Your SlideShare is downloading. ×
0
Jaringan komputer
Jaringan komputer
Jaringan komputer
Jaringan komputer
Jaringan komputer
Jaringan komputer
Jaringan komputer
Jaringan komputer
Jaringan komputer
Jaringan komputer
Jaringan komputer
Jaringan komputer
Jaringan komputer
Jaringan komputer
Jaringan komputer
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Jaringan komputer

1,858

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
1,858
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
12
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. JARINGAN KOMPUTERAYU DEWI SARTIKA41812120213
  • 2. DEFINISI JARINGAN KOMPUTER Jaringan komputer merupakan suatu sistem yang terdiri dari komputer-komputer dan perangkat-perangkat jaringan lainnya yang terhubungsatu sama lain, bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan. Perangkatjaringan sangat penting untuk berlangsungnya hubungan ataukomunikasi antar komputer. Informasi berpindah dari komputer ke komputer lainnya denganmenggunakan jaringan daripada melalui perantara manusia. Sehinggamembuat pertukaran informasi menjadi lebih mudah dan cepat. Kebanyakan jaringan dasar memiliki dua buah komputer yangberkomunikasi satu sama lain dengan medium kabel ataupun mediumlainnya. Ketika komputer Anda terhubung ke komputer lain, Anda dapatmemindahkan informasi dengan cepat dan efisien.
  • 3. TUJUAN MEMBANGUN JARINGAN KOMPUTER Ada beberapa hal yang masih dirasa menjadi kendala, yaitu : 1. Masih mahalnya fasilitas komunikasi yang tersedia dan bagaimanamemanfaatkan jaringan komunikasi yang ada secara efektif dan efisien. 2. Jalur transmisi yang digunakan tidak benar – benar bebas darimasalah gangguan (noise).
  • 4. MANFAAT JARINGAN KOMPUTER Sharing resourcesDapat digunakan secara bersama-sama seperti program, peralatansehingga dapat dimanfaatkan setiap orang yang ada pada jaringankomputer tanpa harus terpengaruh oleh lokasi. Media komunikasiDapat memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna jaringan,baik itu untuk teleconference, instant messaging, chatting, mengirim suratelektronik (e-mail) maupun mengirim informasi penting lainnya. Integrasi dataDapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, setiap prosesdata tidak harus dilakukan pada satu komputer saja melainkan dapatdidistribusikan ke tempat lainnya atau dengan kata lain dapat dikerjakanoleh komputer-komputer lain yang ada dalamjaringan.
  • 5.  Keamanan dataSistem jaringan komputer dapat memberikan perlindungan terhadapdata melalui pengaturan hak akses pengguna dan password, sertateknik perlindungan yang lainnya. Web BrowsingUntuk mengakses informasi yang ada pada jaringan, contohnya webbrowsing. Hampir setiap orang yang membaca tulisan ini mungkinpernah menggunakan browser web (seperti Internet Explorer, MozillaFirefox, Netscape, Opera dan yang lainnya). Browser webmemungkinkan kita untuk melihat informasi yang ada di dalam sebuahweb server di suatu tempat di dalam Internet. Pengembangan dan pemeliharaan menjadi mudah dan menghematbiaya.Misalnya pada suatu perusahaan dapat menghemat peralatan yangharus digunakan.
  • 6. JANGKAUAN JARINGAN KOMPUTER Local Area Network (LAN)LAN menggambarkan suatu jaringan yang menjangkau area yangterbatas, misalnya satu kantor satu gedung, di mana komputer yangmempunyai jaringan fisik berdekatan atau dengan lainnya. Biasanyaantarnode tidak jauh dari sekitar 200 m. Metropolitan Area Network (MAN)MAN merupakan jaringan dengan area lebih luas dari LAN, yang bisaterdiri dari dua atau lebih LAN yang dihubungkan bersama-samadalam batas-batas kira-kira suatu kawasan metropolitan atau satukota. Jarak maksimum yang dijangkau MAN kira-kira 80 kilometer. Wide Area Network (WAN)WAN adalah jaringan yang jangkauan area geografik paling luas, bisaantarpulau, Negara, benua, bahkan bisa keluar angkasa. WANbiasanya sudah menggunakan media wireless, sarana satelit,ataupun kabel serat optic, karena jangkauannya yang lebih luas.Contoh terbaik dan sangat terkenal adalah Internet.
