Kerajaan samudra pasai
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Kerajaan samudra pasai

on

  • 11,042 views

 

Statistics

Views

Total Views
11,042
Views on SlideShare
11,042
Embed Views
0

Actions

Likes
6
Downloads
545
Comments
3

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Kerajaan samudra pasai Kerajaan samudra pasai Presentation Transcript

  • OLEHAUDY YUSUF G. : 03HUDZAIFAH HABIB A. : 11KARIMA NUR U.H. : 13 MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 SURAKARTA JL. MT. Haryono 24 D Surakarta. Telp/Fax (0271) 713479
  • Gambaran Umum Sejarah Pemerintahan Wilayah KekuasaanSamudra Perekonomian Pasai Agama dan Budaya Keruntuhan Silsilah Pemerintahan Peninggalan Sejarah
  • Gambaran umum Samudera Pasai, adalah kerajaan Islam yangterletak di pesisir pantai utara Sumatera, kurang lebihdi sekitar Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara,Provinsi Aceh, Indonesia. Belum begitu banyak bukti arkeologis tentangkerajaan ini untuk dapat digunakan sebagai bahankajian sejarah. Namun beberapa sejarawan memulaimenelusuri keberadaan kerajaan ini bersumberkandari Hikayat Raja-raja Pasai, dan ini dikaitkan denganbeberapa makam raja serta penemuan koin berbahanemas dan perak dengan tertera nama rajanya.
  • Kapan berdirinya Kesultanan Samudera Pasai belumbisa dipastikan dengan tepat dan masih menjadi perdebatanpara ahli sejarah. Namun, terdapat keyakinan bahwaKesultanan Samudera Pasai sudah menebarkanpengaruhnya di wilayah Asia Tenggara sejak tahun 1297Masehi. Sejumlah ahli sejarah dan peneliti Eropa pada zamankekuasaan Hindia Belanda telah beberapa kali melakukanpenyelidikan untuk menguak asal-usul keberadaan SamudraPasai. Beberapa peneliti dari Belanda, menyepakatiperkiraan bahwa Kesultanan Samudera Pasai baru berdiripada pertengahan abad ke-13 serta menempatkan namaSultan Malik Al Salih sebagai pendirinya.
  • Pemerintahan Pusat pemerintahan Kesultanan Pasai terletakdiantara Krueng Jambo Aye (Sungai Jambu Air)dengan Krueng Pase (Sungai Pasai), Aceh Utara. MenurutIbn Batuthah yang menghabiskan waktunya sekitar duaminggu di Pasai, menyebutkan bahwa kerajaan ini tidakmemiliki benteng pertahanan dari batu, namun telahmemagari kotanya dengan kayu. Pada kawasan inti kerajaanterdapat masjid, dan pasar serta dilalui oleh sungai tawaryang bermuara ke laut. Dalam struktur pemerintahan terdapatistilah menteri, syahbandar dan kadi. Sementara anak-anaksultan baik lelaki maupun perempuan digelari dengan Tun,begitu juga beberapa petinggi kerajaan.
  • Samudera Pasai pada masakejayaannya terletak di daerah yang diapitoleh dua sungai besar di Pantai UtaraAceh, yaitu Sungai Peusangan danSungai Pasai. Daerah kekuasaanKesultanan Samudera Pasai tersebut jugameliputi Samudera Geudong (AcehUtara), Meulaboh, Bireuen, serta RimbaJreum dan Seumerlang (Perlak). Sementara itu, ada pula yangmenganut pendapat bahwa wilayahKesultanan Samudera Pasai meliputiwilayah yang lebih luas lagi ke sebelahselatan, yaitu hingga ke muara SungaiJambu Ayer
  • Perekomian Pasai merupakan kota dagang.Mengandalkan lada sebagai komoditiandalannya, dalam catatan Ma Huan disebutkan 100kati lada dijual dengan harga perak 1 tahil. Dalamperdagangan Kesultanan Pasai mengeluarkankoin emas sebagai alat transaksi padamasyarakatnya, mata uang inidisebut deureuham (dirham). Sementara, masyarakatPasai umumnya telah menanam padi di ladang, yangdipanen 2 kali setahun, serta memilki sapi perahuntuk menghasilkan keju.
  • Agama dan Budaya Islam merupakan agama yang dianut olehmasyarakat Pasai. Dari catatan Ma Huan dan ToméPires, telah membandingkan dan menyebutkanbahwa sosial budaya masyarakat Pasai miripdengan Malaka, seperti bahasa, maupun tradisi padaupacara kelahiran, perkawinan dan kematian.Kemungkinan kesamaan ini memudahkanpenerimaan Islam di Malaka dan hubungan yangakrab ini dipererat oleh adanya pernikahan antaraputri Pasai dengan raja Malaka sebagaimanadiceritakan dalam Sulalatus Salatin.
  • Keruntuhan Kerajaan Samudra Pasai Menjelang masa-masa akhir pemerintahanKesultanan Pasai, terjadi beberapa pertikaian diPasai yang mengakibatkan perangsaudara. Sulalatus Salatin menceritakan Sultan Pasaimeminta bantuan kepada Sultan Melaka untukmeredam pemberontakan tersebut. NamunKesultanan Pasai sendiri akhirnya runtuh setelahditaklukkan oleh Portugal tahun 1521 yangsebelumnya telah menaklukan Melakatahun 1511, dan kemudian tahun 1524 wilayah Pasaisudah menjadi bagian dari kedaulatan KesultananAceh.
  • Silsilah PemerintahanBerikut nama-nama sultan/sultanah yang diketahui pernahmemimpin Kesultanan Samudera Pasai :1. Sultan Malik Al-Salih (1267-1297)2. Sultan Muhammad Malikul Zahir3. Sultan Malikul Mahmud4. Sultan Malikul Mansur5. Sultan Ahmad Malik Az-Zahir (1346-1383)6. Sultan Zain Al-Abidin Malik Az-Zahir (1383-1405)7. Sultanah Nahrasiyah atau Sultanah Nahrisyyah (1420-1428)8. Sultan Sallah Ad-Din (1402)9. Sultan Abu Zaid Malik Az-Zahir 1455)10. Sultan Mahmud Malik Az-Zahir (1455-1477)11. Sultan Zain Al-Abidin (1477-1500)12. Sultan Abdullah Malik Az-Zahir (1501-1513)13. Sultan Zain Al-Abidin (1513-1524)
  • Peninggalan Sejarah Uang yangdipergunakan untuk Penulisan berdagang Batu nisan Merah Silu hikayat Raja (Sultan Malik al Saleh) Pasai