Guadalajara

321 views

Published on

Published in: Travel
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
321
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
1
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Guadalajara

  1. 1. Guadalajara-meksiko Guadalajara adalah ibu kota negara bagian jalisco, salah satu negara bagian di meksiko. Kota yang terletak di wilayah pasifik-barat meksiko ini adalah kota terpadat kedua di meksiko, dan kota terbesar ke-10 di amerika latin dalam hal populasi, daerah urban dan produk domestik bruto. Nama guadalajara sendiri berasal dari bahasa arab yaitu wadi al hijara yang berarti sungai atau lembah batu. Meskipun kota ini termasuk kota industri, tetapi ada banyak industri tradisional yang masih bertahan dan tetap menjadi bagian penting dari kota seperti sepatu, tekstil dan pengolahan makanan. Guadalajara juga dikenal sebagai pusat budaya meksiko, itu karena guadalajara merupakan tempat lahirnya musik mariachi dan menjadi tuan rumah bagi sejumlah acara budaya berskala besar seperti festival film internasional guadalajara dan guadalajara international book fair dan sejumlah kegiatan budaya lain yang menarik perhatian orang banyak internasional. Pada tahun 2007, sebuah laporan di majalah fdi menunjuk penelitian menunjukkan bahwa guadalajara memperoleh peringkat tertinggi dari kota-kota besar di meksiko. Laporan tersebut melanjutkan untuk dicatat bahwa guadalajara memiliki potensi ekonomi terkuat kedua di amerika utara, hanya sedikit tersaingi oleh chicago. Penelitian yang sama mencatat guadalajara sebagai " kota masa depan " karena banyaknya populasi pemuda, tingkat pengangguran yang rendah dan besarnya transaksi investasi asing, tambahan lagi, guadalajara juga dikenal sebagai kota bisnis paling ramah bisnis ketiga di amerika utara.
  2. 2. 1. Sejarah guadalajara Sebelum melihat berbagai keunikan yang bisa anda temukan di kota guadalajara, kami sampaikan pada terlebih dahulu sejarah kota guadalajara. Kota ini sempat mengalami perpindahan sebanyak tiga kali sebelum sampai pada tempatnya sekarang. Pemukiman pertama tahun 1532 berada di mesa del cerro, sekarang dikenal sebagai nochistlán, zacatecas. Karena masalah kekurangan air, akhirnya pada tahun 1533 pemukiman dipindahkan ke lokasi dekat tonalá. Empat tahun kemudian, pemukiman kembail dipindahkan ke tlacotán, hingga raja spanol king charles v menganugerahkan lambang kota pada pemukiman tersebut hingga saat ini. Mengalami beberapa fase peperangan dan kekerasan, kota guadalajara tetap bertahan hingga abad ke- 19. Pada abad ini, kota memasuki periode pertumbuhan ekonomi , teknologi dan sosial untuk kota. Setelah kemerdekaan, industri skala kecil dikembangkan, banyak dari mereka dimiliki oleh imigran dari eropa. Jalur rel yang menghubungkan kota ke pantai pasifik dan utara ke amerika serikat mengintensifkan perdagangan dan memungkinkan produk dari guadalajara bisa terdistribusi ke luar kota. Budaya peternakan tumbuh menjadi aspek yang sangat penting dari identitas guadalajara sejak saat itu. Tidak lama kemudian, sekitar tahun 1884 sampai 1890, layanan listrik, layanan kereta api dan observatorium didirikan. Sejak saat itu, guadalajara mengalami pertumbuhan substansial hingga menjadi kota industri dan terpadat kedua di seluruh meksiko.
  3. 3. 2. Tempat kelahiran mariachi Keunikan pertama yang bisa anda temukan di guadalajara adalah musik mariachi. Musik ini sangat terkait dengan guadalajara. Hubungan antara kota ini dan mariachi mulai terikat kuat sejak tahun 1907 ketika sebuah band mariachi yang terdiri dari delapan musisi dan empat penari tampil di kediaman presiden meksiko porfirio diaz yang sedang menjamu tamunya yaitu menteri luar negeri amerika serikat. Sejak saat itu, musik mariachi mulai dikenal sebagai simbol meksiko barat, dan setelah terjadi banyak migrasi orang dari daerah guadalajara ke kota meksiko di mana sebagian besarnya menetap di dekat plaza garibaldi, maka musik mariachi berkembang menjadi simbol identitas