Alam semesta
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
669
On Slideshare
669
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
9
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Ekosistem Dalam Perspektif Al Qur’anALAM SEMESTA DAN TATA SURYA Titiek Widyastuti 2009
  • 2.  Alam semesta ini terdiri dari semua materi termasuk tenaga dan radiasi serta hal yang telah diketahui dan baru dalam tahap percaya bahwa pasti ada di antariksa. Pengertian alam semesta mencakup tentang mikrokosmos dan makrokosmos. Mikrokosmos adalah benda-benda yang mempunyai ukuran yang sangat kecil, misalnya atom, elektron, sel, amuba, dan sebagainya. Sedang makrokosmos adalah benda- benda yang mempunyai ukuran yang sangat besar, misalnya bintang, planet, satelit. Para ahli astronomi menggunakan istilah alam semesta dalam pengertian tentang ruang angkasa dan benda-benda langit yang ada di dalamnya.
  • 3.  Alam semesta adalah fana. Ada penciptaan, proses dari ketiadaan menjadi ada, dan akhirnya hancur. Di antaranya ada penciptaan manusia dan makhluk hidup lainnya. Di sana berlangsung pula ribuan, bahkan jutaan proses fisika, kimia, biologi dan proses-proses lain yang tak diketahui.
  • 4.  alam semesta ini berawal dan berakhir; dan Al Quran lebih jauh memberi petunjuk bahwa alam semesta mempunyai Dzat Pencipta (Rabbul alamin). Fenomena ini diharapkan menjadi pembuka jalan dan pemicu integrasi Islam dalam kehidupan manusia
  • 5.  Manusia sebagai makhluk Tuhan yang berakal budi dan sebagai penghuni alam semesta selalu tergoda oleh rasa ingin tahunya untuk mencari penjelasan tentang makna dari hal-hal yang diamati. Tidak henti-hentinya manusia berusaha mengetahui bagaimana hakikat alam semesta walaupun sudah diketahui bahwa jangkauan manusia itu sendiri amat terbatas. Sejauh manakah pengetahuan manusia tentang alam semesta ?. Rasanya, mustahil manusia dapat mengetahui seluk beluk alam semesta secara lengkap sampai kehidupan di dunia ini lenyap.
  • 6.  Putaran demi putaran waktu berlalu, kehancuran wahana bermiliar manusia akan menghampiri perlahan tapi pasti. Namun, berbagai pertanyaan manusia tentang misteri alam semesta masih belum atau tak berjawab. Berbagai upaya rasionalitas manusia telah dikerahkan dan pengetahuan bertambah, namun misteri alam semesta itu terus menjadi warisan bagi generasi berikutnya
  • 7. Beberapa upaya yang telah dilakukan manusiaantara lain :Memberi nama benda-benda angkasaMembaca gerak gerik langit kemudianmenentukan lamanya hari, bulan, dan tahunMemanfaatkan keberadaan atau letakbintang/bulan/matahari sebagai pedomanpelaksanaan pekerjaan, misalnya petani dapatmenentukan musim tanam, nelayan dapatmenentukan arah perjalanan.
  • 8.  Sampai di batas mana manusia bisa membayangkan dan menjangkaunya? Bagaimana kondisi awal, bagaimana kondisi sebelumnya, bagaimana kondisi 5 miliar tahun ke depan, bagaimana kondisi 50 miliar tahun ke depan dan seterusnya? Apakah pengetahuan agama akan memberi jawaban atas berbagai pertanyaan tersebut? Alam semesta yang megah akan runtuh, akan hancur, tapi entah bagaimana prosesnya, dan ada apa setelah kehancuran itu? Kita kembali kepada Allah untuk mencari jawaban-Nya, karena Dia adalah zat Maha Mengetahui atas segala ciptaan-Nya, dan manusia hanya diberi pengetahuan-Nya sedikit
  • 9.  rancangan dan keteraturan alam semesta merupakan bukti keberadaan Pencipta Mahatinggi yang menguasai seluruh jagat raya. Allah menyatakan bahwa Dia telah menciptakan alam semesta dari ketiadaan, untuk suatu tujuan khusus, serta dilengkapi dengan semua sistem dan keseimbangannya yang dirancang khusus untuk kehidupan manusia.
  • 10. Bintang Sebuah benda langit disebut Bintang, jika memiliki sumber cahaya sendiri. Contohnya : Matahari, Alpha centuri, Aldebaran, Antares, Spika, Regulus. Matahari merupakan salah satu dari bintang-bintang. Matahari dilihat dari Bumi tampak berbeda dari pada bintang-bintang lainnya. Matahari kelihatan sangat besar, memancarkan cahaya sangat terang, dan panasnya dirasakan sampai ke Bumi. Sedangkan berjuta-juta bintang lainnya kelihatan kecil dan sangat lemah cahayanya. Hal ini disebabkan karena Matahari adalah bintang yang paling dekat dengan Bumi.