  • 7. LOCAL AREA NETWORK (LAN)a. Jaringan Peer to PeerJaringan komputer Peer to Peer (PC to PC) adalah jaringan komputeryang hanya menghubungkan dua komputer dimana kedua komputerbisa menjadi server maupun client, jadi tidak ada perbedaan antaraclient dan server. Dalam pemasangan Jaringan Peer to Peer anda tidakperlu memakai hub karena dalam tipe jaringan dua komputer (PC to PC)ini dapat langsung dihubungkan dengan 1 kabel UTP.Keunggulan Biaya instalasi yang lebih murah. Tidak memerlukan OS Khusus untuk server. Tidak membutuhkan administrator. Kelangsungan jaringan tidak bergantung pada server, Jadi, ketikasalah satu PC / Laptop mengalami gangguan , maka jaringan tidakakan terganggu.
  • 8. Kelemahan Tingkat keamanan kurang. Tidak cocok digunakan untuk Jaringan berskala besar dankompleks. Troubleshooting jaringan lebih sulit. Kemampuan kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringanClient Serverb. Jaringan Client-ServerServer adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain di dalam jaringan,dan client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yangdisediakan oleh server.
  • 9. Keunggulan Kecepatan akses lebih tinggi karena server tidak dibebani tugaslain sebagai workstation. Menyediakan user account, sistem keamanan dan accesscontrol secara terpusat, hal ini menyederhanakan pengelolaanjaringan. Dengan menyediakan peralatan yang lebih powerfull akanberakibat efisiensi pengaksesan resource jaringan akan lebihbaik.Kelemahan Ketika server mengalami kerusakan akan berakibat sistem jaringantidak dapat digunakan. Dibutuhkan user yang memiliki kemampuan untuk mengelola server Budget yang dibutuhkan relatif lebih besar dibandingkan dengansistem jaringan peer-to-peer.
  • 10. Elemen Dasar LANMeliputi komponen hardware dan software:1. Komponen Fisik LANPersonal Computer (PC), Network Interface Card (NIC), Kabel,Topologi jaringan.2. Komponen Software LANSistem Operasi Jaringan, Network Adapter Driver, ProtokolJaringan.
  • 11. Topologiadalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan yanglainya sehingga membentuk sebuah Jaringan, topologi biasa dirancang agar kita tau bagaimana jaringan yang akan dibangun.a. Topologi BusTopologi jaringan BUS hanya menggunakan satu kabel untukmenghubungkan komputer server dan client, sehingga sering terjadierror pada saat pengiriman data. tetapi dalam menggunakan topologiini tentu akan hemat.
  • 12.  Topologi StarTopologi jaringan komputer STAR memiliki banyak kelebihansehingga topologi star paling banyak digunakan saat ini, salah satukelebihannya yaitu mudah untuk mengetahui komputer yangbermasalah karena topologi ini menggunakan switch/hub sebagaipenghubung. dan juga akan sangat mudah jika anda inginmenambahkan client tanpa menggangu client lainnya. kelemahannyayaitu memerlukan biaya yang lebih besar, karena menggunakanbanyak kabel
  • 13.  Topologi RingTopologi cincin adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titikyang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikiansehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.
  • 14.  Topologi HirarkhiBerbentuk seperti pohon bercabang yang terditi dari komputer induk(host) yang diswitch dengan node lain secara berjenjang, biasanyatopologi ini digunakan oleh perusahaan besar atau lembaga besaryang mempunyai beberapa cabang daerah, sehingga data dari pusatbisa didistribusikan ke cabang atau sebaliknya.
  • 15. TERIMA KASIH

×