Sistem informasi berbasis komputer

9,625 views
9,456 views

Published on

2 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
9,625
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
681
Actions
Shares
0
Downloads
202
Comments
2
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Sistem informasi berbasis komputer

  1. 1. AYU DEWI SARTIKA41812120213SISTEM INFORMASI BERBASISKOMPUTER
  2. 2. KONSEP DASAR SISTEMsebagai suatu kumpulan unsur ataukomponen yang terorganisasi, berinteraksidan saling tergantung satu sam lain.
  3. 3.  SUB SISTEMSub sistem : Perangkat keras (hardware)Perangkat lunak (software)Sub-sub sistem hardware : alat masukan, proses, keluaran.Sub-sub sistem software :Pengertian sub sistem menurut beberapa ahlia. Menurut Norman L. Enger yaitu serangkaian kegiatan yangdapat ditentukan identitasnya yang berhubungan dalam suatusistem.b. Gordon B. Davis yaitu sistem terbagi atas beberapa faktoratau unsur2 ke dalam beberapa sub-sistem.
  4. 4. KARAKTER SISTEMa. Komponen sistem (Componens) Sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksidan bekerja sama membentuk satu kesatuan.b. Batasan sistem (Boundary) Merupakan daerah yang membatasi antara sistem dengan sistemlainnya atau sistem dengan lingkungan luarnya. Dengan batasanini, sistem dipandang sebagai satu kesatuan.c. Lingkungan luar sistem (Environtment) Yaitu bentuk apapun yang berada di luar ruang lingkup yangmempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar dapatmenguntungkan dan dapat juga merugikan.d. Penghubung sistem (Interface) Yaitu sebagai media yang menghubungkan sistem dengan subsistem. Penghubung ini mwmungkinkan sumber-sumber dayamengalir dari suatu sub sistem ke sub sistem lain. Keluaran subsistem akan menjadi masukan bagi sub sistem lainnya.
  5. 5. e. Masukan sistem (Input) Yaitu energi yang dimasukkan ke dalam sistem, yg dapat berupapemeliharaan (maintenance input) dan signal (signal input)f. Keluaran sistem (Output) Yaitu hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadikeluaran yang berguna.g. Pengolah sistem (Proses) Yaitu proses yang mengubah masukan menjadi keluaran.h. Sasaran sistem (Objektive) Suatu sistem harus mempunyai tujuan dan sasaran, kalau tidakmaka operasi sistem tidak akan ada gunanya. Suatu sistemdikatakan berhasil jika sudah mengenai tujuan dan sasaran yangtelah direncanakan.
  6. 6. KLASIFIKASI SISTEMSistem merupakan suatu bentuk integrasi antara satu komponen dengankomponen lain karena sistem memiliki sasaran yangn berbeda untuk setiapkasus yang terjadi di dalam sistem tersebut. diklasifikasikan dari beberapasudut pandangan :1. sistem abstrak dan sistem fisik Sistem Abstrak yaitu sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yangtidak tampak secara fisik, Sistem Fisik yaitu sistem yang ada secara fisik,Contohnya sistem komputer, sistem produksi, sistem penjualan, sistemadministrasi personalia, dsb.
  7. 7. 2. Sistem alamiah dan sistem buatan manusia Sistem alamiah yaitu sistem yang terjadi melalui proses alam, tidakdibuat oleh manusia, Contohnya sistem pemutaran bumi, terjadinya siang malam, pergantianmusim. Sistem buatan manusia yaitu sistem yang melibatkan hubunganmanusia dengan mesin. Contohnya sistem informasi berbasis komputer, karena menyangkutpenggunaan komputer yang berinteraksi dengan manusia.
  8. 8. 3. Sistem deterministik dan sistem probabilistik Sistem deterministik yaitu sistem yang beroperasi dengan tingkah lakuyang dapat diprediksi. Contohnya sistem pemprograman dalam komputer, karena berdasarkanprogram2 komputer yang dijalankan. Sistem probabilistik yaitu sistem yang kondisi masa depannya tidakdapat diprediksi karena mengandung unsur probabilitas. Contohnya sistem pemilu, sistem pemerintahan.
  9. 9. 4. Sistem terbuka dan sistem tertutup Sistem terbuka yaitu sistem yang berhubungan dan dipengaruhi olehlingkungan luarnya, yang menerima masukan dan menghasilkankeluaran untuk sub sistem lainnya. Contohnya sistem perdagangan. Sistem tertutup yaitu sistem yang tidak berhubungan dan tidakdipengaruhi oleh lingkungan luarnya. Sistem ini bekerja secara otomatistanpa ada campur tangan dari pihak luar. Contohnya sistem robotic, sistem arloji, ATM sistem.
  10. 10. SISTEM BERBASIS KOMPUTERSistem berbasis komputer adalah sistem yang komponen atausubsistemnya terdiri dari: Orang Perangkat keras (hardware) komputer Perangkat lunak (software) komputer Basis data Prosedur Dokumentasi