  • 11. Planet Sebuah benda langit yang tidak memiliki sumber cahaya sendiri dan bergerak menjelajahi langit mengelilingi Matahari dalam garis edar tertentu (Revolusi). Gerak planet mengelilingi Matahari 1 lintasan disebut Orbit. Selain bergerak mengelilingi Matahari, ternyata planet juga bergerak pada porosnya (Rotasi) dengan gerakan umumnya berlawanan dengan arah jarum jam, kecualai planet Venus searah dengan jarum jam.
  • 12. Satelit Adalah benda langit yang tidak memiliki sumber cahaya sendiri dan bergerak mengelilingi planet tertentu sambil mengikuti planet tersebut beredar. Contohnya Bulan yang merupakan satelit dari Bumi. Umumnya planet memiliki satelit dalam jumlah yang berbeda, tetapi ada juga planet yang tidak memiliki satelit (Merkurius dan Venus). Berdasarkan pengamatan yang dilakukan para ahli menunjukkan bahwa di alam semesta itu terdapat galaksi sangat banyak, beribu-ribu jumlahnya. Galaksi dimana Bumi berinduk disebut Milky way atau Bima Sakti. Galaksi Bima Sakti mempunyai garis tengah kira-kira 100.000 tahun cahaya. Galaksi yang terdekat dengan Bima Sakti (berjarak 1 1/2 juta tahun cahaya) adalah Andromeda (Galaksi Messer 31 = M 31).
  • 13.  Galaksi adalah suatu kabut gas pijar yang sangat besar, dikelilingi oleh kelompok-kelompok bintang yang sangat dekat satu sama lain (cluster) dan juga dikelilingi olah gumpalan- gumpalan kabut gas pijar yang lebih kecil dari pusatnya (nebula) dan tebaran ribuan bintang. Di dalam galaksi terdapat peredaran benda- benda langit (Matahari dan bintang-bintang lainnya) mengelilingi pusat Galaksi. Galaksi ternyata tidak hanya satu, tetapi beribu- ribu jumlahnya, salah satunya adalah Galaksi Bima Sakti yang merupakan galaksi dimana Bumi berinduk
  • 14.  Galaksi Bima Sakti bila dilihat dari atas berwujud spiral raksasa yang berputar. Dari samping tampak sebagai elips sangat besar. Bintang-bintang bertebaran dalam lengan spiral. Makin ke pusat Galaksi, tebaran bintang- bintang tampak makin rapat. Pusat Galaksi merupakan bola bintang raksasa, diperkirakan dikitari pula oleh Corona atau atmosfer angkasa luar.
  • 15.  Galaksi tak beraturan, terdiri dari bermiliar-miliar bintang mudaberwarna putih kebiruan dan bintang raksasa biru yang sangat panas. Diantara bintang- bintang tersebut bertebaran gas dan debu angkasa luar. Galaksi spiral, berbentuk spiral amat besar, dengan inti tengah (nukleus) mempunyai lengan spiral dan cakram (disk). Bila dilihat dari samping, galaksi ini terlihat seperti ellips berlengan dan dikelilingi atmosfer bercahaya, serta terdapat lingkaran-lingkaran kumpulan beribu-ribu bintang yang disebut globular cluster yang bertebaran di pinggir galaksi berbaur dengan corona. Bintang-bintang yang sedang terbentuk seperti matahari berada pada lengan galaksi. Tipe galaksi spiral merupakan tipe paling banyak. Galaksi ellips, merupakan galaksi yang sudah tua tidak membentuk bintang-bintang baru lagi. Galaksi ini amat besar dan tersusun oleh bintang-bintang yang telah tua .
  • 16.  Tata Surya merupakan suatu sistem organisasi yang teratur dengan Matahari sebagai pusat peredaran. Matahari dikelilingi planet, satelit, asteroid, komet, dan meteor. Semua bergerak mengelilingi matahari dalam garis edar tertentu di bawah pengaruh gaya gravitasi Matahari. Matahari, bintang, planet, satelit, asteroid, komet, dan meteor yang berada di langit disebut Benda Langit. Pengetahuan benda langit dinamakan Astronomi.
  • 17.  Semua planet dalam tata surya mengelilingi Matahari pada garis edarnya, sambil berputar pada masing- masing porosnya dan diedari oleh satelit-satelitnya. (bagi planet yang memiliki satelit). Satelit juga berputar pada porosnya masing-masing. Matahari sebagai pusat Tata Surya berada pada jarak 30 tahun cahaya dari pusat Bima Sakti (1 tahun cahaya = jarak yang ditempuh cahaya selama 1 tahun). Matahari dapat dilihat karena memancarkan cahaya sendiri, sedang Planet-planet dan Satelit tidak memancarkan sinar sendiri. Planet dan satelit dapat dilihat karena memantulkan cahaya Matahari.
  • 18. Anggota Tata SuryaTata Surya terdiri dari Matahari sebagai pusat dan benda-benda lain seperti :• Planet,• Satelit,• Meteor,• Komet,• Debu,• Gas antar planet,yang beredar mengelilinginya
  • 19. Tata Surya