BUKU SISWA

PENCERMINAN (REFLEKSI)
PENCERMINAN

Bercermin merupakan kegiatan yang setiap hari kamu lakukan. Setiap kali kamu
bercermin, apa yang dapat kamu n...
Selanjutnya, perhatikan contoh pencerminan bangun datar berikut!

Sesuai
dengan sifat pencerminan, kita dapat memperoleh h...
Macam-macam Pencerminan :

Pencerminan terhadap sumbu X

Pencerminan terhadap sumbu Y

Pencerminan terhadap sumbu y=x

Pen...
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Buku siswa pencerminan

543

Published on

Transformasi (Refleksi)

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
543
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
19
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Buku siswa pencerminan

  1. 1. BUKU SISWA PENCERMINAN (REFLEKSI)
  2. 2. PENCERMINAN Bercermin merupakan kegiatan yang setiap hari kamu lakukan. Setiap kali kamu bercermin, apa yang dapat kamu nyatakan mengenai banyanganmu? Apakah bayangan tersebut memiliki bentuk yang sama dengan kamu? Apakah setiap kali kamu mendekat ke cermin, bayanganmu juga ikut mendekat ke cermin? Bagaimana dengan posisi menghadap bayangan, apakah tangan kananmu menjadi tangan kiri dari bayangan? Berikut ini ilustrasi orang yang sedang bercermin. Pada pembahasan ini kita akan mempelajari sifat-sifat pencerminan bangun datar. Dari ilustrasi di atas, kita dapat memperoleh sifat-sifat pencerminan sebagai berikut: 1. Jarak antara benda dan bayangan terhadap sumbu pencerminan adalah sama 2. Garis hubung antara titik asal dan bayangan tegak lurus pada sumbu pencerminan 3. Panjang, sudut dan luas bangun bayangan sama dengan bangun asal sehingga refleksi merupakan transformasi kongruen 4. Setiap titik pada sumbu pencerminan tidak berpindah Arvin Efriani (06121408008)
  3. 3. Selanjutnya, perhatikan contoh pencerminan bangun datar berikut! Sesuai dengan sifat pencerminan, kita dapat memperoleh hal-hal sebagai berikut: 1. Segitiga ABC kongruen dengan segitiga A’B’C’, akibat dari pernyataan ini, luas segitiga ABC sama dengan luas segitiga A’B’C’. 2. CP = C’P, AQ = A’Q, dan BR = B’R. Atau dengan kata lain, jarak titik sudut segitiga ABC ke cermin sama dengan jarak titik sudut A’B’C’ ke cermin. 3. Tinggi segitiga ABC sama dengan tinggi segitiga A’B’C’. 4. Ruas garis AA’, BB’, dan CC’ semuanya tegak lurus dengan cermin, yaitu garis PR. Jadi, dapat disimpulkan bahwa : Pencerminan (Refleksi) adalah suatu transformasi yang memindahkan sebuah objek dari suatu kedudukan ke kedudukan lain pada bidang yang sama dengan menggunakan sifat cermin. Arvin Efriani (06121408008)
  4. 4. Macam-macam Pencerminan : Pencerminan terhadap sumbu X Pencerminan terhadap sumbu Y Pencerminan terhadap sumbu y=x Pencerminan terhadap sumbu y=-x Pencerminan terhadap sumbu x=h Pencerminan terhadap sumbu y=h Arvin Efriani (06121408008)

×