  11. 11. SISTEM INFORMASISistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yangmempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukungfungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategidari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentudengan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan.Sistem informasi dalam suatu organisasi dapat dikatakan sebagaisuatu sistem yang menyediakan informasi bagi semua tingkatan dalamorganisasi tersebut kapan saja diperlukan. Sistem inimenyimpan, mengambil, mengubah, mengolah dan mengkomunikasikaninformasi yang diterima dengan menggunakan sistem informasi atauperalatan sistem lainnya.
  12. 12. A. SIKLUS INFORMASIUntuk memperolah informasi yang bermanfaat bagi penerimanya, perluuntuk dijelaskan bagaimana siklus yang terjadi atau dibutuhkan dalammenghasilkan informasi. Pertama-tama data dimasukkan ke dalam modelyang umumnya memiliki urutan proses tertentu dan pasti, setelah diprosesakan menghasilkan informasi tertentu yang bermanfaat bagi penerima(level managemen). Sebagai dasar dalam membuat suatu keputusan ataumelakukan tindakan tertentu, dari keputusan yang nantinya akandimasukkan kedalam model (proses) begitu seterusnya. Dengan demikianakan membentuk suatu siklus informasi atau (information cycle).
  13. 13. B. KUALITAS INFORMASIKualitas informasi (quality of information) sangat dipengaruhi atauditentukan 3 hal, yaitu :a. Relevan Berarti informasi harus memberikan manfaat bagi pemakainya.Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnyaberbeda. Misalnya informasi mengenai sebab musabab kerusakanmesin produksi kepada akuntan perusahaan adalah kurang relevan danakan lebih relevan bila ditujukan kepada ahli teknik perusahaan.b. Akurat Informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias ataumenyesatkan, dan harus jelas mencerminkan maksudnya. Ketidakakuratan dapat terjadi karena sumber informasi (data) mengalamigangguan atau kesengajaan sehingga merusak atau merubah data-datahasil tersebut.
  14. 14. c. Tepat waktu Informasi yang dihasilkan atau dibutuhkan tidak boleh terlambat(using), informasi yang using tidak mempunyai nilai yang baik, sehinggakalau digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan akanberakibat fatal atau kesalahan dalam keputusan dan tindakan. Kondisidemikian menyebabkan mahalnya nilai suatu informasi, sehinggakecepatan untuk mendapatkan, mengolah dan mengirimkannyamemerlukan teknologi2 terbaru.
  15. 15. SUMBER DAYA SISTEM INFORMASIa.Sumber Daya Manusia1 )End User Computing (EUC)Adalah user yang dapat mengembangkan aplikasi komputer yang digunakan.EUC berkembang karena empat pengaruh :a.Meningkatnya pengetahuan tentang komputerBerbagai tingkatan manajement, terutama ditingkat bawah, diisi oleh orang-orang yang mengerti komputer dengan baik.b.Antrian jasa informasic.Perangkat keras yang murahPemakai dapat memperoleh perangkat keras mereka sendiri dengan memesanpada tempat komputer local melalui telepon dan membayarnya dengan hargayang murah.d.Perangkat lunak jadiMenawarkan dukungan peningkatan dan kemudahan penggunaan danmemampukan perusahaan dan user individu dengan sedikit atau tanpaketerampilan komputer untuk menerapkan sistem berbasis komputer.
  16. 16. 2)Spesialis InformasiSpesialis Informasi bertanggung jawab mengembangkan dan memeliharasistem berbasis computer.Ada lima golongan utama spesialis informasi yaitu :1. Analis systemAnalis sistem bekerjasama dengan user mengembangkan sistem baru danmemperbaiki sistem sekarang yang ada. Analis sistem adalah pakar dalammendefinisikan masalah dan menyiapkan dokumentasi tertulis mengenaicara computer membantu pemecahan masalah.
  17. 17. Fungsi analis sistem Mengidentifikasikan kebutuhan pengguna. Menyatakan secara spesifik sasaran yang harus dipakai untukmemenuhi kebutuhan pengguna. Memilih alternative metode pemecahan masalah yang paling tepat. Merencanakan dan menerapkan rancangan computer.Tugas yang harus dilakukan oleh analis sistem Mengumpulkan dan menganalisis dukumen-dokumen, file-file danformulir yang berkaitan dengan sistem untuk merancang sistem yangbaru. Menyusun dan memberikan rokumendasi berdasarkan data-data yangsudah terkumpul Merancang suatu sistem perbaikan dan mengidentifikasikan aplikasi-aplikasiuntuk penerapannya pada computer.
