0
COMLABS
Computer Laboratory
DASAR-DASAR OPERASI MATLAB
1. Pengenalan Matlab
ATLAB berasal dari kata Matrix Laboratory. Ver...
COMLABS
Computer Laboratory
Gambar 1. Desktop Matlab R2012a
Berikut ini dijelaskan beberapa bagian-bagian pada desktop Mat...
COMLABS
Computer Laboratory
 doc
Perintah yang digunakan untuk membuka menu help.
 clc
Perintah yang digunakan untuk mem...
COMLABS
Computer Laboratory
4. Operator
 Operator Penugasan
= Inisialisasi
 Operator Aritmatika
+ Penambahan
- Pengurang...
COMLABS
Computer Laboratory
b =
20
>> c=30;
>> d=40;
>> test = 'Hello World';
>> test
test =
Hello World
OPERASI ARRAY
1. ...
COMLABS
Computer Laboratory
Contoh :
x = logspace(1,2,4)
x =[baris1 ; baris2 ; baris3]
membuat vektor baris x yang memuat ...
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Matlab Tutorial Chapter 1

342

Published on

Matlab Tutorial Chapter 1

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
342
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
27
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Transcript of "Matlab Tutorial Chapter 1"

  1. 1. COMLABS Computer Laboratory DASAR-DASAR OPERASI MATLAB 1. Pengenalan Matlab ATLAB berasal dari kata Matrix Laboratory. Versi pertamanya ditulis di University of New Mexico dan Stanford University pada akhir tahun 70-an, dimaksudkan untuk memecahkan permasalahan di teori matriks, aljabar linier, dan analisa numerik. Matlab merupakan bahasa komputasi teknik yang lebih mudah dan lebih canggih dalam penggunaannya dibandingkan dengan bahasa teknik pendahulunya seperti FORTRAN, BASIC, PASCAL. Matlab yang saat ini digunakan kemampuannya melampaui Matrix Laboratory yang sebenarnya. Matlab adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi untuk perhitungan teknik. Isinya mencakup perhitungan, visualisasi, dan pemrograman dalam lingkungan yang mudah digunakan dimana masalah dan solusinya ditampilkan dalam notasi matematika yang sudah dikenal. Kegunaan Matlab secara umum adalah untuk : • Matematika dan Komputasi • Pengembangan dan Algoritma • Pemodelan, simulasi dan pembuatan prototype • Analisa Data, eksplorasi dan visualisasi • Pembuatan apilikasi termasuk pembuatan graphical user interface Matlab adalah sistem interaktif dengan elemen dasar array yang merupakan basis datanya. Array tersebut tidak perlu dinyatakan khusus seperti pada bahasa pemograman yang ada saat ini. Hal ini memungkinkan anda untuk memecahkan banyak masalah perhitungan teknik, khususnya yang melibatkan matriks dan vektor dengan waktu yang lebih singkat dari waktu yang dibutuhkan untuk menulis program dalam bahasa C atau Fortran. Untuk memahami Matlab, terlebih dahulu anda harus sudah paham mengenai matematika terutama operasi vektor dan matriks, karena operasi matriks merupakan inti utama dari Matlab. Pada intinya Matlab merupakan sekumpulan fungsi-fungsi yang dapat dipanggil dan dieksekusi. Fungsi-fungsi tersebut dibagi-bagi berdasarkan kegunaannya yang dikelompokan didalam toolbox yang ada pada Matlab. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai toolbox yang ada pada Matlab dan fungsinya anda dapat mencarinya di website http://www.mathworks.com 2. Desktop Matlab Desktop Matlab atau yang lebih dikenal dengan tampilan pada lembar kerja Matlab. Pada umumnya tampilan desktop Matlab dapat diubah sesuai dengan kebutuhan maupun kenyamanan dalam bekerja. Tampilan Matlab ini berisi tools yang dapat digunakan untuk mengatur file, variabel dan aplikasi-aplikasi yang terdapat pada Matlab. Dibawah ini merupakan desktop umum yang terdapat pada Matlab R2012a.
  2. 2. COMLABS Computer Laboratory Gambar 1. Desktop Matlab R2012a Berikut ini dijelaskan beberapa bagian-bagian pada desktop Matlab a. Command Window Command window digunakan untuk memasukkan perintah secara langsung untuk setiap baris yang akan dieksekusi. Command window ini juga biasa digunakan untuk membuat variabel dan menjalankan fungsi atau M-Files. Setiap perintah yang ditulis pada command window akan langsung ditampilkan. Jika perintah yang dimasukkan salah, maka akan menampilakn pesan error. b. Command History Untuk setiap perintah yang dijalankan pada command window akan tersimpan semuanya pada command history secara automatis. Sehingga kita dapat melihat perintah yang telah lalu dan mengeksekusinya kembali. c. Teks Editor (M-Files) Teks editor digunakan untuk membuat dan menjalankan M- files. Teks editor ini hampir sama dengan beberapa teks editor lainnya. Namun dalam hal ini terdapat beberapa kelebihan dalam mengeksekusi program yakni dapat menjalankan secara tahap per tahap (step by step). d. Current Folder Current folder merupakan posisi folder berada saat menjalankan Matlab. Folder ini dapat ditujukan untuk menjalankan file .m atau M-files. e. Workspace Workspace merupakan suatu tools yang akan menyimpan variabel dan nilainya untuk sementara dan menyimpan hasil untuk setiap perhitungan. 3. Dasar-dasar Perintah pada Matlab Berikut di bawah ini terdapat beberapa perintah dasar dari matlab yang sering digunakan pada command window :  date Perintah yang digunakan untuk mengetahui tanggal saat ini.  help Perintah yang digunakan untuk mengetahui informasi yang dimiliki oleh matlab.
