MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI

16,449 views

Published on

MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI (NOTA0

Published in: Education
0 Comments
4 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
16,449
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
7
Actions
Shares
0
Downloads
412
Comments
0
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI

  1. 1. MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI Dra. Gebi Dwiyanti, M.Si. Jurusan Pendidikan Kimia Universitas Pendidikan Kimia
  2. 2. PENGERTIAN INKUIRI  Inquiry : pertanyaan, pemeriksaan, penyelidikan  Kuslan & Stone Pengajaran dimana guru dan siswa mempelajari peristiwa-peristiwa ilmiah dengan pendekatan dan jiwa para ilmuwan.  Sund & Trow Gridge (1973) Proses menemukan dan menyelidiki masalah, menyusun hipotesa, merencanakan eksperimen, mengumpulkan data, dan menarik kesimpulan hasil pemecahan masalah.  W. Gelly (1984) Suatu kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan meyelidiki secara sistematik, kritis, logis, dan analisis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri.  Oemar Hamdik (1999) Suatu strategi yang berpusat pada siswa dimana kelompok-kelompok siswa ke dalam suatu persoalan atau mencari jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan di dalam suatu prosedur dan struktur kelompok yang digariskan secara jelas.
  3. 3. BENTUK-BENTUK INKUIRI S I T U A S I A. Dipimpin penuh, langkah demi langkah, menuju kesimpulan yang telah ditentukan B. Dipimpin penuh dalam merumuskan masalah C. Sedikit bimbingan dalam merumuskan masalah D. Tanpa bimbingan dalam merumuskan masalah G. Tanpa bimbingan apapun F. Sedikit dibimbing dalam merumuskan masalah E. Dipimpin penuh dalam merumuskan masalah Dibimbing dalam memecahkan masalah. Tidak mengarah pada kesimpulan yang telah ditentukan lebih dahulu. Tanpa bimbingan dalam memecahkan masalah K E S I M P U L A N
  4. 4. CIRI-CIRI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI  Menggunakan keterampilan proses  Jawaban yang dicari siswa tidak diketahui terlebih dahulu  Siswa berhasrat untuk menemukan pemecahan masalah  Suatu masalah ditemukan dengan pemecahan siswa sendiri  Hipotesis dirumuskan oleh siswa untuk membimbing percobaan atau eksperimen.  Para siswa mengusulkan cara-cara pengumpulan data dengan mengumpulkan data, mengadakan pengamatan, membaca atau menggunakan sumber lain.  Siswa melakukan penelitian secara individu atau berkelompok untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk menguji hipotesis tersebut.  Siswa mengolah data sehingga mereka sampai pada kesimpulan.
  5. 5. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN INKUIRI Observasi atau pengamatan terhadap berbagai fenomena alam Mengajukan pertanyaan tentang fenomena yang dihadapi Mengajukan dugaan atau kemungkinan jawaban Mengumpulkan data yang terkait dengan pertanyaan yang diajukan Merumuskan kesimpulan- kesimpulan berdasarkan data
  6. 6. SASARAN PEMBELAJARAN INKUIRI A. Sasaran Kognitif  Memahami bidang khusus dari materi pelajaran  Mengembangkan keterampilan proses sains.  Mengembangkan kemampuan bertanya, memecahkan masalah, dan melakukan percobaan.  Menerapkan pengetahuan dalam situasi baru yang berbeda.  Mengevaluasi dan mensintesis informasi, ide, dan masalah baru.  Memperkuat keterampilan berpikir kritis.
  7. 7. SASARAN PEMBELAJARAN INKUIRI (2) B. Sasaran Afektif  Mengembangkan minat terhadap pelajaran dan bidang ilmu.  Memperoleh apresiasi untuk pertimbangan moral dan etika yang relevan dengan bidang ilmu tertentu.  Meningkatkan intelektual dan intregitas.  Mendapatkan kemampuan untuk belajar dan menerapkan materi pengetahuan.
  8. 8. KELEBIHAN PENGGUNAAN INKUIRI  Meningkatkan potensi intelektual siswa.  Lebih berpusat pada siswa.  Dapat membentuk dan mengembangkan konsep diri pada siswa.  Tingkat pengharapan bertambah.  Dapat mengembangkan bakat yang dimiliki siswa.  Menghindarkan siswa dari cara-cara belajar dengan menghafal.  Memberikan waktu pada siswa untuk mengasimilasi dan mengakomodasi informasi.

×