  18. 18. b. Pengelola database (database administrator)Pengelola database bekerjasama dengan user dan analis sistem menciptakandatabase yang berisi data yang diperlukan untuk menghasilkan informasi bagiuser.c. Spesialis jaringan (network specialist)Spesialis jaringan bekerja dengan analis system dan pengguna dalammembuat jaringan komunikasi data yang menyatukan sumber daya komputasimenyebar. Spesialis jaringan akan menggabungkan kehalian dari bidangbidang komputasi maupun telekomunikasi.d. ProgrammerProgramer menggunakan dokumentasi yang dibuat oleh system analis untukmembuat kode program yang mengubahdata menjadi informasi yangdibutuhkan oleh pengguna.e. OperatorOperator menjalankan peralatan komputasi berskala besar, seperti computermainframe dan server , yang biasanya berlokasi dalam fasilitas komputasiperusahaan. Operator akan memonitor konsol, mengganti kertasprinter, mengelola perusahaa pita dan disk penyimpanan data, sertamelakukan tugas tugas lain yang serupa.
  19. 19. b.Sumber Daya Hardware Sistem Komputer Periperalc.Sumber Daya Software Software Sistem Softrware Aplikasi Prosedurd.Sumber daya Data Data base Basis pengetahuane.Sumber daya network Media Komunikasi Network Support
  20. 20. MODEL SISTEM INFORMASI BERBASISKOMPUTER Sistem Informasi Akuntansiadalah sebuah sistem yang memproses data dan transaksi gunamenghasilkan informasi yang bermafaat untukmerencanakan, mengendalikan, dan mengoperasikan bisnis. Sistem Informasi Manajemenadalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnisyang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan proseduroleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis sepertibiaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem Pendukung Keputusanadalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistemberbasis pengetahuan yang dipakai untuk mendukung pengambilankeputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan.Dapat juga dikatakan sebagai sistem komputer yang mengolah datamenjadi informasi untuk mengambil keputusan dari masalah semi-terstruktur yang spesifik.
  21. 21.  Sistem PakarSistem pakar adalah sistem informasi yang berisi dengan pengetahuan daripakar sehingga dapat digunakan untuk konsultasi. Pengetahuan dari pakardidalam sistem ini digunakan sebagi dasar oleh Sistem Pakar untukmenjawab pertanyaan (konsultasi). Sistem Otomatis Kantoryaitu membantu karyawan untuk membuat dan berbagi dokumen yangmendukung aktivitas kantor sehari-hari.
  22. 22. END USER COMPUTING SEBAGAI MASALAH STRATEGISTingkat- tingkat kemampuan pemakai akhir dapat digolongkan sbb :1. Pemakai akhir tingkat menu (Menu level end user)Pada tingkat ini pemakai hanya mampu berkomunikasi dengan perangkatlunak jadi dengan menggunakan menu-menu yang ditampilkan olegperangkat lunak berbasis Window dan mac.2. Pemakai akhir tingkat perintah (command level end user)Pada tingkat ini pemakai mampu menggunakan perangkat lunak jadi yanglebih sekedar memilih menu (dapat menggunakan bahasa perintah dariperangkat lunak untuk melaksanakan operasi aritmatika dan logika padadata)3. Pemakai akhir (End user programmers)Pada tingkat ini pemakai mampu menggunakan bahasa-bahasapemograman.
  23. 23. JENIS-JENIS APLIKASI PEMAKAI AKHIRa. system pendukung keputusan yang relative mudahb. Aplikasi kantor virtual yang memenuhi kebutuhan perseoranganSelebihnya adalah tanggung jawab spesialis informasi untuk bekerjasama dengan pemakai dalam mengembangkan:a. Aplikasi SIM dan SIAb. DDS yang rumitc. Sistem berbasis pengetahuand. Aplikasi kantor virtual yang memenuhi kebutuhan organisasionalSelama keragaman dalam dampak EUC berlanjut, yang memangseharusnya akan selalu ada kebutuhan akan spesialis informasi.
  24. 24. MANFAAT END-USER COMPUTING a. Menyeimbangkan kemampuan dan tantangan, pemindahan bebankerja dari pengembangan system ke area pemakai membebaskan paraspesialis untuk berkonsentrasi pada system yang runit dan berlingkuporganisasi, sehingga mereka dapat bekerja lebih baik pada area bidangtersebut. b. Mengurangi kesenjangan komunikasi, kesulitan komunikasi antarapemakai dan para spesilais informasi telah mengganggu perkembangansystem sejak masa awal adanya computer. Pemakai memahami bidangpermasalahan dengan lebih baik dari pada teknologi computer.kedua manfaat ini menghasilkan pengembangkan system yang lebih baikdibandingkan jika spesialis informasi berusaha mengerjakan sebagian besarpekerjaan itu sendiri.
  25. 25. Resiko End-User ComputingPerusahaan dihadapkan pada resiko ketika para pemakai mengembangkansistem mereka sendiri antara lain adalah :• Sistem yang buruk sasarannya• Sistem yang buruk rancangan dan dokumentasinya.• Penggunaan Sumber daya informasi yang tidak efisien• Hilangnya Integritas Data• Hilangnya keamanan• Hilangnya pengendalian
  26. 26. TERIMA KASIH

×