Your SlideShare is downloading. ×
Ikhtilat dan kholwat
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Ikhtilat dan kholwat

7,153
views

Published on

Presentasi tentang bahaya ikhtilat dan kholwat, khususnya bagi aktivis dakwah

Presentasi tentang bahaya ikhtilat dan kholwat, khususnya bagi aktivis dakwah

Published in: Spiritual, Technology

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
7,153
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
321
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. IKHTILAT & KHOLWAT Asdianur Hadi disampaikan pada DAURAH DAKWAH KAMPUS (DDK) 1431 H
  • 2. Pengertian Ikhtilat • Makna ikhtilat secara bahasa berasal dari kata ikhtalatha-yakhtalithu-ikhtilathan, maknanya bercampur dan berbaur. • Ikhtilath dalam pengertian syar’i maksudnya bercampur-baurnya perempuan dan laki-laki yang bukan muhrim di sebuah momen dan forum yang tidak dibenarkan oleh Islam.
  • 3. Pengertian Khalwat • Makna bahasa dari kata khalwat, asal katanya dari khala-yakhlu yang artinya sepi dari orang lain atau kondisi dimana tidak ada orang lain. • Sehingga tidak tepat bila khalwat diartikan menjadi duduk berdua secara fisik. Yang lebih tepat adalah bersepi-sepi dari kehadiran orang lain. • Rasulullah SAW telah bersabda untuk memastikan keharamannya Jangan sekali-kali seorang lak-laki menyendiri dengan wanita kecuali ada mahramnya. Dan janganlah seorang wanita bepergian kecuali bersama mahramnya.
  • 4. Bahaya Ikhtilat dan Kholwat 1. Permulaan Zina Allah berfirman, “Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.” (Al-Israa’: 32) Ingat : Sekali melakukan zinah saja, maka ibadah seseorang itu selama 40 tahun akan dihapus Allah swt.
  • 5. Zina • Dalam makna yang luas, zina tidaklah hanya sebatas hubungan suami istri oleh pasangan yang belum menikah, karena ada zina mata, zina telinga, zina tangan, dan juga zina hati. • "Dua mata itu bisa berzina, dan zinanya ialah melihat."(HR. Bukhari)
  • 6. Bahaya Ikhtilat dan Kholwat 2. Maksiat kepada Allah dan Rasul-Nya Rasulullah saw. bersabda “Setiap umatku akan masuk surga kecuali yang tidak mau.” Mereka (sahabat) bertanya, “Ya Rasulullah, siapakah yang tidak mau?” Beliau bersabda, “Barangsiapa taat kepadaku akan masuk surga dan barangsiapa bermaksiat kepadaku ia orang yang tidak mau.” (H.R. Bukhari)
  • 7. Bahaya Ikhtilat dan Kholwat 3. Termasuk dosa besar Rasulullah saw. bersabda, “Aku membaiatmu agar kamu tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu, tidak mencuri, tidak berzina, tidak membunuh anakmu, tidak melakukan kebohongan dari hadapanmu (karena perbuatan lisan dan kemaluan), tidak meratapi (orang mati), dan tidak tabarruj dengan tabarruj jahiliyah pertama.” (H.R. Bukhari)
  • 8. Bahaya Ikhtilat dan Kholwat 4. Mengundang Siksaan Allah Firman Allah dalam Al-Qur’an, “Dan jika kami hendak membinasakan suatu negeri, maka kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan kami), kemudian kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.” (Al-Isra’: 16) Sabda Rasul saw. “Jika manusia melihat kemungkaran lalu tidak merubahnya, hampir Allah meratakan siksanya kepada mereka semua.” (Diriwayatkan Empat Imam dan dinilai shahih oleh Ibnu Hibban)
  • 9. Dampak Ikhtilat terhadap Da’i 1. Mengganggu ketenangan jiwa dan fikiran. 2. Mengurangi keihklasan, dimana seharusnya pertemuan hanya dilatar belakangi oleh niat karena Allah, namun karena sebuah pertemuan dilakukan dengan ikhtilat maka terjadilah niat ganda yang mengakibatkan rusaknya amal di sisi Allah SWT. 3. Hilangnya peluang mendapatkan pahala dari Allah, bahkan karena dilakukan karena ikhtilat ditambah dengan tidak karena Allah, maka dosalah yang akan didapat
  • 10. Dampak Ikhtilat terhadap Dakwah 1. Dakwah menjadi kurang berkah, boleh jadi dengan ikhtilat da'wah malah menjadi gagal dan berantakan 2. Fitnah dakwah. Hati-hatilah dengan fitnah dakwah yang salah satunya akibat perbuatan ikhtilat, dan fitnah ini tidak hanya menimpa orang-orang yang melakukan pelanggaran namun fitnah yang sesungguhnya paling berat adalah gagalnya dakwah. 3. Dakwah menjadi “Akrab” dengan maksiat.
  • 11. Wallahu‘alam Bisshawab

×