  3. 3. COMLABS Computer Laboratory  doc Perintah yang digunakan untuk membuka menu help.  clc Perintah yang digunakan untuk membersihkan layar command window.  clear Perintah yang digunakan untuk menghapus variable.  delete Perintah yang digunakan untuk menghapus file.  close all Perintah yang digunakan untuk menutup semua figure.  length(a) Perintah yang digunakan untuk mengetahui panjang elemen dari variabel x.  size(a) Perintah yang digunakan untuk mengetahui ukuran matriks dari variabel x.  prod Perintah yang digunakan untuk mengalikan seluruh elemen array.  sum(a) Perintah yang digunakan untuk menjumlahkan seluruh isi file pada variable a.  cd Perintah yang digunakan untuk mengakses folder.  pwd Perintah yang digunakan untuk mengetahui alamat folder saat ini.  dir Perintah yang digunakan untuk menampilkan isi dari folder.  mkdir Perintah yang digunakan untuk membuat folder baru.  open Perintah yang digunakan untuk membuka file.  whos Perintah yang digunakan untuk mengetahui variable yang ada pada workspace dan lengkap dengan keterangannya.  who Perintah yang digunakan untuk mengetahui variable yang ada pada workspace.  save Perintah yang digunakan untuk menyimpan data.  load Perintah yang digunakan untuk membuka data.  input Perintah yang digunakan untuk meminta user untuk memasukkan data dari keyboard.  disp Perintah yang digunakan untuk menampilkan tulisan.  fprintf Perintah yang digunakan untuk menampilkan data dalam tulisan.  echo Perintah yang digunakan untuk menampilkan setiap sintaks pada M-Files ketika program dieksekusi.  exit / quit Perintah yang digunakan untuk keluar dari matlab.
  4. 4. COMLABS Computer Laboratory 4. Operator  Operator Penugasan = Inisialisasi  Operator Aritmatika + Penambahan - Pengurangan * Perkalian / Pembagian ^ Pemangkatan  Operator Perbandingan < Kurang dari <= Kurang dari sama dengan > Lebih dari >= Lebih dari sama dengan == Sama dengan != Tidak sama dengan  Operator Logika && Logika AND | | Logika OR ! Logika Not 5. Input dan Display Dalam beberapa hal terkadang kita membutukan interaksi dengan pengguna untuk memasukaan data tertentu di beberapa sintaks program. Dalam hal ini kita bisa gunakan cara sederhana, yakni dengan command input. Untuk menampilkan teks pada layar command window dengan menggunakan command disp. Contoh : disp('Selamat') a=input('Nilai a = '); Contoh sintaks dasar : >> 1.5+0.8 ans = 2.3000 >> 2*4-1/2 ans = 7.5000 >> 3*(4+5) ans = 27 >> a=10 a = 10 >> b=20
  5. 5. COMLABS Computer Laboratory b = 20 >> c=30; >> d=40; >> test = 'Hello World'; >> test test = Hello World OPERASI ARRAY 1. Dasar-Dasar Array Variabel pada umumnya hanya dapat digunakan untuk menyimpan sebuah nilai saja, sehingga dibutuhkan suatu variabel khusus yakni variabel array atau variabel berindeks. Variabel array ini dapat digunakan untuk menampung banyak data dalam sebuah variabel yang memiliki tipe data yang sama. Array yang merupakan hal terpenting pada matlab, penguasaan akan hal ini merupakan kunci untuk menggunakan matlab secara efisien. Beberapa cara untuk membuat array : x = [2 3 4] atau x = [2,3,4] membuat vektor baris x yang memuat nilai-nilai yang diberikan secara langsung. x=[2,3,4,5] x=[5 6 7 8] x = awal : akhir membuat vektor baris x dimulai dengan nilai awal dan diakhiri dengan nilai akhir dengan interval satu (1). Contoh : x=1:10 x = awal : kenaikan : akhir membuat vektor baris x dimulai dengan nilai awal dan diakhiri dengan nilai akhir dengan interval sebesar nilai kenaikan. Contoh : x = 1 : 0.5 : 10 x = linspace(awal,akhir,n) membuat vektor baris x diawali dengan nilai awal dan diakhiri dengan nilai akhir dengan interval sepanjang elemen array. Contoh : x = linspace(1,10,5) x = logspace(awal,akhir,n) membuat vektor baris x dengan interval logaritma dimulai dengan 10awal diakhiri dengan 10akhir dan mempunyai elemen sepanjang n.
  6. 6. COMLABS Computer Laboratory Contoh : x = logspace(1,2,4) x =[baris1 ; baris2 ; baris3] membuat vektor baris x yang memuat nilai-nilai yang diberikan secara langsung dan semicolon sebagai pergantian baris. Contoh : x =[1 2 3 ; 4 5 6 ; 7 8 9] [baris,kolom]=find(x>3) cara untuk mencari indeks baris dan kolom dengan syarat yang tertera pada fungsi find. Lampiran 1 Contoh 1 Contoh 2 t=0:0.1:3; x=sin(0.7*pi*t); plot(t,x) a=input('Nilai a = '); b=input('Nilai b = '); c=a*b; fprintf('Hasil perkalian a & b = %in',c);
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×