Musik ansambel

27,226 views
26,400 views

Published on

0 Comments
7 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
27,226
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
241
Actions
Shares
0
Downloads
359
Comments
0
Likes
7
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Musik ansambel

  1. 1. MUSIK ANSAMBEL Bila sajian musik ituhanya terdiri dari permainan alat musik secara bersama-sama dinamakan musik ansambel. Ansambel berasal dari kata ensemble yang berarti bersama-sama. Dari arti tersebut, musik ansambel dapat dimaknai sebagai sebuah sajian musik yang dilakukan seacra bersama-sama dengan menggunakan satu jenis alat musik atau jenis alat musik. Jenis alat musik 1. Berdasarkan sumber bunyinya A. Alat musik berdawai Alat musik ini memiliki sumber bunyi yang berasal dari dawai-dawai yang dipetik atau atau digesek. Alat musik berdawai yang dipetik misalnya:, harpa, ukulele, banjo, gitar dan lain lain. Sedangkan yang digesek misal rebab, viola, violin dan lain lain. B. Alat musik tiup Alat musik in I dibagi menjadi 2 yaitu a. Alat musik tiup kayu, dapt menghasilkan nada karena getaran yang dijepit dibibir dan ditiup atau pula karena udara di dalamnya. Contoh : suling, flute, saxophone, dan clarinet. b. Alat musik tiup logam menggunakan getaran bibir yang meniup. Contoh: tuba, terompet, dan french horn.
  2. 2. C. Alat musik bertuts Alat musik ini memiliki bilhan-bilahan nada dengan getaran sumber bunyi yang bermacam-macam. Misalnya pianika, melodion, akordeon dengan lidah kidah, piano dengan dawai, dan organ dengan pipa-pipa. Ada pula yang sumber bunyinya elektrik. D. Alat musik perkusi Alat musik ini menggunakan getaran yang ditimbulkan karena alat tersebut dipukul atau dikocok, sehingga alat musik perkusi disebut alat musik pukul. Alat musik ini di bagi menjadi 2: a. Alat musik perkusi bernada, misalnya timpani, xylophone, slenthem, angklung, kolintang, gambang, kenong, tifa, dan totobuang.
  3. 3. b. Alat musik perkusi tidak bernada. Misalnya: tamborin, marakas, kendang, drum, rebana. 2. Berdasarkan fungsinya dalam pergelaran A. Alat musik melodis Alat musik ini merupakan alat musik yang digunakan untuk memainkan rangkaian nada-nada atau melodi sebuah lagu. Misalnya biola, recorder, flute dan gitar melodi. B. Alat musik ritmis Alat musik ini merupakan alat musik yang dalam permainannya memberikan irama tertentu dalam pergelaran musik. Hal ini juga berhubungna dengan ketukan (pulsa) dan birama. Misalnya kendang, kelompok drum, gong, tamborin, rebana. C. Alat musik harmonis Alat musik ini yaitiu alat musik yang didalam permainan lebih berperan sebagai pembawa paduan nada (akor). Mislanya ukelele, dan kolintang pengiring.
  4. 4. 3. Berdasarkan cara memainkan Alat musik tiup menghasilkan suara sewaktu suatu kolom udara didalamnya digetarkan. Tinggi rendah nada ditentukan oleh frekuensi gelombang yang dihasilkan terkait dengan panjang kolom udara dan bentuk instrumen, sedangkan timbre dipengaruhi oleh bahan dasar, konstruksi instrumen dan cara menghasilkannya. Contoh alat musik ini adalah trompet dan suling. Alat musik pukul menghasilkan suara sewaktu dipukul atau ditabuh. Alat musik pukul dibagi menjadi dua yakni bernada dan tidak bernada. Bentuk dan bahan bagian-bagian instrumen serta bentuk rongga getar, jika ada, akan menentukan suara yang dihasilkan instrumen. Contohnya adalah kolintang (bernada), drum (tak bernada), dan bongo (tak bernada). Alat musik petik menghasilkan suara ketika senar digetarkan melalui dipetik. Tinggi rendah nada dihasilkan dari panjang pendeknya dawai. Alat musik gesek menghasilkan suara ketika dawai digesek. Seperti alat musik petik, tinggi rendah nada tergantung panjang dan pendek dawai.

×