuk pusat, (Tong, 2010a).
  19. 19. 5.3 Fungsional ketidaksempurnaan dari program  Program Balis ILL dikembangkan oleh sebuah perusahaan software di Beijing , dengan fungsi dasar dapat dipenuhi tetapi ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki. Misalnya statistik dan fungsi akuntansi yang dimodifikasi, pilihan pengiriman yang diperlukan, mail dan bukti pengambilan bahan pustaka, Katalog belum mencakup semua perpustakaan anggota. Misalnya pada jkaatalog untuk referensi dan rterbitan berseri.
  20. 20. 5.4 Libur  Layanan Balis ILL dapat diakses selama semester aktif tapi berhenti di musim panas dan liburan musim dingin. Alasan utama untuk jadwal ini karena tidak ada pustakawan yang cukup dan jumlah permintaan sangat kecil namundisatu sissi sangat nyaman untuk pengguna yang membutuhkan bahan pustaka.
  21. 21. 5.5 pemadatan layanan  Beijing memiliki banyak universitas yang memiliki sumber bahan unggul dengan daerah lain, namun masih ada kekurangan dokumen dari luar negeri, Hong Kong dan Taiwan dll, hal ini karena faktor pendanan dan geografis
  22. 22. 6. pengembangan strategi 6.1 Beberapa metode penyampaian  Untuk mengurangi biaya logistik yang tinggi, metode penyampaian alternatif harus diidentifikasi untuk layanan ILL. Pengguna yang dekat dengan perpustakaan dapat mengambil sendiri, dan untuk koleksi tertentu bisa untuk tidak di kembalikan 6.2 Meningkatkan kerjasama dengan sistem ILL lainnya  Balis ILL akan meningkatkan kerjasama dengan sistem ILL lain seperti CALIS, NSTL, NSTL dan CASHL untuk permintaan yang tidak dapat dipenuhi oleh sistem ILL Balis.
  23. 23. 6.3 Landasan pengembangan dan menetapkan peraturan  Dalam rangka melaksanakan layanan BALIS ILL yang lebih efisien, program yang harus dikembangkan untuk mencari katalog, paket statistik dan akuntansi dan metode pengiriman. Peraturan serikat ILL layanan termasuk berbagai bahan, tanggal jatuh tempo, jam layanan, dll harus ditetapkan dalam waktu dekat.
  24. 24. 7. kesimpulan  Balis ILL telah berkembang pesat dalam dua tahun terakhir, namun juga mengalami beberapa masalah. Namun kami percaya bahwa ILL adalah cara yang paling praktis untuk berbagi sumber daya di Cina hari ini , terutama jika layanan yang efisien dan efektif dapat disediakan.
  25. 25. 8. Referensi :     Purbo, O.W. Jaringan Informasi Iptek: visi dunia pendidikan tinggi. Makalah lepas (tidak dipublikasi). Rahardjo, A. I. Teknologi Informasi: Ancaman Ataukah Peluang Bagi Profesi Pustakawan Indonesia. Makalah pada kongres IPI ke VII, Jakarta 1995. Wang Xiaoli, The BALIS interlibrary loan system: a new network in Beijing, Library, University of Science and Technology Beijing, Beijing, China. Interlending & Document Supply Volume 39 · Number 2 · 2011 ·
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×