Instalasi erlang pada ubuntu

424 views
368 views

Published on

Published in: Technology
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
424
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
5
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Instalasi erlang pada ubuntu

  1. 1. Laporan PKL Hari Pertama Ayu Ramadhan Mulia/ 208000024Instalasi ErlangDikarenakan Projek yang akan dikembangkan oleh Penulis selama melakukan Praktek Kerja Lapangandi PT. Inforsys Indonesia, Batam, berbasiskan bahasa pemrograman Erlang, maka Penulis diwajibkanuntuk menguasai bahasa tersebut. Langkah pertama yang Penulis lakukan adalah dengan melakukanpenginstalan bahasa pemrograman tersebut ke dalam komputer pribadi Penulis. Adapun langkah-langkah yang penulis jalankan agar bahasa pemrograman Erlang dapat terinstal dengan sukses dalamsistem operasi berbasis Ubuntu dapat dijabarkan sebagai berikut: 1. Jalankan komputer yang berbasiskan sistem operasi Ubuntu 2. Klik Application --> Accessories --> Terminal 3. Di kotak dialog Terminal, pastikan kita berada di root mode dengan mengetik “sudo bash” kemudian masukkan password root. 4. Setelah berada di root mode, ketik “apt-get install erlang”
  2. 2. 5. Kemudian sistem akan meminta konfirmasi untuk melanjutkan penginstalan, ketik “y” untuk melanjutkan proses penginstalan6. Sistem akan membaca dan menginstall semua package Erlang yang ada di repository berikut adalah gambar bahwa semua package telah terinstal dengan sukses.
  3. 3. Berikut gambar jika dilihat dari Ubuntu Software Center, semua package dari Erlang sukses terinstal kedalam komputer, ditunjukkan dengan tanda “checklist”.
  4. 4. Setelah sukses terinstall coba jalankan di Terminal dengan mengetikkan “erl”, dan lihat apa yangmuncul.disini ditunjukkanversi dari Erlang yangterinstall yaituR13B03 dengan EshellV5.7.4Informasi yang ditunjukkan diatas hanya akan berguna jika kita mau melaporkan bug (eror, kesalahan,cacat) dan informasi tersebut akan selalu muncul setiap kali kita mengkompile program yang kita buat.

×