meksiko. Apresiasi untuk musik mariachi terus meningkat. Pada tahun 2011, badan pbb untuk pendidikan dan ilmu pengetahuan organisasi atau unesco mengakui mariachi sebagai bagian dari warisan budaya takbenda kemanusiaan. Menurut panitia seleksi musik mariachi menyampaikan nilai-nilai yang mempromosikan penghormatan terhadap warisan alam dari daerah meksiko dan sejarah lokal, baik dalam bahasa spanyol maupun bahasa meksiko. Lagu mariachi mengandung banyak pesan tentang kemanusiaan, seperti cinta, pengkhianatan, politik, kematian, revolusi dan patriotisme. Baik itu lagu ceria atau sedih, mereka mengekspresikannya dengan emosi yang kuat. Jangan heran jika banyak dari penonton yang tiba-tiba berteriak keras, "ay ay ay!", apalagi jika orang meksiko asli yang mendengarkannya pasti langsung reaktif. Untuk mempertahankan identitas sebagai kota asal musik mariachi, guadalajara menjadi tuan rumah festival mariachi dan charreria, yang dimulai pada tahun 1994. Kegiatan ini banyak menarik perhatian tokoh di bidang seni, budaya dan politik baik dari meksiko maupun dari berbagai negara di dunia. Biasanya band-band mariachi terbaik di meksiko akan berpartisipasi, seperti mariachi vargas, mariachi de américa dan mariachi los camperos de nati cano. Di samping itu turut pula berpartisipasi band-band mariachi dari seluruh dunia seperti venezuela, kuba, belgia, chili, perancis, australia, republik slovakia, kanada dan amerika serikat.
  4. 4. 3. Wisata di guadalajara Keunikan kedua dari kota guadalajara adalah keindahannya yang tak terduga. Sebagai kunjungan pertama, anda bisa mendatangi guadalajara cathedral yang terletak tak jauh dari el centro, berdekatan dengan palacio de gobernio. Katedral yang merupakan simbol guadalajara ini dibangun pada 1561. Katedral bercat kuning ini memiliki keunikan tersendiri karena memiliki gaya campuran gothic, baroque, moorish dan neoklasik. Di belakang cathedral terdapat teatro degollado, sebuah gedung pertunjukan yang dibangun pada awal abad ke-19. Gedung bergaya neoklasik ini dihiasi relief dewa apollo dan sembilan peri. Di tempat ini setiap hari minggu pukul 10 pagi diadakan pertunjukan ballet folklórico oleh para siswa gaudalajara university. Dan di bulan juni dan juli, di teater yang berkapasitar 1.414 orang ini diadakan pertunjukan jalisco philharmonic. Tempat lain yang juga tak bisa anda lewatkan adalah mercado libertad, pasar terbesar di guadalajara. Di tempat yang ramai ini ditawarkan beragam produk mulai dari daging dan sayur-sayuran, pakaian, barang-barang dari kulit, barang elektronik, sampai perangkat lunak komputer. Tak ketinggalan terdapat berbagai restoran yang menyajikan aneka jenis masakan. Mulai dari masakan meksiko hingga fast food ala amerika. Masih berhubungan dengan hiburan yang banyak diminati para turis indonesia yaitu belanja, adalah tlaqapaque. Di tempat ini para perajin dan seniman guadalajara, sekaligus sentra perdagangan barang-barang kerajinan berada. Aneka kerajinan dipajang di toko-toko yang berjajar sepanjang jalan. Sebagian pedagang menggelar dagangannya di trotoar.
  5. 5. 4. Lift toilet Keunikan ketiga yang bisa anda temukan di guadalajara adalah toilet yang mengerikan. Toilet ini disebut mengerikan bukan karena kumuh, kotor, dan banyak penunggu atau jinnya. Tetapi karena letaknya yang tidak lazim dan membuat jantung anda berdegup kencang. Terletak di sebuah penthouse mewah di guadalajara meksiko, terdapat toilet yang dibangun di atas lubang bekas lift setinggi 15 lantai dengan hanya disangga oleh satu lapis kaca yang kuat. Tentu akan sangat mengerikan ketika kita menggunakannya dan melihat kebawah lubang gelap yang mengerikan siap menerkam kita. Selain itu, saat menggunakan toilet ini kita juga akan dihinggapi kekhawatiran, bagaimana jika suatu saat kita “nyeblos” karena kaca penyangga itu pecah? Dilansir dari thisiscolossal.com, hernandez silva arquitectos, arsitek terkenal dari guadalajara yang membangun tempat itu mengaku pada awalnya ini ditujukan untuk membangun lift kedua, namun tidak pernah dipasang, dan dijadikan toilet mewah dengan lantai kaca yang membuat anda dapat melihat jelas 15 tingkat ke bawah. Penthouse mewah yang memiliki toilet mengerikan ini dibangun dengan gaya kolonial meksiko 70-an. Untuk anda yang memiliki fobia terhadap ketinggian dan tempat tertutup, sebaiknya mencari toilet yang lain saja ya..
  6. 6. 5. Makanan khas guadalajara: torta ahogada Keunikan terakhir yang bisa anda nikmati di lidah adalah makanan khas guadalajara yaitu torta ahogada. Kata torta ahogada diadaptasi dari bahasa spanyol yang berarti sandwich yang tenggelam. Disebut “tenggelam” karena sandwich ini terendam total atau sebagian dalam saus yang dibuat terutama dari cabai kering disebut chile de arbol. Bila anda kurang menyukai rasa pedas, sausnya bisa diganti dengan saus tomat. Tortas ahogadas dibuat dengan roti birote atau disebut juga bolillo. Secara khusus , roti itu dibuat dengan birote salado, yang memiliki bentuk tebal, tekstur kulit yang renyah dengan isian yang lembut, rasanya asin sedikit manis. Konsistensi roti sandwich memungkinkan untuk direndam dalam saus tanpa menjadi hancur. Roti diiris dan diisi dengan cincangan daging babi goreng . Kadang-kadang ada juga yang memvariasikan isi dengan daging ayam, kacang-kacangan dan keju. Sandwich disajikan dengan irisan bawang bombai, lobak, alpukat dan cabai. Saus yang digunakan untuk merendam sandwich bisa dipesan dalam bentuk pedas atau ringan. Untuk yang pedas komposisinya adalah cabe arbol, cuka , bawang putih, oregano dan rempah-rempah lainnya. Untuk saus yang kurang pedas, terbuat dari tomat merah dan cabai. Sandwich yang disajikan setengah tenggelam disebut “media ahogada”, sementara sandwich yang disajikan tenggelam disebut “bien ahogada” di mana sandwich benar-benar dibuat tenggelam dalam saus sampai tidak ada gelembung muncul. Makanan tradisional ini memang memiliki tempat khusus di hati orang asli guadalajara, mereka bisa memakannya di mana saja dengan tangan kosong tanpa kesulitan, meskipun pasti akan berantakan karena banyaknya saus yang digunakan. Jika anda belum mencicipi makanan ini berarti anda dianggap belum berkunjung ke guadalajara.
  7. 7. 5. Makanan khas guadalajara: torta ahogada Keunikan terakhir yang bisa anda nikmati di lidah adalah makanan khas guadalajara yaitu torta ahogada. Kata torta ahogada diadaptasi dari bahasa spanyol yang berarti sandwich yang tenggelam. Disebut “tenggelam” karena sandwich ini terendam total atau sebagian dalam saus yang dibuat terutama dari cabai kering disebut chile de arbol. Bila anda kurang menyukai rasa pedas, sausnya bisa diganti dengan saus tomat. Tortas ahogadas dibuat dengan roti birote atau disebut juga bolillo. Secara khusus , roti itu dibuat dengan birote salado, yang memiliki bentuk tebal, tekstur kulit yang renyah dengan isian yang lembut, rasanya asin sedikit manis. Konsistensi roti sandwich memungkinkan untuk direndam dalam saus tanpa menjadi hancur. Roti diiris dan diisi dengan cincangan daging babi goreng . Kadang-kadang ada juga yang memvariasikan isi dengan daging ayam, kacang-kacangan dan keju. Sandwich disajikan dengan irisan bawang bombai, lobak, alpukat dan cabai. Saus yang digunakan untuk merendam sandwich bisa dipesan dalam bentuk pedas atau ringan. Untuk yang pedas komposisinya adalah cabe arbol, cuka , bawang putih, oregano dan rempah-rempah lainnya. Untuk saus yang kurang pedas, terbuat dari tomat merah dan cabai. Sandwich yang disajikan setengah tenggelam disebut “media ahogada”, sementara sandwich yang disajikan tenggelam disebut “bien ahogada” di mana sandwich benar-benar dibuat tenggelam dalam saus sampai tidak ada gelembung muncul. Makanan tradisional ini memang memiliki tempat khusus di hati orang asli guadalajara, mereka bisa memakannya di mana saja dengan tangan kosong tanpa kesulitan, meskipun pasti akan berantakan karena banyaknya saus yang digunakan. Jika anda belum mencicipi makanan ini berarti anda dianggap belum berkunjung ke guadalajara.

×